Besaran Gaji Dokter Spesialis Kandungan Di Tanah Air

Gaji Dokter Spesialis Kandungan – Banyak profesi yang bisa dilakukan oleh laki-laki maupun perempuan, salah satu di antaranya adalah profesi Dokter Spesialis Kandungan. Benar, besaran gaji dokter spesialis kandungan dapat mencapai 50 hingga 100 juta Rupiah perbulannya. Siapa yang tidak tertarik untuk menjadi dokter? Selain jasanya yang mulia, membantu dan menjadi perantara keselamatan ibu dan anak tercinta, ia juga mendapatkan penghasilan yang besar.

Dari sekian profesi yang ada di dunia, seseorang yang berprofesi menjadi dokter bukanlah sebuah profesi yang main-main untuk dilakukan. Tidak sembarang orang bisa dan mampu menjadi dokter, haruslah seseorang yang benar-benar menguasai ilmu yang didapatkannya selama berada di sekolah kedokteran. Selain itu, seorang dokter tidak memiliki waktu yang banyak untuk menghibur diri bersama keluarga, ia harus menyerahkan waktu dan tenaga yang banyak untuk pasien.

Profesi yang Menjadi Cita-cita Masyarakat di Indonesia Sejak Kecil

Terlepas dari pembahasan gaji dokter spesialis kandungan, profesi menjadi seorang dokter memang selalu dikagumi oleh kalangan anak-anak di Indonesia. Jika kita bertanya pada anak-anak seusia 7-10 tahun atau mungkin yang berada di bawahnya, banyak di antara mereka yang menginginkan untuk menjadi seorang dokter kelak di masa depan. Benar, sebab kemuliaan seorang dokter yang senantiasa membantu pasien dengan senyum dan keramah-tamahannya.

Namun demikian, menjadi seorang dokter terutama menjadi dokter spesialis seperti dokter kandungan membutuhkan perjalanan panjang dan harus menempuh pendidikan yang biayanya tidak sedikit. Pikiran selama masa pendidikan benar-benar terkuras habis. Inilah sebabnya, gaji dokter spesialis kandungan termasuk ke dalam gaji yang besar di antara profesi lain, dan menjadi dokter sendiri terdapat manfaat dengan menolong banyak nyawa.

Baca Juga:  Berapa Gaji Farmasi Dan Prospek Kerjanya

Perbedaan Gaji Dokter Umum Dan Dokter Spesialis

Mengutip informasi dari berbagai sumber, gaji dokter umum yang termasuk ke dalam daftar Aparatur Sipil Negara (ASN) atau yang umum disebut sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) memiliki perbedaan besar dari segi jumlah. Pada umumnya, seorang dokter minimal mendapatkan gaji rata-rata 12 juta Rupiah setiap bulan. Namun, masih banyak dokter yang mendapatkan gaji di bawah 3 juta Rupiah yang ada di daerah-daerah tertentu di Indonesia. Ini kebanyakan adalah gaji dokter yang belum memiliki pengalaman kerja 3-5 tahun (Golongan III A).

Berbeda dengan gaji dokter umum yang ada di rumah sakit swasta, yang perbulan bisa mendapatkan dua kali lipat dari gaji dokter umum rumah sakit umum. Per bulan, mereka yang bekerja di rumah sakit swasta sebagai dokter umum yang termasuk ke dalam Golongan III A bisa mendapatkan gaji sebesar Rp. 5 juta sampai 6 juta Rupiah. Berbeda sekali bukan?

Menurut survei yang pernah dilakukan oleh Lembaga Kesejahteraan Dokter Umum yang menjadi acuan evaluasi kesejahteraan mereka menyebutkan tiap dokter swasta mampu mendapatkan penghasilan hingga 10 Juta Rupiah tiap bulannya. Survei ini melibatkan dokter umum yang ada di seluruh Indonesia yang jumlahnya mencapai sekitar 452 dokter terverifikasi oleh keanggotaan dengan nomor NPA IDI yang masih aktif.

10,63 persen dari profesi dokter umum yang bekerja hanya pada satu rumah sakit saja mampu mendapatkan gaji seperti yang telah disebutkan di atas. Meski begitu, masih lebih banyak dokter yang hidup di bawah ekspektasi dengan gaji yang hanya berkisar 3 juta Rupiah saja perbulannya. Padahal, jam tugas mereka selama berada di satu tempat hampir mencapai selama 42 jam per pekannya. Dalam artian, ini sudah lebih dari ketentuan undang-undang pasal 77 nomor 13 2003 yang membahas soal ketenagakerjaan yang hanya menetapkan waktu selama 40 jam per pekan.

Baca Juga:  Besaran Gaji UMR Konawe Kepulauan

Besaran Gaji Dokter Spesialis Kandungan Secara Khusus

Di samping pemerintah memberikan gaji dokter spesialis kandungan dengan jumlah sedemikian rupa, pemerintah juga memberikan intensif bagi mereka yang terjaring dalam program Wajib Kerja Dokter Spesialis (WKDS). Ini berlaku di semua daerah yang ada di Indonesia menaati Peraturan Presiden (PERPRES) nomor 4 tahun 2017.  Besaran gaji dokter spesialis kandungan rata-rata yang ada di seluruh indonesia telah tercantum dalam pernyataan Ketua Umum Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI). Di mana ini termasuk intensif yang diberikan sehingga totalnya mencapai Rp.80 juta Rupiah per bulannya. Yakni Rp.23 juta dari Kemenkes, Rp.25 juta dari PEMDA, gaji pokok Rp.30 juta.

5 Langkah Tepat Untuk Mendapatkan Profesi Dokter Spesialis

Setelah membaca ulasan gaji dokter spesialis kandungan di atas, tentunya anda akan tertarik menjadikan pekerjaan ini menjadi sebuah profesi, bukan? Di antara pelajar yang pernah memiliki cita-cita menjadi dokter mungkin merasa putus asa dengan sulitnya menempuh pendidikan dan mengurus proses yang panjang untuk meraih gelar. Namun, anda tidak perlu khawatir, khususnya yang saat ini masih sekolah, anda bisa menerapkan langkah-langkah di bawah ini dengan menjadikannya rencana jangka panjang anda.

  1. Kuliah Kedokteran

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah memilih program kedokteran sesuai jenjang yang anda tempuh, saat ini sudah banyak sekolah-sekolah tingkat menengah yang membuka jurusan kedokteran dan farmasi. SMA Kedokteran misalnya, anda dapat dengan mudah melanjutkan ke jenjang perkuliahan dan pendidikan tinggi sarjana dengan mempelajari ilmu kedokteran sejak dini. Namun, bagi anda yang tidak sempat menempuh pendidikan di SMA Kedokteran tetap dapat menjalani program sarjana di perguruan tinggi

  1. Mengikuti Program Kedokteran

Langkah selanjutnya adalah mengikuti program kedokteran di perguruan tinggi mana saja yang ada di daerah anda. Jika anda ingin mendapatkan pengalaman berkesan lengkap dengan wawasan luas dari dalam maupun luar kedokteran, anda dapat mengikuti program dari Universitas Negeri yang terkenal, semisal Universitas Gadjah Mada atau Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

  1. Mengikuti Sertifikasi
Baca Juga:  Berapa Estimasi Gaji Youtuber 1000 Subscriber? Simak Penjelasannya Berikut

Setelah itu, anda bisa melakukan uji sertifikasi dengan berbagai macam ujian yang akan diberlakukan di perguruan tinggi atau institusi kedokteran di daerah yang anda tempuh. Ujian ini bersifat wajib untuk melanjutkan karir anda sebagai seorang dokter. Ujian yang dimaksud adalah Ujian Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD). Anda akan mendapatkan ujian dengan studi kasus yang beragam. Pihak penguji akan menilai seberapa jauh pengetahuan anda baik secara tindakan maupun pengetahuan.

  1. Lulus

Fakultas kedokteran di Universitas tempat anda melakukan program akan memberi anda gelar dokter sebagai hasil pendidikan anda selama di sana. Dalam acara wisuda, anda akan melakukan sumpah dokter sebelum anda benar-benar resmi dinyatakan sebagai dokter, baik dokter umum maupun dokter spesialis. Jangan puas dahulu, anda belum diperbolehkan untuk membuka praktik sebelum melalui tahap selanjutnya.

  1. Mengikuti Program Magang

Anda bisa segera mengurus praktik kedokteran milik anda sendiri setelah mendapatkan 3 berkas berikut: (1) Gelar profesi dokter yang dikeluarkan oleh Universitas (2) Mendapatkan STR atau Surat Tanda Registrasi dari Konsili Kedokteran Indonesia (3) SIP atau Surat Izin Praktek. 3 berkas tersebut dapat anda peroleh dengan mengikuti program magang 1 tahun atau biasa disebut Internship.

Tidak mudah untuk menjadi seorang dokter spesialis, terutama untuk dokter spesialis kandungan. Meski gaji dokter spesialis kandungan terbilang besar, jalan untuk menempuh tidak pendek dan tidak singkat, serta biaya yang dikeluarkan tidak sedikit. Berapakah gaji dokter spesialis kandungan? Itulah yang sebanding dengan perjuangan yang mereka lakukan. Bagaimanakah cara tepat agar tidak salah untuk menjadi dokter spesialis kandungan? Anda hanya harus optimis dan pantang menyerah dan selalu sabar dalam menghadapi setiap tantangan.

Artikel Terkait