Asuransi Kehamilan Dan Melahirkan : Jenis-jenis, Manfaat, Serta Apa Rekomendasi Produknya

Asuransi Kehamilan Dan Melahirkan – Informasi tentang asuransi kehamilan dan melahirkan memang patut diketahui bagi Anda yang memiliki coverage ini.

Produk Asuransi melahirkan ini adalah pelayanan yang diberikan oleh perusahaan pertanggungan untuk masa kehamilan maupun melahirkan bagi para nasabah. Anda dapat memilih jenis produknya sesuai keadaan keluarga serta layanan perusahaan asuransi.

Asuransi ini juga bisa menjadi solusi bagi para ibu hamil untuk memperoleh pelayanan persalinan optimal tanpa harus mengeluarkan banyak biaya. Pembahasan seputar asuransi kehamilan dan melahirkan akan dijelaskan pada artikel kali ini. 

Apa Itu Asuransi Kehamilan Dan Melahirkan?

 

Pengertian asuransi kehamilan dan melahirkan adalah produk asuransi kesehatan yang akan menanggung biaya dimulai dari masa-masa kehamilan sampai persalinan.

Adanya proteksi ini sangat bermanfaat untuk mengurangi beban biaya misalnya pemeriksaan kehamilan, biaya medis ketika persalinan, sampai dengan menanggung tindakan medis karena keguguran.

Di dalam asuransi melahirkan juga terdapat istilah masa tunggu umumnya selama 12 bulan. Hal ini berarti, apabila nasabah mendaftarkan diri di September 2023, maka ia harus menunggu sampai dengan 12 bulan atau September 2023 agar bisa memakai manfaat pertanggungan untuk melahirkan.

Akan tetapi, ada pula sejumlah produk asuransi yang tidak harus menjalani masa tunggu dan disesuaikan dengan kebijakan setiap perusahaan.

Pertanyaan berikutnya, apakah penting memiliki asuransi melahirkan ini? Jawabannya memang sangat penting. Terlebih lagi, proses persalinan memang punya resiko besar baik untuk ibu maupun calon bayi. Agar dapat mengantisipasi resiko tersebut, maka sebaiknya ibu hamil memproteksi dirinya dengan membeli asuransi kehamilan.

Baca Juga:  Cara Daftar Asuransi Kesehatan Prudential dan Informasi Penting Lainnya

Jenis-jenis Asuransi Kehamilan dan Melahirkan

Dalam produk asuransi kehamilan dan melahirkan, ada beberapa jenis nya yang dikelompokkan menjadi dua yaitu asuransi kesehatan dan asuransi jiwa. Berikut ini masing-masing penjelasannya:

  • Asuransi Jiwa

Walaupun dinamakan dengan asuransi jiwa, namun jenis produk ini memberikan jaminan perlindungan baik itu kepada ibu dan juga calon bayi selama masa kehamilan.

Manfaat yang bisa diperoleh, yaitu biaya pertanggungan baik sebelum dan setelah melahirkan, biaya komplikasi saat melahirkan, biaya perawatan di inkubator, proteksi jika ada kecacatan atau kelainan, serta kemungkinan bayi meninggal dunia.

  • Asuransi Kesehatan

Asuransi berikutnya untuk kehamilan dan melahirkan, yaitu asuransi kesehatan. Biaya yang di cover antara lain biaya persalinan normal, persalinan caesar, persalinan dengan bantuan, serta jika terjadi komplikasi.

Hal yang unik, biaya pertanggungan akan diberikan secara cashless. Anda hanya perlu memperlihatkan kartu anggota saja ketika menggunakan jenis asuransi ini.

Selain kedua jenis asuransi kehamilan dan melahirkan tersebut ada juga yang mengcover biaya kehamilan sampai melahirkan, yaitu BPJS Kesehatan.

Apabila dibandingkan dengan  asuransi sebelumnya, BPJS Kesehatan dapat dibilang yang paling terjangkau. Tidak hanya dari pembayaran preminya saja, namun juga kemudahan ketika ingin mendaftar sebagai anggotanya.

Walaupun demikian, BPJS ini hanya bisa memproteksi kesehatan bagi ibu hamil saja. Jika ada pengobatan karena kelainan atau cacat bawaan pada bayi, maka hal itu tidak di cover. Oleh karenanya, harus segera mendaftarkan bayi untuk menjadi anggota BPJS kesehatan agar mengantisipasi hal yang tidak diinginkan di masa depan. 

Apa Rekomendasi Produk Asuransi Kehamilan Dan Melahirkan Terbaik?

Jika Anda memang mulai tertarik ingin mendaftar menjadi peserta asuransi kehamilan dan melahirkan, tentu harus selektif dan mempertimbangkan beberapa opsi asuransi sekarang ini. Berikut diantaranya ;

  • PRUMy Child

PRUMy Child menjadi salah satu produk Asuransi kehamilan dan melahirkan direkomendasikan. Kelebihannya, akan memberikan perlindungan komprehensif ketika anak masih dalam kandungan, dilahirkan sampai dewasa.

Baca Juga:  Keunggulan Produk Asuransi Sinar Mas yang Sering Dipilih Masyarakat Indonesia

Produknya mulai dari perlindungan atau jaminan kesehatan, perlindungan financial, serta pendidikan. Jumlah uang pertanggungannya juga cukup besar hingga Rp 500 juta serta premi terjangkau mulai dari Rp400.000 per bulan.

Akan tetapi memang, perlindungan hanya diberikan untuk wanita antara 18-40 tahun dan usia kehamilan antara 20-32 Minggu. Polis tidak menanggung jika berada di bawah usia 18 tahun dan juga di atas 40 tahun.

Manfaat penting lainnya yang dianggap berbeda dengan polis sejenis yaitu tidak ada masa tunggu sehingga langsung aktif ketika mendaftar dan dapat melakukan klaim.  Manfaat penting lainnya yaitu santunan jika anak meninggal atau cacat total serta ada pertanggungan risiko kematian bagi ibu maupun janin.

2. Asuransi Mandiri AXA General Insurance (MAGI)

Asuransi ini mempunyai pilihan manfaat tambahan atau rider yaitu asuransi kehamilan dan melahirkan. Ada sejumlah manfaat yang diberikan antara lain komplikasi baik sebelum maupun setelah melahirkan, perawatan untuk bayi baru lahir. Ada juga di bawah usia 16 Minggu serta untuk biaya melahirkan. 

Keunggulan selanjutnya yaitu biaya pertanggungan vaksinasi juga tersedia yang memang jarang disediakan oleh produk Asuransi lainnya. Untuk bisa menikmati manfaat polisi ini, terlebih dahulu Anda harus terdaftar sebagai peserta. 

  • Asuransi Manulife: MiUltimate HealthCare

Manulife MiUltimate HealthCare merupakan produk Asuransi polis tambahan yang ada dari asuransi kesehatan miultimate healthcare.

Ada sejumlah manfaat yang diberikan mulai dari pertanggungan untuk biaya melahirkan normal maupun Caesar, dan juga perawatan jika ada komplikasi kehamilan. Asuransi ini sangat cocok untuk Anda yang ingin fokus ke proses persalinan sesar karena pertanggungannya hingga 50 juta rupiah.

  • Allianz: SmartHealth Maxi Violet

SmartHealth Maxi Violet merupakan produk pertanggungan dasar yang punya manfaat yang bisa ditambahkan antara lain kehamilan dan melahirkan. Artinya, Anda harus membeli produk dasar terlebih dahulu yaitu Maxi violet dan kemudian melakukan penambahan perluasan untuk melahirkan dan kehamilan.

Baca Juga:  Manfaat Asuransi bagi Nasabah yang Sangat Menguntungkan

Manfaat asuransi kehamilan dan melahirkan yang ditawarkan juga cukup lengkap mulai dari biaya persalinan normal, biaya pembedahan, biaya persalinan jika abnormal, serta biaya sebelum dan setelah melahirkan. Jika terjadi keguguran juga bisa di cover.

Jika tidak ada klaim, maka pengembalian premi adalah 20%. Mengenai masa aktifnya, Anda harus menunggu hingga 9 bulan setelah polis aktif agar bisa mengajukan klaim. 

  • Mandiri: Mandiri Inhealth Indemnity

Jika anda adalah karyawan perusahaan, maka untuk pertanggungan melahirkan dari mandiri inhealth indemnity menjadi salah satu yang paling cocok. Asuransi ini punya pertanggungan tambahan dan difokuskan bagi karyawan perusahaan.

Ada beberapa keunggulan yang ditawarkan yaitu biaya pertanggungan perawatan selama kehamilan, ketika melahirkan, jika terjadi keguguran, serta pra melahirkan sesuai tagihan rumah sakit maksimal 30 juta.

  • Asuransi BCA Life Health Protection

Produk ini adalah asuransi kesehatan kumpulan bagi perusahaan. Tujuannya sendiri yaitu akan memberikan pelayanan kesehatan untuk karyawan serta keluarganya. Ada sejumlah biaya yang di cover mulai dari jaminan rawat jalan, rawat inap, perawatan gigi, kacamata, dan persalinan.

Sistem klaim yang yang ditawarkan juga bisa cashless atau reimbursement. Ini akan memudahkan nasabah memperoleh uang pertanggungan yang sesuai dengan syarat dan kondisi kesehatan. Adapun syarat peserta asuransi ini yaitu karyawan yang berusia 18-64 tahun.

Itulah sejumlah informasi asuransi kehamilan dan melahirkan yang ada di Indonesia. Selain produk di atas, masih banyak lagi produk lainnya yang bisa dipelajari dahulu. Semoga ulasan ini bermanfaat !