Hal – Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Membuat Surat Lamaran Kerja

Membuat Surat Lamaran Kerja – Ketika Anda ingin melamar sebuah pekerjaan pada suatu perusahaan, bukan hanya sekedar CV maupun portofolio saja yang nantinya harus dipersiapkan dengan baik, tetapi surat lamaran kerja juga menjadi salah satu berkas yang paling penting dan harus dibawa. Application letter merupakan surat yang ditulis oleh calon pekerja yang mempunyai tujuan supaya dapat diterima bekerja, sesuai dengan posisi maupun jabatan yang Anda inginkan.

Oleh sebab itu, baik itu surat lamaran kerja bahasa Inggris maupun bahasa Indonesia harus dapat meyakinkan HRD bahwa keahlian yang Anda punya sudah sesuai berdasarkan kualifikasi pekerjaan yang akan dilamar. Pada saat membuat surat lamaran juga tidak dapat dilakukan secara asal, karena HRD akan memberikan penilaian terkait dengan hal tersebut, jadi lebih baik untuk mempersiapkan surat lamaran sebaik mungkin sehingga dapat menarik perhatian HRD agar Anda dapat dipanggil untuk interview.

5 Hal Penting Yang Harus Ada dalam Surat Lamaran Kerja

Pada saat akan membuat surat lamaran pekerjaan agar lebih mudah untuk diterima oleh HRD, setidaknya ada 5 hal penting yang harus benar –benar untuk diperhatikan antara lain adalah :

1. Struktur Pada Surat Lamaran (Cover Letter)

Struktur surat lamaran kerja yang baik seharusnya dapat memenuhi beberapa aspek yaitu :

  • Memperkenalkan diri dengan sebaik mungkin.
  • Menyebutkan pekerjaan yang akan dilamar.
  • Menyebutkan skill yang cocok sesuai dengan pekerjaan yang akan dilamar.
  • Menunjukkan rasa antusias terhadap diri Anda.
  • Mengucapkan terima kasih dan tinggalkan kontak milik Anda dan tulis jika Anda bisa untuk dihubungi kapan pun.
Baca Juga:  Lamar Segera Lowongan Kerja Gramedia Dengan Posisi yang Dibuka

2. Panjang Surat Lamaran

Cover letter ini menjadi versi singkatnya dari seluruh informasi pada CV yang Anda miliki. Jika nantinya surat lamaran tersebut Anda lampirkan dengan CV atau pada body text email itu hanya cukup dengan satu halaman saja. Hal tersebut dilakukan agar lebih mempermudah HRD untuk membaca lebih ringkas dari isi surat lamaran yang sudah dibuat tersebut.

Faktanya ketika seorang HRD melakukan screening berkas yang sudah diberikan oleh para pelamar kerja, HRD akan membutuhkan waktu 10 detik untuk membaca CV dan surat lamaran kerja tulisan tangan yang Anda kirimkan. Jadi pastikan Anda dapat memberikan kesan pertama yang terbaik.

3. Menunjukkan Rasa Antusias Pada Saat Melamar

Pada saat Anda melamar sebuah pekerjaan di suatu perusahaan, tujuan rasa antusiasme yang besar di perusahaan tersebut karena banyak pencari kerja yang akan mengirimkan lamarannya hanya sekedar mengirimkan surat lamaran saja. Biasanya mereka tidak akan memperhatikan posisi yang akan dilamar di perusahaan tersebut. Jadi jangan hanya sekedar mencari pekerjaan saja tetapi Anda harus pandai dalam mengemas sebaik – baiknya berkaitan dengan kelebihan yang Anda miliki.

4. Perhatikan Tanda Baca dan Typo

Lebih terdengar sederhana tetapi mempunyai nilai yang lebih baik di mata HRD. Usahakan pada saat akan mengirim sebuah surat lamaran kerja akan lebih baik lagi jika Anda melakukan pengecekan terlebih dahulu surat lamaran milik Anda. Jangan sampai nantinya terdapat beberapa typo dan juga tanda baca yang salah.

 5. Make It Personal

Pada saat Anda mengirimkan surat lamaran kerja yang baik dan benar jangan menggunakan CV dan surat lamaran yang sama, tetapi Anda melamar ke dalam posisi pada perusahaan yang berbeda-beda. Jadi penting sekali untuk memperhatikan surat lamaran Anda, jangan sampai nantinya justru memberikan kesan kepada HRD bahwa Anda mengirimkan sebuah template surat lamaran yang sama ke perusahaan yang berbeda-beda.

Baca Juga:  Inilah Lowongan Kerja Starbucks Hingga Cara Melamar Pekerjaan di Starbucks

Mengapa Surat Lamaran Kerja Itu Penting?

Sebaik apa pun CV, portofolio atau resume yang Anda miliki, jika tidak ada surat lamaran kerja yang benar segalanya tidak akan pernah sampai ke dalam perusahaan yang dituju. Surat lamaran kerja ini ibarat nakhoda dalam sebuah kapal yang akan memimpin kapal ketika berada di tengah – tengah lautan yang memberikan pengaruh terbesar.

Agar lebih paham dengan seberapa pentingnya surat lamaran kerja tersebut, akan lebih baik jika Anda paham dengan surat lamaran kerja dan seberapa penting berkas tersebut untuk Anda. Berikut ini adalah rangkumannya :

1. Bukti Tertulis Pengajuan Pekerjaan

Umumnya surat lamaran kerja ini adalah sebuah pengantar yang akan menyoroti terkait dengan pencapaian yang sudah pernah Anda dapatkan ketika berada di dunia akademik sampai dunia kerja. Surat tersebut juga akan menjelaskan terkait pencapaian tersebut cocok untuk lowongan kerja yang akan dilamar pada perusahaan tersebut.

Surat lamaran kerja ini juga akan mempermudah HRD melihat tujuan dan juga kualifikasi pada posisi yang nanti mereka perlukan. Hal ini juga akan membuat HRD tidak memerlukan waktu yang lama untuk melihat berkas yang lainnya.

2. Menjadi Bahan Pertimbangan Penerima Kerja

Cara buat surat lamaran kerja sebaik mungkin ini bisa dipastikan akan menjadi senjata yang kuat agar bisa menunjukkan sisi paling terbaik Anda di mata perusahaan. Surat lamaran yang baik akan lebih menghasilkan ketertarikan. Para HRD umumnya akan mencoba untuk menjaga proses dalam seleksi berkas yang diberikan oleh para pelamar cepat dan ringkas.

Intinya jika Anda yakin terhadap kemampuan yang dimiliki, maka lebih baik untuk melakukan investasi waktu untuk menulis surat lamaran kerja dengan sebaik mungkin. Selalu mempertimbangkan jika Anda berada di dalam posisi para kompetitor lainnya disandingkan dengan nilai CV yang sama dengan Anda. Surat lamaran kerja tersebut dapat menunjukkan perbedaan Anda.

Baca Juga:  Terbaru, Ini Posisi yang Dibutuhkan Pada Lowongan Kerja Tokopedia Juni 2022

3. Mampu Memberikan Kesan Profesional

Surat lamaran kerja ini akan memperjelas jika Anda memang benar-benar menginginkan posisi yang akan dilamar pada perusahaan tersebut. Tunjukkan keinginan Anda dengan cara mengirimkan lamaran seefektif dan sebaik – baiknya. Selain mempersiapkan beberapa berkas pendukung pengalaman dan kemampuan, Anda juga harus menuliskan surat lamaran kerja ini bisa menonjolkan diri Anda sebagai sosok yang profesional dan sudah menguasai posisi yang dituju terakhir.

Dokumen pengantar tersebut akan memberikan arahan kepada HRD dan kelebihan yang sudah ada di dalam resume. Jika Anda bersaing dengan yang lain dan memiliki selisih yang sangat tipis, maka akan lebih memungkinkan jika surat pengantar dapat mempengaruhi recruiter dapat memilih Anda untuk di perkerjakan dibanding dengan yang lainnya.

4. Menyajikan Informasi yang Terlewat dari Resume Formal

Surat lamaran kerja akan menyajikan berbagai informasi yang tidak terdapat di dalam resume formal. Hal ini tidak menutup kemungkinan jika nantinya dapat dipakai untuk meningkatkan recruiter berkaitan dengan siapa diri Anda. Surat lamaran kerja mempunyai kekuatan dari cara berkata untuk menceritakan pengalaman dan juga kemampuan yang dimiliki. Anda dapat menuliskan sesuatu yang unik di luar yang ada di dalam rangkuman pada dokumen CV sehingga bisa membuat recruiter mempunyai penilaian yang lain ketika melihat Anda.

Artikel Terkait