Beberapa Kerugian Investasi Emas Antam

Kerugian Investasi Emas Antam – Informasi tentang kerugian investasi emas Antam yang patut diketahui oleh siapapun yang ingin memulainya. Kata investasi memang sekarang ini cukup populer dalam beberapa tahun belakangan, khususnya di emas Antam.

Banyak yang beranggapan bahwa di sini bisa memperoleh margin keuntungan besar untuk masa depan. Benarkah demikian? Hal ini menarik untuk dikaji.

Selain digunakan untuk perhiasan, banyak juga orang-orang yang menyimpan emas dalam bentuk batangan atau secara digital.

Di masa sekarang ini, ada banyak sekali aplikasi atau perusahaan yang menyediakan fasilitas menabung emas digital maupun cetak, termasuk untuk emas Antam. Akan tetapi, banyak yang belum mengetahui dan menggali informasi terlebih dahulu seputar emas Antam ini.

Emas memang menjadi salah satu instrumen investasi yang menjanjikan karena peningkatan nilainya dari waktu ke waktu. Salah satu yang menarik banyak minat para investor pemula yaitu lewat emas Antam. Banyak juga kesalahan yang dilakukan oleh mereka khususnya yang belum mengetahui kerugian investasi emas Antam.

Poin Penting Dan Apa Saja Kerugian Investasi Emas Antam 

Ada sejumlah fakta penting yang bisa menjadi potensi kerugian investasi emas Antam yang perlu diketahui oleh Anda, seperti berikut ini:

1. Emas Antam Merupakan Logam Mulia Termahal Di Indonesia

Sebenarnya, produsen emas tidak hanya antam saja dan ada banyak merek lainnya. Ada sejumlah produsen lainnya misalnya hwt, ubs dan king halim. Selain perbedaan dari segi mereknya, keempat produsen emas tersebut memproduksi emas yang punya perbedaan dari segi dimensi serta ukurannya. 

Baca Juga:  10 Jenis Investasi Terbaik Untuk Pemula Yang Direkomendasikan

Selanjutnya, harga jualnya juga akan berbeda. Hanya saja, untuk emas Antam punya harga jual yang lebih mahal dibandingkan dengan jenis emas merk lain, walaupun memang banyak yang memilih emas Antam dibandingkan dengan cetakan dari produsen lain. 

2. Emas Antam Susah Untung Karena Besarnya Harga Selisih Jual Dan Beli

Kerugian investasi emas Antam berikutnya yaitu susah untung karena besarnya harga selisih jual dan beli. Contohnya, Anda membeli emas 1 gram di tanggal 28 Agustus dengan harga Rp1.035.367 dan pada saat tersebut harga jualnya adalah Rp907.000. disini dapat dilihat bahwa terdapat perbedaan harga jual dan beli signifikan sehingga Anda harus menunggu waktu yang pas supaya harga jual lebih tinggi dibandingkan saat membelinya. 

Namun apabila dilihat lagi, selisih harga jual beli emas Antam cukup tinggi yaitu contohnya di atas Rp128.367. Harganya lebih tinggi, jika dibandingkan dengan cetakan lainnya misalnya UBS dengan harga beli Rp.1.014.550 dan jual Rp907.000 sehingga ada selisih Rp107.550. Hal inilah yang membuat investasi emas Antam dapat dibilang sulit memperoleh keuntungan.

3. Harga Buyback Yang Sama Walaupun Beda Merk

Buy back adalah aktivitas saat anda melakukan penjualan kembali emas yang telah dibeli di tempat Anda membeli emas itu. Jadi, harga buyback akan menentukan seberapa harga emas akan dibeli atau dapat dibilang merupakan harga jual emas.

Jika diamati dari ilustrasi di atas, harga buyback emas Antam dan emas UBS punya nominal sama yaitu sebesar Rp907.000. Padahal, mereknya berbeda. Dari segi harga belinya, harga emas UBS lebih murah daripada emas Antam. 

4. Emas Antam Terkena PPH

Pada perdagangan emas batangan, pemerintah juga menetapkan kebijakan yaitu pembayaran pajak PPH. Tarif PPH ini tergantung dari berat gram emas serta berapa harga emas per gramnya. Dikarenakan harga emas Antam yang lebih tinggi daripada merk lainnya, maka PPH yang dikenakan juga lebih tinggi. 

Baca Juga:  5 Rekomendasi Investasi yang Paling Menguntungkan untuk Anda, Apa saja?

5. Emas Batangan Atau Emas Digital?

Selain melakukan investasi emas batangan, sekarang ini masyarakat juga bisa berinvestasi emas digital di mana yang dibeli bukanlah bentuk fisik, melainkan berbentuk online.

Bahkan, apabila dibandingkan maka selisih harga beli dan jual emas digital akan lebih kecil. Selain itu, Anda juga tidak perlu mencetaknya yang tentunya akan terkena biaya pencetakan emas.

6. Ada Resiko Kehilangan

Saat investasi emas batangan Antam, ada juga resiko kehilangan yang bisa menghantui. Ini merupakan risiko paling besar yang patut diwaspadai. Hal yang bisa terjadi yaitu pencurian atau perampokan. Apalagi, anda menyimpan emas Antam batangan tersebut di rumah dalam jumlah gram yang cukup besar.

Untuk meminimalisasi resiko ini, ada sejumlah investor yang mengeluarkan uang lebih dalam menyewa safe deposit box. Ini merupakan fasilitas yang disediakan oleh bank. Fungsinya sendiri yaitu untuk menyimpan berkas maupun barang yang punya nilai tinggi. 

6. Harganya Yang Fluktuatif

Kerugian investasi emas Antam selanjutnya adalah harganya yang cukup fluktuatif. Walaupun ada pergerakan harga yang cenderung meningkat, namun itu tidak selalu terjadi setiap hari. Peningkatan harga emas tidaklah terjadi di dalam waktu yang singkat.

Bahkan, kadang juga emas mengalami penurunan harga jual. Fluktuasi harga tersebut berdampak juga pada kulitnya investor untuk menghitung nilai investasi emas di masa depan. Ada juga para investor yang mengambil jalan tengah dari fluktuasi harga dan akhirnya tidak memberikan jumlah yang signifikan.

7. Dampaknya Kecil Terhadap Ekonomi Riil

Kelemahan investasi emas Antam yang selanjutnya adalah tidak bisa memberikan kontribusi untuk ekonomi. Hal ini dikarenakan Keuntungan pada investasi emas hanya untuk kepentingan pribadi saja. Walaupun memang, ada juga investor emas yang memakai keuntungan dari investasi tersebut untuk pembelanjaan.n

Baca Juga:  Begini Cara Mudah Investasi Saham BRI Bagi Pemula, Simak Yuk Biar Paham! 

Beda halnya jika anda menjadi investor saham perusahaan. Keuntungan yang diperoleh adalah antara dari keuntungan perusahaan itu. Keuntungan tersebut selanjutnya akan dipakai kembali oleh perusahaan sebagai investasi dan membiayai kegiatannya. Misalnya untuk mengembangkan produk agar menjadi lebih baik.

8. Sebagai Investasi Jangka Panjang

Investasi emas adalah instrument yang tidak cocok kalau anda ingin memperoleh keuntungan dalam waktu cepat. Fluktuasi harga emas tidak bisa dijadikan jaminan seorang investor bisa meraup laba dalam waktu cepat.

Proses kenaikan harga emas cenderung lama. Oleh karena itu, untuk memperoleh keuntungan dari selisih harga jual ini tersebut tidak bisa didapatkan jika hanya beberapa bulan atau beberapa tahun saja.

9. Ada Biaya Lain-lain

Kerugian investasi emas Antam berikutnya yaitu terdapat biaya lain-lain. Saat anda ingin membuka tabungan atau investasi emas, anda perlu memperhatikan adanya biaya ketika transaksi pertama dilakukan. Contohnya, terdapat biaya pendaftaran serta penitipan emas yang biasanya berlaku dalam waktu 1 tahun.

Saat masa penitipan tersebut sudah habis, maka otomatis dilakukan perpanjangan dengan cara memotong saldo emas. Jadi, semakin lama anda menyimpan emas antam di luar maka semakin besar pula biaya yang dikenakan. 

Demikianlah informasi tentang kerugian investasi emas Antam yang perlu juga diketahui oleh anda yang ingin membelinya. Dari apa yang sudah disebutkan, tentunya akan semakin menambah pengetahuan serta wawasan seputar informasi ini. Jadi, anda akan lebih bijak lagi dalam memilih ingin berinvestasi di instrumen yang mana. Semoga bermanfaat !

 

Artikel Terkait