Apa itu Dana dan Bagaimana Cara Investasi Emas di Dana?

Cara Investasi Emas di Dana – Investasi emas adalah investasi yang sering dilakukan sejak dulu. Investasi jenis ini banyak diminati karena cara untuk melakukan investasinya yang tergolong mudah untuk dilakukan disbanding investasi lainnya.

Selain itu, harga emas yang cenderung selalu naik membuat masyarakat semakin yakin untuk melakukan investasi emas.

Tak hanya sampai di situ saja, rekening tabungan emas mulai banyak diminati dan hal ini semakin memudahkan masyarakat untuk berinvestasi karena tidak perlu membeli emas fisiknya sehingga investasi emas akan semakin aman untuk dilakukan.

Tahukah Anda jika sekarang Anda juga bisa melakukannya di Dana? Cara investasi emas di Dana juga dijamin tidak akan membuat Anda bingung apalagi jika Anda adalah pengguna setia Dana sejak dulu. 

Akan tetapi, bagi Anda yang belum mengenal apa itu Dana, ada baiknya jika Anda menyimak tentang Dana lebih dalam lagi agar Anda lebih percaya untuk berinvestasi di Dana dan nantinya Anda juga akan menyimak tentang cara investasi emas di Dana. 

Apa itu Dana?

Dana adalah aplikasi dompet digital yang memudahkan masyarakat untuk melakukan transaksi secara non tunai.

Anda bisa membayar apapun dengan menggunakan Dana, mulai dari pembayaran listrik hingga pengisian ulang pulsa dan kuota internet tanpa perlu pergi ke minimarket atau counter terdekat karena Dana dapat melakukannya dengan sangat cepat sehingga Anda tidak perlu lagi repot bepergian atau mengantri.

Baca Juga:  Begini Tips Dan Cara Menabung Saham Di BRI Bagi Pemula

Dana bahkan sering memberikan voucher yang digunakan untuk mendapatkan diskon bagi beberapa transaksi. Hal ini tentu membuat transaksi Anda menjadi lebih praktis, cepat, aman dan nyaman. 

Bagi Anda yang belum memiliki aplikasinya, Anda bisa menginstalnya di Play Store lalu melakukan registrasi agar akun Dana Anda dapat digunakan. Setelah itu, Anda bisa mengisi ulang saldo Anda dengan berbagai cara seperti transfer bank atau mengisinya ke Indomaret dan Alfamart terdekat. 

Tips Investasi Emas yang Tepat menurut Dana

Dana sebagai dompet digital yang memberikan layanan untuk investasi emas juga memberikan beberapa tips kepada para investor yang berminat untuk melakukan investasi emas terutama bagi pemula. Berikut ini adalah tips investasi emas yang tepat menurut Dana:

1. Tentukan Tujuan dan Buat Perencanaan

Sebelum mengambil langkah untuk menginvestasikan uang yang Anda miliki untuk investasi emas, Anda harus memiliki tujuan investasi terlebih dahulu. Contoh tujuan investasi adalah investasi untuk pernikahan atau untuk pendidikan anak di masa depan.

Bisa juga investasi emas tersebut digunakan untuk dana travelling seperti yang Anda impikan. Tujuan investasi tersebut akan Anda jadikan perencanaan yang membuat investasi emas Anda lebih terarah dan Anda akan mengetahui kapan persisnya investasi emas tersebut akan Anda akhiri dengan waktu yang tepat.

2. Gunakan “Uang Dingin”

Uang dingin yang dimaksud di sini bukan uang yang memiliki suhu rendah sehingga jika dipegang akan terasa dingin. Yang dimaksud dengan uang dingin adalah uang yang tidak Anda gunakan dalam waktu dekat.

Dalam artian, uang tersebut adalah uang tabungan Anda yang memang Anda simpan untuk keperluan jangka panjang.

Jika Anda sudah memiliki ‘uang dingin’ dan menggunakan uang tersebut untuk berinvestasi, hal tersebut akan memudahkan Anda untuk melakukan investasi sesuai waktu yang ditentukan berdasarkan tujuan yang Anda buat sebelumnya  karena jika Anda menggunakan uang yang bukan tabungan, ada kemungkinan bahwa uang tersebut akan Anda gunakan dalam waktu dekat dan hal itu membuat proses investasi yang Anda lakukan tidak berlangsung dengan maksimal.

Baca Juga:  Fantastis, Intip Besaran Gaji Notaris

3. Perhatikan Waktu yang Tepat

Saat melakukan investasi emas, memperhatikan waktu yang tepat adalah hal yang harus Anda lakukan terutama saat hendak membeli atau menjual emas yang Anda miliki.

Anda harus terus memantau harga emas di pasaran karena harga emas akan berubah-ubah meski kemungkinan untuk mengalami penurunan adalah hal yang jarang terjadi tapi tetap saja ada baiknya jika Anda selalu memantau.

Pemantauan ini berguna agar Anda tidak menjual emas yang Anda miliki dengan harga yang malah merugikan Anda sendiri. Jadi, pastikan Anda membeli dan menjual emas Anda pada waktu yang tepat.

4. Pilih Jenis Emas yang Sesuai

Jenis emas ada yang berupa logam mulia namun ada pula yang sudah berbentuk perhiasan. Dalam hal investasi, emas yang baik digunakan adalah emas berupa logam mulia karena harga jualnya cenderung lebih mahal disbanding harga jual emas yang sudah berbentuk perhiasan.

5. Pastikan Membeli di Tempat yang Tepat

Mengingat saat ini banyak sekali penipuan, Anda harus lebih berhati-hati. Memilih tempat yang tepat untuk berinvestasi terutama investasi emas adalah hal yang wajib Anda lakukan.

Tempat yang sudah banyak direkomendasikan oleh orang-orang dan sudah memiliki izin resmi adalah tempat yang dapat Anda percaya. Salah satunya adalah Dana.

Cara Investasi Emas di Dana

Aplikasi Dana sendiri memiliki berbagai macam fitur untuk memudahkan masyarakat dalam bertransaksi termasuk untuk melakukan investasi emas. Fitur khusus untuk investasi emas di Dana dinamakan fitur DANA eMAS. Cara investasi emas di Dana melalui fitur ini tergolong mudah. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Instal Aplikasi Dana

Bagi Anda yang belum memiliki aplikasi dompet digital yang satu ini, silakan instal terlebih dahulu di Play Store lalu lakukan registrasi sebelum mulai bertransaksi.

Baca Juga:  Keuntungan Investasi di Bibit yang Harus Diketahui!

2. Upgrade ke Akun Premium

Untuk bisa melakukan investasi emas di Dana, Anda harus upgrade ke akun premium Dana. Caranya juga sangat gampang, Anda hanya memerlukan Kartu Tanda Penduduk atau KTP dan foto diri. Lalu menunggu akun terverifikasi. 

3. Top Up Saldo

Anda harus memiliki saldo terlebih dahulu sebelum melakukan investasi. Caranya, klik “Top Up” lalu pilih metode pembayaran yang tersedia dan ikuti petunjuknya. Isi saldo Dana Anda sesuai dengan kebutuhan Anda.

4. Klik “eMAS”

Jika saldo Anda sudah masuk, lihatlah jejeran fitur yang tersedia pada “Semua Layanan”. Salah satunya adalah fitur “eMAS”, lalu klik fitur tersebut.

5. Klik “Beli Emas”

Selanjutnya, Anda tinggal klik “Beli Emas” untuk mulai berinvestasi. Silakan masukkan jumlah emas yang ingin Anda beli.

6. Konfirmasi

Langkah terakhir adalah klik “Konfirmasi” dan transaksi investasi emas pun selesai. 

Demikian penjelasan mengenai aplikasi dompet digital Dana yang kini memudahkan para investor seperti Anda dalam melakukan investasi emas beserta cara investasi emas di Dana.

Bagi pengguna baru Dana, Anda tidak perlu khawatir dalam menggunakan aplikasi tersebut karena Dana sudah memiliki keamanan yang membuat para pengguna nyaman sehingga sudah banyak menarik minat para pengguna dompet digital di manapun mereka berada.

Cara menggunakan berbagai fitur di aplikasi ini juga tergolong mudah dan cepat sehingga Anda tidak perlu khawatir akan mengunggu lama atau kesulitan saat hendak melakukan transaksi di aplikasi ini. Jadi, tunggu apa lagi? Mari berinvestasi di Dana untuk mendapatkan cara investasi yang lebih cepat, aman dan mudah. 

 

Artikel Terkait