Pahami Perbedaan Saham Dan Reksadana Sebagai Investasi Jangka Panjang

Perbedaan Saham Dan Reksadana – Menjadi orang nomor 1 di dunia bukan menjadi hal yang mustahil dilakukan. Pasalnya, menjadi nomor 1 artinya anda menjadi orang paling top, paling popular, dan paling berkuasa. Jika anda ingin menjadi orang nomor 1 di dunia, anda perlu memahami makna tersebut. Orang nomor 1 di suatu negara, dapat kita simpulkan sebagai seorang Presiden. Namun untuk orang nomor 1 di dunia ? anda harus jadi apa ?

Bisa saja anda menduduki peringkat pertama dalam bidang kekayaan jumlah investasi, orang lain mungkin dapat menganggap anda sebagai orang nomor 1 pemilik investasi terbesar, terbanyak, dan terkaya di dunia. Nah, jadi untuk kesan menjadi nomor 1 di dunia artinya sangat luas. Perbedaan saham dan reksadana harus anda ketahui jika anda ingin mulai terjun kedalam dunia bisnis yang pastinya akan sering bertemu dengan kata-kata investasi.

Pengertian Saham dan Reksadana

Bagi orang yang sudah terbiasa berkecimpung di dunia bisnis atau usaha, pastilah sudah paham betul dengan istilah dari saham dan juga reksadana. Namun jika anda merupakan orang baru yang ingin terjun ke dunia bisnis, anda perlu mengetahui, bahkan paham dengan istilah saham dan juga reksadana.

Saham merupakan salah satu dari sekian banyaknya instrumen pasar yang paling popular. Saham juga biasa disebut dengan stock. Saham biasanya diterbitkan dengan tujuan pendanaan perusahaan. Namun pada sudut pandang lain, saham juga merupakan suatu jenis investasi yang banyak dipilih, popular di kalangan investor. Saham banyak dipilih oleh investor karena saham sendiri mampu memberikan keuntungan yang menarik.

Saham menjadi investasi menarik, juga didefinisikan sebagai tanda penyertaan modal seseorang atau juga dapat didefinisikan berupa badan usaha dalam suatu perusahaan atau juga perseroan terbatas. penyertaan modal dalam investasi saham ini dimaksudkan agar pemodal atau investor ini memiliki hak klaim atas pendapatan perusahaan, ,memiliki hak klaim aset perusahaan, dan juga memiliki hak untuk dapat hadir dalam rapat umum pemegang saham yang dikenal dengan RUPS.

Baca Juga:  Tertarik Melakukan Investasi di Pluang, Pahami Dulu Cara Investasi di Pluang

Perbedaan saham dan reksadana harus benar-benar dipahami oleh seorang investor. saham sudah anda ketahui artinya, lalu apa itu reksadana ? reksadana agak sedikit berbeda dengan saham. Reksadana merupakan salah satu jenis instrumen investasi yang bisa dipilih oleh para investor.

Dapat dikatakan jika reksadana menjadi investasi yang sangat cocok untuk para investor pemula yang baru singgah dalam dunia bisnis. Jika dirujuk pada UU Pasar Modal No 8 Tahun 1995, reksadana merupakan suatu wadah yang digunakan untuk tempat penghimpunan dana dari masyarakat pemodal yang nantinya akan diinvestasikan dalam bentuk portofolio efek oleh manajer investasi.

Investasi Saham dan Reksadana

Saham dan juga reksadana merupakan investasi yang sangat menjanjikan. Namun dari kedua jenis investasi tersebut, pastilah memiliki perbedaan. Dari investasi saham, reksadana, ada beberapa keuntungan yang dimiliki. Berikut ini adalah beberapa keuntungan dari investasi saham dan juga reksadana.

Keuntungan dari investasi saham dan Reksadana

Keuntungan investasi saham:

1. Dividen

Dividen ini merupakan pembagian keuntungan yang diberikan oleh perusahaan dan berasal dari keuntungan yang dihasilkan perusahaan. Dividen ini diberikan setelah adanya persetujuan yang didapatkan dari pemegang saham dalam RUPS. Apabila seorang pemodal ingin mendapatkan dividen, pemodal tersebut haruslah memegang saham tersebut dalam kurun waktu yang relatif lama hingga kepemilikan saham tersebut berada dalam masa periode dimana pemodal tersebut diakui menjadi pemegang saham yang memiliki hak mendapat deviden.

2. Capital Gain

Capital Gain adalah selisih yang ada antara harga beli dan juga harga jual. Capital gain ini terbentuk dari aktivitas perdagangan saham di pasar sekunder. Contohnya jika anda membeli saham dengan harga Rp 5.000 dan anda menjualnya dengan harga Rp 5.500. Artinya, anda sudah mendapatkan capital gain sebesar Rp 500 untuk setiap saham yang telah di jual.

Baca Juga:  Cara Belajar Trading Saham Pemula Sampai Sukses

Keuntungan dari investasi reksadana:

  1. Modal untuk investasi reksadana kecil. Modal yang bisa dilakukan saat melakukan investasi reksadana ini dimulai dari Rp 100.000
  2. Investasi reksadana mudah dilakukan. Dalam investasi reksadana, ada yang namanya manajer investasi. Manajer investasi ini akan membuat analisa yang dapat menguntungkan seperti analisa tren pasar, sampai dengan mencarikan tempat terbaik untuk melakukan investasi.
  3. Reksadana memiliki resiko yang kecil. Prinsip dari investasi reksadana ini adalah adanya diversifikasi, sehingga asset yang ada akan disebar pada banyaknya instrument. Diversifikasi akan melindungi anda sebagai investor dari kerugian yang besar.
  4. Reksadana lebih fleksibel. Melakukan investasi reksadana dapat dibilang fleksibel karena transaksi dapat dilakukan kapanpun dan juga dimanapun anda berada.

Nah itulah tadi beberapa keuntungan yang anda dapatkan dari berinvestasi saham, reksadana. Perbedaan saham dan reksadana memang terlihat dengan jelas, walaupun kedua jenis ini sama-sama merupakan suatu jenis investasi.

Aplikasi Saham dan Reksadana

Bagi anda yang ingin melakukan investasi saham ataupun reksadana, anda dapat melakukannya dengan mudah melalui aplikasi. Apakah ada aplikasi yang bisa digunakan sebagai aplikasi investasi saham dan juga reksadana ? jawabannya ada.

Aplikasi saham dan juga reksadana ini digunakan sebagai aplikasi yang memantau perkembangan dan juga kemajuan dari investasi saham dan juga reksadana. Beberapa aplikasi yang bisa digunakan sebagai aplikasi investasi saham dan reksadana adalah :

  1. Bibit

Bibit ini merupakan aplikasi investasi yang diakui oleh OJK dan di aplikasi bibit ini menyediakan pilihan investasi reksadana. Aplikasi bibit menjadi aplikasi yang banyak digunakan investor online.

  1. Bareksa

Aplikasi bareksa ini merupakan salah satu jenis aplikasi yang dapat digunakan sebagai aplikasi investasi anak muda. Melalui aplikasi bareksa, anda dapat dengan mudah melakukan simulasi pergerakan dana dan juga anda dapat memperkirakan untung dan juga rugi yang didapatkan.

  1. Ajaib
Baca Juga:  Mengenal Lebih Dalam Support Dan Resistance Saham Dalam Dunia Investasi

Ajaib merupakan aplikasi yang menyediakan investasi saham dan juga reksadana. Bagi anda pemula yang ingin investasi saham, reksadana, anda dapat mencoba menggunakan aplikasi ajaib karena tampilan interfacenya yang menarik dan mudah digunakan.

Sebenarnya untuk jenis aplikasi yang dapat digunakan sebagai aplikasi investasi saham dan juga investasi reksadana masih ada banyak. Namun tidak ada salahnya jika anda mencoba berinvestasi melalui salah satu dari ke-4 aplikasi tersebut.

Beli Investasi Saham dan Reksadana

Melakukan investasi saham dan juga reksadana menjadi dambaan banyak orang. Mungkin anda masih bertanya dimana harus membeli saham dan reksadana ? untuk investasi saham, tentunya anda harus membelinya di perusahaan. Karena nantinya anda akan menjadi pemegang saham. Sedangkan reksadana dapat anda dibeli melalui:

  1. Bisa dibeli melalui Bank.
  2. Bisa dibeli melalui perusahaan sekuritas.
  3. Bisa dibeli melalui supermarket non bank atau lembaga keuangan.
  4. Reksadana dapat dibeli di e-marketplace.
  5. Reksadana dapat dibeli di e-wallet.