Keuntungan Membudidayakan Tanaman Investasi Masa Depan serta Jenisnya

Tanaman Investasi Masa Depan – Sebagai peminat investasi, Anda pasti mencari tahu tentang investasi lebih banyak dan mencoba untuk mencocokkannya dengan minat Anda dalam berinvestasi.

Mungkin Anda sudah terbiasa pula mendengar tentang investasi saham, emas, reksadana, bangunan atau sejenisnya dan masih banyak lagi. Tapi tahukah Anda jika tanaman juga bisa menjadi sumber investasi? Sebutlah ini sebagai tanaman investasi masa depan.

Mengapa Tanaman Investasi Masa Depan?

Sebetulnya, tanaman investasi masa depan bukanlah hal yang baru. Banyak dari masyarakat Indonesia yang sudah memanam tanaman yang bisa menjadi investasi yang baik bagi mereka.

Itupun jika masyarakat menyadari tentang perkembangan yang bisa dirasakan dari tanaman yang ditanam.

Sederhananya, prinsip investasi adalah bukan hanya mendapatkan keuntungan saja tapi juga harus didasari dengan kesabaran. Apa yang Anda investasikan, mungkin tidak bisa dirasakan dalam waktu dekat namun hasilnya sudah pasti memuaskan. 

Hal ini pula yang banyak belum disadari oleh masyarakat Indonesia khususnya para petani.

Banyak dari petani yang menanam tanaman yang bisa dipanen dalam jangka waktu singkat dan segera memberikan keuntungan lalu mengulang siklus yang sama yaitu menanam dan segera mendapatkan keuntungan dengan cara menjualnya tanpa memikirkan bahwa ternyata ada tanaman yang apabila ditanam dapat menghasilkan keuntungan yang besar meski kuantitasnya tidak terlalu banyak.

Keuntungan tersebut didapatkan karena harga dari apa yang dihasilkan oleh tanaman tersebut tergolong mahal dan itu pasti akan sangat menguntungkan bagi para petani. 

Banyak pula dari masyarakat Indonesia yang menanam tanaman berdasarkan apa yang sedang ramai diperbincangkan karena menghasilkan keuntungan dalam waktu singkat.

Baca Juga:  Ciri Khas Asuransi Jiwa Berjangka yang Baik dan Benar

Dengan kata lain, hanya mengikuti apa yang orang lain lakukan dan hal itu tentu memuaskan dan bisa memenuhi kebutuhan pada saat itu.

Tapi apabila Anda adalah seorang yang berpikir mengenai sesuatu yang bisa menghasilkan keuntungan yang lebih banyak, lain daripada yang lain, ada baiknya jika Anda mencari tahu lebih banyak mengenai tanaman investasi masa depan.

Anda harus mencari tahu lebih dalam mengenai tanaman yang memiliki potensi ekomoni yang tinggi meski lahan yang Anda miliki tidak terlalu besar. Selain itu, kemudahan dalam membudidayakan tanaman tersebut juga akan memberikan pengaruh.

Semakin mudah membudidayakannya, semakin kecil biaya yang Anda butuhkan dalam menaman tanaman itu.

Begitu pula sebaliknya, semakin sulit membudidayakan tanaman yang Anda tanam maka akan semakin banyak pula biaya yang Anda butuhkan dalam menaman tanaman tersebut dan hal ini memberikan pengaruh juga pada perhitungan yang Anda dapatkan nantinya.

Jangan sampai biaya untuk membudidayakan tanaman tersebut membuat keuntungan yang Anda dapatkan menjadi minim meski harga penjualan hasil tanaman lumayan besar bahkan kuantitas hasil juga besar. 

Meski dengan memilih tanaman investasi masa depan untuk ditanam, Anda membutuhkan kesabaran yang tak sebentar, namun dapat dipastikan bahwa hasilnya akan membuat orang lain tergoda untuk melakukan apa yang Anda lakukan.

Apalagi orang yang ingin menaman tanaman investasi masa depan ini belumlah banyak layaknya petani yang menanam tanaman umum yang bisa menghasilkan uang dalam waktu singkat.

Selain itu, Anda juga harus bersabar dalam mencari tahu mengenai tanaman investasi sebelum memanfaatkan lahan yang Anda miliki. 

Jenis Tanaman Investasi Masa Depan

Tidak semua tanaman bisa dijadikan investasi yang menguntungkan di masa depan. Sebagai peminat tanaman investasi masa depan, Anda harus mengetahui jenis tanaman apa saja yang bisa dijadikan investasi agar Anda tidak salah pilih.

Baca Juga:  Lowongan Kerja Unilever Sebagai Assistant Brand Building Finance Manager

Berikut ini adalah jenis-jenis tanaman yang bisa dijadikan investasi untuk masa depan beserta alasannya:

1. Aren

Tanaman aren dapat memberikan potensi ekonomi yang baik untuk Anda mengingat banyak yang dapat dimanfaatkan dari tanaman ini mulai dari daun, buah, batang nira aren hingga tepung dari batang aren juga dapat dimanfaatkan sehingga banyak pula masyarakat yang membutuhkan hasil yang bisa dimanfaatkan dari tamanan aren ini. Maka dari itu, menaman tanaman aren dapat menghasilkan keuntungan yang lebih banyak.

2. Pinang

Pinang merupakan tanaman yang tergolong mudah untuk dibudidayakan. Seperti yang Anda ketahui juga, hasil dari pohon pinang tentunya memberikan manfaat dan diminati oleh masyarakat.

Yang paling menyenangkan saat membudidayakan tanaman pinang adalah karena bibitnya yang mudah untuk didapatkan, jarang terserang hama penyakit, mudah tumbuh di mana saja, membutuhkan waktu kira-kira 4 tahun untuk menghasilkan, tidak membutuhkan banyak pupuk dan cara memanennya juga tergolong mudah. 

3. Pohon Gaharu

Pohon ini memiliki kayu yang berwarna kehitaman dan mengandung resin khas yang dihasilkan oleh spesies pohon dari marga A. Malaccesis.

Kegunaan dari resin yang dihasilkan oleh pohon gaharu ini adalah untuk industri wangi-wangian seperti parfum dan setanggi karena aromanya yang harum.

Selain itu, pohon gaharu sendiri sudah menjadi pohon penghasil kayu yang dijual dengan harga yang mahal karena kayu gaharu mengandung gupal yang bisa dihargai hingga puluhan juga rupiah untuk satu kilonya. 

4. Tanaman Hias

Tanaman hias memiliki banyak jenis seperti tanaman janda bolong, aglonema, succulent, caladium, anthurium veitchii dan masih banyak lagi.

Mengapa tanaman hias dapat dijadikan tanaman investasi masa depan? Mungkin bagi sebagian orang yang kurang memahami, tanaman hias terlihat biasa saja seperti tanaman lain pada umumnya namun di mata para kolektor yang sangat meminati tanaman hias, tentu ini ada harga jualnya. 

Baca Juga:  Cara Berdagang Online Agar Cepat Mendapatkan Rating 4,5

Perawatan yang extra untuk tanaman hias ini yang membuat orang tertarik untuk menanam tanaman hias demi menarik hati para kolektor yang rela membayar mahal untuk membeli tanaman hias.

Sebagai contoh, tanaman janda bolong yang memiliki nama yang unik ini memiliki bentu yang mirip kuping gajah namun berlubang alami.

Harga jual dari tanaman ini dihitung per lembar daunnya dan satu lembar daun janda bolong ini ditaksir mencapai ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Tentu harga tersebut sangat menggiurkan dan bisa membayar rasa lelah dalam merawat tanaman tersebut.

Sekian informasi mengenai tanaman investasi masa depan. Untuk Anda sekalian yang memiliki lahan dan ingin berinvestasi, tidak ada salahnya untuk menanam salah satu atau beberapa tanaman yang bisa menghasilkan uang yang menjanjikan dan setimpal dengan usaha serta kesabaran Anda dalam merawat tanaman tersebut.

Apalagi jika Anda memang gemar membudidayakan tanaman. Baik karena memiliki lahan atau mungkin hanya sekedar menanam tanaman dengan beberapa pot di halaman depan rumah, setidaknya hal itu bisa menjadi dasar yang baik dalam membudidayakan tanaman investasi masa depan. 

Anda hanya perlu memilih tanaman yang cocok dengan minat Anda, serta cocok dengan lahan yang Anda miliki lalu pelajari bagaimana cara membudidayakan tanaman tersebut dengan baik agar kelak Anda bisa mendapatkan hasil yang maksimal pula dari tanaman investasi masa depan yang Anda tanam tersebut.

Intinya, jangan ragu untuk memulai meski pengalaman yang Anda miliki masih minim karena investasi adalah hal yang penting untuk masa depan Anda. Selamat mencoba!