Cara Investasi Emas di Shopee, Gampang!

Cara Investasi Emas di Shopee – Investasi di era sekarang ini tengah naik daun dan seolah menjadi gaya hidup baru kalangan millenial. Emas kini menjadi salah satu investasi yang cukup banyak dilirik sebab minim resiko dan harganya yang cenderung naik setiap tahunnya.

Sekarang ini, banyak sekali platform yang menyediakan investasi emas secara online, salah satunya adalah Shopee. Lantas bagaimana cara investasi emas di Shopee? Berikut ulasannya!

Cara Investasi Emas di Shopee

Banyak orang yang menganggap jika investasi memerlukan dana yang besar untuk memulainya. Padahal, hanya mulai Rp 500 saja Anda dapat memulai investasi emas. Diera digital seperti sekarang ini menawarkan beragam kemudahan bagi Anda untuk berinvestasi. Salah satunya yakni investasi melalui aplikasi Shopee.

Mungkin Anda masih belum terlalu familiar dengan fitur Shopee yang satu ini, Shopee kini memilki fitur untuk investasi yang dapat digunakan oleh semua penggunanya.

Shopee yang dulunya dikenal sebagai sebuah aplikasi belanja, kini Shopee dapat digunakan untuk berinvestasi emas. Shopee mengklaim jika telah bekerja sama dengan PT. Pegadaian (Persero) yang memang Pegadaian sudah lama mengeluarkan tabungan emas bagi siapapun yang ingin berinvestasi emas. 

Cara investasi emas di aplikasi Shopee pun juga terbilang cukup mudah. Anda dapat mengaksesnya secara online melalui ponsel milik Anda. Namun Anda juga perlu mengetahui cara investasi emas secara digital di Shopee. Berikut cara investasi emas di Shopee!

  • Ketahui dan Penuhi Syaratnya

Langkah pertama yang harus Anda perhatikan dan lakukan adalah mengetahui dan memenuhi syarat yang ada. Berikut adalah syarat yang harus dipenuhi nasabah atau calon investor jika ingin membuka investasi emas di Shopee:

  • Investasi minimal sejumlah Rp.500. Nantinya, nasabah dapat membeli emas mulai Rp5.000.
  • Nasabah dapat melakukan transfer emas ke sesama pengguna Shopee dengan minimal 0,01 gram dan maksimal 100 gram emas. 
  • Nasabah wajib untuk memiliki saldo yang tidak dapat ditarik (saldo mengendap) minimal sejumlah 0,05 gram. 
  • Nasabah akan mendapatkan buku setelah nasabah ke cabang Pegadaian yang telah didaftarkan.
Baca Juga:  Sangat Fantastis! Ternyata Segini Gaji Shopee Perbulannya

Langkah Membuka Investasi Emas Shopee

Cara investasi emas di Shopee berikutnya adalah calon nasabah investasi emas Shopee perlu untuk melakukan langkah-langkah berikut untuk mendapatkan layanan investasi emas dari Shopee.

Namun sebelum itu, penting bagi Anda untuk menginstall aplikasi Shopee terlebih dahulu jika belum memilikinya. Buatlah akun terlebih dahulu, lalu setelah itu Anda dapat mengikuti cara-cara dibawah ini:

  • Kunjungi opsi situs tabungan emas di aplikasi Shopee. Opsi ini bisa diperoleh dari menu ‘Pulsa, Tagihan, & Hiburan”. 
  • Klik saja menu beli.
  • Tentukan jumlah investasi Anda berupa berat atau mengetikkan harga emas yang akan dibeli. Satuannya dalam gram atau rupiah. Jika Anda membeli dalam gram, minimalnya adalah 0,0006 gram. Jika Anda membeli dalam rupiah minimalnya adalah Rp500. 
  • Pengguna aplikasi Shopee wajib melengkapi data agar proses verifikasi KTP bisa dilakukan. 
  • Pada tahap pendaftaran yang terakhir, nasabah diminta untuk melakukan proses pembayaran. 
  • Jika proses pembayaran telah selesai dan sukses, maka secara otomatis emas yang sudah Anda dibeli akan tertulis dalam fitur tabungan emas Shopee pada akun pengguna. Berat emas yang akan Anda diterima disesuaikan dengan harga emas saat transaksi. 
  • Nasabah akan diberikan waktu sekitar enam bulan terhitung dari pembukaan rekening investasi emas Shopee untuk melakukan registrasi ke Pegadaian cabang terdekat. 

Cara Menjual Emas Investasi Shopee

Pada akhirnya, investasi emas di Shopee akan membuat investor akan menjualnya. Sama seperti prinsip pada trading, nantinya aset yang dimiliki dapat dijual saat harga tertentu. Jika Anda menginginkan keuntungan, maka Anda harus menjual aset Anda saat harga telah naik. Caranya terbilang cukup mudah, yakni :

  • Pilih menu opsi  ‘Jual’. 
  • Tentukan juga jumlah yang berupa berat ataupun harga emas yang nantinya akan Anda jual. Opsi satuannya dapat dalam gram maupun rupiah.
  • Isi saja nama dan nomor rekening Bank yang Anda miliki. Pastikan juga nama pemilik rekening sama dengan nama yang telah terdaftar dalam program tabungan emas Shopee. Sebagai informasi, penjualan emas ini hanya dapat dilayani dengan jenis rekening BCA, Mandiri, BNI, ataupun BRI.
  • Jika proses telah selesai, maka nominal uang yang sesuai dengan berat ataupun harga yang Anda jual akan masuk ke dalam rekening Anda.
Baca Juga:  5 Ide Jualan Online Paling Laris 2022 Yang Diminati Warga +62

Kemudahan dan Keuntungan yang Ditawarkan dari Investasi Shopee

Banyak sekali kemudahan dan keuntungan yang akan ditawarkan jika Anda memilih investasi emas di Shopee. Pada tahun pertama nantinya nasabah atau investor akan dibebaskan dari biaya penyimpanan. Namun setelah itu, nantinya setiap nasabah harus membayar sekitar Rp.30.000 setiap tahunnya untuk biaya penyimpanan. Hal ini lantaran seluruh tabungan emas yang dimiliki nasabah akan disimpan menjadi emas fisik di Pegadaian.

Ada beberapa keuntungan yang akan didapatkan nasabah jika berinvestasi emas di Shopee, diantaranya yakni:

  • Emas atau logam mulia merupakan sebuah aset yang likuid. Jika Anda memiliki emas dan membutuhkan dana instan, maka emas juga bisa dijual di pasaran dengan cara yang cukup mudah. Anda dapat menjualnya kembali ke toko emas terpercaya di kota Anda. Namun tetap perlu diingat, jika harga pembelian kembali alias buyback (harga yang Anda dapatkan saat menjual emas kepada pihak lain) akan lebih rendah dari harga jual emas Antam di hari yang sama. 
  • Harga emas setiap harinya cenderung stabil, namun terkadang juga naik dari tahun ke tahun. Menurut statistik, harga emas sebagai logam mulia cenderung naik dari waktu ke waktu. Dan Anda tak perlu khawatir sebab belum ada sejarah harga emas menunjukkan penurunan secara konstan dalam waktu yang cukup lama. 
  • Emas akan mudah disimpan daripada uang tunai. Jika Anda mempunyai emas batangan, penyimpanannya pun juga lebih mudah ketimbang uang tunai.

Sebelum Anda memulai berinvestasi emas, perlu untuk Anda ketahui terlebih dahulu profil risiko yang Anda miliki untuk mengetahui profil investasi seperti apa yang cocok dengan kepribadian Anda. Selain itu, Anda juga dapat mengetahui produk investasi apa yang cocok dan sesuai untuk kebutuhan Anda.

Baca Juga:  7 Peluang Usaha Online Dengan Hasil Ratusan Juta Bahkan Milyaran Rupiah

Itulah cara investasi emas di Shopee yang dapat Anda lakukan. Investasi emas di Shopee dapat menjadi salah satu alternatif dan pilihan terbaik untuk Anda yang ingin investasi namun minim risiko dan mudah. Bagi Anda yang merupakan investor pemula, investasi jenis ini adalah pilihan yang tepat bagi Anda. 

Kunci keberhasilan dari investasi ini sendiri adalah konsisten. Bagi Anda yang menginginkan investasi jangka panjang, investasi ini juga cocok untuk Anda. Anda akan merasakan keuntungan yang signifikan dari investasi ini 5-10 tahun. Karena itulah investasi ini cocok bagi Anda yang menyiapkan dana masa depan ataupun dana pensiun.

 

 

Artikel Terkait