10 Jenis Investasi Terbaik Untuk Pemula Yang Direkomendasikan

Investasi Terbaik Untuk Pemula – Mengetahui apa saja investasi terbaik untuk pemula, penting bagi Anda yang memang ingin mulai melakukannya. Investasi sekarang ini memang hangat dibicarakan oleh masyarakat. Ini adalah bagian dari finansial yang penting dilakukan siapapun terutama yang sudah punya penghasilan.

Artinya, banyak masyarakat terutama anak muda sekarang ini ini telah melek ke seputar financial. Mereka semakin berusaha untuk memperbaiki kondisi keuangan meskipun secara perlahan.

Berbagai cara dilakukan, mulai dari pengelolaan keuangan sesuai kebutuhan, mulai menabung, sampai merencanakan dana darurat. Termasuk dalam hal ini juga mencoba berinvestasi.

Selain bisa digunakan untuk mengamankan kondisi keuangan saat kondisi finansial goyah, investasi juga bisa semakin menambah aset finansial. Oleh karena itulah, Anda harus menemukan apa saja instrumen investasi yang tepat dan bisa menghasilkan keuntungan.

Jenis-jenis Investasi Terbaik Untuk Pemula yang Bagus

Bagi Anda yang yang ingin mencari tahu apa saja investasi terbaik untuk pemula, sekarang ini banyak produk yang menjanjikan meskipun modal tidak besar. Bahkan, dengan uang Rp100.000 saja Anda bisa memulai investasi tersebut.

Apa saja jenis-jenisnya dan bisa memberikan keuntungan bagus di masa depan ? Berikut ini akan diulas:

  • Emas

Emas menjadi salah satu instrumen untuk investasi yang menguntungkan dan paling gampang. Alasannya, anda hanya perlu membeli emas saja, selanjutnya menyimpannya secara baik di rumah atau bank. Ketika harga emas naik, Anda bisa menjualnya di tempat yang sama ketika membeli. 

Investasi emas dapat berbentuk logam mulia maupun perhiasan dengan kadar tinggi, misalnya 24 karat atau kemurniannya hampir 99%. Untuk 1 gram emas, harga di tanggal 10 bulan November tahun 2021 saja sekitar Rp 943.000 per gram. Harga emas yang stabil dan bahkan cenderung meningkat, bisa mengamankan investasi anda.

  • Reksadana

Apabila anda investor pemula yang belum berpengalaman dan takut untuk mengelola dana investasi, maka tidak perlu khawatir karena Reksadana menjadi instrumen investasi terbaik untuk pemula. Ini dikarenakan dana anda akan dikelola manajer investasi yang berpengalaman.

Baca Juga:  Apa itu Dana dan Bagaimana Cara Investasi Emas di Dana?

Berdasarkan undang-undang pasar modal Nomor 8 Tahun 1995, pada pasal 1 ayat 27 memberikan pengertian reksadana. Produk ini merupakan wadah yang dipakai untuk menghimpun dana masyarakat pemodal yang selanjutnya akan diinvestasikan dalam portofolio. Pihak yang mengelola dana adalah manajer investasi.

Ada beberapa jenis reksadana yang bisa dipilih mulai dari reksadana saham, reksadana campuran, Reksadana pasar uang, Reksadana pendapatan tetap dan reksa dana terproteksi. Anda bisa memilih salah satunya dan disesuaikan dengan profil risiko. Sekarang ini, ada banyak sekali investasi reksadana berupa aplikasi yang akan semakin memudahkan anda. 

  • Saham 

Banyak investor sekarang ini terutama anak muda, berinvestasi pada instrumen saham. Dengan proses yang mudah dilakukan, saham menjadi pilihan terbaik untuk jangka panjang, walaupun memang punya tingkat resiko tinggi.

Sebagai investor, ada dua cara yang bisa anda dapatkan untuk memperoleh keuntungan. Pertama, dengan deviden yaitu pembagian keuntungan perusahaan kepada para investor. Kedua, dari capital gain yaitu keuntungan yang diperoleh dari selisih harga beli dan jual saham. 

  • Obligasi

Investasi terbaik untuk pemula berikutnya yaitu obligasi. Instrumen ini disebut juga dengan surat utang yang dapat diperdagangkan pada pasar sekunder bursa Efek Indonesia. Ada beberapa macam obligasi yang dapat Anda pilih.

Sejumlah produk obligasi mulai dari obligasi korporasi, sukuk, surat berharga negara dan efek beragun aset. Ada beberapa keuntungan bagi para investor di obligasi, yaitu resiko yang rendah, pilihan beragam, keuntungan dari capital gain, serta pemberian kupon yang punya bunga rata-rata diatas deposito.

  • Deposito

Anda yang ingin hanya menabung saja tapi rasanya seperti berinvestasi, dapat memilih deposito. Memang, deposito ini juga menjadi salah satu produk yang sangat menguntungkan dengan risiko minim. Ada beberapa produk deposito yang punya bunga cukup besar yaitu 2,75% pertahun. 

Baca Juga:  Inilah Perbedaan Investasi Syariah dan Konvensional yang Harus Anda Tahu!

Di dalam produk deposito ini anda bisa menentukan berapa nominal per bulan dan jangka waktu menabung mulai dari 3 bulan, sampai 24 bulan dan seterusnya.

Simpanan pada deposito ini tidak boleh dicairkan sebelum jatuh tempo. Jika memaksa untuk ditarik, maka dikenakan denda. Oleh karena itu, produk ini memang cocok untuk “memaksa” anda rajin menabung.

  • Properti

Semakin hari semakin banyak orang yang berinvestasi properti. Alasannya, harga jual yang cenderung meningkat setiap tahun. Terlebih lagi, jika didukung oleh hal lain misalnya lokasi strategis dan fasilitas memadai. Maka, harga jualnya di masa depan akan sangat tinggi.

Ada alasan bagus mengapa berinvestasi properti. Hal yang penting dilakukan adalah memastikan bangunan kokoh dan rapi, desain menarik, pertumbuhan penduduk sekitar yang bagus, serta lokasi yang mudah dijangkau. Anda sebagai pemula, Jika punya dana cukup bisa berinvestasi properti untuk mengamankan uang.

  • Pertanian

Investasi terbaik untuk pemula selanjutnya yaitu di sektor pertanian. Alasannya, setiap orang butuh produk hasil pertanian mulai dari pasar tradisional, pasar modern, sampai para pelaku usaha kuliner. Anda bisa mengajak orang lain yang telah berpengalaman dahulu untuk bekerja sama dalam berinvestasi di bidang pertanian ini.

  • Peternakan

Investasi di peternakan juga cukup bagus. Banyak produk kuliner yang yang harus disuplai oleh peternakan, misalnya bisnis kuliner, tekstil, dan sebagainya. Namun memang, Anda harus mempunyai mentor atau rekan terlebih dahulu untuk meminimalisir resiko kegagalan.

  • Cryptocurrency

Beberapa waktu belakangan ini banyak juga anak muda yang tertarik berinvestasi di sektor cryptocurrency. Pada prinsipnya, crypto merupakan mata uang virtual yang terjamin oleh kriptografi. Hanya bisa sebagai media transaksi dengan orang lain secara online.

Baca Juga:  Apa Itu Investasi Bibit? Ternyata Ini Pengertian, Cara dan Keuntungannya!

Keuntungan investasi di cryptocurrency memang bisa sangat besar, bahkan dapat naik hingga 300 kali lipat. Akan tetapi, memang Anda harus melakukan analisis secara benar karena aset ini sangat volatil atau naik turunnya sangat fluktuatif. Oleh karenanya, banyak juga yang mengatakan investasi cryptocurrency punya resiko tinggi. 

  • P2p lending

P2p lending atau yang dinamakan peer to peer lending merupakan platform jasa keuangan. Cara kerjanya, yaitu mempertemukan antara orang yang memerlukan dana untuk usahanya, dengan pemberi modal atau investor. Jadi, keduanya akan memperoleh simbiosis mutualisme yang sangat menguntungkan. 

Pada umumnya, p2p lending ini memberikan bunga besar. Pada setiap platform memang akan berbeda-beda dan anda dapat berinvestasi di dalamnya. Hal yang paling penting pastikan bahwa memang perusahaan legal dan terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan. 

Beberapa rekomendasi di atas, bisa anda pilih salah satunya yang paling mudah dahulu. Masing-masing pastinya akan memberikan potensi keuntungan di masa depan, asalkan Anda juga menggunakan strategi tepat. Pahami juga bahwa setiap investasi pasti mengandung resiko. Sebagai pemula, pilih resiko yang paling kecil dahulu.

Alasannya, jika hanya setor modal kemudian ditinggalkan saja, maka investasi Anda bisa malahan rugi. Oleh karena itulah, penting bagi anda untuk semakin menambah wawasan seputar berbagai instrumen investasi terbaik untuk pemula tersebut.

 

 

Artikel Terkait