Daftar Investasi yang Terdaftar di OJK, Jangan Sampai Salah Pilih!

Investasi yang Terdaftar di OJK– Menjadi seorang investor penting sekali untuk memiliki keberanian dalam mengambil keputusan, namun disisi lain juga memerlukan sikap kehati-hatian agar mendapatkan hasil yang sesuai. Memilih investasi yang terdaftar di OJK menjadi salah satu bentuk kehati-hatian.

Hal ini penting untuk mencegah risiko buruk seperti penipuan, dan investasi bodong. Lantas investasi mana saja yang terdaftar di OJk? Berikut ulasannya!

Salah satu jenis aplikasi investasi yang terdaftar di OJK yakni  Bibit. Aplikasi Bibit sendiri merupakan aplikasi yang menyediakan produk reksa dana dan dilengkapi dengan robo advisor yang membantu untuk memudahkan calon investor dengan menggabungkan financial advisor, dan financial planning. 

Robo advisor sendiri akan membantu mengkalkulasikan serta merancang portofolio investasi yang optimal sesuai indikator telah disebutkan sebelumnya.

Anda tak perlu khawatir sebab teknologi ini cukup canggih lantaran mengetahui profil risiko dari calon investor.

Sedangkan untuk pilihan pembayarannya sendiri pun juga beragam, mulai dari Go-pay, m-Banking, dan sebagainya.

  • Ajaib

Aplikasi investasi yang tak kalah canggih berikutnya adalah Ajaib. Aplikasi Ajaib sendiri merupakan  platform pendanaan saham serta reksa dana yang sudah dirilis oleh PT Ajaib Sekuritas Asia dan PT Takjub Teknologi Indonesia pada tahun 2018. PT Ajaib Sekuritas Asia sendiri sudah berdiri lama sejak tahun 1989. 

Para investor pemula dapat merasakan langsung fitur berupa rekomendasi produk saham dan reksa dana yang dapat dibeli.

Tersedia juga notifikasi real-time update untuk para investor pemula. Dan adanya notifikasi real-time update ini akan membantu para investor agar tidak tertinggal update terbaru dari tren investasi dan tren penggunaan di aplikasi Ajaib. Menarik bukan?

  • Bareksa

Perusahaan teknologi dan finansial milik PT Bareksa Portal Investasi uang telah memperjualbelikan 40 bahkan lebih manajer investasi serta 150 lebih produk reksa dana sudah ditawarkan, Bareksa pun bahkan menyediakan simulator bareksa dan kalkulator investasi bagi investor pemula maupun investor lain agar dapat menghitung perkiraan imbal dari hasil yang akan didapatkan dalam periode investasi tertentu.

Baca Juga:  Tips Dan Trik Masuk Serta Gaji IPDN

Bareksa sendiri menyediakan produk reksa dana yang dapat Anda pilih. Sebagai marketplace investasi, aplikasi reksa dana Bareksa telah menyediakan beragam jenis produk reksa dana dari beberapa manajer investasi.

  • Aplikasi Stockbit

Stockbit menjadi salah satu aplikasi saham terpercaya lantaran sudah terdaftar di OJK. Semua transaksi saham yang dilakukan di Stockbit akan melewati perusahaan sekuritas, Mahakarya Artha Sekuritas, yang tentunya sudah dipercaya dan diawasi oleh OJK dan menjamin keamanan uang dari nasabah atau investor.

Aplikasi investasi Stockbit selain menyediakan wadah, ternyata menyediakan fitur lain untuk interaksi jual beli saham juga dilengkapi dengan fitur komunitas. Di sini, Anda dapat melakukan diskusi bersama para trader lainnya mengenai investasi saham.

Jadi untuk Anda yang pemula aplikasi ini sangat direkomendasikan, karena Anda dapat saling berbagi pengalaman dengan trader investasi saham lainnya.

  • Tanam Duit

Aplikasi berikutnya yang menjadi salah satu dari investasi yang terdaftar di OJK adalah tanam duit. Tanam duit.

Aplikasi ini dikembangkan dan dimiliki oleh PT Mercato Digital Asia, yang merupakan sebuah perusahaan rintisan di bidang teknologi keuangan yang memiliki tujuan memberikan pengalaman kepada masyarakat untuk mulai berinvestasi dengan cara yang mudah dan menyenangkan, dan tentunya sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Aplikasi dari PT Star Mercato Capitale ini malah menargetkan anak-anak muda yang baru akan memulai investasi sebagai pasarnya. Produknya bukan  hanya reksadana saja, namun Tanam Duit juga memiliki layanan transaksi investasi surat berharga negara (SBN), emas batangan, hingga asuransi. Banyak sekali bukan?

  • IpotFund

Selanjutnya yaitu aplikasi IpotFund. Aplikasi investasi reksa dana ini dikembangkan oleh PT Indo Premier Sekuritas telah bekerja sama dengan 42 manajer investasi dan telah menawarkan 259 produk reksadana.

Baca Juga:  Cara Investasi Saham di Bank BRI, Mudah Untuk Pemula

Tak hanya untuk berinvestasi saja, investor bisa melakukan perbandingan produk reksadana mulai dari dana yang dikelola, unit, serta kinerja reksadana yang akan dibeli. Terdapat juga fitur IPOT evaluator yang merupakan perangkingan performa reksadana. 

Bertransaksi di IPOTFUND sangat terjamin aman dan terpercaya lantaran  penyimpanan dana dan pencatatan transaksi nasabah dilakukan menggunakan rekening dana nasabah (RDN) atas nama nasabah sendiri, dan terpisah dari rekening milik IndoPremier dan tentunya tetap diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

  • LandX

Aplikasi berikutnya yang juga masuk ke dalam investasi yang terdaftar di OJK adalah LandX yang merupakan sebuah platform equity crowdfunding, di mana sejumlah besar orang dapat merasakan berpartisipasi dalam penggalangan dana dalam pengembangan usaha yang dilakukan oleh bisnis, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), dan usaha rintisan (startup) secara online, dan nantinya akan mendapatkan saham sebagai imbalannya.

Berbeda dari aplikasi-aplikasi sebelumnya yang hanya menjual reksa dana, saham, hingga emas, LandX adalah tempat untuk investasi properti juga lho! Di sini, Anda dapat membeli sebagian kepemilikan dari suatu rumah hanya dengan modal yang sangat terjangkau. APlikasi ini cocok bagi Anda yang ingin memulai investasi properti.

  • BCA Best Mobile

BEST Mobile adalah sebuah aplikasi transaksi saham secara online yang dikembangkan oleh PT.BCA Sekuritas yang berguna untuk menjawab kebutuhan nasabah akan sistem transaksi yang stabil dan dapat diandalkan .

Aplikasi ini telah di desain dengan mengedepankan kemudahan dalam penggunaan sehingga sistem ini sangat user friendly. Sehingga bagi Anda yang pemula, Anda tidak perlu khawatir, sebab selain user friendly, aplikasi ini juga telah di awasi OJK.

  • Koin Works

Menjadi salah satu dari aplikasi Keuangan Tercatat di OJK. Aplikasi super financial online pertama di Indonesia yang telah menyediakan berbagai jenis solusi keuangan (pinjaman dan peningkatan aset melalui pendanaan). 

  •  Ovo Invest

OVO invest adalah fitur terbaru yang ada pada aplikasi OVO di mana Anda dapat  melakukan investasi mulai dari Rp10.000 dan metode pembayaran OVO Cash. Anda tak perlu khawatir, sebab aplikasi ini juga telah terdaftar dan diawasi oleh OJK.

  • Pluang

Aplikasi yang terakhir adalah Pluang. Pluang merupakan sebuah platform aplikasi pertama yang dapat memberikan Anda akses ke pasar saham Amerika Serikat (S&P 500) di Indonesia lho! Keren bukan? Pluang juga menghadirkan micro e-mini S&P index futures yang dapat ditransaksikan pada bursa Chicago Mercantile Exchange. Bagaimana? Tertarik mencobanya?

Baca Juga:  Investasi Pemula Modal Kecil: Ketahui Alasan dan Jenis Investasi yang Dapat Dipilih

Itulah beberapa investasi yang terdaftar di OJK yang dapat Anda coba. Memiliki sikap kehati-hatian merupakan langkah bijak dalam berinvestasi. Namun Anda juga harus memiliki keberanian untuk mengambil keputusan dan perlunya sikap konsisten agar investasi mendapatkan hasil yang memuaskan.

Pada dasarnya aplikasi di atas sangat direkomendasikan sebab sudah diawasi OJK, namun yang perlu diingat adalah setiap aplikasi tersebut memiliki kekurangan dan kelebihannya sendiri. Jadi sebelum memilih, maka Anda wajib untuk mempelajari dan menyesuaikannya dengan tujuan investasi Anda.