Inilah Cara Memilih Asuransi Premi Murah dan Bagus

Cara Memilih Asuransi Premi Murah dan Bagus – Ketika ingin menggunakan asuransi, pastikan Anda mengetahui dahulu bagaimana cara memilih asuransi premi murah dan bagus. Dengan begitu, pelaksanaan asuransi tersebut tidak terbebani serta manfaatnya bisa diperoleh secara maksimal. Terlebih, sekarang ini ada banyak perusahaan yang menawarkan produk asuransi. Untuk itu, jangan sampai salah memilihnya.

Definisi Premi Asuransi

Premi asuransi adalah sejumlah uang yang dibayarkan oleh nasabah sebagai tertanggung pada pihak perusahaan asuransi atau penanggung. Premi ini sendiri dijadikan sebagai bentuk imbalan jasa atas pengalihan kerugian atau resiko yang sewaktu-waktu terjadi dan diderita oleh nasabah.

Jumlah premi tersebut perlu dibayarkan oleh nasabah kepada perusahaan asuransi sesuai dengan keadaan/kondisi dan beberapa hal lainnya. Umumnya, jumlah tersebut juga sangat bervariasi tergantung ketentuan yang ditetapkan oleh pihak perusahaan asuransinya.

Sekarang ini ada banyak jenis premi asuransi yang bisa digunakan. Setiap jenis tersebut memerlukan biaya premi beragam sehingga sebelum memilihnya usahakan untuk memahami apa saja jenis tersebut.

Beberapa Jenis Premi Asuransi

Setelah memahami tentang definisi premi asuransi, maka usahakan juga untuk memahami berbagai jenisnya. Setidaknya terdapat lima jenis premi asuransi yang ada di Indonesia secara umu. Apa saja? Berikut diantaranya:

  • Asuransi Kesehatan

Merupakan salah satu jenis premi asuransi yang tujuan pembayarannya untuk memperoleh manfaat pertanggungan berupa biaya perawatan. Terutama saat nasabah atau pihak tertanggung memerlukan perawatan di rumah sakit. Contohnya seperti biaya rawat jalan, rawat inap, dan lain sebagainya.

  • Asuransi Jiwa

Pada jenis ini, premi asuransi berarti sejumlah dana yang perlu dikeluarkan oleh peserta agar mereka memperoleh manfaat berupa uang pertanggungan. Uang tersebut nantinya akan diberikan kepada ahli waris jika tertanggung meninggal dunia.

  • Asuransi Properti

Seseorang perlu membayar premi asuransi properti agar memperoleh perlindungan atas properti yang mereka jaminkan. Perlindungan tersebut diperoleh apabila terjadi resiko seperti kerusakan properti akibat banjir, gempa bumi, kebakaran, dan masih banyak lagi lainnya.

  • Asuransi Perjalanan

Sesuai dengan namanya, ketika seseorang mengambil asuransi jenis ini maka mereka perlu membayarkan premi agat memperoleh ganti rugi kecelakaan, penggantian biaya berobat, penggantian barang-barang hilang, penggantian keterlambatan penerbangan, dan lain sebagainya.

  • Asuransi Kendaraan/Mobil

Ketika memakai asuransi jenis ini Anda perlu membayar premi untuk memperoleh manfaat berupa ganti rugi ketika kendaraan mengalami kerusakan atau kemungkinan buruk lainnya. 

Baca Juga:  Hukum Asuransi Syariah Dalam Islam Sesuai fatwa MUI

Beberapa Tujuan Membayar Premi Asuransi

Pembayaran premi umumnya memiliki tujuan yang bermanfaat baik itu bagi nasabah (tertanggung) serta perusahaan asuransi (penanggung). Sayangnya, tidak semua orang memahami apa saja tujuan pembayaran premi tersebut dari kedua belah pihak tersebut. Agar memahaminya lebih lanjut, berikut ulasannya:

  • Tujuan Bagi Penanggung

Tujuan pembayaran premi asuransi bagi penanggung atau perusahan adalah untuk menghimpun dana serta menyeimbangan neraca keuangan perusahaan. Hal ini berarti, semua biaya tersebut akan dikelola perusahaan agar nantinya dapat memberikan pertanggungan sesuai keperluan nasabah.

  • Tujuan Bagi Tertanggung

Ketika tertanggung atau nasabah membayarkan premi, maka tujuannya adalah untuk memberikan jaminan perlindungan atas berbagai resiko kerugian. Selain itu, tujuan lainnya adalah sebagai pemerataan biaya.

Hal ini agar nantinya pihak tertanggung tidak lagi perlu membayar, menanggung, serta mengganti sendiri kerugian yang mereka alami ketika mendapatkan musibah. Nasabah sebagai tertanggung juga dapat mengalihkan berbagai resiko merugikan kepada pihak perusahaan asuransi sebagai penanggungnya.

Cara Memilih Asuransi Premi Murah dan Bagus

Apabila Anda ingin menggunakan asuransi, maka pastikan jangan sampai salah dalam memilihnya. Sangat penting bagi Anda untuk memilih asuransi yang bagus serta biaya preminya terjangkau. Agar memperolehnya simak beberapa langkahnya di bawah ini:

  • Pertimbangkan Reputasi Perusahaan

Sangat penting bagi Anda untuk mengetahui cara memilih asuransi premi murah dan bagus. Agar nantinya tidak sembarangan memilih perusahaan asuransi. Pertimbangkan dahulu reputasi perusahaan tersebut. Cek apakah perusahaan asuransi memiliki reputasi dan rekam jejak yang baik atau justru sebaluknya.

Tidak ada salahnya apabila memilih perusahaan yang sudah berdiri cukup lama sehingga sangat mudah untuk mengecek rekam jejak serta reputasinya. Dengan begitu, ketika menggunakan produk asuransi dari perusahaan tersebut dapat lebih mudah dalam meminimalisir kerugian.

  • Cek Dulu RBC-nya

Apa yang dimaksud dengan RBC? Risk Based Capital (RBC) merupakan rasio solvabilitas yang dapat menunjukkan kesehatan keuangan dari perusahaan asuransi terkait. Tentu saja, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui RBC perusahaan tersebut.

Baca Juga:  Ketahui Dahulu Apa yang Dimaksud dengan Asuransi Syariah

Agar memperoleh perusahaan dengan RBC yang cukup baik, maka pilih yang RBC-nya di atas 120%. Dengan begitu, dapat diperkirakan perusahaan bisa memenuhi janji pembayaran atau klaim saat nasabah memerlukannya nanti. Untuk mengecek RBC sendiri sangat mudah yakni melalui situs resmi perusahaan itu sendiri.

  • Pilih yang Terjangkau

Selanjutnya, usahakan juga untuk memilih perusahaan yang menawarkan premi terjangkau. Pasalnya, kebanyakan perusahaan asuransi tentu memiliki biaya premi beragam. Tentu tidak ada salahnya apabila Anda membandingkan setiap preminya agar memperoleh biaya paling murah.

Terlebih, semakin mahal biaya premi umumnya juga tidak dapat menjamin kualitas program asuransinya. Kebanyakan perusahaan asuransi yang bagus bahkan menawarkan biaya terjangkau. Oleh sebab itu, usahakan untuk tidak terlalu terburu-buru dalam memilihnya.

  • Pilih yang Banyak Rekanan

Tidak banyak orang mengetahui bahwa pada dasarnya semakin banyak rekanan tentu semakin memudahkan nasabah untuk mengakses layanan sesuai keperluan mereka. Oleh sebab itu, sangat penting juga memilih perusahaan asuransi yang menyediakan banyak rekanan berkualitas.

  • Cek Sistem Asuransinya

Jangan lewatkan juga untuk mengecek sistem asuransi yang digunakan oleh perusahaan. Sistem asuransi tersebut perlu dicek serta dipelajari terlebih dahulu agar dapat memanfaatkan asuransi sebaik mungkin terutama saat ingin mengajukan klaim nantinya.

  • Pilih Agen yang Berlisensi

Perlu Anda pahami, bahwa agen yang mempunyai lisensi akan terdaftar serta diawasi oleh pemerintah. Lantas, bagaimana cara memastikan bahwa agen tersebut berlisensi resmi? Caranya sangat mudah sekali yakni dengan mengecek dahulu keanggotaannya.

Umumnya, terdapat beberapa asosiasi yang bergerak berdasarkan jenis proteksi atau perlindungan asuransi. Mulai dari Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia, Asosiasi Asuransi Syariah, hingga Asosiasi Asuransi Umum.

  • Sesuaikan dengan Kebutuhan

Agar asuransi yang Anda pilih dapat digunakan secara maksimal, maka sangat penting untuk menyesuaikannya dengan kebutuhan. Oleh sebab itu, pastikan untuk mengecek dahulu seperti apa asuransi yang benar-benar dibutuhkan sebelum membelinya.

Baca Juga:  Gaji PT yamaha music manufacturing asia Terbaru 2023

Pasalnya, tentu akan sangat disayangkan apabila Anda membayar premi asuransi dengan rajin dan tepat waktu akan tetapi manfaat yang diperoleh ternyata tidak sesuai kebutuhan. Untuk itu, pilih asuransi berdasarkan kebutuhan masing-masing agar manfaat yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhannya.

  • Hindari Rider Asuransi

Ketika memilih asuransi, usahakan untuk menghindari rider asuransi. Pasalnya beberapa tambahan pembelian produk asuransi tersebut dapat menjadikan premi asuransi jauh lebih mahal. Tentu saja Anda perlu mengeluarkan uang lebih banyak hanya untuk membayar premi tersebut.

Itu dia informasi lengkap tentang beberapa cara memilih asuransi premi murah dan bagus yang bisa Anda terapkan. Sekarang ini semakin banyak produk asuransi yang ditawarkan oleh beberapa perusahaan. Usahakan untuk memilihnya dengan tepat dan bijak sesuai beberapa penjelasan di atas.