Cara Investasi Emas Antam Bagi Pemula, Ternyata Simple!

Cara Investasi Emas Antam – Banyak orang yang kini mulai melirik investasi untuk mempersiapkan masa depan ataupun untuk tujuan lainnya, salah satunya yakni investasi emas antam.

Bagi pemula tentunya kerap timbul pertanyaan mengenai bagaimana cara investasi emas antam bagi pemula? Ternyata investasi emas antam cukup mudah lho! Penasaran bagaimana caranya? Berikut ulasannya!

Pahami Mengenai Investasi Emas Antam

Sebelum anda mencari tahu mengenai cara investasi emas antam untuk pemula, maka penting untuk memahami mengenai keuntungan maupun kekurangan dari investasi emas antam itu sendiri. Banyak sekali keuntungan yang akan anda dapatkan saat berinvestasi emas antam.

Salah satunya yakni harga emas antam yang semakin naik di setiap tahunnya. Tentunya ini akan menjadi keuntungan tersendiri dan sesuai dengan tujuan anda untuk berinvestasi.

Selain harga yang cenderung naik, terdapat keuntungan lain yakni investasi emas cenderung minim risiko. Investasi emas tidak sama dengan investasi lainnya seperti saham dan sebagainya. Sehingga emas dapat dikatakan lebih aman dibandingkan jenis investasi lainnya. Emas antam juga sangat mudah dicairkan sewaktu-waktu untuk keperluan mendesak.

Namun diantara keuntungan tersebut, terdapat kekurangannya. Yakni investasi emas jika tidak berhati-hati maka riskan mengalami kehilangan. Tetapi kekurangan tersebut bukanlah suatu masalah jika anda benar dalam menyimpannya.

Tentukan Tujuan Investasi Emas

Sebelum berinvestasi, alangkah lebih baiknya jika anda menentukan tujuan anda berinvestasi. Jika anda berinvestasi dengan tujuan untuk tabungan atau persiapan dana untuk masa depan maka investasi emas adalah keputusan yang tepat.

Baca Juga:  Cara Investasi di Reksadana, Investasi Aman Untuk Pemula

Anda dapat menjadikan investasi emas untuk tujuan pendanaan hari tua, biaya pendidikan anak dan kebutuhan jangka panjang lainnya.

Pantau Perkembangan Harga Emas

Cara berikutnya yang dapat anda lakukan adalah memantau perkembangan emas secara berkala. Ini cukup penting untuk anda lakukan sebab jika harga emas turun adalah kesempatan anda untuk membeli, jika harga naik maka kesempatan bagi anda untuk menjualnya. Namun semuanya tetap tergantung dengan pilihan anda.

Cara untuk memantaunya pun juga cukup mudah, hal ini karena banyak sekali situs di internet yang menyediakan informasi perkembangan harga emas. Tak hanya melalui situs internet, anda juga dapat menginstall aplikasi untuk memudahkan anda memantau harga emas.

Belilah Emas Di Tempat Terpercaya

Salah satu hal yang sangat penting anda perhatikan adalah membeli emas di tempat terpercaya. Ada banyak tempat yang menyediakan pembelian emas, maka penting untuk mencari tempat terpercaya. Biasanya tempat yang resmi menyediakan sertifikat. Membeli emas tidak dapat sembarangan sebab emas sangat riskan untuk dipalsukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Anda dapat membeli emas terpercaya di PT. Antam. Bahkan anda juga dapat menabung emas dengan cara mencicil di PT. Pegadaian. Keduanya terpercaya sebab perusahaan milik negara.

Carilah Tempat Penyimpanan Emas Yang Aman

Selanjutnya dari cara investasi emas antam adalah mencari tempat yang aman untuk menyimpan emas antam. Salah satu tempat aman yang dapat anda lakukan adalah menyimpan emas menggunakan brankas di rumah.

Namun jika masih merasa ragu dengan menggunakan brankas, maka anda dapat menggunakan SDB atau Safe Deposit Box yang sudah banyak pihak bank tawarkan. 

Ada konsekuensi jika anda memilih untuk menggunakan SDB, yakni adanya biaya tambahan yang harus anda bayar. Namun harga relatif tergantung dengan kebijakan masing- masing bank.

Baca Juga:  Apa Pengertian Investasi Properti Dan Bagaimana Cara Memulainya

Fokuslah Pada Masa Depan

Cara berikutnya yang harus anda lakukan adalah fokus terhadap masa depan. Anda harus paham jika investasi emas adalah jenis investasi jangka panjang yakni sekitar 10 hingga 15 tahun di masa mendatang. Saat anda berinvestasi emas, anda harus sabar untuk melihat hasilnya.

Tujuan investasi memanglah untuk mempersiapkan dana di masa depan, bukan layaknya jual beli yang memang bertujuan mencari keuntungan. Anda harus fokus untuk berinvestasi sekarang untuk mendapatkan hasil yang baik di masa mendatang. Bagaimana? Tertarik mulai investasi sekarang juga?

Pahami Teknik Investasi Emas Antam

Langkah terakhir yang dapat anda lakukan adalah memahami teknik investasi emas antam. Ini merupakan langkah yang cukup penting agar anda mendapatkan hasil investasi yang memuaskan. Lalu bagaimana teknik investasi emas yang benar? Berikut ulasannya.

1. Gunakan Teknik Investasi Klasik

Cara investasi emas antam yang pertama adalah dengan menggunakan investasi klasik. Maksud dari teknik ini adalah membeli emas di saat harga murah dan menjualnya saat harga naik saat selisihnya cukup banyak.

Teknik ini sudah sering digunakan oleh orang zaman dahulu dan terbukti. Dengan menggunakan teknik ini anda dapat menjadikan emas sebagai investasi jangka panjang yang sangat menguntungkan.

2. Gunakan Teknik Menabung Emas

Teknik berikutnya yang dapat anda lakukan adalah teknik menabung emas. Cara ini berguna bagi anda yang tak memiliki modal lebih saat berinvestasi emas. Misalnya anda menyisihkan gaji anda setiap bulannya untuk menabung 1 gram emas. Tabungan emas anda dapat digunakan untuk mempersiapkan keperluan jangka panjang. 

Kini anda juga dapat memanfaatkan tabungan emas yang disediakan oleh Pegadaian. Mulai dari Rp 6 Ribu saja. Menarik bukan?

Baca Juga:  Cara Investasi Saham Untuk Pemula Sebagai Aset Jangka Panjang

3. Investasi Emas Dijadikan Modal Usaha

Salah satu teknik selanjutnya adalah mempergunakan emas untuk diinvestasikan menjadi modal usaha atau bisnis. Untuk menjalankan investasi emas menggunakan teknik ini, maka yang harus anda pahami adalah jika usaha yang anda jalankan mengalami bangkrut maka emas anda akan berkurang nilainya atau mungkin hilang. Namun jika usaha anda berhasil maka bukan suatu ketidakmungkinan jika nilai emas anda akan meningkat.

4. Teknik Kebun Emas

Teknik yang satu ini pernah populer pada tahun 2010-an. Namun teknik yang satu ini mulai ditinggalkan lantaran dirasa tidak cocok digunakan lagi. Sebab menggunakan pegadaian jika dihitung akan memerlukan biaya yang cukup tinggi. Dan terlebih lagi jika emas mengalami penurunan yang signifikan seperti pada tahun 2013.

5. Teknik Forex Trading

Jika anda menyukai risiko, maka teknik yang satu ini cocok untuk anda. Pasalnya emas yang sudah anda kumpulkan akan dijadikan modal usaha untuk digadaikan sebagai modal trading.

Namun bagi anda yang tidak menyukai risiko tinggi maka tidak disarankan menggunakan teknik ini lantaran teknik ini memiliki risiko yang cukup besar. Bagi anda yang pemula maka lebih baik untuk menggunakan teknik lainnya.

Berinvestasi emas memanglah menguntungkan, sebab harga emas semakin tahun cenderung semakin tinggi. Investasi emas antam cocok bagi anda yang mempersiapkan dana untuk masa depan. Jangka waktu investasi ini akan anda dapatkan dalam kurun waktu 5-10 tahun. 

Itulah cara investasi emas antam bagi pemula yang dapat anda coba. Pelajari lebih dalam lagi mengenai investasi ini, dan pertimbangkan apakah investasi jenis ini cocok untuk tujuan investasi anda. 

Pada dasarnya investasi ini memiliki banyak keuntungan, namun tidak dapat dipungkiri jika anda tidak berhati-hati maka ada risiko tersendiri yang akan anda hadapi. Bagaimana? Tertarik investasi emas antam?