Menjadi Profesi Yang Sangat Dihormati, Berapa Besaran Gaji Dokter Di Indonesia?

Gaji Dokter – Menjadi seorang dokter memang kerap menjadi pekerjaan yang dicita-citakan banyak orang. Selain termasuk profesi yang mulia karena memiliki tugas mengabdi pada masyarakat, gaji dokter juga terbilang cukup tinggi, belum lagi dengan tunjangan pendapatannya.

Profesi ini sangat cocok bagi orang-orang yang mempunyai jiwa sosial tinggi dan siap menghadapi resiko yang ada karena menjadi seorang dokter bukanlah perkara yang mudah. Diperlukan banyak pengorbanan yang harus dilakukan untuk menjadi seorang dokter. Mulai dari proses pendidikan kedokteran yang cukup berat dan membutuhkan waktu lama hingga harus merelakan waktu pribadi dan keluarga untuk menjalankan tugas.

Selain itu seorang dokter harus sanggup bekerja di bawah tekanan, apalagi bagi dokter yang memiliki jadwal padat di rumah sakit, misalnya menghadapi banyak pasien dengan karakter yang berbeda hingga mengalami hal-hal yang tidak diinginkan saat melakukan tugas. Dengan resiko yang cukup sulit tersebut tentu saja sangat sesuai jika dokter termasuk pada profesi dengan pendapatan tertinggi. Besaran gaji dokter bahkan ada yang mencapai hingga miliaran rupiah per tahun.

Apa Saja Tugas Wewenang Seorang Dokter?

Tidak berbeda dengan profesi yang lain, seorang dokter memiliki wewenang dan tugas yang harus dijalankan. Berikut sekilas tentang tugas dan wewenang dokter yang perlu Anda ketahui:

Tugas Dokter

  1. Pemeriksaan Pasien

Tugas pertama seorang dokter adalah memeriksa dan memberikan layanan konsultasi mengenai masalah kesehatan yang dikeluhkan oleh pasien.

  1. Penetapan Diagnosis

Setelah dilakukan pemeriksaan, dokter harus melakukan diagnosis terhadap permasalahan kesehatan pasien tentunya berdasarkan ilmu kedokteran yang dikuasai. Dalam tahap ini, seorang dokter harus benar-benar memberikan diagnosis dengan teliti agar pasien menerima penanganan kesehatan yang tepat.

  1. Tindakan Medis
Baca Juga:  8 Pertanyaan Seputar Gaji Bidan Untuk Menjawab Keraguanmu

Tindakan medis merupakan upaya lanjutan dalam memberikan pelayanan kepada pasien. Tugas ini meliputi pemberian obat, merujuk pasien ke dokter lain, hingga melakukan pertolongan pertama. Jika salah memberikan tindakan medis dokter bisa dituntut secara hukum karena melakukan kelalaian dalam bertugas atau malpraktik

Wewenang Dokter

  1. Memiliki perlindungan hukum selama bertugas
  2. Memberikan layanan medis kepada pasien
  3. Memperoleh informasi tentang permasalahan kesehatan pasien secara jujur dan komprehensif
  4. Menyimpan berbagai jenis obat sesuai dengan jumlah yang diperbolehkan
  5. Mengeluarkan surat keterangan dokter yang dibutuhkan oleh pasien
  6. Mendapatkan imbalan jasa

Tugas dan wewenang ini menggambarkan bahwa seorang dokter memiliki tanggung jawab yang cukup berat. Hal ini tentu mempengaruhi nominal gaji dokter yang harus sepadan dengan beban pekerjaannya.

Berapa Gaji Dokter Umum dan Dokter Spesialis?

Terdapat dua jenis dokter yang dikenal dalam dunia kedokteran yaitu dokter umum dan dokter spesialis. Dokter umum adalah tenaga medis yang bekerja secara profesional dalam melakukan pemeriksaan, perawatan dan pengobatan pasien dengan masalah kesehatan yang sifatnya umum. Sedangkan dokter spesialis bekerja untuk menangani pasien dengan kondisi kesehatan yang lebih spesifik.

Gaji dokter umum dan spesialis pun memiliki perbedaan yang cukup  signifikan. Sebelum mengetahui besaran gajinya, sebaiknya Anda memahami beberapa perbedaan dokter umum dan spesialis berdasarkan ruang lingkup, masa pendidikan, biaya pengobatan hingga penanganan pengobatan berikut ini:

  1. Ruang Lingkup Pemeriksaan

Dokter umum memiliki ruang lingkup pemeriksaan yang luas, dari mulai diagnosis, perawatan, pengobatan hingga memberikan pengetahuan yang bisa mengedukasi pasien. Untuk dokter spesialis ruang lingkup pemeriksaannya lebih fokus dan mendalam pada satu masalah kesehatan misalnya spesialis anak, kandungan, bedah, gigi, mata, jantung, penyakit dalam, saraf, forensik dan masih banyak lagi.

  1. Masa Pendidikan yang Dijalani
Baca Juga:  Fantastis, Intip Besaran Gaji Notaris

Dokter spesialis harus menempuh masa pendidikan yang lebih lama dari dokter umum, karena harus melanjutkan pendidikan di bidang kedokteran tertentu yang lebih spesifik. Masa pendidikan dokter umum ditempuh selama 6 tahun sedangkan untuk dokter spesialis bisa diselesaikan setelah 9 tahun.

  1. Biaya Pengobatan

Biaya pengobatan dokter spesialis lebih besar jika dibandingkan dengan biaya pengobatan dokter umum, hal ini disebabkan karena dokter spesialis memiliki kompetensi yang lebih kompleks di bidang kedokteran tertentu sehingga proses penanganan penyakit dilakukan dengan lebih detail.

  1. Penanganan Pengobatan

Dokter umum biasanya memberikan penanganan kesehatan seperti resep obat oral atau suntikan, sedangkan penanganan dokter spesialis berupa beberapa jenis terapi seperti kemoterapi dan fisioterapi.

Berapa Kisaran Gaji Seorang Dokter Umum?

Ikatan Dokter Indonesia (IDI) mengatur batas minimal gaji untuk profesi ini yaitu sebesar 12 juta rupiah setiap bulannya. Namun begitu ada beberapa dokter umum yang mendapatkan pendapatan kurang dari nilai tersebut, bahkan nominalnya tidak sampai 3 juta rupiah per bulan.

Dokter umum yang mendapatkan gaji pokok kurang dari 3 juta rupiah biasanya merupakan dokter umum yang bekerja di daerah seperti puskesmas. Penghasilan ini belum termasuk dana tambahan berupa  tunjangan seperti dana insentif, uang makan, transportasi dan lain-lain

Berapa Kisaran Gaji Seorang Dokter Spesialis?

Gaji dokter spesialis sangat beragam tergantung kualifikasi bidang kedokteran yang dimiliki. Secara umum dokter spesialis bisa menghasilkan pendapatan sebesar belasan hingga ratusan juta rupiah setiap bulannya.

Untuk lebih rinci, berikut beberapa gaji seorang dokter spesialis berdasarkan kompetensi bidang kedokteran yang dimiliki :

  1. Dokter Gigi

Pendapatan yang dihasilkan dokter gigi bisa mencapai 11 juta rupiah setiap bulannya. Nominal ini termasuk tinggi karena dokter gigi diharuskan memiliki keahlian di bidang kesehatan gigi dan mulut.

  1. Dokter Bedah
Baca Juga:  Berapakah Besaran Gaji Dokter Spesialis Penyakit Dalam Dan Dokter Umum?

Tugas dokter bedah juga sangat riskan karena menyangkut keselamatan pasien saat dilakukan operasi. Dengan alasan tersebut penghasilan dokter bedah pun terbilang tinggi yaitu berkisar antara 20 hingga 50 juta rupiah per bulan.

  1. Dokter Jantung

Dokter jantung merupakan salah satu profesi dokter bidang spesialis dengan gaji tertinggi di dunia. Bagaimana tidak, jantung merupakan organ vital manusia sehingga apabila terjadi masalah kesehatan pada jantung, seorang dokter memiliki tanggung jawab yang sangat besar untuk melakukan penanganan medis yang tepat. Gaji seorang dokter jantung diperkirakan bisa mencapai 100 hingga 500 juta rupiah per bulan, nilai yang sangat fantastis bukan?

  1. Dokter Kandungan

Gaji dokter spesialis kandungan bisa mencapai 10 hingga 14 juta rupiah per bulan

  1. Dokter Patologi Forensik

Dokter patologi forensik bertugas untuk mencari penyebab kematian dengan melakukan diagnosis dan pemeriksaan laboratorium sehingga diperlukan keahlian khusus di beberapa cabang ilmu kedokteran. Karena hal tersebut, gaji dokter patologi forensik bisa mencapai 80 juta hingga 100 juta rupian per bulan.

Itulah penjelasan mengenai besaran gaji dokter di Indonesia. Selain memiliki tugas yang mulia menjadi seorang dokter ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Meskipun pendapatan seorang dokter terbilang besar, Anda harus mempertimbangkan beban dan resiko yang harus dihadapi jika tertarik untuk menjadi seorang dokter.