Untuk Pemula, Kenali Istilah Dalam Trading Crypto

Istilah Dalam Trading Crypto – Sangat penting rasanya, ketika Anda mulai berinvestasi di crypto untuk memahami mengenai apa saja istilah dalam trading crypto. Mengingat investasi dari crypto yang semakin membooming, maka tak heran jika hampir seluruh golongan masyarakat mulai mencoba untuk trading dengan menggunakan mata uang digital tersebut.

Karena ketika memulai investasi tidak boleh asal, maka untuk pemula sangat penting untuk mengenal beragam istilah di dalam crypto yang biasa digunakan oleh para pemain crypto. Tujuannya adalah untuk bisa memahami istilah di dalam crypto sehingga nantinya bisa membantu Anda terjun ke bidang ini dengan lebih mudah.

Ketika sudah memahami istilah dalam trading crypto, maka secara tidak langsung ketika bermain crypto maka akan ada obrolan dengan para investor lain. Nah, dengan memahami istilah ini maka akan saling paham. Siapa tau dengan cara ini masing – masing dari Anda bisa mendapatkan informasi mengenai strategi jitu untuk bisa sukses dalam trading.

Agar anda tidak bingung mengenai istilah dalam trading crypto, maka berikut beberapa istilah yang sering digunakan oleh para investor crypto. Khususnya bagi para pemula harus memahami hal ini. Di antaranya:

Fomo

Kata Fomo adalah salah satu istilah dalam trading crypto yang paling sering diucapkan oleh investor. Jika untuk pemula mungkin ini agak asing, namun untuk dilingkungan investor ini adalah salah satu istilah yang paling umum.

Fomo adalah Fear of Missing Out. Dimana istilah ini sering kali ditujukan untuk pemula yang baru saja mengikuti saran pemain lama sehingga tidak akan kehilangan kesempatan ketika mereka trading.

Fud

Berbeda dengan Fomo, Fud kepanjangan dari Fear, Uncertainty, and Doubt. Yang artinya adalah salah satu istilah yang lebih mengacu dari aktivitas yang dilakukan oleh para investor. Artinya, Fud sendiri merupakan salah satu bentuk strategi yang dilakukan oleh para investor dalam menurunkan harga dari koin crypto. Sehingga nantinya mereka bisa mendapatkan harga yang lebih murah ketika membelinya.

Baca Juga:  Tips Cara Baca Grafik Trading Untung Besar

Jika anda sedang mempelajari istilah dalam trading crypto, maka fud sendiri juga memang salah satu istilah yang memang sering diucapkan.

Blockchain

Sebenarnya Blockchain sendiri adalah salah satu istilah yang memang paling umum digunakan dalam trading crypto. Karena arti dari blockchain sendiri mengacu pada koin crypto itu sendiri. Seperti yang diketahui, koin dari crypto memang beredar menggunakan teknologi dari Blockchain. Dan teknologi ini menjadi salah satu tonggak dasar dari pasar crypto yang mana memiliki fungsi dari penyimpanan data transaksi digital.

Mining

Itulah mining juga paling sering digunakan dalam trading crypto. Mining memiliki arti sebagai bentuk dari aktivitas menambang yang dilakukan oleh miner atau penambang.

Proses penambangan ini biasanya dilakukan dengan mengandalkan perangkat komputer yang memang sangat canggih yang sudah terhubung dengan internet yang super cepat. Dan sama halnya dengan menambang emas, para penambang ini biasanya akan berlomba – lomba dengan penambang lainnya untuk menjadi mata uang digital yang memang mereka inginkan.

Bagholder

istilah dalam trading crypto lain yang waktu diketahui oleh pemula adalah Bagholder. Jika dideskripsikan, sebenarnya penggambarannya sangat mirip dengan pasar saham. Dimana Bagholder sendiri adalah tempat yang memperlihatkan seperti apa kondisi dari trader yang gagal setelah terjadinya Pump and Dump.

Altcoin-Bitcoin

Untuk itulah Altcoin dan Bitcoin mungkin sudah seringkali didengar untuk pemula bukan? Bitcoin sendiri adalah salah satu bentuk mata uang digital yang digunakan dalam melakukan transaksi trading crypto. Bitcoin memiliki kode singkatkan BTC yang lebih mudah diingat oleh para pemain investasi crypto. Dan sedangkan Altcoin sendiri adalah alternatif koin yang biasanya digunakan dalam transaksi crypto selain menggunakan Bitcoin.

Baca Juga:  9 Cara Penting dari CEO Startup Agar Bisnis Sukses

HODL

Istilah Hold adalah anagram dari Hold. Yang dimaksudkan Hodl dalam crypto adalah hold on for dear life. Dimana istilah ini biasanya lebih mengacu bagaimana strategi yang digunakan pada investor dalam menahan atau mempertahankan aset dari crypto yang dimilikinya. Sehingga tidak akan menyebabkan kerugian besar ketika melakukan trading. Jadi, bisa diingat – ingat arti dari istilah ini.

Pump and Dump

Di poin sebelumnya memang sudah sedikit dibahas mengenai Pump and Dump. Mungkin Anda bertanya – tanya mengenai arti dari istilah dalam trading crypto. Nah, sebenarnya istilah ini lebih mendeskripsikan strategi yang dilakukan ketika Anda melakukan trading. Dalam skemanya sendiri biasanya mengiring opini dari investor untuk koin tertentu sehingga nantinya akan meningkatkan harga. Dan pada saat yang bersamaan juga mereka yang memiliki koin tersebut akan menjual koin karena mendapatkan penawaran harga di pasar yang cukup besar sehingga harganya menjadi jatuh.

Scalping

Istilah Scalping secara sederhana menjelaskan seperti apa strategi dari trading yang dijalankan sehingga bisa mencapai keuntungan dalam waktu yang singkat. Strategi ini biasanya diterapkan oleh para investor yang memiliki keinginan untuk mendapatkan lebih banyak profit seringin dengan harga dari crypto yang tidak menentu.

Whale

Untuk para pemula yang mulai ingin mempelajari istilah crypto secara luas, maka istilah dalam trading crypto Whale mungkin akan Anda temukan. Whale sendiri adalah sebutan yang sering digunakan oleh para investor ketika mereka menyebutkan para trader di pasar crypto. Yang mana Whale ini menyebutkan sebagai aset dari crypo dalam jumlah yang cukup besar.

Rekt

Sebenarnya istilah ini hampir mirip dengan Hodl, hanya saja penggunaan dari Rekt dalam istilah dalam trading crypto ini biasanya lebih ditujukan pada investor yang mengalami kerugian yang cukup besar. Biasanya istilah ini bisa muncul ketika investor mengambil keputusan yang salah ketika trading.

Baca Juga:  Tren Bisnis yang Diyakini Moncer di Tahun 2022

No Coiner

Sebenarnya istilah dalam trading crypto ini sama seperti namanya yang biasanya dipakai oleh sesama dari trader untuk bisa menghack trader lain yang tidak memiliki koin atau trader yang sudah menjual semua koin yang dimilikinya.

Cryptosis

Untuk istilah Cryptosis sendiri sering diberikan kepada orang yang terlalu antusias terhadap crypto. Mereka yang biasanya disebut dengan itulah ini memiliki rasa penasaran dan antusias yang tinggi terhadap aset dari crypto. Hal ini membuat mereka tidak bisa berhenti dalam berbicara, membaca hingga mendengarkan informasi apapun mengenai investasi dari crypto itu sendiri.

Bearish-Bullish

Untuk trader baru, istilah dari Bearish Bullish mungkin satu hal yang asing. Namun bagi trader lama istilah ini mungkin terdengar lebih familiar. Dan secara umum, Bearish memiliki arti turun dan Bullish naik. Dan dengan arti umum ini bisa disimpulkan jika istilah dari Bearish adalah kondisi dimana harga aset sedang dalam masa penurunan. Sedangkan Bullish adalah kondisi dimana harga dari aset di pasar crypto sedang mengalami kenaikan yang sangat bagus dan signifikan.

Staking

Selanjutnya, istilah dalam trading crypto yang mungkin belum banyak diketahui oleh pemula adalah Staking. Ini adalah salah satu istilah yang biasanya lebih merujuk pada aktivitas yang dilakukan oleh para investor agar bisa mendapatkan pasif income. Cara untuk mendapatkannya adalah dengan melakukan validasi transaksi yang berkaitan dengan sistem Blockchain.

Artikel Terkait