Peluang Bisnis Model Canvas Kedai Kopi, Apakah Menguntungkan?

Bisnis Model Canvas Kedai Kopi – Berbagai jenis coffee shop yang ada di Indonesia saat ini sudah bisa dibilang cukup menjamur. Apalagi ada banyak tempat kopi atau coffee shop yang memiliki banyak desain unik dan menarik yang membuat banyak kaum muda mudi yang mendatanginya. Sebenarnya, di dalam sebuah bisnis kopi ini sendiri, ada beberapa model bisnis yang bisa dijalankan yang salah satunya adalah bisnis model canvas kedai kopi.

Apa Itu Jenis Bisnis Model Canvas Kedai Kopi?

Mengapa disarankan menggunakan bisnis model kanvas apalagi untuk usaha kopi? Model bisnis ini sendiri adalah model yang kini sudah digunakan oleh berbagai perusahaan apalagi beberapa perusahaan start up atau beberapa perusahaan baru. Akan tetapi, tidak dipungkiri juga bahwa ada banyak juga perusahaan besar yang sudah menerapkan pola bisnis ini untuk dibangun.

Jawabannya sendiri karena model bisnis kanvas merupakan model bisnis yang terbilang mudah, sederhana bahkan cukup simple. Sedangkan untuk strategi perusahaan yang akan digunakan juga terbilang cukup mudah. Hal ini akan berbeda dengan beberapa strategi yang harus dibangun apabila Anda membangun bisnis café atau beberapa bisnis coffee shop lain yang pastinya harus dirancang sedemikian rupa, modal yang besar, rumit bahkan beberapa strategi yang cukup rumit.

Bagi pebisnis pemula, menggunakan cara ini pasti akan menyulitkan bagi banyak orang, untuk itulah sebuah cara yang dapat dilakukan untuk membangun sebuah bisnis coffee shop bisa dilakukan dengan membangun bisnis dengan model kanvas.

Mendalami Bisnis Model Kanvas untuk Coffee Shop

Bisnis model canvas kedai kopi juga memiliki sebuah metode yang harus dirancang dengan maksimal. Bisnis ini bermula dari salah satu metode yang dikembangkan oleh salah seorang konsultan bisnis dari Swiss yaitu Alexander Osterwalder di tahun 2010. Sampai saat ini sendiri, BMC sudah popular serta banyak digunakan oleh sejumlah perusahaan untuk menggambarkan begitu banyaknya operasi perusahaan karena sudah dibentuk dari pemetaan yang sederhana.

Untuk beberapa metode yang harus dilakukan dalam mempertimbangkan bisnis yang akan dijalankan dengan metode kanvas ini dengan konsep kedai kopi diantaranya sebagai berikut ini:

  • Customer Segments

Para calon pebisnis harus mengisi kolom customer. Manager sendiri bertugas untuk melakukan identifikasi terhadap sejumlah kelompok pasar mana saja yang akan menjadi customer perusahaannya, bagaimana ciri konsumennya sendiri. Sebagai contohnya bisnis kopi yang cukup besar seperti Starbucks yang memiliki customer dengan rata-rata menengah ke atas, anak muda, pekerja dan lainnya. Jika Anda ingin memiliki bisnis yang murah dan terjangkau, maka Anda bisa mengklasifikasikan target pasar dan target konsumen yang akan dituju nantinya.

  • Value Proposition

Kemudian, perusahaan sendiri juga wajib untuk mencatat apa sajakah value yang akan disampaikan pada masyarakat atau target konsumen Anda nantinya. Untuk value sendiri, tidak selalu berbentuk dengan keunggulan produknya, akan tetapi juga bisa beberapa unsur lainnya. Di mana untuk beberapa unsur lainnya seperti pengalaman, kekuatan brand, sejarah dan masih banyak lagi yang lainnya. Tujuan harus tercapai agar banyak orang yang merasa nyaman. Bahkan beberapa orang akan paham bahwa yang mereka beli adalah produk yang dijual dengan brand terbaik, rasa terbaik, pelayanan terbaik dan lain sebagainya.

  • Channel

Channel adalah sebuah pemetaan yang nantinya akan mengantarkan value kepada beberapa konsumen atau pelanggan. Pada saat ini, sejumlah perusahaan akan mendaftarkan banyaknya bentuk medium apa pun yang dimiliki pada sebuah perusahaan. Di dalam salah satu coffee shop terbesar seperti Starbucks, salah satu value yang mereka berikan berupa channel adalah ketersediaan beberapa store mereka di berbagai wilayah yang ada di dunia termasuk juga di Indonesia. Dengan ada banyaknya gerai dan store cabang yang tersebar luas, maka banyak orang yang akan tetap bisa menikmati kopi dari Starbucks tanpa perlu pergi ke beberapa kota untuk bisa mendapatkannya.

  • Customer Relationships

Kemudian, tugas Anda sebagai pemilik bisnis adalah melakukan identifikasi terkait apa saja usaha yang harus dilakukan sebuah perusahaan agar bisa menjaga hubungan baik dengan seluruh pelanggannya. Ada banyak metode yang telah dilakukan oleh sejumlah coffee shop yang ada di Indonesia. Cara yang bisa dilakukan mulai dari memberikan membership card, promosi di beberapa sosial media seperti LINE, memberikan beberapa produk baik itu tumbler, straw dan lain sebagainya. Adapun beberapa bonus dan promo ulang tahun yang pastinya akan semakin menarik perhatian dari banyak orang.

  • Revenue Stream

Revenue stream sendiri adalah salah satu bagian manajemen akan mencatat dari mana sajakah sumber pendapatan dan modal yang akan didapatkan dalam sebuah perusahaan. Untuk pemula, mungkin beberapa produk yang bisa dijual mulai dari kopinya atau biji kopi yang bisa dijual terpisah. Sedangkan untuk bisnis yang mungkin sudah mulai berkembang, maka beberapa pemasukan tambahan ini bisa diperoleh Ketika Anda mulai menjual beberapa produk tambahan. Baik itu makanan, produk seperti tumbler, straw dan masih banyak lagi yang lainnya.

  • Key Activities

Di bagian ini, ada beberapa hal yang wajib untuk dicatat, salah satunya adalah kegiatan operasional dalam sebuah perusahaan. Sebagai contohnya beberapa pembuatan kopi, penggilingan biji kopi, kegiatan R & D, sampai dengan promosi apa saja yang akan dilakukan setiap harinya. Beberapa car aini bahkan akan sangat membantu manajemen untuk bisa melakukan identifikasi proses-proses penting serta membantu untuk menyisihkan beberapa proses yang dirasa tidak penting untuk bisa disesuaikan dengan beberapa poin yang lebih efektif di kemudian harinya.

  • Key Partners

Key partners sendiri adalah pemetaan yang akan dilakukan sebuah perusahaan untuk mendaftarkan siapa saja stakeholder yang akan berhubungan secara langsung pada perusahaan. Baik itu supplier, designer, agensi marketing, konsultan dan masih banyak lagi yang lainnya. Kerjasama yang baik dan luas yang akan dijalankan membantu bisnis untuk bisa lebih berkembang dengan pesatnya.

  • Key Resources

Di dalam bagian ini, perusahaan harus mencatat apa-apa saja yang akan dibutuhkan dalam sebuah perusahaan untuk menjalankan key activities dalam bisnis kedai kopi nantinya. Ada beberapa hal yang harus bisa dibedakan atau diklasifikasikan sesuai dengan beberapa plotnya masing-masing. Bukan hanya itu saja, ada beberapa pencatatan yang juga harus dilakukan apabila Anda telah memiliki beberapa cabang yang tersebar di sejumlah kota.

Perhitungan cost structure juga jangan sampai dilupakan dalam perusahaan atau dalam pembangunan bisnis nantinya. Berapa harga pokok penjualan dari kopi, berapa dana yang dibutuhkan dalam melakukan promosi, berapa gaji yang harus dibayarkan apabila memiliki banyak karyawan, biaya pajak dan masih banyak lagi yang lainnya.

Jadi, itulah Sebagian informasi yang dapat Anda jalankan apalagi salah satu bisnis menguntungkan di tahun 2022 ini. Bisnis tersebut adalah bisnis model canvas kedai kopi. Bisnis yang akan sangat menguntungkan ini harus dijalankan dengan maksimal. Jangan lupa juga untuk selalu memanfaatkan dunia teknologi demi melakukan banyaknya promosi bisnis yang menguntungkan. Jika bisnis kedai kopi sudah berjalan lancar maka bisa melengkapinya dengan mencoba contoh bisnis model canvas makanan yang pasti cafe akan lebih banyak peminatnya.