Cara Investasi di Ajaib, Reksa Dana Digital yang Cocok untuk Pemula

Cara Investasi di Ajaib – Investasi kini tengah menjadi salah satu tren dikalangan anak muda dan mulai menjadi salah satu gaya hidup mereka.

Tak hanya investasi saham, obligasi, ataupun emas, kini banyak dari mereka yang mulai melirik reksa dana digital. Kini banyak sekali aplikasi yang telah menyediakan fitur investasi reksa dana digital yang dapat Anda pilih, misalnya Ajaib. Lantas bagaimana cara investasi di Ajaib?

Cara Investasi Reksa Dana di Ajaib

Sebelum masuk pembahasan mengenai cara investasi di aplikasi Ajaib, maka Anda juga harus paham mengenai apa itu Ajaib.

Aplikasi Ajaib merupakan sebuah aplikasi yang telah dirancang untuk menjalankan aktivitas mulai dari jual beli saham, investasi reksadana, dan sebagainya. Aplikasi ini menjadi aplikasi yang dapat Anda akses secara online dan belum tersedia secara offline.

Bagi Anda yang ingin menggunakan aplikasi ini, Anda tidak perlu khawatir. Sebab aplikasi ini telah terdaftar di OJK dan terjamin aman. Bagi Anda yang tertarik untuk menjalankan aplikasi di Ajaib, maka Anda dapat mengikuti langkah dibawah ini!

  • Unduh Aplikasi Ajaib

Cara investasi di Ajaib yang pertama adalah dengan mengunduh aplikasi Ajaib. Jika Anda merupakan pengguna HP android, maka Anda dapat mengunduh aplikasi ajaib melalui Google Play Store ataupun App Store hingga App Market ataupun sejenisnya.

Setelah Anda masuk ke dalam tampilan Google Play Store misalnya Anda dapat langsung menuliskan ‘Aplikasi Ajaib’ pada kolom pencarian, lalu klik saja OK.

Meskipun muncul beberapa rekomendasi aplikasi, maka Anda harus jeli untuk memilih aplikasi yang asli. Aplikasi yang asli memiliki logo berwarna biru dengan gambar logo poci ataupun logo teko.

  • Registrasi Akun di Ajaib

Setelah aplikasi Ajaib berhasil  ter-install dan telah siap digunakan, maka langkah selanjutnya yakni Anda mendaftarkan diri untuk membuat rekening saham di aplikasi Ajaib. Sebelumnya jika Anda dapat menyiapkan beberapa data diri yang penting seperti misalnya KTP untuk pengisian identitas dalam proses pendaftaran. 

Baca Juga:  Berapa Estimasi Gaji Youtuber 1000 Subscriber? Simak Penjelasannya Berikut

Pada bagian awal registrasi akun rekening saham aplikasi Ajaib, Anda akan diminta untuk memasukan nomor telepon aktif, alamat email aktif, serta membuat password atau kata sandi akun. Jika Anda memiliki kode referral, maka Anda juga bisa memasukan kode referral tersebut di menu yang tersedia. Jika sudah, maka Anda dapat mengklik DAFTAR.

  • Konfirmasi Akun

Jika Anda telah memilih tombol DAFTAR, maka Anda akan menerima email dari pihak aplikasi Ajaib untuk konfirmasi akun. Setelah Anda mendapatkan email berisikan konfirmasi pendaftaran, Anda dapat kembali ke aplikasi untuk melakukan login.

Setelah Anda memilih tombol login, Anda dapat mengklik tombol BUKA AKUN SAHAM yang ada di sebelah pojok kiri atas tampilan aplikasi.

Kemudian nantinya akan muncul tampilan untuk memilih jenis investasi mana saja yang tersedia di ajaib, Anda dapat memilih menu SAHAM atau REKSA DANA. Anda juga dapat memilih jenis investasi online yang dapat disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan.

  • Mengisi Formulir Pendaftaran

Sebelum melakukan investasi reksa dana di Ajaib, maka cara investasi di Ajaib berikutnya adalah mengisi formulir pendaftaran. Pada proses pendaftaran online ini ada kurang lebih 5 halaman formulir. Pada setiap kolom yang ada di halaman pendaftaran ini wajib diisi kecuali kolom yang memiliki tanda ‘opsional’. 

Sebab, jika formulir Anda tidak terisi dengan lengkap, maka Anda tidak akan bisa melanjutkan ke halaman selanjutnya. Dan pengisian formulir pendaftaran online di aplikasi Ajaib ini bertujuan agar Anda dapat membuat Rekening Saham sekaligus Rekening Dana Nasabah (RDN) Anda di aplikasi Ajaib.

Pembukaan rekening saham serta rekening dana nasabah atau yang sering disebut RDN ini menjadi sebuah kewajiban sebelum Anda dapat melakukan transaksi saham di aplikasi Ajaib. Dan segala data yang tertulis nantinya akan tertulis juga di Kustodian Sentral Efek Indonesia atau KSEI.

Baca Juga:  Cara Investasi Reksa Dana untuk Pemula, Mudah!

Ini akan menghubungkan langsung dengan rekening saham yang tertanam di Ajaib Sekuritas. Sedangkan untuk Rekening Dana Nasabah akan didapatkan di bank tersendiri secara terpisah dari rekening perusahaan efek. Hal ini memiliki tujuan untuk menyimpan dana nasabah agar aman untuk dana yang tidak dibelikan untuk saham.

Sedangkan untuk proses pengisian formulir pendaftaran online ini, Anda akan diminta data diri seperti Nomor Induk Kependudukan atau NIK, pendidikan terakhir Anda, jabatan atau status pekerjaan Anda, dan informasi lain seperti agama dan status perkawinan Anda.

Selain itu akan diminta juga data terkait profil risiko investor yang nantinya berisi rate penghasilan Anda tiap bulannya, gaya investasi Anda, pengalaman investasi, dan sebagainya. Setelah semua data selesai terisi, selanjutnya data tersebut akan masuk ke proses verifikasi oleh pihak Ajaib yang biasanya memakan waktu 1×24 jam.

  • Top Up RDN

Sebelum Anda membeli saham, maka yang wajib dilakukan pertama adalah melakukan top up RDN. Setelah saldo RDN Anda terisi, selanjutnya Anda dapat membuka Watchlist Saham yang sudah Anda buat untuk membeli saham apa saja yang akan Anda beli.

  • Pilih Saham

Selanjutnya adalah proses memilih saham emiten yang ingin Anda beli dari berbagai saham yang sudah terdaftar di aplikasi Ajaib. Pada aplikasi ajaib ini telah menyediakan informasi lengkap mengenai berbagai saham emiten yang ada.

Untuk mencari emiten yang bisa Anda pilih sesuai keperluan, Anda juga dapat pergi ke laman CARI kemudian pilih saja tombol LIHAT SEMUA untuk melihat daftar emiten-emiten yang tersedia. Cara lainnya yakni dengan langsung mengetik nama emiten serta kode saham pada kolom pencarian.

Setelah Anda menemukan saham yang paling cocok untuk dibeli, Anda dapat langsung membelinya. Cara untuk membelinya adalah dengan memilih salah satu saham yang Anda inginkan kemudian tekan dan geser saja ke kanan pada nama saham tersebut hingga muncul opsi dan pilih saja tombol BELI.

  • Pilih Slot Saham dan Lakukan Konfirmasi Pembelian

Cara investasi di Ajaib yang terakhir adalah memilih slot saham dan melakukan konfirmasi pembelian. Anda dapat masuk ke halaman order book dan mengklik harga sesuai dengan jumlah slot yang Anda masukkan.

Baca Juga:  5 Jenis Investasi yang Paling Menguntungkan

Jika Anda sudah menentukannya, maka langkah berikutnya adalah konfirmasi pembelian. Klik saja BELI yang tombolnya terdapat pada kanan bawah halaman Order Book. Nantinya akan muncul halaman konfirmasi pembelian, dan klik saja BELI atau OK untuk menyelesaikan order.

Itulah cara investasi di Ajaib yang dapat Anda lakukan untuk memulai investasi. Jika Anda telah menyelesaikan langkah diatas, maka Anda sudah berhasil melakukan investasi di aplikasi Ajaib.

Registrasi yang mudah, proses yang cepat dan dapat dilakukan secara online membuat aplikasi ini cocok bagi Anda yang tidak ingin ribet dengan proses investasi yang dilakukan secara offline. Jadi bagaimana? Sudahkah Anda berinvestasi di Ajaib?

 

 

Artikel Terkait