Bikin Penasaran, Ternyata Segini Gaji Dokter Kecantikan

Gaji Dokter Kecantikan – Keberadaan klinik kecantikan saat ini semakin banyak diserbu oleh banyak orang, terutama kaum wanita yang ingin tampil lebih cantik dengan kulit yang sehat. Dengan melakukan perawatan di klinik kecantikan, Anda bisa langsung berkonsultasi dengan dokter kecantikan mengenai permasalahan kulit yang sedang Anda alami agar bisa mendapatkan perawatan yang terbaik dan sesuai.

Mengenal Dokter Kecantikan

Dokter kecantikan atau biasa juga disebut dengan dokter estetika merupakan dokter yang bertugas untuk menangani permasalahan yang berkaitan dengan kecantikan, mulai dari kulit wajah hingga bentuk tubuh, namun dengan prosedur non bedah (non invasif) dan prosedur kosmetik minimal. Dokter kecantikan biasanya bisa Anda temui di klinik kulit kecantikan atau klinik estetika, dan juga di pusat medis perawatan kulit.

Untuk menjadi seorang dokter kecantikan tentunya bukanlah hal yang mudah. Seseorang harus menjalani serangkaian pelatihan khusus terlebih dahulu selama 1 sampai 2 tahun setelah menjadi dokter umum. Hal tersebut dilakukan untuk mendapatkan izin melakukan berbagai tindakan prosedur kosmetik. Dalam melakukan pekerjaannya, dokter kecantikan juga seringkali bekerja sama dengan dokter spesialis kulit dan kelamin serta dokter bedah plastik.

Syarat Menjadi Dokter Kecantikan

Untuk menjadi dokter kecantikan yang profesional, setidaknya Anda harus melakukan tiga hal berikut:

Lulus Kuliah Kedokteran

Sama seperti dokter pada umumnya, seorang dokter kecantikan harus lulus terlebih dahulu dari jurusan kedokteran dan mendapatkan gelar sarjana sebelum mengambil keahlian khusus lainnya. Hal ini dikarenakan dalam jurusan kedokteran akan mempelajari berbagai macam hal dasar yang sangat penting dan harus diketahui oleh semua dokter spesialis.

Maka tidak heran jika Anda ingin menjadi dokter kecantikan maka Anda harus lulus terlebih dahulu dan menerima gelar S.Ked. Dengan begitu, Anda bisa mengambil jurusan kedokteran terlebih dahulu sebelum nantinya mempelajari berbagai hal lebih lanjut mengenai masalah kesehatan kulit dan kecantikan.

Baca Juga:  Besaran Gaji UMR Gorontalo Utara

Lulus Pelatihan Kecantikan

Setelah lulus dari jurusan kedokteran, Anda bisa mendaftarkan diri ke pelatihan kecantikan untuk mendapatkan surat izin. Surat izin tersebut kemudian bisa Anda gunakan untuk mulai bekerja sebagai dokter kecantikan.

Dalam pelatihan ini, Anda akan berlatih dan mempelajari mengenai bagaimana cara menggunakan alat-alat kecantikan, mempelajari ilmu dasar meracik krim kecantikan, dan hal-hal lainnya.

Memiliki Surat Izin Mendirikan Klinik

Setelah Anda lulus dari pelatihan kecantikan, Anda bisa memilih untuk bekerja di tempat atau klinik orang lain atau membuka klinik kecantikan sendiri. Jika Anda ingin membuka atau mendirikan klinik kecantikan sendiri, maka Anda perlu memiliki surat izinnya terlebih dahulu.

Prosedur Perawatan Yang Dilakukan Dokter Kecantikan

Jika dilihat sekilas, tugas atau prosedur perawatan yang dilakukan oleh dokter kecantikan hampir sama dengan tugas yang dilakukan oleh dokter spesialis kulit dan kelamin. Namun, secara umum, dokter kecantikan hanya melakukan prosedur perawatan atau tindakan yang bertujuan untuk memperbaiki penampilan fisik seseorang, terutama untuk tujuan anti penuaan dengan memperhatikan aspek kesehatan kulit.

Selain itu, dokter kecantikan hanya bisa memberikan rekomendasi mengenai tindakan untuk perawatan pada kulit paling luar saja serta produk perawatan kulit yang sebaiknya digunakan oleh pasien. Kemudian, dokter kecantikan juga bisa melakukan berbagai macam prosedur non bedah yang sesuai dengan pelatihan yang sudah dijalani sebelumnya untuk membantu menangani keluhan pasien sebagai berikut :

  1. Facial wajah
  2. Peeling wajah ringan
  3. Mikrodermabrasi dan Dermabrasi
  4. Ekstraksi jerawat
  5. Tindakan IPL (Intense Pulsed Light) yang digunakan untuk mengatasi masalah kerutan, bintik hitam, hingga rambut yang ada pada wajah atau tubuh
  6. Perawatan laser yang digunakan untuk menghilangkan keriput atau kerutan dan juga rambut pada wajah dan tubuh
  7. PRP (Platelet Rich Plasma)
  8. Perawatan tubuh seperti body contouring dan lain sebagainya
  9. Transplantasi rambut
  10. Waxing

Selanjutnya, dokter kecantikan tidak diperbolehkan untuk mendiagnosis masalah kulit, mengobati jerawat meradang yang parah, atau bahkan meresepkan obat jerawat. Dokter kecantikan juga tidak diperbolehkan untuk melakukan tindakan yang di luar prosedur perawatan kosmetik, seperti suntik botox, suntik filler, dan tindakan-tindakan perawatan lain di kulit paling dalam. Hal tersebut dikarenakan perawatan yang sudah disebutkan sebelumnya hanya boleh dilakukan oleh dokter spesialis kulit yang sudah berpengalaman.

Baca Juga:  Besaran Gaji UMR Serang

Gaji Dokter Kecantikan

Dokter kecantikan merupakan salah satu pekerjaan yang sangat menjanjikan, baik di masa sekarang ataupun di masa mendatang. Hal tersebut bisa terjadi karena setiap wanita pasti ingin untuk selalu tampil cantik setiap saat, sehingga mereka cenderung akan melakukan perawatan kulit.

Untuk menjadi dokter kecantikan pun tidaklah mudah. Mereka harus menyelesaikan program sekolah kedokteran terlebih dahulu. Bahkan, sebagian besar dokter kecantikan harus menyelesaikan sekolah selama 12 tahun atau lebih sebelum mereka mulai membuka praktek sebagai dokter kecantikan yang berlisensi.

gaji dokter kecantikan rata-rata yang akan diterima oleh dokter kecantikan di Indonesia berkisar di angka Rp 7.500.000 per bulannya. Namun, gaji dokter kecantikan tersebut tidak pasti dan bisa saja bervariasi dan akan bergantung pada pengalaman, jabatan, lokasi praktek dan banyaknya jam praktek yang diambil.

Selain itu, jika dokter kecantikan bekerja di sebuah rumah sakit, maka mereka juga akan mendapatkan berbagai macam tunjangan atau asuransi. Berikut adalah beberapa daftar tunjangan atau asuransi  yang akan diterima oleh dokter kecantikan :

  1. Asuransi Malpraktek
  2. Asuransi Gigi
  3. Asuransi Kesehatan
  4. Asuransi Disabilitas
  5. Bantuan Relokasi
  6. Bantuan Pinjaman dan Pengampunan
  7. Cuti Berbayar
  8. Penggantian Lisensi
  9. Jadwal Kerja yang Fleksibel

FAQ

Bagaimana Tips Untuk Memilih Tempat Dokter Kecantikan yang Tepat?

Saat ini, banyak sekali klinik kecantikan yang bermunculan dengan menawarkan berbagai macam prosedur kecantikan tertentu yang seringkali membuat Anda merasa bingung untuk memilih dokter kecantikan mana yang tepat. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk memilih dokter kecantikan yang tepat :

Pengalaman dan Pelatihan Sang Dokter

Tips pertama adalah memperhatikan pengalaman dan juga pelatihan yang pernah dilakukan oleh sang dokter. Hal ini menjadi sangat penting karena bisa membantu Anda untuk memastikan sejauh mana keamanan prosedur yang akan dilakukan.

Anda bisa memilih dokter kecantikan yang sudah pernah menjalani pelatihan khusus untuk melakukan suatu prosedur tertentu. Sebagai contoh, Anda ingin melakukan suatu prosedur kecantikan wajah, maka Anda bisa memilih dokter kecantikan yang sudah bersertifikasi untuk melakukan tindakan tersebut.

Baca Juga:  Perbedaan Asuransi Jiwa dan Kesehatan, Mana yang Perlu Didahulukan?

Minta Rekomendasi

Tips selanjutnya yang mudah untuk dilakukan adalah meminta rekomendasi dari teman, saudara, atau bahkan dari dokter yang sebelumnya telah menangani permasalahan kulit Anda. Selain itu, Anda juga bisa meminta rekomendasi mengenai klinik dan dokter kecantikan yang bagus kepada orang-orang yang telah menjalani perawatan di tempat tersebut.

Dengan begitu, Anda akan lebih yakin dalam menentukan dokter kecantikan mana yang akan Anda pilih dan mana yang sekiranya cocok untuk masalah kulit Anda.

Sesuaikan Dengan Budget

Kemudian tips selanjutnya yang tak kalah penting adalah menyesuaikan dengan budget yang Anda miliki. Sesuai dengan hasil yang diberikan, dokter kecantikan dengan pengalaman dan pelayanan yang baik tentunya juga akan menyesuaikan tarifnya, dimana tarif tersebut biasanya akan lebih mahal dibandingkan dengan dokter kecantikan lainnya yang masih baru. Oleh karena itu, Anda bisa melakukan riset kecil-kecilan terlebih dahulu mengenai biaya yang diperlukan untuk menjalani perawatan di beberapa dokter kecantikan, kemudian mempertimbangkan mana yang sekiranya menawarkan prosedur kecantikan yang sesuai namun dengan biaya yang standar di pasaran.

Permasalahan Kulit Apa Saja yang Bisa Ditangani Oleh Dokter Kecantikan?

Sesuai dengan namanya, dokter kecantikan tentunya akan membantu Anda untuk menangani berbagai macam permasalahan kulit yang bisa mendukung penampilan Anda sebagai berikut :

  • Jerawat ringan dan komedo
  • Tanda-tanda penuaan, seperti kerutan, kulit kendur, bintik hitam di wajah, hingga hiperpigmentasi
  • Kulit kering, berminyak, kasar, dan lain sebagainya
  • Alergi atau iritasi kulit yang terjadi akibat penggunaan produk skincare tertentu
  • Warna kulit yang tidak merata atau kusam
  • Selulit, permukaaan kulit yang tidak merata, dan stretch marks
  • Masalah kebotakan
  • Menghilangkan rambut di bagian tubuh tertentu

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan mengenai dokter kecantikan, mulai dari syarat menjadi dokter kecantikan hingga gaji dokter kecantikan yang akan diterima. Dokter kecantikan akan membantu Anda untuk mengatasi berbagai macam permasalahan pada kulit, sehingga bisa membuat Anda tampil lebih cantik dengan kulit yang lebih sehat.

Artikel Terkait