Persiapan Pengajuan KTA yang Wajib Dilakukan

Persiapan pengajuan KTA – Perbankan yang menawarkan produk pembiayaan KTA memiliki kebijakan dan persyaratan yang berbeda. Hal ini tentu saja akan mempengaruhi proses pengajuan yang dilakukan para nasabah. Semakin mudah persyaratan yang ditetapkan maka hal itu akan memberikan keuntungan yang sangat baik bagi nasabah. Apalagi calon nasabah dari produk pembiayaan ini juga menerapkan persiapan pengajuan KTA. Lakukan perbandingan dari setiap rekomendasi produk pembiayaan. Ini dilakukan untuk memberikan nilai keuntungan dari pengelolaan yang lebih besar lagi. Semakin banyak rekomendasi produk pembiayaan yang dilakukan maka hal itu akan memudahkan calon nasabah dalam menentukan pilihan paling baik. Nasabah wajib memahami seluruh ketentuan yang berlaku.

6 persiapan pengajuan KTA paling efektif

Berbagai persyaratan yang ditetapkan perbankan membuat calon nasabah harus melakukan persiapan pengajuan KTA. Hal ini memang dilakukan untuk memberikan kemudahan dalam proses verifikasi. Apalagi semakin baik persiapan yang dilakukan maka hal itu membuat pengajuan KTA menjadi lebih efektif. Hal ini tentu saja membuat calon nasabah mendapatkan peluang yang lebih besar. Sebagian besar perbankan memang memiliki persyaratan yang cukup berbeda. Banyak calon nasabah yang memang mengandalkan berbagai dokumen. Perlu diingat bahwa perbankan juga memiliki penilaian terhadap kemampuan bayar dari calon nasabah yang mengajukan KTA. Beberapa persiapan yang dilakukan dalam pengajuan KTA seperti:

1. Penghasilan tetap

Ini merupakan persiapan pengajuan KTA yang sangat penting. Banyak bank yang memiliki produk pembiayaan KTA memang mewajibkan para calon nasabah untuk memiliki penghasilan tetap setiap bulan. Hal ini juga merupakan penilaian terhadap kemampuan bayar yang dimiliki. Apalagi persyaratan dokumen yang memberikan pengaruh besar adalah slip gaji. Perhitungan nilai penghasilan tetap akan mempengaruhi nominal dari pengajuan kredit. Semakin besar nominal dari penghasilan maka akan semakin mudah untuk mendapatkan pinjaman dengan nilai besar juga. Pastikan juga penghasilan tetap yang didapatkan setiap bulan berlaku untuk jangka waktu yang lama. Ini memudahkan calon nasabah terhindar dari kredit macet.

Baca Juga:  Perbedaan Pinjaman KTA dengan Kredit Multiguna

2. Dokumen

Tentu saja calon nasabah juga harus mempersiapkan berbagai dokumen penting. Dokumen ini akan membantu calon nasabah untuk mempercepat proses verifikasi. Masing-masing bank memiliki ketentuan dan persyaratan dokumen yang berbeda. Semakin banyak dokumen yang dibutuhkan biasanya nominal pinjaman yang ditawarkan juga semakin besar. Beberapa dokumen yang dibutuhkan seperti identitas, npwp, formulir dari bank, slip gaji hingga rekening koran. Pastikan seluruh dokumen yang diberikan adalah asli dan valid. Ini membantu proses verifikasi menjadi lebih baik. Pertimbangkan juga dokumen tambahan lain bila dibutuhkan sesuai dengan ketentuan dari perbankan.

3. Rekening tabungan

Persiapkan juga rekening tabungan untuk menjadi bukti bagi calon nasabah yang memang mendapatkan penghasilan tetap setiap bulan. Selain itu, rekening tabungan itu juga menjadi pelengkap dari rincian penilaian kemampuan bayar. Hal ini sering terjadi pada bank yang sama dengan rekening digunakan calon nasabah. Rincian mutasi transaksi dari rekening akan menjadi pertimbangan terhadap seluruh penilaian. Semakin lengkap rincian dari rekening bank yang ditampilkan maka itu memudahkan proses verifikasi dokumen tambahan. Tentu saja rekening yang digunakan juga masih aktif.

4. Identitas lengkap

Pastikan seluruh identitas yang dibutuhkan dalam proses pengajuan KTA sudah lengkap. Identitas ini akan disesuaikan dengan alamat domisili. Bila alamat atau domisili sesuai dengan rincian pada identitas maka hal itu akan memberikan pengaruh pada proses verifikasi lebih cepat. Namun, apabila terjadi ketidaksesuaian dari rincian alamat dengan identitas biasanya beberapa bank akan melakukan penolakan. Hal itu dianggap akan merugikan bagi calon nasabah.

5. Kartu kredit

Ini juga termasuk salah satu persiapan yang memberikan pengaruh besar terhadap persetujuan pengajuan. Kartu kredit juga sering menjadi persyaratan untuk kemudahan dalam pengajuan KTA. Biasanya ini memberikan penilaian terhadap nilai transaksi yang dilakukan setiap bulan. Selain itu, rincian transaksi kartu kredit menjadi pertimbangan terhadap nominal pendapatan yang dimiliki nasabah. Bila pembayaran kartu kredit tidak bermasalah maka hal itu akan memudahkan proses pengajuan.

Baca Juga:  5 Jenis Investasi yang Paling Menguntungkan

6. Skor kredit

Banyak calon nasabah yang kurang memahami pentingnya skor kredit. Biasanya skor kredit akan menjadi penilaian terhadap pengajuan pembiayaan. Bila skor kredit dari nasabah cukup tinggi hingga kolek 5 maka hal itu mengindikasikan bahwa terjadi kredit macet. Tentu saja pihak bank akan melakukan penolakan. Namun, bila skor kredit dari calon nasabah sangat rendah atau kolek 1 maka ini memberikan penilaian sangat baik terhadap seluruh pembayaran tagihan.

Dokumen penting persiapan pengajuan KTA

Masing-masing bank menerapkan persyaratan dokumen yang berbeda. Hal yang paling penting adalah seluruh dokumen sudah valid dan asli. Ini akan membantu calon nasabah dalam proses verifikasi yang lebih cepat. Selain itu, pastikan juga kebutuhan dokumen diberikan secara menyeluruh dalam satu kesatuan. Apalagi ada banyak dokumen yang dibutuhkan. Semakin lengkap dokumen yang diberikan maka itu juga memberikan kemudahan bagi calon nasabah dalam mendapatkan persetujuan. Lakukan perbandingan dari masing-masing persyaratan dokumen yang dibutuhkan. Tentu saja calon nasabah bisa memilih persyaratan pengajuan yang lebih mudah. Berikut ini berbagai dokumen penting untuk persiapan pengajuan KTA seperti:

1. Slip gaji

Dokumen yang sangat penting dalam pengajuan KTA adalah slip gaji. Ini merupakan dokumen yang menjadi bukti bahwa calon nasabah memiliki penghasilan tetap. Selain itu, perhitungan gaji juga menjadi penilaian terhadap nominal pinjaman KTA yang disetujui oleh perbankan. Pastikan juga slip gaji yang menjadi dokumen penting ini adalah asli.

2. Identitas

Dokumen penting lain yang sangat dibutuhkan adalah identitas. Ini termasuk ektp yang diterbitkan secara resmi oleh dukcapil setempat. Pastikan bahwa rincian dari data identitas sudah benar dan sesuai dengan domisili. Bila terjadi kesalahan atau perbedaan sebaiknya lampirkan surat keterangan resmi.

Baca Juga:  Perbedaan Gaji Guru SD Dengan Status PNS Dan Honorer

3. Rekening koran

Beberapa calon nasabah juga melampirkan dokumen tambahan berupa rekening koran. Dokumen ini juga akan membantu pihak bank melakukan verifikasi dengan cepat dan penilaian kemampuan bayar yang lebih baik.

Pertanyaan yang paling sering ditanyakan

Bank apa saja yang menawarkan KTA?
Saat ini ada banyak bank umum yang memberikan penawaran KTA kepada calon nasabah. Penawaran itu juga memiliki perhitungan dan persyaratan berbeda. Bahkan, nilai pinjaman yang bisa diajukan juga cukup berbeda sesuai dengan kebutuhan. Masing-masing bank memiliki kebijakan dan persyaratan berbeda.
Berapa lama proses verifikasi pengajuan KTA?
Proses verifikasi dan pemeriksaan terhadap seluruh dokumen pengajuan KTA akan disesuaikan dengan kebijakan bank. Namun, bila calon nasabah memberikan kelengkapan dokumen dengan sangat baik maka proses verifikasi juga dilakukan lebih cepat.
Apakah pengajuan KTA membutuhkan NPWP?
Salah satu dokumen penting yang dibutuhkan dalam pengajuan KTA adalah NPWP. Ini menjadi bukti bahwa calon nasabah memiliki penghasilan tetap yang sesuai dengan perhitungan dari pembayaran tagihan secara berkala. NPWP juga menjadi bukti bahwa calon nasabah memiliki usaha atau bisnis.
Berapa nominal pengajuan KTA?
Setiap calon nasabah berhak untuk mengajukan nominal pinjaman KTA secara maksimal. Setiap bank juga memiliki ketentuan perhitungan pinjaman yang berbeda juga. Biasanya semakin besar nilai penawaran dana pinjaman maka itu membuat nominal tagihan setiap bulan juga cukup tinggi.
Apakah KTA bisa ditolak?
Bank bisa saja melakukan penolakan terhadap pengajuan KTA. Hal ini terjadi karena calon nasabah tidak memberikan dokumen secara lengkap. Selain itu, perhitungan nilai pendapatan tetap calon nasabah dianggap kurang mencukupi untuk melakukan pembayaran tagihan.

Penutup

Seluruh persiapan pengajuan KTA harus dilakukan dengan benar. Ini memudahkan calon nasabah untuk mendapatkan persetujuan lebih cepat. Apalagi proses verifikasi disesuaikan dengan persyaratan dokumen yang berlaku. Lengkapi dokumen yang dibutuhkan sesuai dengan kebijakan dari perbankan. Pastikan seluruh dokumen adalah asli untuk mempercepat verifikasi.

Artikel Terkait