5 Asuransi Terbaik di Indonesia dan Tips Memilih Perusahaan yang Benar

Asuransi Terbaik di Indonesia – Semasa masih muda semua orang harus memikirkan persiapan untuk masa tua karena di masa tua tingkat produktivitas akan semakin berkurang. Salah satu cara yang tepat untuk mempersiapkan perekonomian jika sewaktu-waktu mengalami sakit adalah asuransi. Terlebih lagi asuransi terbaik di Indonesia sudah banyak jenisnya. Banyaknya asuransi juga harus dipilih-pilih agar bisa sesuai dengan kebutuhan masing-masing orang.

Daftar Asuransi Terbaik di Indonesia

Jumlah asuransi nasional yang berhasil mencapai predikat terbaik jumlahnya lebih dari 10 macam. Namun kali ini akan dibahas beberapa daftar yang masuk terbaik teratas saja, terutama dalam menghadapi krisis ekonomi akibat kemunculan Covid-19. Beberapa daftar asuransinya bisa langsung Anda simak sebagai berikut.

AXA Mandiri

Asuransi Terbaik di Indonesia_1

Asuransi terbaik di Indonesia yang pertama akan dibahas adalah AXA Mandiri. Perusahaan tersebut sudah mengeluarkan produk baik berupa Smartcare Executive. Harga polis yang ditawarkan bermacam-macam sehingga setiap orang bisa menyesuaikan dengan pendapatan. Bagi Anda yang memerlukan limit tahunan yang tinggi maka bisa memilihnya di AXA Mandiri.

Harga dari premi yang dianggap terjangkau dapat diraih seharga Rp 170.000 setiap bulan. Dilansir langsung dari websitenya, premi minimum yang dapat diakses oleh AXA Mandiri adalah Rp 100.000. Usia yang masuk dalam tanggungan polisnya berada di kisaran 15 hari setelah pendaftaran sampai dengan 65 tahun. Proses registrasi untuk mengambil polis cukup tiga langkah saja yakni melengkapi formulir, menyertakan dokumen asli, dan juga kirimkan klaim.

Prudential

Asuransi Terbaik di Indonesia

Asuransi yang satu ini pasti sudah tidak asing di telinga Anda, Prudential. Setidaknya Prudential merupakan salah satu perusahaan asuransi kesehatan yang dianggap terbaik pada 2020 sampai 2021. Para pemegang polis bisa mendapatkan manfaat asuransi kesehatan yang nyata dan tidak hanya berupa janji. Contoh manfaat yang ditawarkan oleh asuransinya berupa santunan rawat inap, santunan meninggal dunia, dan juga rawat jalan (terutama pada Polis Simas Sehat Gold).

Baca Juga:  Bikin Penasaran, Ternyata Segini Gaji Dokter Kecantikan

Harga premi yang harus dibayarkan juga cukup terjangkau mencapai Rp 171.000-an setiap bulan. Jenis produk yang ditawarkan oleh Prudential sendiri sangat bermacam-macam seperti Asuransi Kesehatan, Asuransi Jiwa, Pendidikan, Perlindungan Bebas Premi, dan Dana Investasi. Bahkan perusahaan asuransi Prudential juga mengumumkan sudah mengeluarkan produk yang berbasis syariah. Produk berbasis syariah sudah direncanakan akan dilakukan pemisahan terhadap Unit Usaha Syariah dari yang konvensional.

AIA

Perusahaan asuransi yang juga sangat terpercaya pemberian layanannya adalah AIA. Pemberian pelayanan kepada masyarakat sudah berlangsung sejak 1983 sehingga sekarang jumlah produk yang cukup banyak. Produk yang juga ditawarkan AIA berupa proteksi jiwa, asuransi kesehatan, dan asuransi penyakit kritis. Setiap produk tadi juga terbagi kembali ke dalam banyak jenisnya yang mana memungkinkan calon pemegang polis memilih dengan lebih leluasa.

Contoh dari produk yang banyak pemegang polisnya berupa Vital Care. Para pemegang polis tidak perlu cemas terhadap perlindungan finansial sewaktu penyakit kritis kambuh. Jangka asuransi terus berlaku sampai pemegang polis berusia 99 tahun. Asalkan usia masuk berkisar dari 0 tahun hingga 70 tahun. Anda yang berminat dapat membeli produk AIA Vital Care melalui BCA.

Sinarmas

Asuransi terbaik di Indonesia lainnya adalah Sinarmas. Sinarmas sendiri sudah banyak memberikan perlindungan kesehatan terhadap pemegang polis yang berusia 59 tahun dan bisa dilakukan perpanjangan hingga usia 75 tahun. Produk dari bagian asuransi yang berhubungan kecelakaan dan kesehatan ada 3 macam yakni kecelakaan diri, personal accident and health, dan juga kesehatan.

Anda yang tertarik untuk menggunakan produk dari Sinarmas ke depannya dapat melakukan pembayaran melalui Virtual Account Bank. Jadi Anda akan bisa melakukan pembayaran melalui Internet Banking sehingga tidak perlu sama sekali datang ke kantor Sinarmas maupun melalui ATM.

Baca Juga:  Cara Berhenti Asuransi AIA BCA yang Perlu Anda Perhatikan

FWD Life

Perusahaan asuransi yang juga menawarkan pelayanan dengan baik adalah FWD Life. Negara asal dari FWD Line yakni Hongkong. Asuransi ini terpilih menjadi yang terbaik di tahun 2020 dan 2021 karena memberikan premi yang jauh lebih terjangkau dibandingkan dari asuransi lainnya sampai-sampai ada yang di bawah Rp 100.000.

Tips Memilih Asuransi Kesehatan

Pemilihan asuransi kesehatan tidak boleh dilakukan asal-asalan karena berkaitan dengan bekal masa depan. Terlebih lagi Anda sudah membayar premi secara rutin tentunya berharap agar dana asuransi dapat benar-benar siap saat diperlukan. Anda bisa menghindari kekecewaan dengan mengetahui cara memilih asuransi yang tepat. Cara memilih asuransi yang tepat bisa Anda ketahui berikut ini.

  • Pembelian polis Asuransi Berdasarkan Keperluan

Hal pertama yang harus dipertimbangkan dalam pemilihan asuransi selalu berhubungan dengan keperluan. Anda tidak boleh semata-mata merasa tidak enak akibat ditawarkan oleh para agen asuransi. Sikap tidak enakan justru bisa membuat tatanan finansial diri jadi rusak. Apalagi kalau harga premi yang dibayar harus jauh lebih mahal dibandingkan dengan pendapatan bulanan.

Sesuaikan pengambilan premi tetap berdasarkan kemampuan finansial. Jangan sampai untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari jadi terganggu, terutama bagi yang sudah berkeluarga.

  • Pilih Agen Terpercaya dan Pelajari Produk

Berhati-hatilah dalam memilih agen asuransi karena tidak semua punya track record baik. Pilih agen yang memenuhi kualifikasi bidang profesionalisme sesuai latar belakangnya sehingga benar-benar dapat memahami produk yang ditawarkannya.

Terlebih lagi produk asuransi yang satu dengan lainnya berbeda jadi tidak dapat digeneralisasi. Penting untuk memahami apakah agen berkualifikasi melalui CFP, QWP, dan juga RFP. Pilih agen yang sudah mendapatkan title kehormatan sebagai Million Dollar Round Table karena gelar hanya diberikan bagi mereka yang sudah mencapai batas tertentu dari penjualan produk asuransinya.

  • Mohon untuk Ditunjukkan Ilustrasi Produk
Baca Juga:  Mengenal Pengertian dan Jenis Asuransi Tradisional yang Jarang Diketahui

Anda boleh saja meminta penjelasan secara lengkap terhadap agen yang menawarkan produk tentang ilustrasi produk. Penjelasan lain yang perlu dipahami juga berhubungan dengan mekanisme produknya. Langsung tanyakan produk secara mendetail ketika ada penjelasan yang belum dipahami.

Selain bertanya kepada agen sebaiknya Anda juga mencari tahu dari pihak yang lebih netral sehingga tidak hanya memperoleh kabar baik dari suatu premi tetapi juga realita yang sering terjadi di lapangan. Orang yang bersikap netral terhadap suatu perusahaan asuransi seperti Perencana Keuangan bisa cukup diandalkan dalam hal ini. Siapapun dapat bertanya untuk menggali informasi lebih dalam ke Perencana Keuangan baik melalui sosial media atau chatting.

  • Minta Dijelaskan Pertanggungan Sampai Lebih dari 3 Tahun

Setiap orang yang hendak mendaftarkan diri pada suatu premi asuransi maka perlu bertanya lebih lanjut mengenai pertanggungan hingga beberapa tahun ke depan. Sebaiknya sekitar 5 tahun atau lebih sehingga bisa lebih dari 36 kali gajinya. Pertanggungan ditujukan untuk memberikan jaminan finansial kepada ahli waris yang ditinggalkan ketika sesuatu terjadi pada pemegang polis. Waktu selama tersebut diharapkan mampu membuat kondisi keuangan ahli waris menjadi lebih stabil dan bisa pulih.

  • Lakukan Review Polis Setahun Sekali

Hal yang tidak boleh dilupakan juga adalah berikan review terhadap polis yang diambil. Review diperlukan untuk bisa membackup finansial sewaktu terjadi perubahan kondisi dan kebutuhan yang mempengaruhi finansial.

Artikel Terkait