Wajib Tau! Cara Beli Reksadana di IPOT Terbaru + Kelebihan dan Kekurangan 

Cara Beli Reksadana di IPOT – Buat Anda yang belum tau cara beli reksadana di IPOT, wajib banget baca artikel ini sampai habis. IPOT merupakan aplikasi yang diluncurkan oleh PT Indo Premier Sekuritas.

Investasi tak selamanya membutuhkan dana yang besar, ada beberapa instrumen investasi yang bisa dimulai dengan dana kecil, yaitu reksadana. Kini investasi jauh lebih mudah dengan memanfaatkan teknologi, salah satunya adalah beli di aplikasi IPOT. 

Selain melayani jual beli reksadana, dengan aplikasi ini investor bisa menikmati berbagai produk unggulan lainnya seperti saham dan ETF. Kemudahan mendapatkan informasi komplit seputar investasi, transaksi mudah, aman dan nyaman, serta reporting transparan dan komprehensif. 

Cara Beli Reksadana di IPOT 

Dulu, beli investasi reksadana itu sulit, buka karena masalah dana tapi lebih ke bagaimana cara memilih reksadana yang baik dan menguntungkan. Sebab, produk reksadana itu ada banyak sekali macamnya dan tidak semua memiliki prospek yang bagus. 

Memilih reksadana yang oke, dibutuhkan ilmu dan pengalaman. Namun, sekarang memilih reksadana yang baik bukan lagi hal sulit setelah adanya super app IPOT. Penasaran bagaimana cara menggunakannya? Langsung aja yuk simak ulasan berikut ini sampai habis. 

Langkah – langkah beli reksadana di IPOT : 

1. Download aplikasi IPOT

Langkah pertama yang harus Anda lakukan sebelum bisa membeli reksadana dari aplikasi ini, adalah download dulu app IPOT lewat app store maupun play store smartphone Anda. 

Tenang saja, aplikasi ini gratis kok, setelah download tunggu sampai proses instalasi selesai. Pastikan ponsel kamu selalu terhubung ke jaringan internet dan punya paket data. 

2. Buat rekening

Buka rekening bisa dilakukan lewat website Indopremier.com selaku perusahaan broker IPOT. Kalau udah bisa masuk, pada bagian homepage akan diberikan 2 pilihan buka akun yaitu “umum” dan “syariah. Pilih salah satu. 

Baca Juga:  Keuntungan Investasi di Bibit, Pengertian, Cara Kerja dan Penjelasannya!

Setelah itu Anda akan diarahkan untuk mengisi formulir pendaftaran, isi dengan data yang sebenarnya, formulir pengisian data sebanyak 5 lembar. Jika sudah, Anda harus menambahkan tanda tangan asli pada dokumen. Jika Anda tidak bisa datang langsung ke kantor Indopremier, Anda bisa request pick up dokumen. 

Nantinya akan ada kurir yang datang untuk mengambil dokumen berisi tanda tangan Anda. Isi alamat rumah atau tempat kerja pada request pick up di website. Tidak masalah jika belum atau tidak memiliki NPWP, Anda bisa mengisi kolom NPWP dengan pernyataan “belum memiliki NPWP. 

3. Masuk IPOT

Setelah proses buka rekening selesai dan berhasil, Anda akan menerima username dan Id yang digunakan untuk log in. 

Terdapat lebih dari 250 produk reksadana dan 40 manajer investasi terbaik dan profesional yang bisa dipilih investor. 

2 fitur unggulan reksadana dari IPOT adalah fund comparison dan fungsi evaluator. Buat pemula sebaiknya pilih find evaluator karena lebih mudah digunakan.

4. Top up RDN

Cara beli reksadana di IPOT selanjutnya adalah top up RDN atau isi saldo. Saat membuka rekening sebelumnya Anda membuka rekening dana investasi yang terdaftar di bank BCA. 

Rekening ini murni milik nasabah atau investor bukan milik IPOT. Jadi Anda bisa merasa lebih tenang dan nyaman. Karena rekening ini milik pribadi, Anda bisa melihat mutasi serta saldo rekening melalui internet banking KlikBCA. 

IPOT bisa melakukan pemotongan atau transfer dana langsung ke. Rekening investor jika ada perintah investor. Saat ada pembelian, IPOT secara otomatis memotong saldo Anda, dan saat ada penjualan IPOT secara otomatis akan mentransfer dana ke rekening Anda. 

5. Beli reksadana

Sebelum membeli reksadana di IPOT, ada beberapa hal yang harus Anda tau diantaranya : 

  • Jenis reksadana yaitu money market, fixed income, equity, dan campuran. 
  • Return dibedakan atas jangka waktunya yaitu mulai dari 3 bulan – 5 tahun. 
Baca Juga:  Beberapa Kerugian Investasi Emas Antam

Cara beli reksadana di IPOT

  • Buka aplikasi IPOT di ponsel Anda, bisa juga lewat website resmi 
  • Lanjut pada halaman depan pilih menu “FUND” 
  • Scroll ke bawah, lanjut pada menu “Fund tools” klik “evaluator” pada bagian bawah sebelah kiri (contoh untuk pemula) 
  • Setelah itu lanjut lakukan setting pada reksadana sesuai keinginan 

Nb : 

Filter berdasarkan jenis 

  • EQ : reksadana saham 
  • BL : reksadana campuran 
  • MM : reksadana pasar uang 
  • FL : reksadana fixed income 

Filter berdasarkan tinggi harga (NAV) yaitu rasio sharpe dan drawdown.

Semakin tinggi rasio sharpe yang dimiliki, semakin baik pula reksadana dan timbal balik yang dihasilkan.

  • Langkah selanjutnya jika sudah menentukan filter adalah memilih reksadana yang mau dibeli, scroll atas bawah, jika ada yang cocok jangan lupa untuk melihat “summary”. Tombol ini berisi detail dari produk reksadana yang Anda lihat. 
  • Pelajari dan cek reksadana yang mau dibeli dengan melihat fun fact sheet dan cek prospektusnya.
  • Next, jika sudah yakin untuk beli Anda bisa pilih menu “Subscription” > masukkan jumlah yang mau dibeli > centang pada bagian “beli berkala” > setiap tanggal (isi dengan tanggal yang Anda inginkan) 

Fitur auto – buy dipilih supaya lebih praktis dan menghemat waktu Anda. Jangan lupa untuk mengaktifkan fitur RDN, supaya saldo bisa terpotong otomatis setiap bulan. 

  • Selanjutnya klik “submit” akan muncul notifikasi konfirmasi pembelian klik “ok” 
  • Jika pembelian berhasil akan muncul status. Selamat mencoba. 

Cara Memantau Reksadana yang Sudah Dibeli 

Setelah sukses membeli, reksadana akan menjadi portofolio investor. Anda bisa melihat laporan portofolio tidak hari, didalamnya berisi beberapa informasi sebagai berikut : 

  • Nama reksadana yang dibeli 
  • AVG value atau nilai pembelian  
  • Market value atau nilai reksadana saat ini 
  • %POT G/L atau untung rugi 
Baca Juga:  Proposal Usaha Bisnis, Mulai Dari Pengertian Sampai Penyusunan

Reksadana yang sudah dibeli juga bisa dijual kembali, caranya sangat mudah sekali, Anda hanya tinggal pilih reksadana yang mau dijual, kemudian isi jumlah yang mau dijual dan terakhir isi rekening yang mau di transfer. 

Uniknya pada aplikasi ini Anda bisa langsung mentransfer ke rekening bank lain, tidak harus ke rekening yang sama dengan yang terdaftar di RDI. Hal ini biasanya tidak bisa dilakukan pada aplikasi lain. 

Kelebihan IPOT 

  • Calon investor mendapatkan kemudahan dalam pembuatan aku dan rekening baru. Tidak seperti aplikasi lain yang harus datang ke kantor cabang terdekat, dengan aplikasi ini ada sistem pick up yang memudahkan dalam pengiriman dokumen.

Semua proses registrasi dilakukan secara online, dimana saja dan kapan saja. Proses membuat aku baru juga terbilang singkat kurangi dari 2 jam.

  • Tidak ada minimal setoran dana wajib, investor tidak akan merasa terbebani, Anda bisa menyetorkan sesuai dengan dana yang Anda punya. Hal ini sangat cocok untuk pemula, pelajar, dan mahasiswa. 
  • Pilihan Investasinya banyak.
  • Manajer investasi berpengalaman dan profesional.
  • Informasi yang diberikan baik info perusahaan maupun produknya lengkap dan mudah dimengerti. 
  • Sekuritas yang dimiliki dijamin keamanannya dan melewati seleksi ketat. 

Kekurangan IPOT 

  • Aplikasi sering terjadi lag apabila banyak user yang menggunakannya secara bersamaan. 
  • Fiturnya tidak user friendly sehingga pemula banyak yang kesulitan ketika menggunakannya.
  • Pin bikin ribet, karena dikit-dikit harus pakai pin. Telat lebih dari 5 menit akun tidak bisa dibuka. 

Investasi reksadana sangat cocok bagi pemula atau siapa saja yang mau investasi tapi tidak punya banyak waktu luang. Stop alasan, ngomong “ah males gak tau caranya”. So, semoga informasi di atas dapat bermanfaat. Sekian dan terimakasih. 

 

Artikel Terkait