Membahas Tuntas Apa Itu E-Wallet

Apa Itu E-Wallet – Hari gini masih pakai dompet manual, sudah saatnya upgrade ke dompet digital. Pada era yang serba teknologi saat ini tentunya kita membutuhkan win-win solution seperti halnya dalam urusan transaksi yang tidak lepas dari kebutuhan sehari-hari setiap manusia, baiklah kali ini kita akan membahas tuntas apa itu e-wallet?

Mengetahui apa itu e-wallet

Untuk memudahkan pemahaman masyarakat tentang e-wallet, secara singkat biasa disebut dengan dompet digital. Namun secara istilah e-wallet adalah sebuah alat yang digunakan untuk memudahkan proses transaksi manusia secara online melalui aplikasi yang ada pada gadget.

Manfaat e-wallet

Setelah kita mengetahui apa itu e-wallet tentunya kita juga perlu tahu apa saja manfaat e-wallet, berikut adalah beberapa manfaatnya :

1. Praktis dan Mudah

Mengapa e-wallet dikatakan praktis dan mudah, karena tanpa menenteng dompet kemana-mana cukup melalui gadget yang kita miliki dengan mudah dan secara praktis melakukan transaksi.

2. Terjamin Aman

Jika biasanya membawa uang cash dalam jumlah yang banyak, maka di dalam e-wallet ini tidak perlu khawatir jumlah uang yang dapat disimpan banyak pun masih aman dengan verifikasi keamanan yang dimiliki e-wallet saat proses pendaftaran. Dengan begitu juga dapat meminimalisir adanya tindak kriminal pencurian.

Baca Juga:  1 Lot Saham Berapa Lembar? Berikut Penjelasan Selengkapnya!

3. Meninggalkan Riwayat Transaksi

Tidak perlu lagi kwitansi tertulis yang kita bawa ke manapun, kemudian hilang jika lupa menyimpan, pada e-wallet pun dimudahkan dengan adanya riwayat transaksi pengguna tidak perlu khawatir akan catatan transaksi karena sudah tersimpan semua siklus transaksi keluar masuknya uang.

4. Dapat Digunakan Sewaktu-waktu

e-wallet memudahkan pengguna untuk menggunakan di berbagai tempat dan kapan pun waktunya sesuai yang kita mau, sambil bersantai-santai pun bisa dilakukan.

5. Ada Diskon dan Promo

Ternyata melalui aplikasi e-wallet banyak juga toko-toko yang sudah melakukan Kerjasama sehingga tidak menutup kemungkinan adanya diskon dan promo yang menarik untuk para pengguna dompet digital ini.

Daftar e-wallet yang familiar di Indonesia

Selain mengetahui apa itu e-wallet dan manfaatnya, maka kurang lengkap rasanya jika tidak mengetahui apa saja e-wallet yang sering digunakan oleh masyarakat kita, yuk…kita intip beberapa daftar e-wallet Indonesia:

1. Dana

Aplikasi ini merupakan salah satu dompet digital Indonesia yang banyak dimiliki dan dimanfaatkan sebagai transaksi secara non tunai baik online maupun offline. Di dalam aplikasi Dana terdapat berbagai fitur yang dapat digunakan seperti halnya pembayaran tagihan listrik, transaksi beli pulsa, pembelian tiket, dan sebagainya.

2. OVO

Siapa yang tidak kenal dengan aplikasi ini, hampir sama dengan aplikasi lain penunjang dompet digital. OVO menghadirkan berbagai fitur yang melayani pada proses transaksi transportasi maupun belanja online melalui kerjasamanya dengan berbagai perusahaan penyedia jasa.

3. GoPay

GoPay merupakan bagian dari aplikasi Gojek yang telah berhasil menjadi pelayan transportasi di Indonesia. Selain sukses dengan aplikasi transportasinya Gojek menghadirkan e-wallet yaitu GoPay yang dapat digunakan sebagai transaksi transportasi, pemesanan makanan, pembelian pulsa, pembayaran tagihan, dan lain-lain.

Baca Juga:  Apa Pengertian Investasi Properti Dan Bagaimana Cara Memulainya

4. ShopeePay

Sukses sebagai perusahaan yang menjadi central market masyarakat, nyatanya shopee juga menghadirkan e-walletnya ShopeePay yang dapat memudahkan pengguna aplikasi shopee baik dalam melakukan pembayaran online shopee, pemesanan makanan, pembayaran tagihan, dan lain sebagainya.

5. Jenius

Aplikasi banking dari perusahaan BTPN memudahkan kebutuhan transaksi pengguna bank, selain itu juga dapat digunakan sebagai transaksi lainnya seperti pembayaran makanan, investasi, dan lain-lainnya.

6. LinkAja

Aplikasi dompet digital ini pun juga sangat familiar di kalangan masyarakat Indonesia, terdapat beberapa fitur yang disuguhkan antara lain pembayaran tiket transportasi, pembelian pulsa/data, pembayaran listrik, pembayaran PDAM, BPJS, dan lain sebagainya.

Cara Daftar E-Wallet

Untuk mengetahui bagaimana e-wallet beroperasi, maka perlu diketahui cara daftar e-wallet, sebenarnya bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Berikut adalah tata caranya:

Pertama, pastikan terlebih dahulu gadget dan paket data/wifi sebagai pendukung utama.

Kedua, tentukan aplikasi e-wallet apa yang anda butuhkan dan akan diunduh.

Ketiga, siapkan nomor ponsel pribadi anda dan juga e-mail yang sedang aktif digunakan karena keduanya sebagai pendukung konfirmasi pendaftaran.

Keempat, setelah berhasil menyelesaikan pengunduhan aplikasi e-wallet tersebut serta masukkan nomor ponsel anda, kemudian isilah daftar data pribadi pada aplikasi secara lengkap dan valid, selanjutnya pilih daftar berikutnya anda akan masuk ke dalam proses verifikasi. Jika semuanya sudah berhasil terverifikasi maka akun e-wallet yang anda buat bisa dimanfaatkan untuk berbagai macam transaksi sesuai kebutuhan.

Perbedaan E-Wallet dan E-Money

Berbicara panjang lebar tentang apa itu e-wallet tentu sebelumnya juga pernah mendengar apa itu e-money, jadi tidak ada salah faham setelah mengetahui perbedaan e-wallet dan e-money. Meskipun terdengar hampir mirip namun keduanya memiliki beberapa perbedaan antara lain:

  1. Penggunaan e-wallet bergantung atau berbasis pada sebuah server internet dan pengisian saldonya dapat dilakukan via ATM atau internet banking, sementara e-money berbasis chip yang terdapat pada sebuah kartu biasanya dapat dimiliki melalui pendaftaran yang dilakukan di bank dan proses pengisian uangnya melalui setor tunai di bank.
  2. Secara tingkat keamanan lebih efisien e-wallet karena aplikasinya terdapat di dalam gadget lain halnya dengan e-money yang basisnya lebih kepada bentuk fisik kartu yang rawan keamanannya.
  3. Dari segi penggunaan lebih banyak e-money untuk dijangkau masyarakat sebab berupa kartu, sedangkan e-wallet mengharuskan pengguna memiliki gadget dan paket data/tersambung dengan wifi.
Baca Juga:  Cara Beli Bitcoin Dengan Paypal Paling Mudah

Perihal pemilihan e-wallet maupun e-money tidak terlepas dari kebutuhan penggunaan masing-masing individu dan selera masyarakat.

Kekurangan e-wallet

Sebaik apapun itu tidak lepas dari beberapa kekurangan, sebagai antisipasi dan bahan pertimbangan penggunaan kita juga harus tahu kekurangan e-wallet berikut ini:

1. Keterbatasan Merchants

Jumlah toko-toko atau penerima pembayaran melalui e-wallet masih belum tersebar secara keseluruhan. Jadi memang beberapa toko belum mengintegrasikan dengan aplikasi e-wallet sehingga memaksa konsumen melakukan sistem pembayaran manual atau menggunakan debit/kredit.

2. Penyebab Banyaknya Pelaku Konsumtif

Dengan adanya e-wallet yang memudahkan penggunaannya di kalangan masyarakat menyebabkan tingkat konsumtif meningkat, bagaimana tidak semua transaksi dapat dilakukan secara cepat, dan dalam keadaan kapan pun di mana pun.

3. Adanya tarif transaksi

Jika anda tahu di setiap aplikasi e-wallet dapat dipastikan memiliki tarif yang dibebankan pada setiap proses transaksi. Terkadang juga insentif yang diberikan berupa cash back.

Edukasi tentang berbagai hal apa itu e-wallet sangatlah penting, selain sebagai wawasan keilmuan juga dapat dimanfaatkan agar tidak tertinggal oleh arus teknologi yang semakin berkembang.

Artikel Terkait