8 Ide Bisnis Unik Mahasiswa Untuk Dijadikan Penghasilan Tambahan

Ide Bisnis Unik Mahasiswa – Menjadi mahasiswa artinya memiliki tanggung jawab yang lebih besar lagi, di mana sudah tidak bisa mengandalkan orang tua untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan diri sendiri, terutama yang merantau, sehingga tak jarang akhirnya mahasiswa memutuskan untuk membuka bisnis kecil-kecilan untuk memiliki penghasilan tambahan, sebab ada beberapa ide bisnis unik mahasiswa yang bisa dilakukan.

Namun, memang membuka bisnis bukanlah hal yang mudah, diperlukan ide yang kreatif agar dapat menonjol di tengah banyaknya mahasiswa yang membuka bisnis dan agar memiliki persaingan yang lebih rendah juga.

Sebenarnya untuk mendapatkan penghasilan tambahan bisa dengan melakukan kerja paruh waktu, tetapi jam kerjanya tidak fleksibel karena mahasiswa masih harus mengikuti kelas ditambah para dosen biasanya mengadakan kelas tambahan, oleh karena itu membuka bisnis menjadi solusinya karena waktu yang diperlukan lebih fleksibel.

Berikut ini ada beberapa ide bisnis unik untuk mahasiswa yang bisa dilakukan untuk Anda yang ingin memulai membangun bisnis di tengah-tengah kesibukan kuliah untuk bisa menghasilkan pendapatan tambahan dan siapa tahu bisa untuk membayar biaya kuliah sendiri sehingga tidak merepotkan orang tua.

Tutor Online

Menjadi guru les sepertinya memang sudah menjadi pekerjaan sampingan yang umum dilakukan oleh para mahasiswa apalagi mahasiswa jurusan eksak agar ilmunya bisa terus disalurkan. Namun, saat pandemi seperti ini biasanya pemilik rumah tidak akan mau menerima tamu sembarangan, oleh karena itu alternatifnya adalah bisa dengan membuka tutor secara online.

Hasil bayaran dari menjadi tutor online ini juga bisa terbilang lumayan, apalagi jika memang menetapkan tarif yang tinggi atau semakin banyak siswa yang diajar maka akan semakin banyak juga bayaran yang akan diterima. Tidak hanya bayarannya saja, jika siswa yang diajar mendapatkan prestasi seperti nilai ulangan dan tugasnya jadi bagus atau rankingnya jadi naik merupakan kesenangan tersendiri sebagai tutornya.

Baca Juga:  3 Cara Memulai Bisnis Tanpa Modal Untuk Pelajar

Dengan memanfaatkan teknologi internet di era pandemi, jangkauan mengajar juga bisa semakin luas, atau Anda bisa bergabung dengan platform-platform mengajar online atau bahkan membangun bisnis jasa bimbingan belajar sendiri bersama teman-teman.

Pemandu Wisata

Jika Anda merupakan anak rantau yang suka berjalan-jalan dan bahkan hampir sudah mengetahui semua letak tempat wisata di daerah tempat Anda merantau, maka tak ada salahnya jika hobi jalan-jalan tersebut dijadikan sebagai salah satu ide bisnis unik mahasiswa dengan menjadi pemandu wisata atau tour guide.

Pekerjaan ini bisa dilakukan saat sedang banyak turis yang datang yaitu ketika akhir pekan dan hari libur sehingga Anda pun tidak perlu yang namanya mengorbankan waktu kuliah Anda seperti bolos kelas untuk melakukan pekerjaan ini.

Selain itu, jika Anda fasih berbahasa asing bisa menjadi nilai lebih karena dapat memandu turis-turis yang berasal dari mancanegara, dan penghasilannya pun tentunya akan lebih besar.

Menulis/Menjual Artikel

Ketika menjadi seorang mahasiswa memang dituntut untuk memiliki pemikiran yang lebih kritis terhadap suatu hal atau kasus dan dituntut untuk bisa mengembangkan ide-ide yang dimiliki dalam bentuk tulisan, sehingga wajib rasanya bagi seorang mahasiswa untuk bisa menuliskan pendapatnya.

Jika Anda memiliki skill menulis ini, bisa Anda salurkan dengan melakukan bisnis menjual artikel, di mana dengan menulis dapat mendatangkan pundi-pundi pendapatan tambahan. Caranya pun juga mudah, Anda hanya perlu menulis artikel dengan tema bebas atau tema yang dikuasai dan sesuai dengan bidang kita kemudian menjualnya ke berbagai media sosial seperti di grup Facebook.

Atau, jika ingin lebih mudah, Anda bisa memasukkan tulisan artikel Anda ke media online dengan bergabung di komunitasnya, jumlah bayaran Anda nantinya akan disesuaikan dengan jumlah artikel yang sudah Anda tulis.

Baca Juga:  Lowongan Kerja Unilever Sebagai Assistant Brand Building Finance Manager

Menjadi Reseller

Kalau Anda memiliki kenalan seorang produsen barang dan menyediakan reseller, mungkin Anda bisa mengambil kesempatan tersebut sebagai ide bisnis unik untuk mahasiswa. Sebab, menjadi reseller pun kerjanya juga sangat mudah, Anda hanya perlu jaringan internet yang lancar bisa dari kuota atau wifi sehingga tidak memerlukan modal yang besar.

Selain itu, untuk alat pemasarannya Anda hanya membutuhkan media sosial saja. Barang yang biasanya bisa dijadikan reseller adalah pakaian, masker kain, aksesoris, sampai album K-Pop.

Menjual Lukisan Tangan

Menjual lukisan saat ini memang banyak ditemui, tetapi biasanya lukisan yang dibuat tersebut hanya mengandalkan aplikasi atau software untuk melukis wajah yang seakan-akan dilukis sendiri oleh tangan. Tentu saja hasil lukisan dari gambar menggunakan software sangat berbeda dengan menggunakan tangan sungguhan.

Oleh karena itu, celah ini bisa Anda jadikan ladang bisnis terutama bagi Anda yang memiliki bakat menggambar atau melukis untuk membuka bisnis jasa lukis ini. Selain itu dengan menjalankan bisnis melukis ini juga dapat menghasilkan penghasilan tambahan yang cukup besar apalagi jika Anda memang menetapkan tarif yang tinggi. Lukisan yang dibuat langsung oleh tangan pun juga memiliki nilai yang lebih tinggi dari kacamata seni dibandingkan dengan yang dibuat oleh komputer.

Penerjemah

Banyak karya ilmiah berupa jurnal atau literatur yang dibutuhkan untuk menjadi referensi tugas atau skripsi dalam bahasa asing dan harus diterjemahkan ke bahasa Indonesia atau sebaliknya, tetapi tidak semua orang memiliki kemampuan untuk menerjemahkan tersebut.

Jika Anda percaya diri memiliki kemampuan berbahasa asing yang baik apalagi dalam bentuk tulisan, maka Anda bisa mencoba membisniskan kemampuan Anda tersebut. Apalagi menjadi penerjemah memang merupakan peluang usaha yang tanpa memerlukan modal, Anda bisa menawarkan jasa Anda kepada teman atau situs freelancer atau bergabung ke grup penerjemah.

Baca Juga:  Lowongan Kerja di OLX Dengan Posisi yang Dibutuhkan

Menjual Snack

Ide bisnis unik mahasiswa selanjutnya adalah menjual makanan ringan atau camilan yang terkadang dibutuhkan oleh mahasiswa saat mengerjakan tugas atau ketika bersantai bersama teman. Makanan ringan ini bisa Anda buat sendiri atau menjadi reseller juga, jika ingin membuat sendiri maka Anda bisa menggunakan sistem pre order di mana Anda bisa mencatat terlebih dahulu siapa saja yang ingin membeli baru dibuat makanannya, ini dilakukan agar memperkecil resiko mengalami kerugian.

Anda bisa membeli snack ini secara grosir dan kemaslah sendiri dengan menambahkan brand Anda sendiri jika ingin.

Admin Media Sosial

Dengan terus berkembangnya teknologi, banyak orang yang menggunakan media sosial sebagai sarana untuk melakukan promosi, namun jika pesanan produk sudah banyak tentunya akan sulit mengatur waktu untuk membuat pesanan dan mengelola media sosial, oleh karena itu biasanya membutuhkan seorang admin.

Dengan membuka bisnis jasa admin medsos, nantinya Anda akan mengelola beberapa media sosial khususnya yang berhubungan dengan menjawab atau memberikan respon pada pertanyaan-pertanyaan yang terdapat di kolom komentar sebuah postingan ataupun yang lewat direct message.

Lewat menggunakan ide bisnis unik mahasiswa menjadi admin media sosial ini, para calon costumer tidak akan merasa diabaikan saat bertanya mengenai produk.