10 Ide Bisnis Online Terbaik Untuk Pelajar Dan Pemula

Bisnis Online Terbaik – Ingin punya bisnis dengan penghasilan besar di usia muda, tetapi belum ada modal untuk memulainya? Tenang, jangan khawatir! Anda bisa menghasilkan pendapatan fantastis dengan memulai bisnis online. Hanya bermodalkan keahlian dan internet, Anda bisa memulai usaha dengan jam kerja yang lebih bebas. Berikut ini 15 ide bisnis online terbaik yang dapat Anda coba.

Ide Bisnis Online untuk Pelajar

Reseller

Jika Anda ingin memulai bisnis rumahan online, menjadi reseller adalah pilihan yang tepat. Produk yang bisa Anda jual bermacam-macam, mulai dari pakaian, skincare, makanan, minuman, dan lainnya.

Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu mencari supplier yang dapat memberikan harga terjangkau, agar ketika dijual kembali Anda masih bisa mendapatkan keuntungan. Jika Anda tidak memiliki modal yang banyak, Anda dapat menerapkan sistem pre-order, agar Anda bisa melakukan pembelian ke supplier sesuai dengan jumlah pesanan yang terkumpul saja.

Jasa pengetikan

Apakah Anda memiliki laptop atau komputer yang menganggur di rumah? Jika Anda tidak memiliki banyak kesibukan di sekolah, bisnis online terbaik yang dapat Anda lakukan adalah membuka jasa pengetikan tugas di rumah. Anda hanya perlu menawarkannya di akun media sosial Anda atau bisa pula pada platform jasa freelance.

Fotografer

Bagi Anda pecinta fotografi atau siswa multimedia pasti tidak asing lagi dengan kamera. Hanya bermodalkan kamera dan keahlian memotret, Anda dapat memulai karir sebagai fotografer freelance. Anda dapat menawarkan jasa tersebut kepada teman-teman yang membutuhkan fotografer atau bisa juga memulai bisnis online terbaik dengan membuka jasa penyewaan kamera.

Baca Juga:  Mengetahui Tentang Trading Dan Indikator Terbaik Untuk Trading Gold

Thrifting

Generasi Z sekarang pasti sudah tidak asing lagi dengan bisnis thrifting. Yap, menjual barang-barang bekas atau barang reject dari pabrik ini menjadi ide jualan online modal kecil yang sedang digandrungi oleh banyak kawula muda.

Caranya mudah, Anda hanya perlu mencari supplier yang dapat memasok barang dengan harga terjangkau. Jangan lupa tentukan siapa saja target pasar Anda dan berapa modal yang Anda miliki.

Vlogger

Siapa nih yang suka tampil percaya diri di depan kamera? Jika Anda memiliki kemampuan komunikasi yang bagus dan kepercayaan diri yang tinggi, Anda dapat memulai karir dengan menjadi vlogger. 

Konten vlog ini dapat berupa review barang, seperti skincare atau make up, atau review makanan dan minuman. Anda juga bisa membuat vlog jalan-jalan ke suatu tempat, story telling, dan lainnya. Gunakan platform media sosial untuk mendapatkan uang dari adsense atau endorse dari berbagai brand. 

Ide Bisnis Tanpa Modal

Blogger

Siapa nih yang dahulu suka curhat di buku harian? Jika Anda memiliki keterampilan menulis, blogger dapat menjadi lowongan bisnis online tanpa modal yang cocok bagi Anda. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat blog atau website sebagai platform membagikan tulisan Anda nantinya. Tentukan tema atau topik utama apa yang akan menjadi ciri khas blog Anda. Jangan lupa pula gunakan Google Adsense untuk memasang iklan agar blog Anda dapat menghasilkan uang.

Admin media sosial

Seperti yang kita ketahui, media sosial amat lekat dengan kehidupan kita. Media sosial kini dapat menjadi sarana jualan tanpa modal pemasaran. Salah satu profesi yang berkaitan dengan medsos adalah menjadi admin media sosial. Pada profesi ini Anda memiliki beberapa tugas seperti membuat konten menarik berdasarkan tren, meningkatkan jumlah likes atau followers, dan berinteraksi dengan followers tersebut.

Kreator desain grafis

Salah satu ide bisnis online terbaik selanjutnya adalah membuka jasa desain grafis. Pada masa kini, banyak perusahaan atau pihak-pihak lain yang sangat memerlukan jasa kreator desain. Anda dapat terus berlatih dan membuat portofolio dari hasil desain yang telah Anda buat selama itu.

Baca Juga:  Ini Dia 7 Bisnis Online Gratis Lewat HP

Penulis

Memiliki kemampuan menulis sastra atau non sastra? Anda dapat menjual keterampilan Anda dengan menjadi penulis. Jika Anda menyukai sastra, Anda dapat membuat sebuah novel, antologi cerpen, atau puisi yang nantinya dapat dikirimkan ke penerbit. Atau jika Anda memiliki keahlian menulis non sastra, Anda juga bisa menjadi penulis lepas dengan bergabung ke klub penulis dan menuliskan konten untuk situs-situs tertentu.

Agen properti

Agen properti juga dapat menjadi rekomendasi bisnis online terbaik yang bisa Anda coba. Di awal usaha mungkin Anda perlu berkeliling mencari properti yang bisa Anda tawarkan kepada pembeli. Namun, jika Anda sudah dikenal dan dipercaya, para pemilik properti lah yang akan mencari Anda. Anda di sini hanya perlu memasarkannya secara online dan menjadi perantara transaksi antara pemilik properti dan pembeli.

Cara Jualan Online untuk Pemula

Ada banyak usaha online modal kecil yang sebenarnya dapat kita coba. Namun, sering kali kita tidak tahu bagaimana cara memulainya. Banyak dari masyarakat kalangan atas maupun bawah telah mencoba berbagai bisnis online karena memang memiliki prospek yang bagus.

Jika Anda seorang pemula dalam dunia bisnis, jangan khawatir untuk memulai bisnis kecil Anda. Berikut ini terdapat beberapa cara memulai jualan online untuk pemula. Selamat mencoba!

Miliki mental wirausahawan

Untuk menjadi seorang pebisnis, diperlukan mental wirausahawan. Sebab, nantinya akan ada banyak rintangan, seperti persaingan dagang, kerugian, bahkan kemungkinan gulung tikar. Oleh karena itu, Anda harus berani mengambil risiko dan bersabar pada masa awal membangun bisnis. Ingatlah bahwa rintangan tersebut adalah hal yang wajar terjadi pada semua orang yang sedang merintis usaha.

Tentukan produk Anda

Langkah selanjutnya adalah tentukan produk yang akan Anda jual. Anda dapat mencari inspirasi ide bisnis online terbaik yang sesuai dengan modal Anda. Perhatikan apa yang sedang menjadi tren masa kini. Anda juga bisa mengamati produk-produk orang lain dan melakukan modifikasi untuk mendapatkan ide produk yang unik dan menarik.

Baca Juga:  5 Langkah Dalam Membangun Perusahaan Asuransi Secara Online

Mencari supplier yang menawarkan harga termurah

Jika produk yang akan Anda jual tidak dapat Anda buat sendiri, Anda bisa mencari supplier bisnis online terpercaya. Carilah supplier yang dapat memberikan harga murah kepada Anda namun tetap memiliki kualitas yang baik dan ongkos pengiriman yang terjangkau

Menyusun rencana bisnis

Ide produk sudah ada, supplier pun sudah siap, kini giliran Anda untuk menyusun rencana bisnis online tersebut. Tentukan merk produk, nama toko, target pasar, sistem pemasaran, dan harga jual. Jangan lupa perkirakan pula berapa keuntungan yang akan Anda dapatkan dan bagaimana perputaran modalnya.

Mulai itu dan lakukan promosi sesering mungkin

Setelah semua dipersiapkan dengan matang, Anda dapat memulainya dan segera melakukan promosi produk tersebut. Gunakan berbagai marketplace untuk menjangkau lebih banyak pembeli. Jangan lupa pula buat akun media sosial bisnis Anda untuk mengenalkan produk Anda kepada seluruh pengguna media sosial, dengan memanfaatkan berbagai tren yang ada.

Lakukan evaluasi secara rutin

Meskipun bisnis Anda berjalan dengan baik, Anda tetap perlu melakukan evaluasi pada waktu tertentu, misalnya setiap akhir pekan, setiap akhir bulan, atau waktu lainnya. Tinjau bagaimana performa toko selama beberapa waktu terakhir, berapa pendapatan bersih yang didapatkan, bagaimana keefektifan promosi yang telah dilakukan, dan lain-lain.

Itulah 10 ide bisnis online terbaik yang dapat Anda coba hanya dari rumah saja. Baik pelajar, ibu rumah tangga, pemula, atau siapapun itu sebenarnya bisa mendapatkan penghasilan besar dari bisnis online. Asalkan, Anda memiliki niat dan ketekunan, serta memperhatikan beberapa cara di atas untuk mensukseskan bisnis Anda.

Artikel Terkait