6 Tips Memilih KTA Sesuai Kebutuhan

Tips memilih KTA – Kredit Tanpa Agunan atau sering disebut dengan KTA adalah salah satu produk pembiayaan yang sangat populer. Bahkan, banyak perbankan menawarkan produk ini dengan ketentuan dan persyaratan yang sangat mudah. Salah satu keunggulan produk KTA dibandingkan dengan pembiayaan lain adalah metode pengajuan yang lebih sederhana. Selain itu, nominal pinjaman juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Tentu saja, calon nasabah tidak membutuhkan agunan dengan valuasi yang sangat besar untuk mendapatkan kemudahan pengajuan ini. Hal penting yang menjadi perhatian adalah dengan memilih produk KTA paling tepat. Cobalah gunakan tips memilih KTA agar mendapatkan pembiayaan yang paling efisien dan sesuai dengan kebutuhan. Ini juga membantu debitur mengelola dana pinjaman lebih baik.

6 tips memilih KTA yang paling efisien

Berbagai tips memilih KTA akan membantu calon nasabah dalam mendapatkan produk pembiayaan yang paling menguntungkan. Selain itu, semakin banyak penawaran produk pembiayaan KTA maka hal ini akan memberikan nilai keuntungan yang lebih besar. Tentu saja calon nasabah harus memperhitungkan beberapa hal penting. Biasanya produk seperti ini berasal dari perbankan. Masing-masing perbankan memiliki kebijakan dan ketentuan dalam penawaran produk. Bahkan, ada juga perbankan yang memiliki simulasi tentang pengajuan nominal KTA sesuai dengan kemampuan bayar dari nasabah. Perlu diingat bahwa pembiayaan ini harus dimanfaatkan dengan baik. Berikut ini tips memilih KTA yang wajib dipertimbangkan seperti:

1. Program KTA dari bank terdaftar di OJK

Ini merupakan tips memilih KTA yang wajib untuk dilakukan. Calon nasabah harus menerapkan prioritas pengajuan pinjaman ke perbankan yang sudah memiliki ijin OJK. Hal ini karena OJK juga memiliki ketentuan dan kebijakan bagi seluruh perbankan yang memberikan pinjaman. Biasanya ini berkaitan dengan perhitungan maksimal bunga pinjaman, penawaran nilai pinjaman hingga metode penagihan. Apalagi bank juga akan mendapatkan data calon nasabah yang harus dijaga dengan baik dan tidak diberikan kepada pihak lain. Tips ini membantu calon nasabah juga mendapatkan perlindungan sesuai dengan kebijakan dari OJK. Biasanya bank akan menampilkan logo OJK pada situs resmi.

Baca Juga:  Lowongan Kerja Unilever Sebagai Assistant Brand Building Finance Manager

2. Pahami persyaratan

Calon nasabah juga harus memahami seluruh persyaratan yang diberlakukan. Biasanya ini berkaitan langsung dengan berbagai dokumen yang dibutuhkan untuk mengajukan KTA. Sebagian besar perbankan yang memiliki program KTA biasanya menerapkan persyaratan yang cukup mudah. Misalnya saja pengisian formulir berkaitan dengan data diri sebenarnya. Dokumen identitas juga sangat dibutuhkan hingga NPWP. Persyaratan lain yang menjadi hal penting adalah slip gaji atau penghasilan tetap setiap bulan. Beberapa perbankan juga sering menawarkan KTA bagi pemegang kartu kredit aktif.

3. Perhitungkan dana pinjaman

Hal lain yang menjadi pertimbangan adalah dengan memperhitungkan nilai pinjaman. Cobalah lebih memilih KTA dengan penawaran pinjaman lebih besar. Ini dianggap memberikan keuntungan yang lebih baik. Selain itu, nasabah juga bisa mencoba untuk memaksimalkan fungsi dari pembiayaan lebih efisien. Semakin besar nilai pinjaman yang ditawarkan maka hal itu akan memberikan keuntungan yang lebih baik. Namun, sesuaikan nilai pinjaman yang diajukan dengan penghasilan setiap bulan. Ini akan mempengaruhi kemampuan dari calon nasabah untuk melakukan pembayaran tagihan cicilan.

4. Bandingkan bunga

Tips lain yang bisa dicoba adalah dengan membandingkan penerapan bunga dari pinjaman. Hal ini juga akan mempengaruhi seluruh nilai tagihan yang wajib untuk dibayarkan. Selain itu, perbandingan bunga ini membantu calon nasabah untuk mendapatkan nilai perhitungan yang lebih kecil. Semakin kecil bunga yang ditetapkan maka itu membuat nominal angsuran juga akan lebih kecil. Gunakan simulasi dari perhitungan bunga yang ditetapkan dari seluruh nilai pinjaman.

5. Durasi pinjaman

Setiap calon nasabah juga bisa mempertimbangkan durasi pinjaman yang diberikan. Tenor pinjaman ini memberikan dampak yang sangat besar terhadap seluruh total pinjaman yang tersedia. Selain itu, masing-masing perbankan juga memiliki perhitungan yang cukup bebeda terhadap tenor. Namun, durasi pinjaman paling singkat untuk pembiayaan dari KTA ini mulai dari 12 bulan. Semakin lama durasi pinjaman maka itu juga mempengaruhi nilai angsuran yang harus dibayarkan.

Baca Juga:  Persiapan Pengajuan KTA yang Wajib Dilakukan

6. Pastikan memiliki pendapatan tetap

Sebenarnya ini menjadi hal penting yang memang harus dipertimbangkan. Kemudahan pengajuan KTA harus didukung dengan kemampuan bayar dari calon nasabah. Hal ini bisa diterapkan untuk menentukan pilihan produk KTA sesuai dengan kebutuhan. Bila calon nasabah memiliki penghasilan tetap yang cukup tinggi maka pembayaran tagihan dari KTA juga dianggap tidak terlalu bermasalah. Hal yang paling penting tentu saja nominal dari penghasilan akan mempengaruhi proses verifikasi lebih cepat.

Saran pengelolaan KTA

Kemudahan dalam pengajuan Kredit Tanpa Agunan memang memberikan keuntungan bagi banyak kalangan. Apalagi nominal dana pinjaman juga cukup besar. Ini yang membuat calon nasabah harus memaksimalkan penggunaan dana pinjaman dengan sangat baik dan maksimal. Hal ini dilakukan untuk memudahkan proses pembayaran tagihan pinjaman hingga memperoleh skor kredit yang lebih baik. Seluruh calon nasabah juga harus terhindar dari kondisi kredit macet atau gagal bayar. Kegiatan yang bersifat produktif memang menjadi hal yang sangat penting untuk dipertimbangkan. Pastikan juga calon nasabah memiliki penghasilan tetap agar ini memudahkan proses pengajuan pinjaman. Debitur bisa mencoba beberapa saran pengelolaan dana KTA yang terdiri dari:

1. Kegiatan produktif

Saran pengelolaan dana pinjaman KTA sebaiknya digunakan untuk berbagai kegiatan produktif. Hal ini berlaku untuk penambahan modal bisnis dan lainnya. Ini dilakukan agar nasabah tidak mengalami kendala dalam pembayaran tagihan. Selain itu, ada banyak kegiatan produktif yang memang bisa disesuaikan dengan jumlah pinjaman KTA. Pastikan juga penggunaan dari pembiayaan ini bisa menambah omset.

2. Kebutuhan mendesak

Cobalah gunakan produk pembiayaan KTA untuk berbagai kebutuhan yang mendesak. Hal ini biasanya berkaitan dengan kebutuhan kesehatan hingga rumah tangga lainnya. Pengelolaan ini memang akan memudahkan banyak nasabah dalam jumlah dana. Selain itu, nasabah juga tidak mengalami kendala pembayaran tagihan.

Baca Juga:  Cara Menghitung Return Saham

3. Investasi tambahan

Cobalah gunakan pembiayaan KTA untuk menerapkan investasi tambahan. Ada banyak rekomendasi investasi yang bisa dicoba. Selain itu, investasi seperti ini juga bisa meningkatkan jumlah penghasilan.

Pertanyaan yang paling sering ditanyakan

Apa saja persyaratan pengajuan KTA?
Salah satu persyaratan pengajuan KTA adalah slip gaji untuk pegawai yang memiliki penghasilan tetap. Namun, calon nasabah lain juga bisa mengajukan pinjaman melalui bukti pembayaran atau rincian penggunaan kartu kredit. Tentu saja calon nasabah harus bebas dari kondisi gagal bayar dan kredit macet.
Berapa nominal pinjaman KTA?
Masing-masing produk pembiayaan seperti KTA memiliki penawaran pinjaman yang berbeda. Hal ini juga bergantung pada perbankan yang memiliki program ini. Namun, calon nasabah bisa mengajukan pinjaman hingga 50 juta untuk pembiayaan KTA ini.
Berapa bunga KTA?
Perhitungan bunga akan disesuaikan dengan kebijakan bank. Calon nasabah juga akan mendapatkan nilai bunga sesuai dengan tenor hingga dana pinjaman. Semakin lama durasi pinjaman maka akan mempengaruhi pinjaman.
Dimana bisa mendapatkan KTA?
Calon nasabah bisa mengajukan KTA pada kantor cabang bank yang sudah terdaftar di OJK. Pahami seluruh ketentuan dan kebijakan yang dimiliki bank dalam penawaran pembiayaan KTA ini.
Apakah KTA butuh agunan?
Kredit Tanpa Agunan merupakan pembiayaan yang tidak membutuhkan agunan atau jaminan dalam pengajuan. Namun, calon nasabah harus memiliki penghasilan tetap yang mempengaruhi nominal pinjaman.

Penutup

Seluruh tips memilih KTA memang akan membantu calon debitur untuk mendapatkan pembiayaan yang sesuai kebutuhan. Produk pembiayaan ini bisa menjadi salah satu solusi untuk pengembangan bisnis hingga penggunaan kegiatan lainnya. Hal yang paling penting adalah menghindari penggunaan dana pinjaman KTA untuk kegiatan yang bersifat konsumtif. Lakukan perbandingan dari masing-masing produk KTA.

Artikel Terkait