Apa Pengertian Investasi Properti Dan Bagaimana Cara Memulainya

Apa Pengertian Investasi Properti – Dengan semakin mudahnya akses informasi, sekarang ini banyak yang mencari apa pengertian investasi properti dan bagaimana cara memulainya.

Jika berbicara mengenai investasi, memang sederhana jenisnya sangat beragam dan tidak monoton.

Anda dapat memilih berbagai instrumen baik itu investasi saham, investasi emas sampai dengan berbagai produk branded yang dinilai bisa menjadi sebuah cara investasi menguntungkan.

Walaupun memang ada banyak pilihannya, investasi properti masih tetap menjadi pilihan yang digemari masyarakat.

Selain karena nilai jualnya yang semakin meningkat banyak juga yang menganggap bahwa investasi properti lebih minim resiko dari pada jenis yang lainnya. Investasi properti juga dapat dibilang trikoma yang meskipun nilainya stabil resikonya tetap rendah.

Mungkin anda juga sekarang tertarik untuk memulai berinvestasi properti ini? Jika iya, maka harus mengetahui terlebih dahulu Apa pengertian dari investasi properti tersebut.

Apa Pengertian Investasi Properti ?

Tidak afdol rasanya jika tidak memahami apa pengertian investasi properti. Pengertian investasi properti adalah jenis investasi yang berhubungan dengan pembelian, penyewaan, kepemilikan, pengelolaan, serta penjualan real estate untuk memperoleh profit atau keuntungan.

Investasi properti merupakan pembelian properti Real estate yang bertujuan memperoleh return of investment (ROI) baik melalui penyewaan, penjualan kembali ke maupun keduanya. Properti tersebut bisa dimiliki oleh investor perorangan, investor dalam bentuk group maupun korporasi.

Apabila dilihat dari jangka waktu investasi properti merupakan jenis yang cukup fleksibel. Jenis investasi ini bisa untuk jangka pendek maupun jangka panjang.  Jadi, anda dapat menentukan jangka waktunya yang disesuaikan kebutuhan. 

Baca Juga:  Aplikasi Penghasil Uang, Cara Jitu Penghasil Cuan Lewat Gadget

Keunggulan Dalam Investasi Properti

Setelah tahu apa pengertian investasi properti, penting juga untuk terlebih dahulu mengenal apa keunggulan yang bisa diperoleh saat berinvestasi di sini. Keunggulan utamanya, yaitu nilai harga properti yang stabil. 

Kelebihan ini memang Tidak diragukan lagi karena kebutuhan tempat tinggal atau bangunan akan selalu ada kapanpun. Terlebih lagi jika Anda investasi properti pada bangunan yang mempunyai aset tinggi.

Hal tersebut akan sangatlah menguntungkan terutama untuk jangka waktu panjang. Ada beberapa keunggulan lainnya seperti berikut;

  • Bisa Dijadikan Sewa Hunian

Keuntungan pertama berinvestasi properti yaitu bisa dikembangkan menjadi bisnis yang sangat menjanjikan. Terlebih lagi jika berada di kawasan jantung kota atau kampus. Properti dapat dijadikan kosan, kontrakan, atau disewakan.

  • Kebutuhan Rumah Terus Meningkat

Kebutuhan akan hunian layak untuk masyarakat setiap tahunnya selalu mengalami peningkatan.

Di satu sisi, ketersediaan lahan semakin sedikit dan tentu akan membuat harga yang ditawarkan semakin mahal. Keuntungan investasi ini juga akan berkembang seiring dengan banyaknya kebutuhan dan permintaan masyarakat.

  • Dapat Menjadi Sumber Penghasilan Pasif

Harga yang terus meningkat tersebut akan menjadi kelebihan tersendiri apalagi jika dimanfaatkan menjadi Sumber penghasilan pasif.

Oleh karenanya rumah sekarang ini tawaran untuk berbisnis gua karate semakin gencar karena memang memiliki potensi untuk penghasilan pasif dalam jumlah besar.

Tips Sebelum Memulai Investasi Properti

Setelah memahami apa pengertian investasi properti, ada beberapa tips yang bisa dilakukan seperti berikut ini :

  • Memilih Lokasi Yang Tepat

Cara berinvestasi properti yang paling gampang yaitu membeli tanah, rumah, ataupun apartemen. Akan tetapi kalau ada jangan membeli nya begitu saja tanpa memperhatikan Di mana lokasinya.

Pilihlah lokasi yang strategis serta punya prospek bagus, misalnya di wilayah kota Mandiri atau yang dekat dengan akses transportasi. 

  • Menyiapkan Dana Yang Lebih Dari Cukup

Harga properti tidaklah murah dan oleh sebab itu penting untuk mempersiapkan uang yang lebih dari cukup sebagai cara berjaga-jaga jika terdapat pengeluaran yang tak terduga.

Baca Juga:  Bisnis Online Yang Menguntungkan Modal Kecil Cocok Untuk Milenial

Anda juga harus menyesuaikan jenis properti yang di lirik, sekaligus biaya tambahan serta perbaikan yang mungkin harus dilakukan.

  • Memilih Pengembang Yang Terpercaya

Jika anda ingin membeli properti baik untuk apartemen maupun rumah tapak, juga harus memperhatikan pengembang yang terpercaya dan memiliki reputasi baik.

Hal tersebut dilakukan untuk sebuah antisipasi, karena penipuan properti sekarang ini masih marak terjadi yang bisa merugikan anda.

Lakukanlah survei terlebih dahulu terhadap properti yang anda incar. Cari tahu siapa pengembangnya, serta pihak yang bertanggung jawab dalam proses pembangunannya.

Periksalah track record Android developer tersebut sehingga Anda akan lebih merasa nyaman dan aman saat melakukan transaksi.

  • Mengajukan Persetujuan KPR

Anda bisa mengajukan persetujuan KPR supaya memperoleh keringanan dalam pembayarannya.

Disamping itu rumah KPR juga bisa meningkatkan kepercayaan vendor terhadap niatan investasi anda. Di samping itu juga dapat meminimalisir kegagalan transaksi jual beli.

Cara Berinvestasi Properti

Setelah mengetahui apa pengertian investasi properti serta apa keunggulannya, mungkin banyak dari Anda yang semakin tertarik untuk memulainya. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan dalam memulai berinvestasi properti ini, seperti berikut:

  • Investasi Properti Sistem Sewa

Cara paling lumrah dilakukan dalam berinvestasi properti yaitu dengan membangun atau membelinya secara pribadi. Tidak hanya kepemilikan saja, keuntungan yang yang diperoleh juga tidak terlalu terasa.

Apalagi, jika anda yang yang ingin memperoleh keuntungan dalam waktu singkat. Untuk itu, lebih direkomendasikan dengan bisnis sewa untuk memperoleh penghasilan pasif secara rutin.

Ini cocok bagi Anda yang sekarang ini punya kesibukan tapi ingin memperoleh pemasukan tambahan, dengan bisnis sewa properti akan menjadi pilihan terbaik.

  • Bisnis Flip Properti

Cara lainnya yang banyak dilakukan untuk berinvestasi properti yaitu dengan bisnis flip. Ini merupakan cara dan proses yang dilakukan untuk mempunyai rumah atau properti lain.

Baca Juga:  Besaran Gaji UMR Gowa

Selanjutnya dilakukan renovasi supaya lebih bagus dan kemudian dijual kembali dengan harga lebih mahal yang mendatangkan keuntungan.

Para pelaku bisnis flip properti ini dikenal juga dengan nama flipper serta proses penjualannya disebut dengan flipping. Jenis bisnis ini memang kurang begitu populer namun tidak berarti tidak bisa mendatangkan keuntungan.

Cara investasi yang dapat dilakukan siapapun, baik itu oleh kalangan umum maupun para penjual properti.

Tahapannya sendiri mulai dilakukan dengan mengambil pinjaman KPR atau KPK dari bank dan selanjutnya mencari di mana properti yang harganya rendah daripada harga pasaran.

Biasanya, mereka yang membutuhkan uang segera akan menjual properti dengan harga lebih murah.

  • Investasi Properti Secara Online

Investasi properti sekarang ini juga dapat dilakukan secara online dengan menggunakan berbagai platform.

Ini akan menghubungkan properti asset Manager serta para investor. Namun, pastikanlah setiap transaksi yang anda lakukan akan supaya bisa memperoleh keuntungan tanpa kecolongan berinvestasi. 

Secara sederhana, sistemnya dilakukan lewat usaha patungan digital dengan investor lainnya lewat situs website.

Ada yang hanya perlu menyetorkan sebanyak 1% dari nilai properti untuk uang mukanya. Dengan cara ini, tentunya akan sangat membantu Anda yang punya keterbatasan finansial. 

Demikianlah pembahasan tentang apa pengertian investasi properti, keunggulan serta cara memulainya. Dengan keuntungan yang sangat menjanjikan di masa depan, tidak ada salahnya Anda mulai menyisihkan uang untuk mulai berinvestasi di aset ini  

 

Artikel Terkait