Prosedur Pengajuan Klaim Asuransi dan Tips

Prosedur Pengajuan Klaim Asuransi – Semua orang memiliki risiko mengidap penyakit atau mengalami kehilangan benda berharga. Guna mengalihkan risiko supaya tidak membebani finansial seseorang yang terkena musibah maka dibutuhkan asuransi.

Setidaknya seseorang pasti memiliki satu jenis asuransi yakni asuransi kesehatan. Hanya saja masih banyak orang yang keberatan dalam mengeluarkan uang untuk membayar premi. Padahal asuransi merupakan suatu kebutuhan di masa sekarang. Para calon nasabah juga perlu untuk mengetahui prosedur pengajuan klaim asuransi

Proses klaim dalam artikel ini akan membahas tentang klaim asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi mobil, asuransi motor, dan lain-lain. Anda juga perlu memahami tips supaya klaim tidak mengalami penolakan. 

Prosedur Pengajuan Klaim Asuransi

Jenis dari asuransi sangat banyak dan setiap jenis memiliki peraturan klaim berbeda. Anda akan dibawa untuk memahami asuransi kesehatan, asuransi jiwa, dan lain sebagainya.

1. Cara Klaim Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan dapat memberikan uang pertanggungan atas pengobatan sampai operasi yang biasanya membutuhkan banyak uang. Tidak heran bila banyak orang yang berinvestasi terhadap kesehatan di masa depan dengan menggunakan asuransi kesehatan. Setiap kali akan mengajukan klaim terhadap polis yang dimiliki maka dapat melakukan beberapa langkah berikut:

  • Nasabah harus memastikan bahwa mereka masih memiliki polis aktif dan pahami bagian pengecualian dengan baik. Karena setiap perusahaan asuransi dan jenis programnya menerapkan aturan pengecualian berbeda-beda.
  • Anda yang sudah memahami seluruh isi polis termasuk pengecualiannya dapat menghubungi pihak asuransi bahwa ingin melakukan perawatan di rumah sakit. Pastikan pilih rumah sakit yang melakukan rekanan bisnis dengan perusahaan asuransi yang Anda miliki. Biasanya agen akan memberitahukan sejumlah langkah yang perlu dilakukan.
  • Setiap biaya pembayaran perlu Anda simpan dengan baik bagi yang menggunakan polis sistem reimbursement.
  • Selanjutnya lakukan pengisian formulir klaim yang biasanya dapat diunduh melalui website perusahaan.
  • Lakukan proses klaim dengan segera dan masih dalam waktu 30 hari setelah perawatan medis. Formulir yang sudah diisi dapat Anda unggah ke website maupun kirim dokumen asli ke kantor perusahaan asuransi.
  • Dokumen pengajuan klaim yang lengkap biasanya akan diterima dan perusahaan asuransi akan segera melunasi tagihan pembayaran sambil memberikan perlindungan atas suatu polis.
Baca Juga:  Besaran Gaji UMR Kepulauan Siau Tagulandang Biaro

2. Cara Klaim Asuransi Jiwa

Anda yang memiliki asuransi jiwa juga dapat mengajukan klaim dengan cara yang tepat. Beberapa pengajuan klaim dapat Anda beritahukan berikut.

  • Para ahli waris harus berusaha menghubungi bagian agen asuransi tentang laporan pemegang polis sudah meninggal dunia atau mengalami cacat akibat kecelakaan. Jika meninggal dunia maka pihak ahli waris harus menyertakan laporan kematian maupun dokumen polis saat pengajuan.
  • Pihak asuransi akan berusaha melakukan verifikasi terhadap surat pengajuan klaim dan kembali menghubungi bagian ahli waris. Selanjutnya melakukan banyak interview untuk mengetahui kebenaran dari kabar meninggalnya pemegang polis. Pemastian dokumen seperti surat kematian juga akan ditangani oleh pihak ahli waris.
  • Bagian agen asuransi akan memberikan formulir klaim kepada ahli waris. Ahli waris perlu mengisi dan mengirimkan kembali formulir tadi ke pihak agen. Ahli waris juga perlu untuk menyiapkan dokumen lainnya seperti Fotokopi KTP, surat keterangan kematian, surat kematian dari dokter, surat penyebab kematian dari kepolisian asli.
  • Prosedur pengajuan klaim asuransi yang selanjutnya adalah pihak perusahaan asuransi akan memverifikasi dokumen sekaligus analisa data yang sudah lengkap.
  • Ketika dokumen klaim sudah disetujui maka bagian asuransi akan kembali mengontak ahli waris. 
  • Dana klaim dicairkan sesuai ketentuan polis dari masing-masing perusahaan asuransi.

3. Cara Klaim Asuransi Motor

Anda yang memiliki motor untuk bekerja dapat melakukan pengalihan risiko kecelakaan atau kerusakan mesin dengan menggunakan asuransi motor. Cocok juga bagi para pemilik motor mahal sebagai hobi. Jenis dari asuransi motor sendiri ada dua macam yakni asuransi all risk dan asuransi total loss only. Berikut ini beberapa cara klaim asuransi motor yang perlu dicoba.

  • Seluruh bukti kerusakan akibat kecelakaan dikumpulkan dan berlaku juga untuk kerusakan akibat bencana alam. Anda bisa mengambil foto dari banyak sisi. 
  • Bawa seluruh dokumen yang berkaitan dengan kendaraan, seperti STNK, SIM, fotokopi polis, dan juga surat keterangan polisi disaat kerusakan yang ditimbulkan akibat kecelakaan masuk kategori parah.
  • Hubungi bagian agen asuransi dan datangi bengkel yang menjadi rekanan dari pihak asuransi. Langkah ini sangat penting untuk menentukan cair tidaknya suatu klaim. Agen nanti akan datang ke bengkel rekanan sambil melihat kerusakan yang dialami motor pemegang polis.
  • Kecelakaan yang terjadi di luar kota dapat diklaim dengan menghubungi kantor cabang terdekat. Jelaskan mengenai detail motor mengalami kecelakaan dan ikuti seluruh petunjuk klaim dari kantor cabang. Lakukan seluruh prosedur segera karena asuransi motor punya batas waktu 3×24 jam.
  •  Isi formulir asuransi motor ketika berada di kantor cabang. Isi dengan benar-benar mengenai detail terjadinya kecelakaan dan dampaknya terhadap motor. Jaga kejujuran dalam pengisian data karena data yang disampaikan akan diverifikasi langsung di lapangan. Perbedaan atas data yang disampaikan dapat menimbulkan klaim ditolak.
Baca Juga:  Besaran Gaji UMR Mamasa

4. Cara Klaim Asuransi Smartphone

Para pemilik smartphone mahal juga biasanya akan melengkapi hapenya dengan asuransi smartphone. Proteksi yang diberikan untuk kejadian keretakan, layar pecah, kerusakan unit minor, dan kerusakan unit total.

Hanya saja asuransi smartphone dibagi menjadi dua kategori yaitu asuransi full protection dan asuransi screen protection. Anda yang berminat melakukan klaim proteksi atas kerusakan pada smartphone dapat mengikuti sejumlah prosedur pengajuan klaim asuransi:

  • Lakukan pengisian klaim asuransi via aplikasi maupun website asuransi. Sertakan informasi penyebab kerusakan pada smartphone apakah akibat jatuh atau pun tertimpa barang-barang.
  • Ikuti seluruh petunjuk dalam pengajuan klaim berdasarkan arahan dari perusahaan asuransi. 
  • Para pemegang polis ini perlu menunggu proses penyetujuan klaim cair. Apabila perusahaan asuransi setuju maka smartphone yang rusak akan segera diperbaiki oleh service center resmi. Tentu saja service center yang dimaksud menjadi rekanan dengan pihak asuransi juga.
  • Smartphone yang rusak akan segera diperbaiki dengan waktu sekitar 7 hari.

Pada dasarnya cara klaim dari asuransi smartphone tidak serumit asuransi lainnya, seperti kesehatan, jiwa, maupun asuransi kecelakaan. Bahkan Anda sama sekali tidak harus membuat surat kepolisian.

Tips Klaim Agar Disetujui

Terdapat beberapa tips yang perlu pemegang polis pahami supaya klaim cepat disetujui. Lakukan beberapa langkah berikut secara cermat.

  • Isi data pribadi dengan baik sesuai KTP, karena kalau ada data yang berbeda pasti akan ditolak klaimnya.
  • Pastikan juga apakah polis yang ada masih dalam masa aktif proteksinya. Jangan ada premi menunggak karena dapat dimasukkan ke dalam kategori batal yang berujung klaim ditolak.
  • Lebih dari masa tunggu asuransi yang mana masa tunggu asuransi merupakan waktu dimana polis belum dapat diaktifkan untuk mengalihkan risiko.
  • Pelajari dengan cermat apa saja kasus yang memungkinkan untuk proses klaim dan pengecualian.
Baca Juga:  Mari Mengenal Asuransi Kesehatan Selain BPJS yang Tak Kalah Penting untuk Dimiliki!