Perbedaan Pinjaman KTA dengan Kredit Multiguna

Perbedaan pinjaman KTA – Ada banyak produk pembiayaan yang ditawarkan bank. Beberapa yang populer seperti Kredit Tanpa Agunan hingga Multiguna. Masing-masing produk ini memang sangat populer bagi banyak kalangan. Bahkan, banyak masyarakat yang mengajukan pembiayaan ini dengan tujuan pengembangan bisnis. Perlu diingat bahwa setiap produk pembiayaan memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Hal ini biasanya menjadi pertimbangan penting bagi nasabah. Selain itu, produk pembiayaan yang tersedia juga dianggap bisa memberikan manfaat sangat baik. Ini yang membuat calon nasabah harus memahami perbedaan pinjaman KTA dan multiguna. Detail seperti itu akan membantu dalam mendapatkan pembiayaan sesuai dengan kebutuhan. Apalagi persyaratan yang ditetapkan juga sangat berbeda.

Berbagai perbedaan pinjaman KTA dan multiguna

Bagi nasabah yang ingin mengajukan pembiayaan sebaiknya memahami perbedaan pinjaman KTA dengan produk lain khususnya Multiguna. Biasanya perbedaan pada setiap produk juga disesuaikan dengan kebijakan bank. Hal ini yang membuat nasabah semakin mudah untuk mengelola pembiayaan yang lebih baik. Hal yang sangat penting adalah setiap produk pembiayaan ini memiliki fungsi yang berbeda. Apalagi nilai dari seluruh transaksi yang dibutuhkan juga dianggap mempengaruhi nasabah. Semakin besar nilai pinjaman yang dibutuhkan maka calon nasabah harus menentukan pilihan yang paling ideal. Namun, pertimbangkan persyaratan yang berlaku sehingga calon nasabah bisa menentukan produk sesuai kebutuhan. Berikut ini ada beberapa perbedaan pinjaman KTA dengan multiguna yang harus dipahami seperti:

1. Nilai pinjaman

Salah satu perbedaan pinjaman KTA dengan produk Multiguna adalah nilai pinjaman. Tentu saja nilai pinjaman dari KTA lebih rendah dan terbatas dibandingkan dengan produk Multiguna. Hal ini karena pengajuan KTA tidak membutuhkan jaminan aset sama sekali. Selain itu, pemberian nilai pinjaman produk KTA untuk nasabah memang disesuaikan dengan penghasilan dan jumlah pendapatan dari nasabah. Semakin tinggi nilai penghasilan nasabah maka bank juga akan memudahkan untuk pemberian pinjaman jumlah besar. Hal ini yang membuat nasabah KTA harus menggunakan nilai pinjaman dengan efisien.

Baca Juga:  Perhitungan Pengajuan KTA Paling Ideal

2. Perhitungan bunga

Perbedaan lain dari KTA dengan produk pinjaman seperti Multiguna adalah perhitungan bunga yang berlaku. Calon nasabah bisa mendapatkan nilai bunga yang dianggap terjangkau. Skema dari pemberian bunga adalah tetap. Hal ini sangat berbeda dibandingkan dengan pinjaman Multiguna yang bisa saja menawarkan bunga menurun. Tentu saja perhitungan nilai bunga pada KTA disesuaikan dengan nilai pinjaman hingga penilaian kemampuan bayar. Semakin besar nilai pinjaman yang diterima nasabah maka bank bisa saja memberikan bunga kredit yang cukup tinggi. Masing-masing bank memiliki kebijakan tentang pemberlakuan bunga pembiayaan KTA.

3. Durasi pinjaman

Perbedaan lain yang wajib dipahami adalah tenor atau durasi pinjaman. Perlu diketahui bahwa pinjaman KTA memang memiliki durasi pembiayaan yang lebih singkat dibandingkan dengan produk multiguna. Selain itu, tenor pinjaman juga akan disesuaikan dengan penawaran dan kebijakan bank. Biasanya beberapa bank menawarkan tenor paling lama hingga 24 bulan. Namun, hal ini sangat berbeda dibandingkan dengan produk multiguna yang memberikan durasi pinjaman hingga 5 tahun. Tentu saja perhitungan durasi pinjaman ini memberikan pengaruh besar terhadap nominal angsuran atau cicilan. Semakin lama tenor KTA maka nilai cicilan juga lebih kecil.

4. Syarat pengajuan

Banyak nasabah KTA menganggap bahwa syarat pengajuan dari produk pembiayaan ini lebih mudah. Bahkan, dokumen yang disertakan juga lebih sedikit dibandingkan dengan produk pembiayaan multiguna. Ini yang membuat banyak calon nasabah lebih memilih KTA. Proses verifikasi dari pengajuan KTA memang lebih singkat. Hal ini karena pengajuan KTA memang tidak membutuhkan agunan atau jaminan aset tertentu. Selama calon nasabah tidak memiliki tagihan atau angsuran pembiayaan lain yang belum terbayar maka bisa dengan mudah mengajukan KTA. Pastikan SLIK OJK dari calon nasabah memiliki skor kredit rendah.

Baca Juga:  Keuntungan Mengajukan KTA yang Perlu Dipertimbangkan

5. Penggunaan dana pinjaman

Perlu diingat bahwa penggunaan dana KTA memang cukup terbatas. Hal ini karena nominal dari pembiayaan juga tidak terlalu besar. Perbedaan ini memang cukup signifikan dari produk pembiayaan Multiguna. Nilai pinjaman Multiguna yang sangat besar tentu saja akan memberikan fleksibilitas yang lebih baik. Namun, dana pinjaman dari KTA hanya bisa digunakan untuk kegiatan produktif skala kecil maupun investasi menengah. Hal ini memang menjadi pertimbangan bagi banyak calon nasabah.

Kelebihan KTA dibanding Multiguna

Nasabah harus tahu bahwa setiap produk pembiayaan seperti KTA dan Multiguna memiliki kelebihan. Ini juga yang menjadi pertimbangan penting untuk nasabah yang ingin mendapatkan pinjaman sesuai dengan fungsi dan kemampuan bayar. Selain itu, banyak nasabah yang memang memilih untuk menggunakan pembiayaan dengan nominal yang sangat besar. Nilai pinjaman, persyaratan hingga perhitungan bunga memang sangat mempengaruhi keputusan nasabah. Bank memiliki hak untuk menentukan nilai pinjaman yang dibutuhkan nasabah. Hal yang paling penting adalah seluruh nasabah yang sudah mendapatkan pembiayaan juga wajib untuk melakukan pembayaran tagihan. Lakukan perhitungan yang efektif dan efisien dalam penggunaan dana pinjaman. Berikut ini beberapa kelebihan KTA dibandingkan produk Multiguna seperti:

1. Persyaratan mudah

Salah satu kelebihan KTA adalah persyaratan yang sangat mudah. Calon nasabah hanya membutuhkan dokumen seperti identitas eKTP dalam pengajuan. Selain itu, syarat lain yang dibutuhkan adalah slip gaji tetap pada bulan terakhir. Ini akan memberikan kemudahan bagi bank untuk menentukan kemampuan bayar dari calon nasabah untuk nilai pinjaman yang diterima. Bahkan, ada juga beberapa calon nasabah yang menyertakan bukti pembayaran kartu kredit secara berkala agar proses verifikasi lebih cepat.

2. Proses verifikasi lebih cepat

Ini menjadi keunggulan yang paling penting bagi banyak nasabah. Proses verifikasi data yang diberlakukan kepada calon nasabah memang dianggap lebih cepat. Apalagi calon nasabah juga akan menyertakan SLIK OJK. Bank akan semakin mudah untuk melakukan penilaian dan pertimbangan terhadap pengajuan pinjaman.

Baca Juga:  Persiapan Pengajuan KTA yang Wajib Dilakukan

3. Bunga kompetitif

Kredit Tanpa Agunan menjadi produk pembiayaan dengan bunga yang sangat kompetitif. Bahkan, beberapa bank juga menawarkan bunga pinjaman yang lebih rendah. Hal ini akan bergantung pada kemampuan bayar hingga nilai penghasilan tetap dari calon nasabah.

Pertanyaan yang paling sering ditanyakan

Apa fungsi KTA?
KTA bisa menjadi salah satu alternatif pembiayaan yang membantu calon nasabah untuk pengembangan bisnis dan lainnya. Nilai dana pinjaman dari produk ini juga cukup besar dibandingkan dengan pinjaman online. Setiap bank memiliki pertimbangan yang berbeda pada nilai pinjaman.
Berapa tenor KTA?
Durasi pinjaman atau tenor yang ditawarkan bank melalui produk KTA memang berbeda satu dengan lainnya. Namun, calon nasabah bisa saja mengajukan pinjaman hingga 12-24 bulan. Hal ini tergantung dari penilaian bank hingga kemampuan bayar yang dimiliki calon nasabah.
Apa KTA lebih baik dibanding Multiguna?
Masing-masing nasabah memiliki penilaian yang berbeda. Namun, pengajuan KTA memang berbeda dibandingkan dengan Multiguna. Selain itu, nasabah KTA juga bisa menikmati banyak keuntungan dalam pengajuan pembiayaan untuk jangka waktu tertentu.
Apa pengajuan KTA lebih mudah dari Multiguna?
Calon nasabah yang ingin mendapatkan pembiayaan KTA tidak membutuhkan jaminan aset sama sekali. Selain itu, proses pengajuan KTA dianggap lebih cepat dibandingkan dengan produk Multiguna.
Apa saja persyaratan KTA?
Salah satu persyaratan KTA yang wajib diberikan adalah slip gaji atau penghasilan tetap selama satu bulan. Selain itu, calon nasabah bisa memberikan rincian transaksi kartu kredit yang telah dibayarkan secara penuh setiap bulan.

Penutup

Perbedaan pinjaman KTA dengan produk pembiayaan seperti Multiguna memang sangat jelas. Calon nasabah tidak membutuhkan agunan atau jaminan dalam pengajuan KTA. Hal ini karena bank hanya membutuhkan rincian transaksi kartu kredit atau slip gaji tetap setiap bulan. Namun, jumlah dana pinjaman dari KTA memang dianggap lebih terbatas dibandingkan dengan Multiguna.

Artikel Terkait