Seberapa Besar Gaji Dokter Gigi? Simak Artikel Berikut!

Gaji Dokter Gigi – Dokter gigi merupakan salah satu profesi dokter spesialis dengan gaji yang tinggi setiap bulannya. Bahkan, dalam beberapa daerah diketahui besaran gaji dokter gigi hampir mencapai 100 juta Rupiah setiap bulan. Banyak orang berasumsi bahwa menjadi seorang dokter gigi adalah pekerjaan yang mudah, yang sulit adalah menekuni proses dari awal yang membutuhkan tenaga, pikiran, dan biaya yang tidak bisa dibilang kecil. Asumsi tersebut bisa saja benar, mengingat gaji dokter gigi yang membuat kagum menjadi bayaran yang pantas.

Akan tetapi, menjadi seorang dokter gigi yang baik tidaklah semudah apa yang dilihat. Itulah sebabnya pemerintah memberikan gaji yang besar bagi profesi tersebut. Sebelum kita memasuki pembahasan tentang gaji dokter gigi lebih lanjut, alangkah baiknya kita mengenal terlebih dahulu, bagaimana para dokter gigi menjalani profesi tersebut dan bagaimana mendapatkan gelar sebagai dokter gigi.

Profesi Dengan Gaji Besar Berbanding Lurus Dengan Seberapa Besar Tanggung Jawabnya

Menjadi dokter gigi adalah cita-cita mulia yang banyak diimpikan oleh para peserta didik. Dibutuhkan banyak usaha, mulai dari keseriusan, ketekunan, dan tekad yang kuat untuk menjalani proses dalam meraih gelar kedokteran. Mungkin, jika hanya untuk mengincar profesi dokter umum saja tidak akan terlalu sulit. Akan tetapi, menjadi dokter spesialis seperti dokter gigi tentunya bukan pekerjaan yang main-main dengan proses yang panjang.

Dokter gigi juga merupakan profesi yang jarang dimiliki oleh penduduk di setiap daerah. Mungkin bisa dikatakan jika di setiap kecamatan di Pulau Jawa, di setiap desa hanya memiliki satu sampai dua, atau bahkan satu kecamatan hanya memiliki satu dokter gigi di daerahnya. Tiap dokter gigi yang ada di daerah-daerah dibagi tugasnya di setiap puskesmas dan rumah sakit yang ada, sehingga penderita penyakit dapat tertangani dengan baik. Sebenarnya tidak berbeda jauh dengan dokter spesialis lain. Dokter gigi bersanding dengan dokter kandungan dari segi populernya di masyarakat, terutama di masyarakat desa.

Baca Juga:  Inilah Perbedaan Investasi Syariah dan Konvensional yang Harus Anda Tahu!

Macam Macam Besaran Gaji Dokter Gigi

Di kalangan masyarakat menengah atas hingga kalangan masyarakat atas, mendidik anak di bidang kedokteran merupakan investasi jangka panjang yang sangat menjanjikan. Dari berbagai media yang mengulas profesi kedokteran, terutama di bidang kedokteran spesialis, ini merupakan investasi yang dapat menjamin masa tua. Tentu saja, seseorang yang mengarahkan anaknya dan membiayainya selama menempuh pendidikan kedokteran tentunya akan ‘balik modal’ dengan cepat saat anaknya telah berhasil menjadi seorang dokter, mengingat gaji dokter gigi khususnya, menempati posisi tinggi di tengah-tengah gaji dokter spesialis lainnya.

Profesi sebagai dokter gigi dapat dilakukan dengan berbagai jenis profesi di mana mereka masing masing mendapatkan gaji dokter gigi masing-masing sesuai jenis pekerjaan yang mereka ambil. Mulai dari dokter gigi PNS, Klinik, Mandiri, Puskesmas, maupun Rumah Sakit Swasta. Berikut adalah rincian dari gaji dokter gigi dalam jenis profesinya masing-masing.

Dokter Gigi ASN

Yang pertama adalah gaji dokter gigi yang menyandang status sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) atau biasa dipanggil dokter gigi PNS (Pegawai Negeri Sipil). Mereka biasanya bekerja dengan penugasan khusus dari negara. Baik ditugaskan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) atau Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP). Golongan dokter gigi yang tergolong dalam PNS adalah golongan III B, yaitu tingkat dokter muda, dokter madya (menengah), hingga ke tingkatan dokter utama. Gaji mereka selama satu bulan bertugas rata-rata hingga 5 juta Rupiah.

Dokter Gigi yang Membuka Klinik

Kedua adalah dokter gigi klinik. seperti yang sering kita jumpai di daerah kita, biasanya klinik dokter gigi ditandai dengan plang khusus bergambar rahang tepat di depan tempat praktek tersebut. Namun, siapa yang tahu berapa pendapatan mereka dalam waktu satu bulan? Dokter gigi yang membuka klinik di rumahnya biasa menangani pasien yang datang setiap hari, atau di hari-hari tertentu.

Baca Juga:  Gaji PT Yamaha Terbaru 2022

Jumlah pendapatan yang mereka dapat tidak bisa ditentukan secara pasti, berapa Rupiah selama sebulannya. Akan tetapi, dalam sehari, jika ada satu orang berobat, maka rata-rata dokter gigi klinik akan menerima uang 200 hingga 500 ribu Rupiah. Besaran tersebut juga menyesuaikan seberapa besar dan lengkap fasilitas klinik yang ia buka.

Dan untuk dokter gigi yang membuka klinik dengan dukungan BPJS, maka perolehan gaji yang ia dapat disesuaikan dengan jumlah pasien yang berkunjung. Semakin banyak pasien, tentunya akan semakin banyak perolehan yang mereka dapat dari negara. Pendapatan mereka dihitung dari bagi hasil sebesar 60%. Sedangkan pasien dengan fasilitas BPJS, gaji dokter gigi juga tidak jauh berbeda.

Dokter Gigi Mandiri Profesional

Ketiga adalah dokter gigi mandiri. Di mana pendapatan mereka selalu disesuaikan, dengan artian penghasilan yang mereka dapat tidak dapat ditentukan secara pasti. Kendati tidak memiliki status yang pasti, dokter mandiri yang sudah terkenal di satu tempat biasanya akan mendapatkan penghasilan yang cukup tinggi. Tak jarang ada di beberapa daerah, dokter gigi mandiri bisa menangani puluhan pasien dalam sehari bahkan tembus seratus lebih. Di mana setiap pasien bisa memberikan biaya pengobatan mencapai 1,5 hingga 3 juta Rupiah.

Inilah yang dimaksud dengan balik modal yang tinggi dalam investasi jangka panjang kedokteran. Menarik bukan? Tidak ada ruginya untuk mengeluarkan banyak uang demi menempuh pendidikan kedokteran. Asalkan berniat sungguh-sungguh dan tulus untuk membantu kesembuhan pasien, kesejahteraan hidup sudah tidak perlu dirisaukan lagi.

Dokter Gigi yang Bertugas di Puskesmas

Selanjutnya, ada dokter gigi puskesmas yang melayani masyarakat umum. Berbeda dengan dokter gigi mandiri, ia merupakan dokter gigi yang menerima gaji tetap sebesar 4 sampai 7 juta perbulan. Dalam praktek di kehidupan nyata, rata-rata dokter gigi yang ada di puskesmas adalah dokter baru yang belum lama melakukan sumpah dokter, atau biasa disebut fresh graduate.

Dokter Gigi di Rumah Sakit Swasta

Terakhir adalah pembahasan gaji dokter gigi yang bekerja di rumah sakit swasta. Secara umum, pihak rumah sakit akan memberi gaji tetap atau gaji pokok, uang duduk, dan jasa medis bagi tenaga kedokteran yang bekerja di tiap unit rumah sakit swasta. Akan tetapi, ada beberapa rumah sakit yang memberikan gaji seperti rumah sakit swasta pada umumnya. Menurut Kementerian Kesehatan (Kemenkes) gaji dokter gigi memiliki kisaran sejumlah 12 juta Rupiah pada dokter umum dan 30 juta Rupiah pada dokter spesialis tiap bulannya.

Baca Juga:  Cara Investasi Saham di Bank BRI, Mudah Untuk Pemula

Berikut adalah jumlah dan rincian gaji seorang dokter gigi yang ada di Indonesia. Di mana profesi seorang dokter merupakan salah satu investasi jangka panjang yang sangat menjanjikan. Jika mampu untuk membiayai pendidikan kedokteran hingga meraih gelar profesional, mengapa tidak dilakukan? Jika anda memiliki keseriusan untuk melanjutkan pendidikan tinggi di bidang kedokteran, ada banyak beasiswa yang menanti bagi siswa yang berprestasi, andakah salah satunya?