Tertarik Melakukan Investasi di Pluang, Pahami Dulu Cara Investasi di Pluang

Cara Investasi di Pluang – Ketertarikan dan kesadaran masyarakat akan pentingnya investasi telah memancing munculnya aplikasi-aplikasi yang diharapkan dapat memudahkan para investor untuk melakukan investasi dan salah satu aplikasi untuk berinvestasi adalah Pluang.

Bagi para pemula yang tertarik untuk melakukan investasi di aplikasi ini, Anda pasti harus mencari tahu bagaimana cara investasi di Pluang agar kelak proses investasi berjalan dengan lancar. Mari simak beberapa penjelasan berikut mengenai aplikasi Pluang serta cara untuk melakukan investasi di Pluang.

Apa itu Pluang?

‘Tak kenal, maka tak sayang’. Begitu kata pepatah. Sebelum mengetahui lebih jauh tentang cara investasi di Pluang, ada baiknya jika Anda mengetahui dahulu apa itu Pluang agar Anda bisa lebih yakin untuk berinvestasi di aplikasi yang satu ini.

Pluang adalah salah satu aplikasi yang membantu para investor untuk melakukan investasi secara digital. Pluang yang didirikan oleh perusahaan teknologi finansial ini memiliki misi yaitu membuka peluang seluas-luasnya bagi masyarakat dari berbagai kalangan terhadap berbagai jenis produk keuangan. 

Mengingat bahwa investasi adalah hal yang penting dan banyak masyarakat dari kalangan menengah ke bawah maupun menengah ke atas ingin melakukan investasi dan salah satu penghambat investasi adalah keterbatasan dana atau produk yang disediakan oleh pihak penyelenggara investasi digital.

Atas dasar itu pula, Pluang menyediakan beberapa pilihan produk investasi yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan dan juga dana yang Anda miliki. Adapun produk-produk yang tersedia dalam aplikasi Pluang ini adalah emas, kripto dan juga reksa dana. 

Mengenai keamanan, Anda tidak perlu khawatir untuk melakukan investasi di aplikasi ini karena Pluang sudah memiliki izin resmi dan diawasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika republic Indonesia atau KOMINFO serta terdaftar sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia. 

Bagaimana Cara Investasi di Pluang?

Sama seperti aplikasi investasi lainnya, Anda harus menginstal aplikasi Pluang lalu melakukan registrasi dan verifikasi identitas Anda.

Proses verifikasi identitas ini diperlukan agar pihak Pluang bisa mengenali Anda sebagai nasabah dan tentunya keamanan dalam melakukan investasi akan semakin terjamin, proses investasi juga akan berjalan dengan nyaman dan lancar seperti yang Anda harapkan.

Untuk melakukan verifikasi identitas, Anda membutuhkan beberapa dokumen pendukung yang akan diminta seperti:

  • Foto e-KTP asli yang memperlihatkan foto dan tulisan dengan jelas. Bagi investor yang belum memiliki KTP atau belum berusia 17 tahun, investor tersebut dapat menggunakan KIA atau Kartu Identitas Anak. 
  • Swafoto atau selfie sambil memegang e-KTP yang harus terlihat jelas

Jika proses verifikasi sudah selesai, Anda hanya tinggal menunggu konfirmasi dan pastikan jika verifikasi identitas Anda berhasil agar Anda dapat memulai investasi di Pluang.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Pluang memiliki beberapa produk yang ditawarkan kepada investor agar investor bisa memilih produk yang diinginkan. Jika Anda tertarik untuk investasi emas di Pluang, maka Anda harus memahami cara untuk melakukan investasi emas di aplikasi tersebut.

Begitu pula dengan jenis produk lainnya yang memiliki cara masing-masing jika Anda ingin berinvestasi. Jadi, lihat dulu produk yang tersedia lalu kemudian tentukan produk yang menarik bagi Anda.

Di bawah ini akan diuraikan cara investasi di Pluang jika Anda memilih investasi emas dan reksa dana:

1. Cara Investasi Emas di Pluang yang Menguntungkan

  • Top Up Dana

Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk investasi emas di Pluang adalah setelah menginstal aplikasi Pluang dan melakukan registrasi, Anda bisa langsung melakukan top up dana agar bisa membeli emas di aplikasi tersebut mulai dari 0,01 gram.

  • Klik Bagian “Emas”

Jika dana yang Anda top up sudah berhasil masuk ke aplikasi Pluang, carilah bagian “Emas” pada menu yang ada di “Beranda”.

  • Melakukan Pembelian Emas

Ada baiknya jika Anda memastikan lebih dahulu harga emas yang Anda inginkan. Apabila sudah sesuai dengan keinginan dan target yang sudah Anda perhitungkan, maka Anda bisa langsung klik “Beli”.

  • Masukkan Nominal Pembelian

Langkah selanjutnya adalah memilih untuk melakukan pembelian dalam nominal Rupiah atau dalam satuan Gram emas. Jika Anda sudah memilih di antara dua pilihan tersebut, Anda bisa langsung masukkan nominal pembelian kemudian klik “Tinjau Pembelian”.

  • Pengecekan Detail Pembelian

Langkah terakhir yang akan muncul adalah detail pembelian emas yang telah Anda lakukan. Pastikan jika tidak ada yang keliru dan Anda sudah membacanya dengan baik dan langkah pembelian sudah berhasil Anda lakukan.  

Karena Anda memilih untuk menggunakan aplikasi Pluang untuk investasi emas, maka emas yang dibicarakan di sini adalah emas digital atau emas yang diperdagangkan secara digitan atau online. Anda tidak perlu khawatir akan penipuan karena aplikasi Pluang sudah memiliki izin resmi dan juga sudah diawasi dengan baik karena sudah terdaftar. 

Di Pluang, Anda juga bisa menjual emas secara digital dengan harga jual real time dari pasar emas. waktu untuk menjual emas ini juga bisa Anda tentukan sendiri sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda.

Jika Anda tidak berminat untuk menjual emas tersebut secara digital maka Anda bisa menarik emas tersebut secara fisik dan emas yang Anda dapatkan adalah emas Antam murni dengan pecahan mulai 1 sampai 1000 gram. 

2. Cara Investasi Reksa Dana di Pluang

  • Memilih Produk Reksa Dana

Pada menu “Reksa Dana”, Anda akan ditawarkan beberapa produk dan tugas Anda adalah memilih produk reksa dana yang ingin Anda beli. Jika Anda sudah memutuskan, langsung saja klik “Beli”.

  • Masukkan Jumlah Dana

Selanjutnya, masukkan jumlah dana yang ingin Anda investasikan lalu klik “Lanjut”.

  • Pilih Metode Pembayaran

Anda bisa memilih berbagai metode pembayaran yang tersedia, seperti Bank Transfer, Virtual Account atau Gopay. Jika sudah, klik “Lanjut”.

  • Periksa Pembelian dan Geser

Periksalah kembali pembelian yang Anda lakukan. Jika sudah benar, Anda hanya tinggal menggesernya ke atas untuk dapat melanjutkan transaksi.

  • Lakukan Pembayaran 

Anda akan mendapatkan nomor yang digunakan untuk melakukan pembayaran. Selanjutnya, gunakan nomor tersebut dan bayar sesuai nominal yang tertera. Jangan lupa untuk menyimpan bukti pembayaran.

  • Konfirmasi Pembayaran dan Selesai

Setelah melakukan pembayaran, unggahlah bukti pembayaran tersebut untuk melakukan konfirmasi dengan klik “Konfirmasi Pembayaran” maka proses investasi reksa dana sudah berhasil Anda lakukan. 

Demikianlah penjelasan mengenai aplikasi Pluang serta cara investasi di Pluang. Jika Anda tertarik untuk melakukan investasi di Pluang, jangan lupa untuk menyiapkan identitas diri dan juga dana yang akan Anda gunakan untuk melakukan investasi.

Sebelum memilih produk investasi yang tersedia, pastikan bahwa Anda sudah mempelajari dan memahami mengenai kelebihan dan kekurangan dari produk investasi yang Anda pilih itu lalu ikuti langkah-langkah untuk berinvestasi dengan benar. Selamat mencoba! Semoga berhasil dan selamat berinvestasi!

 

Artikel Terkait