Inilah Cara Investasi Saham di Bank BRI yang Tepat dan Benar

Cara Investasi Saham di Bank BRI – Memiliki sebuah perusahaan yang berpenghasilan milyaran bahkan triliunan menjadi mimpi setiap orang.

Namun, tahukah Anda bagaimana mendapatkan penghasilan yang besar? Jika Anda ingin memiliki perusahaan dengan keuntungan besar maka harus mempelajari cara investasi saham di Bank BRI atau bank lainnya.

Umumnya, memiliki saham merupakan bagian dari perusahaan. Tentunya, kepemilikan ini dapat dikembangkan dengan meningkatkan jumlah saham yang akan dibeli. Sebelum Anda mendirikan perusahaan sendiri, maka tidak ada salahnya untuk mulai berinvestasi saham.

Cara Investasi Saham Di Bank BRI yang Tepat

Salah satu saham di Bursa Efek Jakarta yaitu saham Bank BRI yang bernama BBRI. Bank BRI menjadi salah satu bank milik negara yang memiliki aset terbesar, mencapai Rp. 1.416,76 triliun tahun 2019. Berikut ini sudah ada beberapa cara berinvestasi saham BBRI.

Pergi langsung ke Perusahaan Sekuritas. Untuk menanam saham, Anda tidak dapat mendatangi perusahaan atau Bursa Efek Indonesia (BEI) serta melakukan pembelian saham. 

Hal ini karena adanya jual beli efek hanya dapat dilakukan melalui perusahaan untuk mendapatkan ijin transaksi jual beli saham.

Cara investasi saham di Bank BRI menggunakan perusahaan sekuritas sebagai berikut:

  • Persiapkan dana yang akan diinvestasikan terlebih dahulu. Setiap perusahaan sekuritas ini memiliki minimal deposit yang berbeda-beda.
  • Selanjutnya, Anda persiapkan data diri yang diperlukan untuk mendaftarkan diri sebagai investor.
  • Kemudian, cari informasi terkait perusahaan sekuritas atau broker saham terpercaya yang sesuai dengan kriteria diinginkan. Tak lupa untuk cek legalitas perusahaan dan pastikan perusahaan sudah tergabung dalam anggota OJK (Otoritas Jasa Keuangan).
  • Setelah itu, Anda menentukan perusahaan sekuritas yang sesuai, dengan datang ke perusahaan membawa kelengkapan.
  • Kemudian, Ansa daftarkan diri di perusahaan sekuritas. Anda bisa mengisi formulir yang dibutuhkan untuk membuka rekening dana investor (RDI) dan menandatangani beberapa dokumen yang harus disepakati calon investor.
  • Setelah itu, pendaftaran Anda bisa mendapatkan RDI milik sendiri yang dapat digunakan untuk menyetorkan deposit awal untuk melakukan investasi saham.
  • Selanjutnya, Anda bisa mengisi deposit pada RDI, Anda sudah dapat membeli saham bank BRI. Minimal pembelian sebesar 1 slot (100 lembar). Pembelian saham Bank BRI dapat dilakukan dengan cara memberikan perintah untuk melakukan pembelian saham kepada broker. Anda dapat menginvestasikan semua dana yang dimiliki pada satu emiten, atau beberapa emiten sekaligus.
Baca Juga:  Stakeholder Merupakan Salah Satu Istilah Saham Dalam Bahasa Inggris

Cara Investasi Saham di Bank Secara Online

Cara investasi saham di Bank BRI bisa melalui aplikasi Ajaib yang akan membuat kamu Anda lebih hemat waktu. Hal ini karena semua proses pembuatan RDN dan jual beli saham bisa dilakukan secara online. Berikut ini sudah ada beberapa langkah-langkahnya:

  • Install aplikasi Ajaib yang sudah tersedia di Play Store maupun App Store
  • Kemudian, buat rekening saham online sesuai dengan panduan pada aplikasi.
  • Setelah rekening saham selesai Anda buat, maka bisa transfer jumlah deposit ke Rekening Dana Nasabah khusus milik sendiri. Melalui Ajaib tidak ada minimal deposit, namun bila Anda ingin membeli saham bank BRI cek terlebih dahulu harga saham.
  • Kemudian, sesuaikan dana deposit yang dibutuhkan untuk membelinya. Setelah melakukan deposit, Anda sudah dapat melakukan transaksi jual beli saham.
  • Pilih saham yang ingin Anda beli dari daftar saham. Akan lebih mudah jika Anda sudah mengetahui kode saham dari perusahaan yang ingin dibeli.
  • Bila Anda ingin membeli saham Bank BRI, bisa ketik kode BBRI pada kolom pencarian. 
  • Dengan menggunakan sebuah aplikasi Ajaib, Anda juga bisa melakukan jual beli saham secara langsung pada aplikasi tanpa harus memberikan perintah pada broker saham.

Langkah Jual Beli Saham Online

Setelah Andalan memiliki rekening dan mengisi deposit pada Rekening Dana Nasabah, seorang investor bisa melakukan jual beli saham Bank BRI. Berbeda dengan RDN yang berguna untuk menyimpan deposit, saat ingin melakukan jual beli saham. Anda harus mempunyai rekening saham.

Rekening ini merupakan tempat untuk saham yang sudah Anda beli. Cara investasi saham di Bank BRI. selanjutnya sebagai berikut:

  • Pantaulah harga saham dengan cara memasukan saham BBRI ke dalam watchlist, kemudian tentukan harga berapa Anda ingin membeli saham BBRI.
  • Pilihlah BUY (beli) dengan cara swipe atau geser ke kiri saat ingin membeli saham BBRI yang ada di watchlist.
  • Bila Anda menawar harga saham sesuai berlaku saat itu, maka bisa langsung membeli dan memiliki saham BBRI.
  • Apabila Anda mengajukan penawaran harga lebih rendah atau di bawah harga saham maka harus menunggu sampai turun pada level yang di ajukan
Baca Juga:  Gaji PT Yamaha Terbaru 2022

Kelebihan reksa dana menggunakan minimal deposit lebih rendah Deposit mulai dari Rp. 10.000, Rp. 100.000 atau Rp.1.000.000 saja. Reksa dana cocok untuk para investor pemula, karena lebih efisien dan praktis.

Investor tidak hanya mempelajari semua strategi investasi karena dana biasanya dikelola oleh Manajer Investasi. Di mana ia sudah berkualifikasi dan berpengalaman dengan jual beli saham.

Adanya informasi ini diharapkan bisa membantu pemula yang ingin berinvestasi saham namun tidak memiliki ilmu apapun. Hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan investasi adalah banyak belajar dan memahami bagaimana Investasi tersebut bisa menghasilkan banyak keuntungan.

Itu saja informasi yang berhubungan dengan cara investasi saham di Bank BRI. Semoga informasi yang telah disampaikan dapat bermanfaat bagi yang membaca maupun pemula.

Apakah menabung saham harus dilakukan tiap bulan?

Sebetulnya sudah tidak ada kewajiban untuk membeli saham setiap bulannya. Namun, sesuai kampanye BEI, berinvestasi di pasar modal harus rutin dan berkala. Hal ini bertujuan agar Anda mendapatkan keuntungan yang maksimal di kemudian harinya. 

Kenapa penting memiliki sebuah Investasi?

Adanya investasi bisa menjadi salah dana darurat ketika tidak memiliki uang. Melalui investasi Anda tidak akan tidak terbebani jika ada pengeluaran mendadak yang menguras tabungan. 

Apakah menabung saham sangat menguntungkan?

Menabung saham memberikan dua keuntungan yakni capital gain dan dividen. Capital gain adalah selisih (untung) antara harga beli dengan harga jual. Sedangkan, dividen merupakan pembagian keuntungan perusahaan kepada semua pemegang saham sesuai dengan persentase kepemilikan.

Bagaimana cara menabung saham bagi para pemula?

Saat ini menabung saham bukanlah hal yang sulit. Semua orang dapat menjadi pemegang saham perusahaan hanya dengan beberapa langkah berikut ini:

  • Pertama, membuka rekening efek dan top up dana ke rekening saham
  • Kemudian, install aplikasi pembelian saham dan mulai beli saham.
Baca Juga:  Besaran Gaji UMR Mamuju

Berapa harga dari 1 lot saham?

Bagi yang Anda masih belum tahu tentang Investasi, angka-angka pergerakan harga saham sudah tertera di pasar saham dikenal dengan harga hitungan lembar saham. 1 lot sama dengan 100 lembar saham, jadi harga saham X 3.000 maka 1 lot sebesar Rp. 300 ribu. Jadi minimal pembeliannya adalah 1 lot.

Artikel Terkait