Daftar Asuransi Terbaik di Dunia Beserta Jenis-jenisnya

Asuransi Terbaik di Dunia – Tanpa disadari, sekarang ini ada banyak perusahaan asuransi yang menawarkan berbagai kelebihannya masing-masing. Tidak hanya tersebar di Indonesia, perusahaan tersebut bahkan sudah tersedia di berbagai belahan dunia. Oleh sebab itu, untuk menambah wawasan Anda pastikan mengetahui asuransi terbaik di dunia.

Ketahui Dahulu Apa Itu Asuransi

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan perusahaan asuransi. Sayangnya, tidak semua orang memahami apa itu asuransi sebenarnya. Perlu diketahui, bahwa asuransi merupakan sebuah bentuk perjanjian antara kedua belah pihak yaitu penanggung dan tertanggung. 

Dalam hal ini pihak tertanggung membayar iuran kepada penanggung. Tujuannya adalah untuk memperoleh bentuk ganti rugi atas resiko finansial yang dapat terjadi kapan saja secara tidak diduga. Artinya pihak penanggung adalah perusahaan asuransi sedangkan pihak tertanggung adalah peserta asuransi/nasabahnya.

Adanya asuransi disini tidak akan menghilangkan resiko terjadinya peristiwa tidak terduga. Akan tetapi, keberadaannya dapat membantu meminimalisir kerugian yang terjadi akibat peristiwa tertentu. Baik itu dalam skala besar ataupun kecil.

Apa Fungsi Asuransi?

Sebelum menggunakan asuransi, usahakan untuk memahami dahulu apa fungsi utamanya. Perlu diketahui, bahwa asuransi pada dasarnya bukan sebuah kepastian bahwa uang yang Anda setorkan akan kembali dalam jumlah lebih besar. 

Pasalnya, peran utama asuransi tersebut bukanlah untuk memperoleh uang lebih banyak. Akan tetapi fungsinya lebih berfokus pada perlindungan atas resiko yang tidak bisa seseorang prediksi dari waktu ke waktu. 

Baca Juga:  Cara Menghitung Return Saham

Hal ini berarti, asuransi bisa Anda gunakan sebagai salah satu cara untuk mempersiapkan hal-hal yang tidak bisa disiapkan. Contohnya seperti resiko jatuh sakit, kecelakaan, kehilangan nafkah utama, dan masih banyak lagi lainnya. Berbagai hal tersebut akan dicover oleh perusahaan asuransi.

Ini Dia Daftar Asuransi Terbaik di Dunia

Setelah memahami tentang apa itu asuransi beserta fungsinya, maka usahakan untuk mengetahui juga tentang daftar perusahaan asuransi terbaik serta terbesar yang ada di dunia. Setiap perusahaan tersebut tentu memiliki visi misi yang tidak jauh berbeda. Di bawah ini penjelasan lengkapnya:

  • UnitedHealth Group

Perusahaan asuransi satu ini berpusat di Amerika Serikat. Keberadaannya sendiri berhasil masuk sebagai daftar perusahaan asuransi terbaik di dunia. Untuk jenis produk asuransi yang ditawarkannya sendiri sangat beragam. Mulai dari asuransi kesehatan, pensiunan, keluarga, lanjut usia, dan masih banyak lagi.

  • Allianz

Perusahaan asuransi terbesar lainnya adalah Allianz Insurance. Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan nama perusahaan tersebut. Pusatnya sendiri terletak di Munchen, Jerman. Hingga saat ini perusahaan ini sudah terkenal di berbagai negara tidak terkecuali Indonesia.

  • Berkshire Hathway

Merupakan perusahaan asuransi terbesar yang ada di dunia saat ini. Perusahaan tersebut berada di Omaha, Amerika Serikat yang didirikan oleh Oliver Chace. Perusahaan ini sendiri terbilang sangat populer sehingga tidak heran apabila ada banyak orang menggunakan jasa asuransinya.

  • Ping An Insurance

Perusahaan ini berasal dari Tiongkok dengan fokus utama di bidang finansial. Perusahaan tersebut juga termasuk paling terkemuka di China sehingga termasuk sebagai salah satu perusahaan asuransi terbesar di dunia. Perusahaan tersebut mulai merangkak dan meraih kesuksesan pada tahun 2020 hingga saat ini.

  • China Life Insurance

Selain Ping An Insurance, China Life Insurance juga menjadi salah satu perusahaan asuransi terbaik di China  Perusahaan ini bahkan termasuk yang terbesar di RRC. Tidak hanya itu, perusahaan ini juga diketahui berhasil mencatatkan aset terbesar. Terbukti dengan memegang 45% saham pasar negara.

  • AIA Financial

Tahukah Anda, bahwa perusahaan AIA Financial pada dasarnya didirikan di Singapura dengan kantor pusatnya berada di Hong Kong sejak tahun 1919. Perusahaan tersebut memang sudah beroperasi di Indonesia sehingga tentu sudah pernah mendengarnya. 

  • Prudential Plc

Merupakan salah satu perusahaan asuransi yang bergerak pada bidang finansial. Perusahaan ini sendiri berbasis di London kemudian mulai tersebar di berbagai negara lainnya. Hingga saat ini, perusahaan tersebut juga sudah berhasil berdiri di Indonesia.

  • AXA

Tidak kalah dengan lainnya, AXA juga termasuk sebagai salah satu perusahaan asuransi terbesar di dunia. Berdiri sejak tahun 1816 silam, perusahaan asuransi tersebut terpusat di Prancis. 

Baca Juga:  Banjir Untung! Inilah Daftar 10 Investasi Terbaik Saat Ini

Jenis-jenis Asuransi secara Umum

Ketika mendengar kata asuransi, Anda tentu sudah tidak asing lagi mengenai istilah tersebut. Terlebih, di Indonesia sendiri sudah ada banyak perusahaan asuransi yang menawarkan berbagai jenis produknya. Di bawah ini beberapa jenis asuransi tersebut secara umum:

  • Asuransi Kesehatan

Jenis asuransi pertama yang bisa Anda ketahui adalah asuransi kesehatan. Asuransi tersebut ditujukan untuk menangani masalah kesehatan sekaligus melindungi finansial peserta. Terutama dalam menanggung biaya mulai dari perawatan sampai sembuh.

Umumnya, pemilihan asuransi ini sendiri akan disesuaikan dengan kemampuan finansial. Dengan begitu, peserta memiliki kesempatan untuk memilih produk asuransi yang ditawarkan. Apakah sudah mencakup rawat inap ataupun hanya rawat jalan.

  • Asuransi Jiwa

Merupakan salah satu jenis asuransi yang akan memberikan keuntungan finansial apabila kematian datang. Tidak hanya itu, asuransi ini juga dapat digunakan ketika seseorang tiba-tiba jatuh sakit, menderita cacat, ataupun mengalami kecelakaan dan penyakit tertentu.

Pada asuransi jenis ini sendiri umumnya memiliki metode dan sistem pembayaran berbeda-beda tergantung perusahaannya. Terdapat perusahaan yang menyediakan jasa asuransi dengan pembayaran setelah ataupun sebelum kematian.

  • Asuransi Pendidikan

Merupakan salah satu jenis asuransi yang digunakan untuk mempersiapkan dana pendidikan sejak dini. Asuransi ini sendiri akan melindungi biaya pendidikan anak, terutama ketika orang tua mendadak sakit sehingga tidak dapat mencari nafkah lagi ataupun meninggal.

  • Asuransi Kendaraan

Tidak banyak yang menyadari, bahwa pada dasarnya kendaraan juga memiliki asuransi tersendiri. Tujuannya agar dapat dilindungi dari hal-hal yang tidak diinginkan. Contohnya seperti adanya kerusakan ataupun kehilangan. Perlindungan tersebut juga dapat menjadikan harga jual kendaraan lebih tinggi.

  • Asuransi Kecelakaan

Asuransi satu ini tentu sudah sering orang gunakan. Tujuannya adalah untuk memberikan perlindungan atas kecelakaan seseorang terutama ketika mereka bekerja. Terlebih, apabila pekerjaan yang dilakukan tersebut termasuk pada kategori rawan resiko kecelakaan.

  • Asuransi Korporasi

Anda mungkin masih sedikit awam dengan salah satu jenis asuransi satu ini. Asuransi tersebut akan memberikan perlindungan pada setiap karyawan dalam sebuah korporasi. Umumnya, perusahaan akan memberikan asuransi jenis ini demi memelihara karyawan sebagai aset berharga agar bisnis dapat berjalan dengan lancar.

  • Asuransi Hari Tua

Terakhir, terdapat asuransi hari tua yakni sebuah produk yang menawarkan perlindungan sekaligus jaminan kepada setiap pesertanya di usia pensiun. Yakni saat peserta sudah tidak lagi produktif sehingga tidak bisa menghasilkan uang lagi. Apabila memakai asuransi jenis ini, maka pihak jasa akan membantu Anda dalam mempersiapkan dana pensiun di hari tua nanti.

Baca Juga:  Gaji PT Yupi Indo Jelly Gum Terbaru 2022

Itu tadi beberapa penjelasan mengenai asuransi terbaik di dunia beserta jenis-jenisnya secara umum. Saat ini sendiri ada banyak jenis asuransi yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan seperti asuransi syariah. Pastikan untuk memilihnya sesuai dengan kemampuan keuangan masing-masing.

Artikel Terkait