Mengenal Apa Itu Asuransi Pendidikan dan Berbagai Manfaatnya

Apa Itu Asuransi Pendidikan – Salah satu produk perlindungan sekaligus investasi yang diperuntukkan bagi anak-anak adalah pendidikan. Sayangnya, tidak banyak orang mengetahui tentang apa itu asuransi pendidikan tersebut. Padahal, ada berbagai bisa diperoleh ketika memakainya.

Kenali Dahulu Apa itu Asuransi Pendidikan

Perlu Anda ketahui, bahwa asuransi pendidikan adalah salah satu produk perlindungan serta asuransi untuk anak. Hal ini berarti, asuransi akan membantu memberikan jaminan perlindungan sekaligus investasi kepada nasabah atau pihak terjamin sebagai ahli waris pemegang polis.

Asuransi pendidikan juga dapat diartikan sebagai orang tua yang diinvestasikan bagi kebutuhan pendidikan anak di . Umumnya, asuransi ini tidak hanya melayani jaminan pendidikan saja. Akan tetapi juga asurans jiwa untuk anak.

Dari pengertian tersebut juga dapat disimpulkan bahwa penerima serta jaminan perlindungan asuransi adalah anak. Akan tetapi, untuk premi setiap bulan atau tahunnya perlu dibayarkan oleh pihak orang tua. Dalam hal ini, orang tua tersebut berperan sebagai pemegang polis.

Apa Saja Manfaat Asuransi Pendidikan Anak?

Ada banyak manfaat yang ditawarkan kepada nasabah apabila mereka menggunakan asuransi pendidikan untuk anak. Apabila Anda masih termasuk awam dalam hal ini, maka usahakan untuk menyimak ulasan lengkapnya pada penjelasan di bawah ini:

  • Menjamin Pendidikan Anak

Perlu Anda ketahui, bahwa tujuan utama menggunakan asuransi pendidikan adalah untuk menjamin seluruh pengeluaran pendidikan anak. Umumnya, pendidikan tersebut akan dicover oleh pihak asuransi sampai dengan jenjang perguruan tinggi.

Baca Juga:  Mari Mengenal Asuransi Kesehatan Selain BPJS yang Tak Kalah Penting untuk Dimiliki!

Hanya saja, biaya yang dikeluarkan dari pihak asuransi tergantung dari jenis preminya. Dimana premi tersebut perlu dibayarkan secara rutin. Ketika memakai asuransi ini, maka Anda sebagai orang tua tidak perlu khawatir lagi mengenai tanggungan serta biaya pendidikan anak di masa akan datang.

Umumnya, asuransi pendidikan akan dibuat sepaket dengan asuransi jiwa bagi pemegang polis. Apabila terdapat kejadian di luar dugaan contohnya seperti kematian pemegang polis, maka ahli waris akan memperoleh uang pertanggungan.

  • Investasi Masa Depan

Ketika seseorang menggunakan asuransi, maka mereka memiliki peluang untuk memperoleh keuntungan tambahan dari hasil investasinya. Hal ini karena biaya dari premi yang dibayarkan setiap bulannya akan dikelola oleh pihak asuransi dengan bentuk investasi di pasar modal.

Kemudian, jika hasil investasi tersebut memperoleh keuntungan dengan maksimal, maka tentu saja Anda sebagai pemegang polis akan memperoleh keuntungan tambahan. Hanya saja, hal tersebut umumnya mempunyai syarat dan ketentuannya.

  • Resiko Orang Tua

Setiap orang tua tentu menyayangi anak-anak mereka. Akan tetapi, dalam suatu waktu orang tua tidak bisa selalu ada untuk anak. Terlebih, apabila terjadi resiko tidak mengenakkan dan tidak terduga. Contohnya mengalami kecelakaan, pensiun ketika anak masih sekolah, jatuh sakit, hingga mengalami cacat fisik.

Semua hal tersebut tidak bisa diprediksi sehingga mengakibatkan kepada biaya pendidikan yang tidak bisa dipenuhi. Apabila memakai asuransi, maka biaya pendidikan anak masih dapat berlanjut dengan adanya asuransi pendidikan. Tidak heran jika asuransi jenis ini umumnya memiliki unsur asuransi jiwa bagi orang tua.

Beberapa Jenis Asuransi Pendidikan Anak

Setelah memahami tentang apa itu asuransi pendidikan dan manfaatnya, maka kurang lengkap rasanya apabila belum mengetahui jenis asuransi tersebut. Asuransi pendidikan pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan produk asuransi lainnya. Berikut diantaranya:

  • Asuransi Pendidikan Unit-link

Jenis asuransi pendidikan pertama adalah unit-link. Asuransi ini sendiri menawarkan keuntungan sekaligus manfaat tersendiri jika dibandingkan dengan lainnya. Yakni berupa gabungan layanan asuransi serta investasi. 

Baca Juga:  Asuransi Kehamilan Dan Melahirkan : Jenis-jenis, Manfaat, Serta Apa Rekomendasi Produknya

Dalam hal ini, pemegang polis perlu membayarkan premi untuk biaya pendidikan anak saja. Kemudian, dana tersebut akan diputar untuk produk investasi. Hal tersebut yang menjadikan nasabah bisa memperoleh dua manfaat sekaligus.

  • Asuransi Pendidikan Dwiguna

Jenis asuransi lainnya adalah dwiguna. Jika dibandingkan dengan lainnya, jenis asuransi ini termasuk yang menawarkan fasilitas tabungan dengan berbagai fitur mirip dengan tabungan berjangka.

Apabila memakai asuransi jenis ini, maka biaya tetap dapat dicairkan dalam periode yang sudah disepakati sehingga tidak perlu lagi menunggu kematian pemegang polisnya. Untuk besaran nominal yang diterima nantinya didasarkan pada kesepakatan perjanjian.

  • Asuransi Pendidikan Syariah

Selain asuransi pendidikan jenis unit-link dan dwiguna, masih ada jenis asuransi lainnya yang bisa Anda jadikan pilihan. Tidak lain yakni asuransi pendidikan syariah. 

Asuransi syariah ini sendiri memang tidak jauh berbeda dengan jenis lainnya. Akan tetapi, semua bentuk transaksi serta perjanjian yang dilakukan antara nasabah serta perusahaan asuransi dilakukan atas dasar-dasar syariah Islam.

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menggunakan Asuransi Pendidikan

Perlu Anda pahami, bahwa pada dasarnya penggunaan asuransi tidak luput dari adanya resiko. Pasalnya, setiap investasi tentu memiliki resikonya sendiri-sendiri. Oleh sebab itu, usahakan untuk memperhatikan beberapa hal di bawah ini sebelum menggunakannya:

  • Asuransi Pendidikan Berbeda dengan Tabungan Pendidikan

Tidak banyak orang memahami bahwa pada dasarnya asuransi pendidikan berbeda dengan tabungan pendidikan. Mungkin selama ini Anda berpikir bahwa pembayaran premi asuransi pendidikan sama dengan menabung secara rutin setiap bulan.

Beberapa orang juga akan menganggap bahwa ketika memakai asuransi ini akan langsung memperoleh keuntungan dari investasi. Akan tetapi, pada dasarnya investasi tersebut juga memiliki resiko kerugian. Baik itu secara keseluruhan ataupun sebagian.

  • Terdapat Biaya Tambahan

Tahukah Anda, bahwa ketika menggunakan asuransi, maka umumnya terdapat biaya tambahan. Contohnya seperti biaya admin, biaya asuransi, dan lainnya. Hal ini biasanya akan dipotong dalam waktu 5 tahun pertama dari premi yang dibayarkan oleh nasabah. 

Baca Juga:  Daftar Asuransi Terbaik di Dunia Beserta Jenis-jenisnya

Akan tetapi, umumnya hal tersebut akan bergantung pada perusahaan asuransi masing-masing. Oleh sebab itu, ada baiknya untuk tidak jumlah investasi terlalu tinggi di awal. 

  • Salah Memilih Investasi

Bukan tidak mungkin manajer investasi dari perusahaan asuransi mengalami salah langkah. Terlebih apabila mereka menginvestasikan dana pendidikan Anda pada instrumen yang salah. Hal ini bisa saja menyebabkan kerugian sehingga keuntungan tidak kunjung diperoleh.

  • Setoran Premi Diperpanjang

Apabila Anda sudah terlanjur membeli asuransi pendidikan sedangkan setoran premi yang dipilih dalam jangka waktu pendek tetapi ternyata hasil investasinya belum menguntungkan. 

Tidak heran jika hal ini akan menyebabkan uang pertanggungan belum tercukupi.Hal tersebut umumnya akan menyebabkan perpanjangan jangka waktu setoran premi.

  • Pahami Dulu Ketentuan Polis Asuransi

Apabila Anda ingin mempertimbangkan mengenai produk asuransi pendidikan apakah sudah tepat untuk dipilih atau tidak, maka hal ini bisa dilakukan dengan memahami dahulu seperti apa ketentuan polis asuransinya.

Terlebih, apabila Anda tidak mengetahuinya maka bisa langsung bertanya dan berkonsultasi pada agen terkait sehingga mendapatkan rekomendasi paling tepat. Selain itu, tidak mengapa apabila membatalkan polis sekiranya pilihan asuransi tersebut tidak sesuai.

Itu tadi penjelasan lengkap mengenai apa itu asuransi pendidikan yang bisa Anda ketahui lebih lanjut sebelum memutuskan untuk menggunakannya. Usahakan juga untuk memperhatikan beberapa hal di atas agar nantinya proses asuransi dapat berjalan semaksimal mungkin.

 

Artikel Terkait