5 Investasi yang Paling Menguntungkan Untuk Pemula

Investasi yang Paling Menguntungkan – Ingin berinvestasi namun bingung harus investasi apa? Jangan bingung, ternyata ada 5 jenis investasi yang paling menguntungkan dan direkomendasikan untuk pemula.

Tak dapat dipungkiri jika sekarang ini banyak orang yang mencoba berinvestasi untuk menunjang masa depan atau mempersiapkan masa pensiun.

Investasi harus mulai dipertimbangkan sedini mungkin, sebab tidak ada yang dapat menjamin masa depan nantinya. Sehingga jika Anda berinvestasi mulai sekarang, sama saja Anda mempersiapkan masa depan Anda nantinya.

Bagi Anda yang merupakan calon investor pemula, ternyata ada 5 rekomendasi investasi menguntungkan yang dapat Anda coba. Penasaran apa saja? Berikut pembahasannya!

5 Investasi yang Menguntungkan Untuk Pemula

Ada banyak jenis investasi yang dapat Anda pilih. Semua dapat disesuaikan dengan kondisi finansial serta tujuan Anda untuk berinvestasi.

Ada banyak alasan mengapa orang- orang memulai investasi, diantaranya yakni untuk mempersiapkan dana pendidikan, persiapan dana haji, dan juga persiapan untuk dana pensiun. Semua jenis investasi dapat disesuaikan dengan tujuan dan kebutuhan Anda. 

Bagi Anda yang masih kebingungan tentang investasi apa yang harus Anda lakukan, pada pembahasan kali ini akan dibahas mengenai jenis-jenis investasi yang menguntungkan untuk pemula.

  • Investasi Saham

Jenis  investasi yang paling menguntungkan yang pertama adalah investasi saham. Investasi saham akan memberikan keuntungan yang besar, namun juga diimbangi dengan risiko yang besar pula.

Karena itulah, bagi Anda yang berkeinginan terjun di investasi saham ada langkah yang cukup penting agar anda berhasil mendapatkan keuntungan.

Langkah pertama yakni mempelajari dengan benar investasi jenis ini, lalu belajar menggunakan analisa yang benar dan keberanian dalam mengambil keputusan.

Untuk Anda yang tertarik belajar investasi saham, tak perlu bingung. Sebab saat ini banyak sekali situs, video maupun artikel yang mengajari Anda tentang tips-tips berinvestasi saham. 

Baca Juga:  Cara Investasi Saham Untuk Pemula Sebagai Aset Jangka Panjang

Ada tips khusus untuk Anda yang pemula, yakni membeli saham bluechip karena dapat dipastikan jika nilainya stabil atau jika pun turun tidak terlalu signifikan. 

Jika Anda sudah terlatih dan memiliki analisa yang baik, maka keuntungan dalam jumlah besar akan menghampiri Anda.

Namun tetaplah waspada jangan pernah tergiur dengan penawaran saham dengan keuntungan besar tetapi memiliki risiko yang kecil. Karena keuntungan besar pastilah memiliki risiko yang besar pula, begitupun sebaliknya.

  • Investasi Emas

Rekomendasi berikutnya adalah investasi emas. Investasi emas sudah dikenal sejak zaman dahulu dan masih dilakukan hingga sekarang. Siapa yang menyangka jika investasi emas memberikan keuntungan yang cukup besar? Jika Anda perhatikan, dari tahun ke tahun nilai emas cenderung naik.

Dan jika pun turun tidak terlalu jauh selisihnya. Emas masuk kedalam rekomendasi investasi yang menguntungkan lantaran investasi jenis ini termasuk kedalam investasi minim risiko sehingga cocok bagi pemula.

Bahkan investasi jenis ini tidak memerlukan modal yang sangat besar lantaran beberapa perusahaan menawarkan investasi emas dengan sistem kredit. Misalnya saja pada Pegadaian, Anda dapat menabung dan berinvestasi emas mulai dari Rp 6 ribu saja.

Hanya dengan menyisihkan sebagian kecil dari penghasilan Anda, Anda sudah dapat berinvestasi emas, dengan begitu Anda sudah berhasil menyiapkan masa depan Anda. Dan emas yang Anda miliki dapat ditukarkan jika Anda memiliki kebutuhan yang mendesak.

Namun perlu diketahui jika emas merupakan investasi jangka panjang yang keuntungannya akan terlihat 5-10 tahun.

Investasi emas cocok untuk Anda yang ingin berinvestasi jangka panjang, seperti persiapan dana pendidikan anak, persiapan dana haji dan persiapan dana pensiun.

  • Investasi Tanah dan Properti

Jenis investasi menguntungkan berikutnya adalah investasi tanah dan properti. Investasi ini semakin tahun semakin besar peluangnya lantaran banyak orang yang membutuhkan properti dan tanah. Bila investasi ini dikelola dengan baik, maka sangat memungkinkan jika investasi ini akan memberikan Anda passive income yang menguntungkan. 

Baca Juga:  Keunggulan dan Cara Investasi Saham BCA Dengan Mudah

Terlebih pajak untuk investasi ini cenderung rendah membuat orang-orang berlomba untuk berinvestasi tanah dan properti.

Jika dipertimbangkan, tanah dan properti menjadi kebutuhan primer bagi manusia. Sehingga potensi yang diberikan sangat potensial untuk menunjang masa depan Anda. Misalnya saja investasi tanah, ruko, apartemen, perumahan, kontrakan dan sebagainya. Bagaimana? Tertarik investasi tanah dan properti?

  • Obligasi

Jenis investasi yang paling menguntungkan berikutnya adalah obligasi. Obligasi sendiri adalah surat utang yang merupakan instrumen investasi yang mampu memberikan keuntungan yang besar namun dengan risiko yang lebih rendah jika dibandingkan dengan investasi saham.

Obligasi sendiri dikeluarkan oleh perusahaan ataupun instansi pemerintah yang digunakan sebagai bentuk peminjaman uang yang akan dibayarkan kembali dalam bentuk uang pokok dan bunga yang disebut dengan kupon.

Selain keuntungan dari kupon, obligasi cenderung memiliki nilai yang stabil. Sehingga investasi ini cocok sekali untuk pemula, namun perlu diingat jika jenis investasi harus disesuaikan dengan tujuan investasi Anda.

  • Reksa Dana

Investasi yang paling menguntungkan dan direkomendasikan untuk pemula adalah reksa dana. Reksa dana menjadi salah satu jenis investasi yang menjadi favorit bagi banyak orang terlebih investor pemula. Hal ini karena reksa dana menawarkan kemudahan bagi investor pemula. 

Investor pemula hanya perlu menyisihkan dana untuk investasi mereka, selanjutnya dana tersebut akan diolah oleh manajer investasi yang kemudian akan dijadikan instrumen investasi seperti obligasi, saham dan instrumen lainnya. Banyak sekali jenis reksa dana yang dapat dipilih oleh investor, yang pastinya harus disesuaikan dengan tujuan dan finansial investor.

Dalam hal ini berarti investor adalah pemodal yang nantinya dana yang sudah dikeluarkan akan dihimpun dengan dana pemodal lain yang kemudian dana tersebut akan diubah menjadi portofolio efek yang kemudian dikelola manajer investasi.

Baca Juga:  Daftar Aplikasi Trading Deposit Kecil Bagi Trader Forex Dan Investor Saham Pemula

Reksa dana memiliki banyak peminat lantaran memiliki banyak produk yang bisa dipilih dan disesuaikan dengan profil risiko investor itu sendiri. Reksa dana juga dinilai lebih aman dibandingan dengan investasi lainnya. 

Ada hal yang harus diperhatikan jika Anda memilih reksa dana, yakni memastikan jika manajer investasi memiliki rekam jejak yang baik.

Namun kekurangan reksa dana yakni keuntungan memiliki persentase return yang lebih rendah dibandingkan dengan investasi saham atau obligasi. Tertarik mencoba reksa dana?

Itulah kelima rekomendasi jenis investasi yang paling menguntungkan untuk pemula yang dapat Anda coba. Berbicara mengenai keuntungan, semua investor pasti mengharapkannya.

Namun dalam investasi, biasanya keuntungan yang tinggi juga diimbangi dengan risiko yang tinggi pula. Begitupun sebaliknya jika keuntungan rendah maka risiko yang diberikan juga rendah.

Pada dasarnya kunci suksesnya investasi adalah berani mengambil keputusan dan konsisten dalam menjalankan investasi. Investasi sangat perlu dipertimbangkan lantaran kemapanan Anda hari ini tidak menjamin masa depan Anda. Sehingga Anda harus bijak untuk mulai mempersiapkannya sedini mungkin.

Anda sebagai pemula, harus bijak dalam mengambil keputusan. Tetaplah berhati-hati dalam memilih investasi, jangan sampai niat ingin untung malah membuat Anda buntung.

Jadi jenis investasi mana yang akan Anda pilih?