Ciri Khas Asuransi Jiwa Berjangka yang Baik dan Benar

Ciri Khas Asuransi Jiwa Berjangka – Masyarakat Indonesia lebih familiar dengan nama term life insurance. Pada dasarnya, term life insurance adalah asuransi jiwa berjangka yang dikemas dalam bahasa Inggris.

Jenis asuransi jiwa yang satu ini merupakan jenis asuransi yang memproteksi atau memberikan perlindungan kepada pihak nasabah dari segala risiko kerugian finansial, yang diakibatkan oleh pemegang polis yang meninggal dunia dalam masa tertentu. Di dalamnya, akan ada ciri khas asuransi jiwa berjangka tersendiri, yang akan membuatnya berbeda dengan jenis asuransi jiwa seumur hidup.

Nantinya, biaya santunan dan juga dana pertanggungan yang ada pada pihak perusahaan asuransi (penanggung), akan diberikan secara langsung kepada pihak anggota keluarga pemegang polis (tertanggung), sehingga anggota keluarga yang ditinggalkan ini bisa hidup dengan semestinya, tanpa harus merasa kekurangan dalam hal finansialnya.

Asuransi jiwa memang sejak dulu selalu menjadi salah satu jenis asuransi di Indonesia yang sangat dibutuhkan oleh warga di dalamnya. Sebab, kita tidak pernah tahu kapan kita harus meninggalkan dunia ini, sehingga untuk mencegah terjadinya kerugian finansial yang dialami oleh anggota keluarga yang ditinggalkan, akan lebih baik jika Anda memiliki asuransi jiwa berjangka seperti ini.

4 ciri khas asuransi jiwa berjangka yang perlu diketahui oleh semua orang

Semua manusia pasti akan ada masanya dimana mereka harus meninggalkan dunia ini. Dengan begitu, hal ini juga semakin menunjukkan bahwa seorang kepala keluarga memang bekerja dengan tujuan mencari nafkah untuk keluarganya di rumah, tetapi kita tidak akan pernah tahu kapan kepala keluarga tersebut akan meninggalkan keluarganya dari dunia ini.

Baca Juga:  Gaji PT Varuna Tirta Prakasya Terbaru 2022

Penyebab seseorang meninggal memang sangatlah beragam, ada yang karena sebuah penyakit, virus, kecelakaan di jalanan maupun di tempat kerja, atau bahkan tiba-tiba meninggal dunia ketika sedang tidur. Meskipun alasannya beragam, akan tetapi semua alasan tersebut tidak akan pernah bisa kita duga atau tebak kapan waktunya.

Setiap manusia pasti akan memiliki takdirnya masing-masing, entah itu baik maupun buruk, semua akan diatur oleh Tuhan yang Maha Esa. Namun, ketika hal yang buruk terjadi dalam kehidupan Anda, hal ini tidak boleh membuat Anda cemas dan takut, tapi Anda harus bisa mencari cara bagaimana jalan hidup yang buruk tersebut bisa menjadi manfaat di bidang lainnya.

Sebagai contoh kami akan menyebutkan tentang asuransi jiwa berjangka ini. Ketika Anda sudah memiliki asuransi jiwa berjangka dalam jenis apapun itu, maka Anda tidak perlu mencemaskan tentang kehidupan finansial keluarga Anda setelah Anda meninggal dunia. Sebab, asuransi itu akan menjadi perlindungan bagi anggota keluarga Anda ketika Anda sudah meninggal dunia di masa polis itu masih berlaku.

Untuk itu, Anda perlu mengetahui apa saja ciri khas asuransi jiwa berjangka itu, supaya Anda bisa mengetahui juga apa saja kebijakan yang akan berlaku dalam jenis asuransi jiwa ini, dan ciri khas tersebut adalah:

  • Biaya premi

Ciri khas paling utama dari asuransi jiwa berjangka adalah biaya preminya yang tergolong ringan. Dengan begitu, nasabah akan merasa terbantu, karena mereka tidak harus mengeluarkan biaya yang terlalu besar untuk membayar premi tersebut setiap bulannya. Dengan melihat fakta tersebut, hal ini juga bisa menjadi jawaban tersendiri dari pertanyaan mengapa banyak orang lebih memilih produk asuransi jiwa berjangka.

Baca Juga:  Berapa Estimasi Gaji Youtuber 1000 Subscriber? Simak Penjelasannya Berikut

Dengan biaya preminya yang ringan seperti ini, akan membuat seseorang lebih mudah dalam membayarnya secara rutin. Sehingga, dengan memiliki jenis asuransi jiwa ini, mereka tidak akan mengorbankan dana lainnya untuk membayarkan biaya premi setiap bulannya tersebut.

  • Sistem pembaharuan polis

Jenis asuransi jiwa berjangka juga memiliki sistem yang menguntungkan bagi para nasabah, yaitu sistem pembaharuan polisnya yang bisa dilakukan oleh pihak pemegang polis. Sebagai contoh, kami akan menyebut tentang sistem perpanjangan masa perlindungan ketika masa berlaku awal sudah berakhir.

Dalam jenis asuransi jiwa ini, Anda masih bisa memperpanjang masa berlaku tersebut, sehingga Anda masih bisa memilikinya sampai masa berlaku kedua yang telah Anda janjikan tersebut.

Dengan adanya sistem pembaharuan polis yang lebih fleksibel seperti ini, membuat banyak orang berpikir bahwa sistem yang digunakan pada jenis asuransi berjangka ini sangatlah baik untuk para nasabah. Tidak akan ada kerugian tertentu yang bisa Anda dapatkan, ketika Anda memiliki jenis asuransi jiwa yang satu ini.

  • Perubahan nilai premi yang harus disetorkan

Karena pada dasarnya pembaharuan polis asuransi jiwa berjangka bisa dilakukan dalam jangka waktu penambahan tahunan maupun seumur hidup, jadi sistem ini akan membuat terjadinya perubahan pada nilai premi yang harus disetorkan oleh pihak pemegang polis (tertanggung) kepada pihak perusahaan asuransi (penanggung).

Perubahan nilai premi ini akan disesuaikan dengan isi perjanjian antara pihak tertanggung dengan pihak penanggung, sehingga semua perusahaan asuransi akan menerapkan hitungan yang berbeda-beda. Maka dari itu, sebelum Anda membeli asuransi jiwa berjangka, pastikan Anda sudah mengetahui kebijakan perusahaan asuransi pilihan Anda.

  • Penggabungan asuransi jenis lainnya

Peraturan dalam asuransi jiwa berjangka bisa dibilang cukup fleksibel, mengingat asuransi jiwa ini bisa digabungkan dengan jenis asuransi lainnya seperti asuransi kecelakaan diri, asuransi kesehatan, asuransi mobil, dan lain sebagainya.

Baca Juga:  Gaji PT Wings Terbaru 2022

Dengan adanya kemudahan seperti ini, akan membuat Anda lebih mudah dalam memiliki berbagai macam jenis asuransi secara sekaligus. Jadi, bisa dibilang ini merupakan daya tarik paling utamanya.

Manfaat asuransi jiwa berjangka yang cukup beragam

Setiap jenis asuransi yang ada di dunia ini, pasti akan memiliki manfaatnya masing-masing, yang tentunya manfaat tersebut bisa memberikan perlindungan tersendiri ke dalam kehidupan Anda yang berperan sebagai pemilik polis tersebut.

Pada dasarnya, tujuan utama dari seseorang memiliki asuransi jiwa adalah untuk melindungi atas risiko terjadinya kerugian finansial yang disebabkan oleh pihak kepala keluarga meninggal dunia.

Selain itu, masih ada beberapa manfaat lainnya dari asuransi jiwa berjangka yang tidak kalah penting dari manfaat utamanya tersebut. Untuk itu, simak dengan baik daftar manfaatnya berikut ini:

  • Memberikan perlindungan finansial yang pasti kepada pihak anggota keluarga pemegang polis (tertanggung) atau bisa juga kepada ahli waris dari pihak pemegang polis (tertanggung).
  • Mengatasi permasalahan kredit macet, yang akan menjadi permasalahan besar jika terus diabaikan.
  • Membantu pengelolaan dana jangka panjang, yang dapat memberikan dampak positif ke dalam kehidupan finansial Anda di masa depan.

Dengan memahami beberapa penjelasan di atas, Anda akan semakin bisa menilai bahwa jenis asuransi yang satu ini akan sangat dibutuhkan dalam kehidupan Anda. Jika Anda termasuk seseorang yang menyukai segala halnya terorganisir, maka Anda bisa mencoba membeli produk asuransi jiwa berjangka seperti ini.

Sekian saja yang bisa kami sampaikan mengenai ciri khas asuransi jiwa berjangka, dan semoga dengan adanya artikel ini Anda bisa menambah ilmu di dunia asuransi secara lebih banyak lagi.

Artikel Terkait