Intip Besaran Gaji Staff Bandara

Gaji Staff Bandara – Gaji staff bandara adalah salah satu yang perlu Anda perhatikan apabila bercita-cita kerja di bandara. Lalu berapakah besaran gaji tersebut? Sebelum membahas terkait dengan rincian gaji staff bandara yang ada di Indonesia terbaru, alangkah baiknya apabila mengenali terlebih dahulu beberapa informasi penting lainnya. Simak terus informasi yang ada di bawah ini.

Besaran Gaji Staff Bandara

Gaji dari staff yang bekerja di bandara nyatanya cukup menggiurkan, tetapi dibalik gaji yang menggiurkan tersebut, tentunya terdapat perjuangan tersendiri agar dapat masuk dan bekerja menjadi bagian dari staff bandara.

Hal tersebut bisa memotivasi Anda agar lebih giat lagi untuk berusaha dan juga belajar. Pada dasarnya gaji para staff di bandara bervariasi dikarenakan suatu bandara mempunyai beberapa maskapai penerbangan dan juga beberapa posisi staff berbeda. Namun, di sini Anda akan diberikan informasi terkait besaran gaji yang diperoleh oleh staff bandara bagi para senior dan juga junior.

Gaji Staff Bandara Senior

Bekerja di lingkungan penerbangan nyatanya memang menjadi sebuah kebanggaan yang tersendiri, apalagi jika Anda sudah lama bekerja dan akhirnya menjadi lebih kenal dengan seluk beluk di dunia penerbangan. Kira-kira berapakah gaji para senior dari staff bandara?

Gaji dari para staff bandara yang sudah senior umumnya dapat mencapai angka 4 hingga 7 juta rupiah di setiap bulannya. Nominal tersebut tentunya masih berupa estimasi. Jangan lupa juga bahwa perbedaan maskapai juga bisa mempengaruhi besaran gaji yang diperoleh oleh staff bandara.

Sedangkan untuk gaji staff bandara pramugari sendiri apabila dilihat dari tingkat lamanya bekerja, maka memperoleh gaji sekitar 8 hingga 15 juta setiap bulannya.

Baca Juga:  Mengenal Apa Itu Proposal Usaha Serta Tujuan Yang Ada Didalamnya

Gaji Staff Bandara Junior

Sebenarnya gaji yang diperoleh oleh para staff bandara itu sangatlah bervariasi. Hal tersebut disesuaikan dengan adanya kebijakan di masing-masing maskapai penerbangan. Nah, untuk gaji yang ukuran entry level junior, maka gaji staff bandara tersebut yang akan diperoleh adalah sekitar 3 hingga 5 juta rupiah per bulannya.

Hal tersebut tentunya masih estimasi, apalagi gaji yang diperoleh belum tentu pasti dari nominal yang disebutkan. Staff nantinya juga masih akan diberikan tunjangan dan juga bonus, sehingga besar kemungkinan gaji yang mereka peroleh dapat lebih dari 5 juta.

Sedangkan untuk pramugari junior sendiri gaji yang bisa mereka peroleh dapat mencapai 12 juta. Pramugari nantinya juga akan memperoleh gaji pokok serta bonus ketika mereka melakukan penerbangan.

Misalkan saja gaji pokok dari pramugari junior adalah sebesar 3 juta setiap bulannya, kemudian total penerbangan pramugari tersebut dalam satu bulan adalah sebanyak 25 kali, maka akan memperoleh bonus sebesar 500 ribu. Sehingga setiap bulan pramugari tersebut dapat memperoleh gaji sebesar 15 juta.

Tanggung Jawab Staff Penerbangan

Memilih untuk dapat berkarir sebagai seorang staff penerbangan nyatanya dapat membuat Anda bertemu banyak orang dan juga akan memperoleh karir dengan penghasilan yang sangat menggiurkan. Walaupun seperti itu, dengan menjadi seorang staff penerbangan yang profesional dan handal nyatanya memerlukan keahlian yang khusus. Sehingga akan sangat penting untuk bisa membekali diri dengan keterampilan yang tepat.

Bukan tanpa adanya alasan, ternyata tanggung jawab sebagai staff bandara nyatanya juga begitu berat. Lantas, apa sajakah tanggung jawabnya? Berikut informasinya:

  1. Memandu para penumpang di dalam melakukan pemasangan.
  2. Mendukung seluruh operasional pesawat.
  3. Melayani para penumpang yang ingin melakukan proses check-in.
  4. Melakukan penerbitan dari boarding pass.
  5. Melayani penitipan dari bagasi.
  6. Melakukan pengecekan seluruh visa paspor.
Baca Juga:  Memahami Proposal Tentang Penelitian SDM Dan Unsur-Unsurnya

Selain adanya tanggung jawab tersebut yang tentunya akan berbeda-beda karena sesuai dengan divisi pekerja masing-masing, para staff bandara yang mempunyai tugas untuk melayani publik, maka mereka harus mempunyai etika yang bagus.

Terutama apabila sebagai bagian dari maskapai penerbangan yang akan berjumpa dengan banyak orang di pekerjaannya. Etika baik yang dilakukan oleh seorang pekerja tentunya akan menjadi sorotan dari instansi tempat mereka bekerja.

Begitu pula sebagai seorang staff penerbagnan, maka mereka harus dapat selalu mematuhi etika yang ada sehingga para penumpang akan selalu memperoleh pelayanan yang terbaik.

Layanan di Bandara

Secara garis besar terdapat dua jenis pelayanan yang sering dilakukan di bandara, yaitu sebagai berikut:

  1. Ground Handling Technical

Ground handling technical merupakan sebuah pelayanan yang diperuntukan bagi sifat teknis dari kebutuhan pesawat. Pelayanan yang nantinya akan diberikan dapat berupa isi bahan bakar, membersihkan kursi-kursi pesawat, toilet, hingga pantry, air operation, pax transportation, serta pemberian aba-aba ketika pesawat akan mendarat.

  1. Ground Handling Pax

Sedangkan ground handling pax merupakan sebuah layanan yang nantinya akan diberikan kepada para penumpang pesawat yang ingin terbang dan juga ketika selesai mendarat. Pelayanan yang diberikan kepada para penumpang ketika akan terbang nantinya dilakukan oleh pihak Departure Section yang dapat berupa document clearance, load and balance, check in, boarding, baggage handling. 

Dan untuk pelayanan ketika penumpang sudah mendarat akan dilakukan oleh pihak Arrival Section dengan berupa layanan lost and found, dui baggage handling, serta document clearance. Tidak hanya itu, pihak bandara juga akan memperhatikan keamanan bandara karena merupakan tempat pelayanan umum yang mempunyai aturan dan sudah ditetapkan di dalam tingkat internasional oleh ICAO sebagai sebuah lembaga internasional penerbangan sipil. Serta adanya UU nomor 1 tahun 2009 terkait dengan angkutan udara.

Baca Juga:  Besaran Gaji UMR Gorontalo Utara

Sehingga tidak heran lagi ketika pengamanan serta pemeriksaan di bandara akan dilakukan sangat serius dan juga ketat sebagai bentuk pencegahan dari beberapa hal yang tidak diinginkan.

Tunjangan Pegawai Bandara

Walaupun terdapat gaji pokok yang sudah diterima oleh para pegawai bandara dapat dikatakan besar. Nyatanya mereka juga akan masih memperoleh penghasilan diluar gaji pokok tersebut untuk momen tertentu dan juga untuk sehari-hari.

Para staff bandara akan menerima beberapa insentif dan tunjangan seperti tunjangan uang makan, tunjangan kesejahteraan keluarga, tunjangan hari tua, tunjangan cuti, tunjangan licence dan rating, tunjangan transportasi, insentif produksi, sumbangan kelahiran, kematian, dan perkawinan.

Apabila Anda memang mempunyai cita-cita untuk bisa menjadi salah satu dari staff bandara yang kompeten, maka alangkah lebih baiknya untuk menempuh pendidikan dengan jurusan yang sesuai dengan pekerjaan impian Anda.

Staff atau pegawai bandara nantinya akan diberikan kesenangan dengan adanya gaji besar dan juga pekerjaan yang bergengsi, sehingga proses rekrutmennya juga tidaklah main-main. Penerimaan staff bandara umumnya akan diiringi dengan banyaknya persyaratan yang ketat dengan kualifikasi spesifik.

Itulah seputar informasi terkait dengan dunia penerbangan hingga gaji staff bandara yang dapat Anda ketahui sebelum melamar pekerjaan menjadi salah satu dari bagian staff bandara. Pada dasarnya kecil besarnya penghasilan Anda akan tetap tergantung dengan usaha dan kemauan diri untuk terus meningkatkan kapasitas.