Apakah Anda Ingin Membuat Surat Lamaran Kerja? Berikut Tipsnya!

Surat Lamaran Kerja – Apakah anda merupakan salah satu orang yang sedang mencari referensi mengenai surat lamaran pekerjaan atau biasa yang disebut dengan application letter? Jika iya, anda harus mengetahui beberapa hal yang terkait dengan surat lamaran pekerjaan. Sebelum itu, anda harus mengetahui dulu apa itu application letter.

Surat lamaran pekerjaan atau application letter merupakan surat yang ditulis oleh pelamar yang memiliki tujuan agar dapat diterima bekerja sesuai dengan jabatan yang diinginkan. selain itu, adanya surat lamaran kerja ini juga harus dapat meyakinkan recruiter jika anda memiliki keahlian dalam bidang yang telah ditentukan sesuai dengan kualifikasi pekerjaan yang sedang dilamar.

Untuk itu, ada beberapa unsur yang dapat anda tuliskan dalam surat lamaran kerja.

Bagian Pada Surat Lamaran Pekerjaan

Untuk dapat menulis surat lamaran pekerjaan, pada dasarnya memiliki tiga bagian. Yaitu pembuka, isi dan penutup. Dalam pembuka surat lamaran pekerjaan secara garis besar terdapat berisi penjelasan mengenai informasi lowongan pekerjaan yang diperoleh. Pada bagian ini, anda dapat menjelaskan mengenai info lowongan pekerjaan yang anda dapatkan, bidang pekerjaan yang ingin dilamar dan anda juga dapat menuliskan kemampuan yang dapat memenuhi kualifikasi pekerjaan tersebut.

Selanjutnya, anda sudah mulai menuliskan isi surat tersebut. Biasanya dalam hal ini anda perlu menguraikan bahwa anda sudah dapat memenuhi persyaratan yang diminta. Selain itu, anda juga dapat menyebutkan informasi mengenai usia, pengalaman kerja atau organisasi, keterampilan dan informasi lainnya yang dapat menunjang persyaratan yang sudah ditentukan. Jika anda sudah menuliskan isi, maka hal terakhir yang perlu anda tuliskan yaitu mengenai bagian penutup. Dalam bagian penutup ini, anda dapat menuliskan harapan mengenai proses selanjutnya dan ucapan terima kasih.

Baca Juga:  Kerangka Proposal Penelitian Kualitatif Yang Perlu Diketahui

Struktur Pada Surat Lamaran Pekerjaan

Ada beberapa struktur yang perlu diperhatikan sebelum anda membuat surat lamaran pekerjaan tersebut.

  1. Alamat pengirim. Untuk alamat pengirim yang berada pada surat lamaran pekerjaan ini biasanya berada di sebelah kanan atas surat atau berada di bagian bawah setelah salam penutup.
  2. Tanggal surat. Setelah anda menuliskan alamat pengiriman, anda juga perlu menuliskan tanggal surat. Penulisan tanggal surat ini biasanya berada di bawah alamat pengirim dan diberi jarak sekitar dua atau tiga baris.
  3. Alamat surat. Pada bagian alamat surat ini, anda perlu menuliskan nama perusahaan secara lengkap yang berada di baris pertama. Diikuti dengan nama gedung pada baris kedua dan jalan serta alamat lengkap pada baris selanjutnya.
  4. Salam pembuka. Pada bagian salam pembuka ini, anda cukup menuliskan kata, “dengan hormat.”
  5. Isi surat. Pada surat lamaran pekerjaan ini akan dibagi ke dalam bagian utama. Pada alinea pembuka anda memiliki tujuan untuk memberikan kesan pertama dan diharapkan dapat menarik perhatian recruiter, tubuh surat dan alinea penutup.
  6. Salam penutup. Pada salam penutup ini, anda dapat menuliskan dua atau tiga spasi pada bawah baris terakhir isi surat tersebut. Jika dibuat dengan tulisan tangan, salam penutup ini dapat diletakkan dua atau tiga baris tepat di bawah baris isi surat.

Klik Disini untuk melihat Contoh Surat Lamaran Kerja.

Fungsi Dari Surat Lamaran Pekerjaan

Ada beberapa fungsi yang terdapat pada surat lamaran pekerjaan, yaitu:

  1. Sebagai permohonan pekerjaan secara resmi. Fungsi dari surat lamaran pekerjaan yaitu sebagai salah satu bentuk resmi untuk pengajuan atau permohonan yang ditujukan kepada perusahaan. Melalui surat lamaran ini, para pelamar kerja secara resmi mengajukan diri untuk mengisi kekosongan yang berada di dalam perusahaan tersebut. Jika proses pengajuan surat lamaran kerja telah selesai, perusahaan akan memproses para pelamar sesuai dengan tahapan rekruitmen pada setiap perusahaan.
  2. Sebagai suatu alat komunikasi. Pada proses lamaran kerja ini, biasanya beberapa perusahaan akan melakukannya dalam dua tahap, yaitu pada seleksi administrasi atau melakukan tahap wawancara. Pada tahap seleksi administrasi, biasanya para pelamar tidak dapat melakukan komunikasi secara langsung seperti yang dilakukan pada tahap wawancara. Maka dengan adanya surat lamaran ini bertujuan sebagai alat komunikasi antara pelamar dengan perusahaan. Surat lamaran juga dapat memiliki fungsi lain untuk mengkomunikasikan minat sebagai perkenalan diri dari pelamar. Agar surat lamaran menjadi salah satu alat komunikasi yang baik, maka sebaiknya surat lamaran kerja tersebut dibuat dengan singkat dan dapat mencerminkan kelebihan diri.
  3. Sebagai salah satu bahan pertimbangan. Seperti yang sudah kita tahu bahwa persaingan di dalam mencari pekerjaan merupakan salah satu hal yang sangat umum. Anda dapat memaksimalkan surat lamaran kerja agar memiliki potensi untuk meningkatkan diri agar mendapatkan posisi yang diinginkan. dalam surat lamaran, anda juga perlu menjelaskan keahlian, kelebihan atau skill dalam posisi yang akan dilamar. Selain itu, anda juga perlu memberikan latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, organisasi, minat, dan alasan mengapa anda layak untuk diterima pada perusahaan tersebut.
Baca Juga:  Hal – Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Membuat Surat Lamaran Kerja

Cara Membuat Surat Lamaran Pekerjaan

Jika anda ingin membuat surat lamaran pekerjaan, anda harus memperhatikan beberapa hal berikut.

  1. Memakai bahasa yang baik dan benar. Ketika anda ingin melamar suatu pekerjaan dan membutuhkan surat lamaran, maka anda harus memastikan jika surat yang anda tulis tersebut menggunakan bahasa yang sopan. Karena surat lamaran kerja ini termasuk surat resmi, jadi jangan menggunakan bahasa yang tidak sopan.
  2. Menulis surat lamaran kerja harus singkat, padat dan jelas. Jangan menulis surat lamaran kerja dengan bertele-tele dan membuat surat lamaran menjadi tidak menarik, karena melalui surat lamaran kerja ini juga dapat menampilkan jati diri seseorang dalam sebuah instansi atau perusahaan, mereka tidak menyukai surat lamaran pekerjaan yang bertele-tele.
  3. Menulis secara manual dengan menggunakan tulisan tangan. Pada penulisan surat lamaran pekerjaan, sebaiknya anda menulisnya dengan manual. Karena hal ini biasanya akan lebih disenangi oleh perusahaan ketika menggunakan tulisan tangan. Perusahaan juga dapat menilai kepribadian seseorang melalui tulisan tangan mereka.
  4. Memperhatikan kebersihan pada surat lamaran. Jika anda ingin membuat surat lamaran, anda harus memastikan jika tidak ada coretan atau bekas penghapus yang berada di dalam surat lamaran pekerjaan tersebut. Jika anda melakukan kesalahan dalam membuat surat lamaran pekerjaan, sebaiknya anda membuat ulang dengan menggunakan kertas baru. Sebisa mungkin jangan memakai stipo untuk menghapusnya.
  5. Isi dari surat lamaran pekerjaan tersebut juga harus jelas. Misalnya pada data diri atau suatu informasi yang memuat tentang diri kalian. Jangan lupa untuk melampirkan beberapa dokumen pendukung seperti daftar riwayat hidup, fotocopy identitas diri dan beberapa dokumen lainnya yang menjadi persyaratan.
  6. Apabila anda memiliki sertifikat pendukung yang dapat dilampirkan, maka akan menjadi nilai tambahan dalam melamar pekerjaan. Jangan pernah ragu untuk melampirkan sertifikat yang anda dapatkan. Karena hal tersebut dapat menjadi pertimbangan ketika anda melamarkan diri pada perusahaan.
Baca Juga:  Seberapa Besar Gaji Dokter Gigi? Simak Artikel Berikut!

Artikel Terkait