Begini Cara Main Saham di  HP yang Mudah 

Cara main saham di hp – harus bisa diketahui oleh para pelaku trading, baik itu pemula atau yang sudah paham terkait saham. Saham adalah salah satu produk pasar modal yang akan meminimalisir risiko agar mendapatkan banyak keuntungan.

Sehingga dapat diistilahkan dalam bermain saham, Anda harus serius karena saham akan memberikan keuntungan bahkan sebaliknya. Main saham tanpa mendapatkan keuntungan, hanya membuang uang, waktu, dan pikiran.

Di bawah ini akan dijelaskan bagaimana cara main saham di hp yang dapat Anda coba untuk mendapatkan keuntungan. Simak informasinya biar paham!

1. Memilih Sekuritas Transaksi Kecil

Cara main saham online yang pertama, Anda harus memilih beberapa perusahaan broker saham atau sekuritas. Biaya dari transaksi setiap perusahaan sekuritas berbeda-beda. 

Pada investasi saham, Anda harus memiliki rekening dana nasabah atau rekening efek yang sering digunakan oleh perusahaan sekuritas. Setelah memiliki rekening, Anda bisa langsung top-up uang ke rekening efek yang berfungsi sebagai e-money. 

Lalu Anda bisa membeli saham yang ingin dibeli secara online melalui e-money tersebut. Sedangkan, yang dimaksud dengan biaya transaksi merupakan biaya penjualan dan pembelian saham. 

Biaya inilah yang akan menjadi sumber penghasilan perusahaan broker yang Anda gunakan. Contohnya saja, ada sekuritas yang menerapkan 0,29 persen untuk penjualan dan biaya 0,19 persen untuk pembelian.

Selain itu, ada 0,20 untuk penjualan, dan 15 persen untuk pembelian. Sehingga semakin kecil biayanya, pasti akan menguntungkan para investor. 

Namun, bukan berarti biaya besar tidak bisa dipilih. Anda bisa menggunakan aplikasi yang lebih bagus dan melakukan pelayanan terhadap nasabah.

Baca Juga:  Catat! Inilah Kiat-Kiat Analisa Dan Prediksi Saham Yang Akan Naik

Jika sudah mengetahui sekuritas mana yang ingin dituju, maka Anda bisa mempersiapkan dokumen untuk belajar indeks atau IDX saham dan membuka rekening.

2. Memilih Saham di Indeks LQ45 atau IDX30

BEI atau Bursa Efek Indonesia merupakan salah satu Indeks saham yang dilihat ukuran statistiknya melalui perubahan gerak harga dari beberapa saham. Dimana saham ini akan dipilih berdasarkan kriteria yang sudah ditentukan. 

Ada 35 indeks saham yang sudah terdaftar di BEI, sehingga Anda tidak perlu bingung memilih saham yang tergabung dalam indeks LQ45 dan IDX30.

Saham yang ada di indeks ini memiliki likuiditas yang tinggi dan fundamental sehingga perusahaannya dinilai sangat baik. Saham ini dikenal dengan saham blue chip

3. Membeli Saham Consumer Goods atau Perbankan

Cara main saham selanjutnya adalah dengan membeli saham dari consumer goods atau perbankan. Jika Anda sudah membaca saham yang ada di indeks IDX30 dan LQ45, pasti sudah tahu hal ini.

Dengan belajar saham, dari perusahaan consumer good atau perbankan menjadi pilihan tepat. Hal ini karena produk-produknya sudah banyak digunakan oleh masyarakat, jadi secara otomatis dapat menghasilkan laba yang signifikan setiap tahunnya.

Walaupun saat Anda membeli saham dengan harga turun, namun lama-kelamaan akan normal kembali. Kecuali apabila Indonesia mengalami yang namanya krisis ekonomi. 

4. Tentukan Ingin Jadi Trader atau Investor

Cara main saham ketiga, Anda dapat menentukan ingin menjadi seorang trader atau investor. Umumnya, trader memiliki sifat untuk mencari keuntungan dari selisih harga jual yang dikurangi dengan harga beli dalam waktu singkat.

Sementara itu, apabila ingin menjadi investor, maka Anda harus menyimpan saham dalam waktu lama sehingga keuntungannya bisa didapat di kemudian hari. Namun, tidak sedikit orang mengalami kerugian karena labil dalam menentukan pilihan.

Bagi Anda ingin mengetahui cara melihat karakteristik diri sendiri saat menanam saham maka bisa dilihat dari aplikasi investasi terpercaya dari broker atau bank. Jadi Anda lebih tahu tipe seperti apa yang ada didalam diri. 

Baca Juga:  4 Cara Investasi Saham Luar Negeri yang Termudah dan Tercepat

5. Diversifikasi Saham

Diversifikasi saham adalah sebuah teknik yang digunakan untuk mengurangi risiko terjadinya kerugian dengan cara membeli saham di sektor yang berbeda-beda misalnya saka  consumer goods, perbankan, dan properti,.

Cara main saham ini berguna untuk mengantisipasi apabila sewaktu-waktu harga dari salah satu saham menjadi turun akibat suatu hal. Namun, kerugiannya bisa Anda tutupi dari saham lain yang biasanya bergerak di industri berbeda.

6. Memilih Saham yang Fundamentalnya Baik

Anda juga harus memilih saham yang memiliki fundamental keuangannya selain saham LQ45 atau IDX30. Selain itu, lihat juga bagaimana portofolionya, rekam jejak usahanya serta keadaan keuangannya apakah baik atau tidak. 

Hal ini bertujuan untuk menekan angka kerugian dan menghasilkan uang yang besar di masa yang akan mendatang.  Dengan lebih memperhatikan keadaan fundamental dari sebuah perusahaan tersebut merupakan salah satu cara untuk bermain saham bagi para pemula yang paling mendasar.

Keuntungan Main Saham di HP

Di bawah ini ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan jika Anda bermain saham.

1. Pendapatan Dividen

Dividen ini adalah istilah dari saham dasar yang digunakan untuk pembagian laba kepada para pemegang saham sesuai dari seberapa besar saham yang dimiliki. Pembagian inilah dapat mengurangi laba dan kas yang sudah tersedia bagi perusahaan, nalun keuntungannya harus didistribusikan kepada para pemilik ataupun investor. 

Jadi semakin banyak Anda mempunyai nilai saham maka akan semakin banyak pula pendapatan dividen yang akan didapatkan setiap tahunnya.

Pendapatan dividen ini mempunyai banyak sekali kegunaan yaitu untuk biaya investasi lain dan dana pensiun yang ingin dilakukan.

2. Diversifikasi

Diversifikasi adalah salah satu yang digunakan untuk mengurangi terjadinya risiko dengan mengelola dana ke beberapa instrumen industri, keuangan, dan kategori lainnya. Investasi dari pasar saham ini akan mengubah nilai secara independen dari jenis investasi lain seperti obligasi dan saham.

Baca Juga:  Begini Cara Menghitung Harga Wajar Saham, Bisa Tahu Murah Atau Mahal

Selain itu, terdapat diversifikasi saham yang akan membantu Anda dalam mengatasi kerugian akibat adanya produk investasi lain. Keunggulan lain yang ada pada diversifikasi investasi saham yaitu menambah risiko di sebuah portofolio yang memberikan potensi keuntungan lebih cepat dan besar.

3. Kepemilikan Perusahaan

Dengan membeli sebuah saham, berarti Anda juga mempunyai sebuah perusahaan. Jadi miliki, maka semakin besar pula peran Anda untuk memberikan keputusan pada perusahaan tersebut.

Dengan mempunyai saham di tempat Anda bekerja juga dapat memberikan keuntungan tambahan. Contohnya saja, sebagai salah satu bukti bahwasannya Anda setia dengan perusahaan dan turut mendukung kesuksesan dari bisnis secara keseluruhan.

4. Transparansi

Pasar saham ini dapat dijadikan sebagai bagian dari ekonomi global yang mempunyai sistem kerja transparan agar memenuhi kebutuhan semua orang.  Baik itu dari investor ataupun bukan dalam hal penetapan dan penilaian harga.

Transparansi ini juga bisa memberikan rasa aman bagi para investor. Hal ini karena dana yang diinvestasikan tidak akan habis secara sia-sia akibat masalah internal perusahaan.

Itu saja informasi terkait cara main saham di hp bagi pemula yang dapat dicoba dan akses. Selain sebagai alternatif kursus untuk belajar saham terbaik. Pada pemula, tidak perlu malu untuk belajar saham dari file PDF yang ada di internet.