Cara Mendapatkan Private Key Bitcoin Dengan Mudah

Cara Mendapatkan Private Key Bitcoin – Dalam era digital seperti sekarang, segala sesuatu yang berbentuk virtual dirasa akan memudahkan pekerjaan manusia, termasuk mata uang yang berbentuk elektronik yang biasa disebut dengan Bitcoin. Bitcoin merupakan mata uang digital pertama di dunia yang diciptakan pada tahun 2009 oleh sekelompok programmer yang menyebut dirinya sebagai Satoshi Nakamoto (nama samaran).

Bitcoin menjadi sangat menarik karena merupakan cryptocurrency, dimana sistem pertukaran dan segala macam transaksinya tidak dikelola oleh operator manapun dan menggunakan sistem peer to peer (P2P) tanpa menggunakan perantara, sehingga pengguna tidak perlu membayar jasa bank.

Selain itu, bitcoin merupakan hal yang sangat unik, dimana hanya akan ada sebanyak 21 juta bitcoin saja di dunia ini, sehingga bitcoin bisa dikatakan sebagai aset digital langka yang jumlahnya tidak bisa ditambah dan dicetak seperti uang nyata.

Bitcoin Sebagai Alat Investasi?

Keberadaan bitcoin yang terbatas dan tidak akan bertambah, menjadikan banyak orang percaya bahwa harga dari bitcoin akan terus naik seiring dengan perkembangan waktu. Tak sedikit pula yang menyatakan bahwa investasi bitcoin jauh lebih baik dari investasi emas. Bagaimana tidak, bitcoin bisa digunakan untuk bertransaksi secara global dan dengan biaya yang sangat sedikit, sedangkan emas tidak bisa digunakan untuk bertransaksi dalam waktu dan tempat yang fleksibel.

Jika anda adalah seorang pengguna bitcoin, maka anda harus memiliki private key atau kunci pribadi pada akun anda untuk mengamankan bitcoin dan segala transaksi yang anda lakukan. Private key bitcoin adalah nomor rahasia yang memiliki panjang karakter 256-bit dan dipilih secara acak ketika anda membuat dompet bitcoin.

Baca Juga:  Contoh Ide Bisnis Kreatif Dan Unik Yang Bisa Membuat Sukses

Private key ini bisa dianalogikan sebagai jantung dari dompet bitcoin anda dan berfungsi sebagai tanda tangan digital yang mengizinkan penggunanya untuk membuka dompet bitcoin. Private key harus tetap rahasia setiap saat karena jika sampai ada pihak ketiga yang mengetahuinya, maka itu sama dengan anda memberikan kendali atas bitcoin yang anda miliki.

Private key juga harus dicadangkan dan disimpan dengan baik agar tidak lupa atau hilang, karena jika private key hilang maka akun anda tidak dapat dipulihkan dan dana yang ada di dalamnya pun juga akan hilang selamanya.

Private key memiliki tingkat keacakan dan keunikan sangat tinggi dan biasanya akan diawali dengan angka 5. Berikut adalah salah satu contoh private key bitcoin :

5Kb8kLf9zgWQnogidDA76MzPL6TsZZY36hWXMssSzNydYXYB9KF

Cara Mendapatkan Private Key dengan Membuat Wallet Bitcoin

Jika anda belum memiliki dompet bitcoin, maka anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut untuk membuat dompet bitcoin dan mengetahui cara mendapatkan private key bitcoin dengan mudah :

  1. Langkah pertama dalam membuat dompet bitcoin, anda bisa membuka situs blockchain atau halaman berikut https://login.blockchain.com/#/signup
  2. Jika halaman sudah terbuka, maka anda bisa klik “Create Wallet”;
  3. Setelah itu, anda akan diminta untuk melengkapi form informasi yang diperlukan dengan memasukkan alamat email dan password anda;
  4. Setelah itu, anda bisa melakukan verifikasi terlebih dahulu pada alamat email anda;
  5. Jika sudah, dompet bitcoin anda pun jadi dan bisa digunakan untuk bertransaksi.

Cara Meningkatkan Keamanan Wallet Bitcoin

Jika anda sudah mempunyai dompet bitcoin, maka hal yang selanjutnya harus anda lakukan adalah meningkatkan keamanan dompet bitcoin dengan menggunakan 2FA (Two Factor Authentication). Saat mengaktifkan 2FA, anda akan mendapatkan kode sebanyak dua kali pada alamat email atau SMS pada nomor telepon yang anda gunakan.

Selain mengaktifkan 2FA, anda juga bisa mencatat backup phrase yang merupakan 12 kata pendek yang berfungsi untuk mencadangkan jika anda kehilangan perangkat ataupun tidak mengingat kata sandi yang telah digunakan untuk mengakses akun dompet bitcoin. Backup phrase ini harus anda catat dan anda simpan di tempat yang aman agar tidak diketahui oleh orang lain dan meminimalisir terjadinya penyalahgunaan akun dompet bitcoin.

Baca Juga:  Cara Main Octafx Trading

Cara Lain Mengamankan Rekening Bitcoin

Untuk mengamankan rekening bitcoin yang dimiliki, anda bisa memulai dengan cara berikut:

  1. Mengamankan akun email yang anda miliki, terutama akun email yang terhubung dengan bitcoin anda;
  2. Mengamankan akun media sosial yang anda miliki;
  3. menggunakan kata sandi atau password yang unik pada setiap akun digital untuk meminimalisir terjadinya penyalahgunaan pada akun digital anda;
  4. Mengaktifkan autentikasi dua faktor (two factor authentication) yang biasanya dapat diatur pada pengaturan masing-masing akun digital.

Untuk Apa Private Key Bitcoin Digunakan?

Private Key pada bitcoin digunakan untuk melakukan transaksi yang tidak dapat diubah. Ya, transaksi yang sudah anda lakukan di bitcoin tidak dapat diubah. Private key bitcoin merupakan kunci untuk bisa menggunakan bitcoin, baik itu untuk membelanjakannya ataupun mengirimnya ke siapapun dan dimanapun.

Keberadaan private key sangat diperlukan dalam transaksi bitcoin. Bagaimana tidak, fitur private key ini hanya bisa diakses oleh pemiliknya dan akan membuat kunci yang dimasukkan untuk tidak bisa disalin dan selalu berbeda pada setiap transaksi yang dilakukan meskipun anda telah menggunakan kunci yang sama.

Mengapa Private Key Itu Penting?

Private Key Bitcoin sangat membantu agar uang digital anda tetap aman dalam akun anda. Berikut adalah beberapa alasan mengapa private key itu sangat penting untuk digunakan :

  1. Bitcoin bersifat desentralisasi, yang artinya tidak ada bank atau institusi lain yang bekerja untuk menjaga uang digital anda. Sebagai gantinya, uang digital anda didistribusikan di seluruh jaringan komputer melalui teknologi yang disebut blockchain.
  2. Melalui perhitungan rumus matematika yang sangat rumit, kunci publik atau (public key) sebenarnya dihasilkan oleh private key yang anda miliki, sehingga menjadikan pasangannya yang cocok. Hal ini bekerja ketika anda melakukan transaksi menggunakan kunci publik, maka anda harus melakukan verifikasi bahwa itu benar-benar anda dengan menggunakan private key anda.
  3. Meskipun bitcoin bersifat transparan, namun bitcoin juga bersifat anonim, sehingga anda tidak perlu memberikan nama, alamat, atau informasi lainnya untuk melakukan transaksi.
  4. Meskipun pengamat yang ingin tahu dapat melihat kapan bitcoin dijual, dibeli, atau digunakan, namun hanya pemegang private key lah yang dapat melakukan transaksi tersebut.
Baca Juga:  Contoh Bisnis Model Canvas Minuman Yang Populer

Keuntungan Menggunakan Bitcoin

Menjadi hal yang diminati, bitcoin pastinya memiliki banyak keunggulan yang bisa menguntungkan bagi penggunanya. Berikut adalah beberapa keuntungan yang akan didapat jika anda menggunakan bitcoin :

  1. Pembayaran yang dilakukan lintas negara atau antar negara menjadi lebih cepat jika dibandingkan dengan menggunakan bank;
  2. Biaya yang dikeluarkan untuk melakukan transaksi pun bisa dibilang murah;
  3. Terdapat blockchain pada bitcoin yang berfungsi sebagai sistem keamanan dan memungkinkan akun hampir tidak mungkin untuk bisa diretas oleh siapa pun;
  4. Bersifat desentralisasi atau tidak bisa dimatikan pada titik tunggal;
  5. Bersifat transparan, sehingga anda tidak perlu memberikan kepercayaan dan wewenang kepada siapapun terkait dengan akun bitcoin anda;
  6. Tidak bernama atau Anonymous, sehingga anda tidak perlu memberikan detail nama kepada orang yang akan melakukan transaksi dengan anda;

Demikianlah penjelasan mengenai bitcoin dan cara mendapatkan private key bitcoin dengan mudah. Jika anda ingin menjadi salah satu pengguna bitcoin, anda bisa langsung membuat wallet bitcoin dengan cara yang sudah dijelaskan di atas. Satu lagi, jangan lupa untuk menambahkan sistem keamanan 2FA dan lindungi private key untuk tidak diketahui oleh orang lain agar dana digital yang anda simpan di dompet bitcoin tetap aman.

Artikel Terkait