Cara Berhenti Asuransi Cigna dan Informasi Lengkap Lainnya

Cara Berhenti Asuransi Cigna Cigna masuk dalam kategori perusahaan asuransi terpercaya di Indonesia. Layanan yang diberikan meliputi asuransi jiwa dan juga asuransi kesehatan.

Namun ada kalanya seseorang berkeinginan untuk berhenti berlangganan suatu polisi di perusahaan asuransi Cigna. Jika sudah demikian maka penting untuk mengetahui cara berhenti asuransi Cigna.

Pemberhentian asuransi tidak boleh dilakukan sepihak sehingga tetap perlu mengikuti sejumlah prosedur resmi. Namun sebelum membahas pemberhentiannya maka kita akan membahas sekilas mengenai beberapa produk asuransinya.

Beberapa Produk Asuransi Cigna

Setiap orang paling tidak memiliki sebuah produk asuransi yakni pada bagian asuransi kesehatan atau jiwa. Berkat reputasi yang baik maka perusahaan asuransi Cigna juga memiliki banyak para pemegang polis. Berikut ini akan dijelaskan mengenai beberapa produk dari perusahaan asuransi tersebut.

1. Cigna Family Care Optima

Contoh dari polis yang paling banyak digunakan bernama Cigna Family Care Optima. Asuransi yang memberikan perlindungan secara menyeluruh di keluarga dengan premi yang cukup premium yakni Rp 500.000 per bulan.

Jika selama masa proteksi masih berlangsung dan para pemegang polis sama sekali tidak melakukan klaim maka akan dikembalikan sebesar 30% dari total premi. Karena terlalu sedikitnya persentase total premi yang dikembalikan tidak jarang para pemegang polis menyurutkan niatnya untuk melanjutkan premi terutama ketika kondisi keuangan keluarga sedang tidak stabil.

Manfaat secara detail dari Cigna Family Care Optima adalah pemberian manfaat perawatan harian di rumah sakit maupun di ICU. Selain itu juga memberikan penggantian biaya rawat jalan maupun rawat inap para pemegang polis. Terdapat juga penggantian biaya untuk pembedahan maupun pendampingan di rumah sakit.

Baca Juga:  Tips Sebelum memilih Asuransi Pendidikan Anak Terbaik

2. Cigna EaziHealth

Jenis polis lainnya yang berkaitan dengan kesehatan individu disebut Cigna EaziHealth. Produk tersebut memberikan jaminan penggantian biaya pengobatan, rawat inap, sampai dengan pembedahan yang mana sistem penggantiannya cashless.

Para pemegang polis dari produk yang satu ini dapat memiliki banyak sekali rumah sakit yang menjadi rekanan perusahaan asuransi Cigna.

Beberapa manfaat polis yang diberikan melalui produknya yang satu ini berupa manfaat perawatan harian akibat kecelakaan maupun sakit di rumah sakit yang besarnya Rp 300.000 per hari.

Kemudian manfaat yang kedua adalah penggantian biaya secara cashless untuk pembedahan sebanyak Rp 3 juta untuk setiap kejadian. Para pemegang polis dapat melakukan klaim dengan cara cashless atau reinbursement.

3. Cigna Premium Health Protection

Perusahaan asuransi yang satu ini juga memberikan salah satu produk yang berupa proteksi komprehensif di rumah sakit domestik maupun luar negeri. Setidaknya rumah sakit yang ada di luar negeri terdapat di 3 negara Asia tenggara. Perlu bertanya lebih lanjut mengenai nama dari rumah sakitnya kepada agennya secara langsung.

Beberapa manfaat polis secara detail adalah penggantian dana rawat jalan untuk konsultasi ke dokter umum, pemeriksaan laboratorium, pemberian obat perawatan, dan juga konsultasi ke dokter spesialis. Beberapa akses perawatan di rumah sakit luar negeri tersedia di Malaysia, Thailand, dan Singapura. Sedangkan pemeriksaan kesehatan secara rutin akan dilakukan setiap 2 tahun sekali.

Cara Berhenti Asuransi Cigna secara Resmi

Setiap pemegang polis di asuransi Cigna tetap memiliki hak untuk melakukan pemberhentian. Apapun alasannya untuk berhenti tetap harus dilakukan sesuai dengan prosedur resmi sehingga tidak dapat dilakukan sepihak saja. Beberapa langkah untuk bisa berhenti dari asuransi tersebut akan disampaikan di bawah ini.

Baca Juga:   Jenis Asuransi Berdasarkan Aspek Dasarnya Dari Tujuan Operasional

1. Mengontak Agen Asuransi

Sewaktu pertama kali mendaftarkan asuransi biasanya seseorang akan mendapatkan nomor kontak dari agen asuransinya. Jika Anda memang masih menyimpan nomor tersebut maka tidak ada salahnya untuk menghubungi ketika memutuskan ingin berhenti asuransi. Bagi yang sudah tidak menyimpan nomor telepon agen maka bisa menghubungi kebagian Call Center dari Perusahaan Asuransi Cigna.

Melalui telepon nanti akan dijelaskan sejumlah persyaratan dokumen dan juga pertanyaan mengapa ingin berhenti. Kemudian Anda bisa mulai menjelaskan alasan yang sebenarnya mengapa ingin berhenti dan dilanjutkan dengan membuat laporan pemberhentian melalui Call Center tersebut. Jam operasional dari Call Center perusahaan asuransi ini beroperasi selama 24 jam dengan nomor 1 500 033.

Ketika Anda mengalami kesulitan dalam menghubungi nomor tadi disarankan untuk menghubungi bagian bank penerbit kartu kredit dan meminta bantuan untuk disambungkan ke bagian Call Center perusahaan asuransi. Jelaskan alasan yang tepat untuk bisa mendapatkan respon yang cepat dari bagian bank penerbit kartu kredit.

Beberapa alasan yang dapat Anda pakai untuk berhenti berlangganan di asuransi tersebut adalah keterbatasan budget, sudah mendaftarkan di asuransi lainnya yang sejenis, atau menyelamatkan cash flow sehari-hari. Alasan ini biasanya dianggap sangat jitu dalam cara berhenti asuransi Cigna.

Adakalanya seseorang juga tidak setuju terhadap pembelian polis asuransi tetapi dilakukan pemotongan rekening secara otomatis saat membuka rekening. Alasan ini juga perlu disampaikan karena memang mengganggu kenyamanan nasabah.

2. Menghubungi Bagian Contact Us di Website Resmi Perusahaan Asuransi Cigna

Selanjutnya Anda perlu untuk menghubungi di bagian contact us di website resmi Cigna. Hal ini dilakukan tepat setelah mengontak bagian Call Center dari perusahaan asuransinya. Bagian web resmi dari perusahaan signa adalah https://www.cigna.co.id/hubungi-kami. Jika sudah maka Anda hanya perlu menjelaskan niatan untuk berhenti dari salah satu produk asuransinya.

Baca Juga:  Ciri Khas Asuransi Jiwa Berjangka yang Baik dan Benar

Tunggu selama beberapa jam sampai pihak asuransi mulai memberikan konfirmasi balasan. Berikan respon yang tepat kepada pihak perusahaan Cigna dan menurut beberapa review dari orang yang ingin keluar momen ini paling menyebalkan.

Pada dasarnya bagian perusahaan asuransi akan berusaha supaya Anda tetap memberhentikan premi sehingga akan ditanyain dengan banyak sekali pertanyaan. Namun pastikan Anda selalu teguh terhadap pendirian untuk berhenti melanjutkan asuransi.

Bagian ini juga biasanya memberikan respon pemberhentian yang cukup lama. Anda perlu bersabar menunggu proses pembatalan dan pemberhentian polis. Pada tahapan ini sarankan untuk mengosongkan seluruh isi saldo di rekening sehingga mendukung proses pembatalan dipercepat. Gunakan rekening Anda yang lainnya yang tidak berhubungan dengan asuransi tersebut ketika memang perlu bertransaksi.

3. Penutupan Rekening

Apabila Anda sudah menyelesaikan langkah pertama dan kedua tetapi belum juga diberhentikan asuransinya maka terdapat cara yang paling ampuh. Segera tutup rekening Cigna Anda apabila memang tidak ada respon dan kepastian. Cara ini adalah yang paling ampuh dan hanya boleh dikeluarkan ketika langkah pertama dan kedua sudah tidak lagi mempan meskipun sudah coba Anda jelaskan secara berulang kali mengapa ingin berhenti.

Cara penutupan dari rekening dilakukan dengan mengontak bagian Call Center bank penerbit kartu kredit Anda. Anda juga bisa meminta bagian bank menutup rekening atau melakukan pemblokiran kartu kredit agar digantikan dengan yang baru.

Namun ketika melakukan tindakan tersebut biasanya nasabah akan dikenakan biaya Rp 50.000. Daripada memperlama proses penutupan asuransi maka tidak ada salahnya untuk membayar biaya tersebut. Cara berhenti asuransi Cigna yang satu ini memang terkesan memaksa tetapi dianggap paling ampuh dalam menyelesaikan persoalan disaat tidak adanya respon dari agen asuransi Cigna.

 

Artikel Terkait