Yang Perlu Di Perhatikan Dalam Surat Lamaran Kerja

Surat Lamaran Kerja – Bagi Anda yang ingin mendapatkan pekerjaan, tentunya akan ada serangkaian proses penyeleksian terlebih dahulu dari perusahaan atau instansi terkait. Proses penyeleksiannya akan dimulai namun sebelumnya ada proses yang lebih awal yakni mengirimkan surat lamaran kerja. Proses awal ini sangat penting untuk menentukan lanjutan dari lamaran kerja Anda, apakah nantinya diterima atau tidaknya di perusahaan.

Selain itu, kelengkapan berkas juga yang dijadikan poin penting oleh HRD untuk menilai, apakah Anda layak menjadi kandidat di perusahaan yang Anda lamar. Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat surat untuk melamar kerja supaya menarik HRD untuk memilih Anda bekerja di perusahaan tersebut:

1. Gunakanlah paragraf pembuka dan juga penutup yang baik

Ketika Anda ingin membuat surat lamaran kerja, pastikan menggunakan paragraf untuk pembuka dan penutup surat dengan bahasa yang baik dan benar. Hal ini sangat penting untuk dilakukan, karena paragraf pembukalah yang bisa menentukan maksud dan tujuan surat yang sudah dibuat dan paragraf penutup menjadi bagian penting dalam memberikan sebuah kesan dari surat yang dibuat.

Supaya Anda bisa membuat kalimat paragraf pembukaan dan juga penutup yang baik, maka gunakan bahasa yang lugas, jelas, dan tidak bertele-tele. Selain itu, buatlah paragraf yang sifatnya persuasif supaya menarik perhatian HRD dari yang Anda sampaikan pada surat yang telah dibuat. Sehingga, HRD bisa memahami maksud Anda pada surat yang Anda kirimkan dengan harapan potensi untuk dipanggil perusahaan semakin besar.

Baca Juga:  Besaran Gaji UMR Pohuwato

2. Surat ditujukan dengan jelas

Di bagian kepala surat, Anda harus menuliskan dengan jelas di dalam surat kepada siapa lamaran ditujukan. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan, karena jika terjadi kesalahan di bagian kepala surat bisa membuat HRD menjadi bimbang dan tidak yakin terhadap surat yang Anda kirim.

Selanjutnya, surat lamaran ditujukan dengan jelas seperti mencantumkan sebuah nama, jabatan, gelar, dan juga alamat perusahaan apabila dibutuhkan. Meskipun terlihat sepele, sering kali para pelamar tidak memperhatikan dengan teliti sehingga surat diabaikan begitu saja oleh HRD.

3. Tulislah informasi secara singkat dan jelas

Pada surat lamaran untuk kerja, biasanya diperlukan informasi yang berkaitan dengan Anda. Hal ini juga perlu diperhatikan dalam surat untuk menyampaikan informasi tentang Anda disertai dengan CV. Tulislah informasi berkaitan dengan data diri ataupun pengalaman Anda secara singkat dan jelas, serta mudah dibaca oleh HRD. Selain itu, Anda bisa melampirkan CV dengan informasi yang jauh lebih lengkap dan enak dibaca oleh HRD dan akhirnya memanggil Anda untuk mengikuti tahap seleksi selanjutnya.

4. Pastikan surat lamaran Anda bersih

Saat Anda hendak menyerahkan surat lamaran, pastikan terlebih dahulu bahwa surat lamaran Anda bersih dari noda atau kotoran yang menempel di kertas surat. Karena, apabila surat lamaran yang Anda serahkan berupa tulisan tangan, maka Anda perlu memastikan tulisan Anda mudah untuk dibaca dan bersih dari coretan ataupun perbaikan sedikit dari surat lamaran tersebut. Supaya lebih mudah, maka ada baiknya membuat surat lamaran berupa ketikan dari dekstop yang bisa menghasilkan tulisan yang lebih rapi dan juga enak untuk dibaca. Sehingga, pihak HRD akan mudah membaca surat lamaran Anda dengan jelas.

5. Sampaikanlah antusias Anda untuk bekerja

Selanjutnya, cantumkan beberapa paragraf yang singkat dengan bahasa yang baik mengenai antusias Anda ingin bekerja di perusahaan tersebut. Anda bisa menguraikan sedikit rasa antusias untuk bekerja di perusahaan di bagian terakhir paragraf penutup. Gunakanlah bahasa yang singkat dan juga tidak terkesan berlebihan supaya HRD tertarik dengan surat yang Anda berikan.

Baca Juga:  Besaran Gaji UMR Buton Utara

6. Berikanlah tanda tangan pada surat lamaran kerja

Hal penting lainnya adalah tanda tangan untuk surat lamaran pekerjaan, jangan lupa untuk memberikan tanda tangan di bagian bawah surat sebagai suatu bukti atau tanda bahwa Anda sendiri merupakan pihak yang berkaitan langsung dalam pengiriman surat lamaran pekerjaan tersebut. Selain itu, sebuah tanda tangan juga bisa menjadi salah satu cara HRD dalam menilai kepribadian pelamar dengan cara melihat tanda tangan tersebut. Karenanya, buatlah tanda tangan yang serapi mungkin supaya bisa menampilkan kesan yang rapi dan baik di hadapan HRD.

Berbagai macam hal di atas penting untuk Anda perhatikan dalam membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar. Anda perlu melengkapi data diri Anda, mulai dari nama, tempat tinggal, tanggal lahir, no hp, email, dan masih banyak lagi. Data tersebut nantinya digunakan pihak HRD untuk menyeleksi lamaran yang Anda ajukan.

Beberapa hal penting lainnya, seperti menjelaskan tentang diri Anda dengan bahasa yang singkat, jelas, dan padat. Pihak HRD biasanya menyukai kalimat surat yang singkat namun menarik perhatian, sehingga Anda tidak perlu bertele-tele menyampaikan maksud dari surat lamaran Anda. Selain itu, Anda perlu menunjukkan pendidikan terakhir dan juga beberapa pelatihan ataupun seminar terkait dengan posisi yang dibutuhkan untuk memberikan kesan HRD untuk menerima Anda bekerja. Apalagi pendidikan terakhir juga menjadi penilaian tersendiri bagi HRD dengan melihat lembaga pendidikan yang Anda ambil selama ini.

Jika lembaga tempat Anda mengenyam pendidikan itu bagus, Anda akan mudah mendapat perhatian khusus dari HRD mengenai kelayakan dalam bekerja di perusahaan tersebut ataupun tidak. Selanjutnya, jangan lupa untuk menuliskan pengalaman Anda bekerja sebelum melamar di perusahaan atau instansi tersebut. Jika sejauh ini Anda sudah bekerja di posisi yang sama dengan posisi lamaran saat ini, kemungkinan besar Anda bisa mendapatkan kesempatan untuk bekerja di posisi yang sama juga. Hal ini bisa menjadi pertimbangan bagi para pemilik usaha untuk memperkerjakan orang untuk menilai sejauh mana pengalaman kerja Anda sebelumnya.

Baca Juga:  Hal – Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Membuat Surat Lamaran Kerja

Selanjutnya, Anda bisa menambahkan informasi skill Anda, prestasi dan juga keahlian yang Anda miliki. Tentunya, para pihak perusahaan untuk mendahulukan mereka yang punya skil tambahan atau keahlian dibidangnya. Dengan menambahkan skill tersebut, Anda telah memberikan informasi mengenai diri Anda yang multitalenta dan sangat bisa diandalkan di berbagai hal terkait pekerjaan ataupun lainnya. Jika semuanya sudah dilaksanakan dengan baik, kemungkinan peluang agar bisa diterima menjadi semakin meningkat.

Anda bisa mulai belajar untuk membuat surat lamaran pekerjaan dari sekarang dengan menggunakan kata-kata yang sopan dan mudah dimengerti. Sehingga, tidak ada alasan lagi perusahaan menolak lamaran kerja Anda. Masing-masing perusahaan biasanya mempunyai syarat dan ketentuan yang wajib Anda ikuti. Beberapa perusahaan besar sangat jeli dalam menilai berkas lamaran yang diajukan pelamar, salah satunya surat lamaran pekerjaan. Dengan begitu, Anda harus membuat surat lamarannya sebagus mungkin agar mudah mendapatkan pekerjaan sesuai dengan posisi yang Anda inginkan.

Itulah tadi beberapa hal-hal yang perlu diperhatikan dalam melamar pekerjaan terutama dalam pembuatan surat lamaran pekerjaan. Semakin menarik surat lamaran yang Anda buat, semakin mudah untuk mendapatkan pekerjaan di perusahaan mana pun. Semoga penjelasan di atas dapat bermanfaat untuk Anda dalam membuat surat lamaran pekerjaan.

Artikel Terkait