Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar Agar Dilirik HRD

Contoh Surat Lamaran Kerja – Apakah kamu sedang berusaha mencari pekerjaan dan ingin segera melamar kerja? Kalau begitu, hal utama yang kamu butuhkan adalah Surat Lamaran Kerja, namun pastinya kamu bingung bagaimana cara membuatnya kan? atau bahkan belum pernah terlintas sama sekali tentang seperti apa bentuknya surat lamaran kerja itu.

Umumnya setiap orang yang membuat surat lamaran untuk dapat kerja hanya meniru contoh surat lamaran kerja dari internet. Cara ini hanya memastikan Anda bisa buat surat dengan struktur tepat tapi tidak tahu fungsi dan cirinya.

Jika Anda ingin membuat surat lamaran kerja yang bagus, pastikan untuk belajar lebih seputar struktur, jenis dan juga bahasan yang digunakan. Untuk menggali lebih dalam seputar surat lamaran ini, mari bahas bersama dalam artikel berikut ini!

Daftar Isi

Pengertian Surat Lamaran Kerja 

Pengertian Surat Lamaran Pekerjaan

Memahami arti dari surat lamaran kerja ini akan membantu Anda membuat surat dengan tingkat kesuksesan yang tinggi. Oleh karena itu, pertama -tama pahami apa yang sebenarnya adalah surat penting untuk menemukan pekerjaan ini.

Surat Lamaran Kerja adalah surat yang dibuat oleh seseorang yang membutuhkan pekerjaan untuk organisasi yang menyediakan pekerjaan. Singkatnya, definisi ini tentu benar, tetapi dalam praktiknya, surat permintaan tentu lebih kompleks.

Jika kutipan dari Kementerian Pendidikan dan Budaya Indonesia, apa yang kami maksud dengan apa yang kami maksud dengan surat aplikasi adalah surat dari seseorang yang membutuhkan pekerjaan dengan seseorang yang memiliki posisi dan takhta untuk memberikan pekerjaan. Ini mirip dengan dasar pemahaman umum, tetapi menekankan penerima surat lamaran pekerjaan sebagai kekuatan.

Definisi lain bisa ditemukan pada Pedoman Lengkap Menulis Surat (2006). Pada buku karya Adlan Ali dan Tanzili ini, surat lamaran didefinisikan sebagai surat permohonan yang dibuat oleh pencari kerja untuk dikirim kepada badan usaha atau instansi agar mendapatkan pekerjaan atau jabatan sesuai lowongan kerja yang tersedia.

Dari dua penjelasan definisi surat lamaran tersebut, Anda bisa melihat bahwa surat ini khusus digunakan untuk mencari kerja. Pihak pencari kerja mengirimkan banyak surat lamaran untuk berbagai organisasi yang membutuhkan pegawai. Nantinya pemilik usaha akan melakukan seleksi surat lamaran dan memilih mana yang cocok bekerja di tempat mereka.

Pada contoh surat lamaran kerja yang sudah banyak beredar di internet, isi surat lamaran seperti promosi diri. Anda menggunakan bahasa bagus untuk meyakinkan pembaca untuk memilih Anda yang butuh kerja. Di sini ada informasi list keahlian Anda dan informasi lebih seputar diri Anda di lampirkan. Semua ini bertujuan agar pembaca bisa menentukan lebih baik apakah Anda bisa berfungsi baik direkrut jadi pegawai.

Pentingnya Penggunaan Surat Lamaran Kerja

Pentingnya Penggunaan Surat Lamaran Kerja

Surat lamaran kerja lebih berfungsi sebagai jembatan komunikasi antara pelamar dan penyedia lapangan kerja. Surat ini digunakan untuk memberikan gambaran informasi singkat dari para pelamar. Tugas para penyedia kerja tentu berat dalam menyaring para pelamar yang

jumlahnya banyak. Jadi, jika tanpa surat lamaran kerja, proses mencari karyawan baru pasti lebih lama dan tidak efisien.

Dari sisi pelamar, surat lapangan kerja memberi jalur untuk menjual skill dan kelebiha diri. Tanpa medium surat lamaran, informasi ini hanya bisa ditunjukan dari wawancara atau bertemu langsung. Proses wawancara tentu tidak efisien untuk sekedar memperkenalkan diri dan menunjukan kelebihan pertama kali.

Karena efeknya dari sisi pelamar dan penyedia lapangan kerja tersebut, penggunaan surat lamaran menjadi sangat penting. Di sisi penyedia kerja, surat lamaran akan buat proses penyaringan lebih cepat. Sedangkan dari sisi pelamar, surat ini merupakan jalan cepat membuat penyedia kerja tertarik dengan kemampuan mereka.

Fungsi dan Tujuan Surat Lamaran Kerja

Fungsi dan Tujuan Surat Lamaran Kerja

Dari bahasan pentingnya surat lamaran kerja untuk proses pencarian pegawai, Anda harus paham juga tentang fungsi dan tujuan dari surat ini. Berikut adalah beberapa fungsi dan tujuan dari surat lamaran kerja yang penting untuk diketahui:

1. Pembuktian Pelamar Sudah Mengajukan Permohonan Kerja

Surat lamaran akan menjadi bukti bahwa pengaju memang berniat kerja dan ambil posisi tersebut. Perusahaan bisa melihat ukuran motivasi dari pengiriman surat lamaran ini. Selain itu, penyerahan informasi data pribadi adalah simbolis kepercayaan bahwa pelamar percaya pada perusahaan.

2. Cara untuk Menyeleksi Kandidat bagi Perusahaan 

Proses seleksi akan dimulai sejak penyerahan surat lamaran. Karena hal ini, banyak contoh surat lamaran kerja memiliki variasi detail untuk membantu Anda buat surat terbaik untuk melamar. Kualifikasi dan preferensi perusahaan tidak sekedar dari latar belakang pengetahuan Anda, tapi juga bahasa dan penyampaiannya.

Saat perusahaan melihat surat lamaran yang kurang bagus struktur dan bahasannya, mereka tidak peduli Anda lulusan perguruan tinggi elite. Saat surat sudah tidak cocok dibaca, Anda pasti tidak akan diterima perusahaan tersebut.

3. Media Seleksi Kandidat yang Efisien 

Daripada melalui proses wawancara yang lama, memilih para calon karyawan lewat surat lamaran adalah cara yang efisien. Pembagian bisa mulai dari tampilan surat lamaran kerja. Setelah mengambil kelompok yang bahasa dan struktur surat lamarannya bagus, barulah ke tahap pemenuhan persyaratan.

Nantinya syarat seperti lulusan terbaik dan nilai akademis akan dibandingkan antar pengaju lamaran. Setelah diseleksi lagi, perusahaan akan mendapatkan kelompok kecil untuk digali lebih dalam kemampuannya. Proses saring ini bisa membuat 100 pengaju lamaran jadi 20an untuk lebih mudah diwawancara lebih jauh.

4. Alat Komunikasi 

Surat pada dasarnya merupakan alat komunikasi dalam bentuk tulisan. Begitu juga dengan surat lamaran kerja yang menjadi alat komunikasi antara calon pekerja dengan perusahaan. Pada tahap seleksi pelamar memang tidak bisa langsung berkomunikasi dengan perusahaan, maka digunakanlah surat.

Surat lamaran kerja ini bisa menjadi media untuk berkomunikasi mengenai minat dan pengenalan diri dari pelamar. Itulah mengapa surat lamaran kerja ini perlu dibuat singkat dan padat agar bisa menjadi media komunikasi yang efektif.

Beberapa Tipe Surat Lamaran Kerja

Beberapa Tipe Surat Lamaran Kerja

Untuk membuat surat lamaran yang spesifik sesuai dengan kebutuhan, Anda harus tahu jenis dan tipe surat lamaran. Contoh surat lamaran kerja yang digunakan sebagai referensi di internet, umumnya merupakan satu dari banyak jenis ini. Ingin lebih tahu apa saja tipenya, mari bahas berdasarkan pembedanya di sini:

1. Pembagian Berdasarkan Besaran Informasi Data Pelamar 

Surat lamaran bisa dibedakan menjadi dua jika dilihat dari penggunaan CV-nya. Berikut adalah penjelasannya:

  • Surat Lamaran yang Disatukan dengan CV. Tipe surat lamaran ini memberi info CV langsung pada surat lamaran. Jenis ini sudah sangat jarang sekarang ini, tapi untuk beberapa organisasi masih meminta CV jadi satu dengan surat lamaran.
  • Surat Lamaran Terpisah dengan CV. Tipe surat lamaran yang ini adalah bentuk yang paling umum digunakan sekarang. CV diletakan pada lampiran dan informasi lamaran isinya jauh lebih singkat dan fokus.

2. Pembagian Menurut Koneksi Pelamar dengan Perusahaan 

Koneksi pelamar kerja dengan perusahaan bisa membuat format surat lamaran kerja berbeda bentuk. Mari lihat perbedaan tipe dari aspek hubungan ini pada bagian berikut:

  • Surat Lamaran Tradisional. Surat ini dibuat oleh pelamar yang tidak punya hubungan sama sekali dengan perusahaan. Mereka mengajukan surat lamaran bentuk normal dengan menunjukan rasa hormat seperti pada umumnya.
  • Surat Lamaran dengan Referral. Jenis yang ini ditemukan jika pelamar memiliki kenalan orang perusahaan yang merekomendasikan si individu. Bahasan pada lamaran akan lebih penuh pada aspek profesional dengan memberi info bahwa orang perusahaanlah yang memberikan dukungan agar si pelamar diterima.
  • Surat Lamaran dengan Networking. Tipe surat lamaran ini akan muncul jika kenalan si pelamar berada di perusahaan tapi tidak aktif merekomendasikan si individu pelamar tersebut. Umumnya, isi surat lamaran jenis ini menjelaskan tentang motivasi, koneksi dengan orang perusahaan, keahlian yang ditawarkan dan juga bagaimana informasi lowongan kerja ditemukan. Umumnya surat lamaran jenis ini diajukan sebelum lowongan perusahaan tersebar di publik.
  • Surat Lamaran Pengaju Prospek. Surat ini dikirimkan ke perusahaan dengan niatan mencari kerja sebelum perusahaan sendiri membuka lowongan. Koneksi ini lebih pada partner kerja dan bukan sebagai pelamar pada umumnya. Anda bisa saja mengajukan prospek kerja tertentu seperti metode produksi baru untuk perusahaan. Jika perusahaan tertarik, mereka akan mempekerjakan Anda walaupun mereka tidak punya lowongan yang kosong.

3. Pembagian Tipe Berdasarkan Bentuk Surat Lamaran 

Surat lamaran di era modern ini tidak harus standar formal. Pada industri keratif seperti perfilman, pengajuan surat lamaran bisa dibuat lebih unik untuk menunjukan kreativitas dan keahlian Anda. Berikut adalah pembagian tipe surat lamaran kerja berdasarkan aspek ini:

  • Surat Lamaran Bentuk Formal Standar. Bentuk surat lamaran jenis ini selalu formal dan memiliki batasan restriksi tertentu. Walaupun begitu, bentuknya yang sudah standar lebih banyak dipakai untuk perusahaan dan industri pada umumnya.
  • Surat Lamaran Kreatif Unik. Surat lamaran bentuk unik lebih sering ditemukan pada industri niche dengan kebutuhan pekerja khusus. Contoh saja pada industri film, industri games, industri desain mainan dan bahkan industri online entertainment.

Bentuk surat lamaran ini bisa berupa infografik dengan animasi, surat lamaran digital dengan link ke website berisi portofolio, ataupun surat lamaran dengan tampilan hologram dan teknik desain visual khusus. Hal ini akan langsung menarik dan menunjukan kreativitas individual. Sayangnya jenis yang seperti ini tidak akan efektif untuk perusahaan standar pada umumnya.

Kaidah Penulisan Surat Lamaran Kerja

Kaidah Penulisan Surat Lamaran Kerja

Surat Melamar Pekerjaan umumnya bersifat formal dan ditujukan pada instansi bisnis dan organisasi. Hal ini membuat bahasa yang digunakan lebih formal dibandingkan bahasan yang umum digunakan seharian. Walaupun lebih umum bersifat formal, pada beberapa perusahaan hal ini bisa berbeda.

Selain formal, pastikan menggunakan bentuk bahasa singkat dan padat. Surat lamaran yang bagus tidak harus lama dibaca. Para petugas seleksi karyawan baru harus baca banyak surat lamaran lain. Jika surat Anda bertele – tele, pasti langsung ditolak karena terkesan kurang bagus lamarannya.

Pada perusahaan dengan bentuk kecil dan gaya kerja tidak formal, surat lamaran tidak harus terlalu kaku. Selama Anda menggunakan ejaan EYD dan format penulisan bahasa PUEBI, Anda bisa gunakan gaya komunikasi sesuai personalitas Anda. Namun, hati – hati memilih gaya bahasa ini, pastikan investigasi dulu sebelum menggunakan.

Di sisi lain, Anda juga harus jeli melihat ejaan, susunan kalimat, grammar dan juga format surat. Jika bentuk tidak rapi, ada salah ejaan dan salah sebut nama, Anda akan dicap tidak kompeten dan pasti akan langsung ditolak.

Selain mengikuti kaidah-kaidah ini, Anda juga harus memperhatikan fleksibilitas surat. Surat lamaran memang perlu dibuat dengan bahasa formal. Namun di sisi lain tetap harus fleksibel dan nyaman saat dibaca.

Ciri Utama Surat Lamaran Kerja

Ciri Utama Surat Lamaran Kerja

Sebelum membahas tentang contoh surat lamaran kerja, ada baiknya belajar dulu seputar ciri – ciri surat lamaran yang baik. Jika ingin membuat surat lamaran bagus, pastikan penuhi ciri – ciri berikut ini:

  • Terdapat tempat, waktu, dan tanggal pembuatan surat jelas.
  • Mencantumkan lampiran dan perihal surat lamaran dengan lengkap. ● Mencantumkan penerima (HRD atau pimpinan instansi) dan alamat instansi yang dituju.
  • Menuliskan salam pembuka dan salam penutup.
  • Menuliskan sumber perolehan informasi lowongan kerja (dari surat kabar, website, media sosial, dan sebagainya).
  • Menuliskan identitas pelamar, tujuan pengiriman surat lamaran, dan menginformasikan adanya lampiran.
  • Mencantumkan tanda tangan dan nama terang pelamar.

Dengan memahami ciri-ciri ini maka Anda sebenarnya sudah bisa mulai membuat atau menyusun surat lamaran sendiri. Selama memenuhi ciri-cirinya maka surat lamaran tersebut bisa digunakan dan dikirim ke perusahaan.

Struktur Bentuk Surat Lamaran Kerja

Struktur Bentuk Surat Lamaran Kerja

Surat lamaran kerja memiliki struktur baku layaknya surat-surat formal pada umumnya. Penulisan surat lamaran ini sebaiknya mengikuti struktur atau format tersebut. Berikut adalah unsur-unsur yang terdapat pada struktur dan contoh surat lamaran kerja:

1. Kepala surat 

Bagian ini tidak harus ada. Untuk perusahaan yang minta surat lamaran dalam bentuk email, Anda tidak perlu kepala surat. Di perusahaan yang tidak membutuhkan surat lamaran terlalu formal, hal ini juga tidak perlu digunakan. Tapi untuk perusahaan ukuran besar dan BUMN, hal ini wajib ada.

2. Lokasi, tempat, dan tanggal penulisan surat 

Tanggal penulisan surat tidak harus diletakan pada bagian awal ini. Tapi di sisi lain, lokasi dan tempat surat berasal harus dicantumkan. Hal ini penting untuk menunjukan posisi Anda saat mengirimkan surat tersebut.

3. Pihak yang dituju beserta alamat lengkap instansi 

Pastikan pada bagian ini, Anda menulis nama perusahaan, lokasi dan juga nama pihak yang dituju secara benar. Jika Anda tahu nama penerima surat lamaran, tuliskan nama lengkap mereka beserta jabatannya. Namun, apabila tidak tahu maka gunakan Bapak/Ibu/Mr/Mrs sebagai inisial.

Baca Juga:  3+ Contoh Surat Lamaran Kerja Pabrik yang Baik Agar Lolos Interview

4. Salam pembuka atau salam hormat 

Jika melihat contoh surat lamaran kerja, pasti ada yang menggunakan salam hormat pembuka. Salam ini digunakan untuk sekedar salam yang menunjukan rasa sopan. Tergantung target surat lamaran, kata salam bisa Anda modifikasi agar lebih sesuai.

5. Pembuka surat 

Pada pembukaan, Anda mencoba menerangkan apa tujuan dari surat lamaran ini. Pastikan gunakan kalimat padat dan singkat. Jangan sampai kalimat pembuka terlalu panjang dan membuat penerima surat lamaran malas melanjutkan baca.

6. Informasi perolehan lowongan pekerjaan 

Jelaskan secara singkat darimana Anda mendapatkan informasi lowongan kerja. Contoh saja dari website perusahaan atau dari media social mereka.

7. Tujuan surat lamaran 

Pada bagian ini, tujuan surat lamaran harus lebih detail daripada pembuka surat. Anda berikan informasi tentang posisi yang ingin Anda isi. Pastikan juga berikan informasi kelebihan Anda yang cocok dengan posisi target tersebut.

8. Lampiran persyaratan 

Pada bagian ini, list semua informasi yang Anda berikan pada lampiran. Umumnya, lampiran terdiri dari syarat standar perusahaan seperti ijazah, CV, pas foto dan juga surat keterangan sehat fisik. Tapi Anda bisa memberikan informasi lain yang mendukung potensi Anda diterima kerja. Contoh saja bukti sertifikasi keahlian Anda ataupun bukti pengalaman kerja.

9. Penutup surat 

Pada bagian ini, Anda informasikan kata – kata penutup dengan singkat. Utamakan kesan berterima kasih atas kesempatan mengajukan lamaran ini. Jangan bertele-tele saat membuat pentup karena ini akan meninggalkan kesan paling jelas bagi pembaca.

10. Tanda tangan dan nama terang 

Pada bagian ini, Anda bisa berikan juga tanggal pengiriman. Pastikan beri kata salam singkat lalu langsung nama lengkap. Pada beberapa bentuk surat lamaran, Anda tidak perlu

tanda tangan. Tapi umumnya hal ini diperlukan sebagai tanda bahwa Andalah yang menulis surat tersebut.

Ikutilah format atau struktur ini dalam membuat surat lamaran kerja. Namun di saat-saat tertentu, bisa saja struktur penulisan surat dibuat berbeda. Tinggal disesuaikan saja dengan kebutuhan dan perusahaan yang akan dituju.

Tips Membuat Surat Lamaran Kerja Terbaik

Tips Membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Tidak semua surat lamaran langsung diterima oleh HRD dan memberi kesan positif. Agar surat lamaran Anda lebih sukses diterima oleh perusahaan, ada beberapa tips yang bisa Anda gunakan yang telah kami rangkum dari contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar. Berikut adalah beberapa tips tersebut:

1. Berikan Kesan Individual dan Personalitas

Untuk memastikan image Anda muncul baik pada surat lamaran, jaga penggunaan kata dan susunan bahasa. Contoh saja dengan menggunakan bentuk bahasa yang sering Anda gunakan. Kebanyakan orang hanya melihat contoh surat lamaran dan copy bentuknya. Hal ini membuat bahasa terkesan copy-paste dan lepas dari personalitas individu.

Para penerima kerja umumnya ingin melihat individu dan personalitasnya dari surat lamaran. Jadi pastikan jangan membuat kesalahan ejaan, panggilan nama dan juga penggunaan sapaan untuk penerima surat lamaran. Semakin bagus bahasa komunikasi yang Anda gunakan di surat lamaran, makin tinggi kemungkinan Anda diterima.

2. Tulis Isi Surat yang Singkat, Padat dan Informatif 

Bila melihat banyak contoh surat lamaran kerja, Anda akan melihat bentuk kalimat yang digunakan umumnya singkat, padat dan informative. Para pembaca surat lamaran tidak ingin meluangkan banyak waktu membaca essay panjang yang tidak fokus.

Mereka harus membaca banyak surat lamaran lain dan pastinya tidak terlalu peduli dengan deskripsi indah yang panjang. Jadi pastikan saja gunakan bahasa singkat, padat dan informatif saat buat surat lamaran.

Poin penting dalam penulisan surat lamaran kerja adalah tepat sasaran. Tuliskan saja apa yang menjadi inti informasi di surat lamaran. Gaya penulisan seperti ini justru akan disukai oleh HRD dan memberi kesan yang lebih baik di mata mereka.

3. Gunakan Struktur Penulisan Rapi dan Bersih 

Saat membuat surat lamaran, pastikan format bersih dan rapi. Standar penulisan jauh lebih baik jika diketik lewat komputer. Pastikan juga bahasa yang digunakan tidak terlalu panjang. Kalimat panjang akan memberikan kesan tidak rapi.

Perhatikan juga jenis font yang digunakan dalam penulisan surat tersebut. Lebih disarankan untuk memakai font normal dengan ukuran dan jarak spasi yang baik. Jika format dan

struktur penulisannya rapi, maka HRD akan lebih mudah membaca surat dan mengevaluasinya.

Salah satu poin yang akan dinilai lebih dulu oleh pihak HRD adalah tampilan surat. Jika tampilannya saja sudah tidak rapi dan berantakan dari segi format penulisan, maka besar peluang surat tersebut akan disisihkan.

4. Tunjukkan Kelebihan Anda 

Pada surat lamaran, berikan informasi jelas soal kelebihan Anda. Deskripsi kelebihan ini tidak boleh terlalu panjang. Cukup singgung soal keahlian Anda dan juga pengalaman kerja. Untuk para lulusan S1 baru, tampilkan kemampuan Anda dengan informasi lulusan perguruan tinggi mana.

Bagian yang menunjukkan kelebihan diri ini juga sangat penting. Perannya begitu besar untuk membantu Anda diterima di sebuah perusahaan. Secara logika, perusahaan pasti menginginkan pekerja terbaik untuk bergabung dengan mereka bukan?

Cobalah untuk memberi highlight pada poin-poin yang menjadi kelebihan Anda. Tunjukkan kepada perusahaan bahwa Anda memang layak untuk diterima berdasarkan semua kelebihan yang sudah dimiliki tadi.

5. Isi Harus Fokus Pada Target Lamaran 

Sebisa mungkin, Anda harus tahu untuk siapa surat lamaran tersebut akan dibaca. Jika ke HRD misalnya, fokus target lamaran adalah staff HRD. Jadi pastikan bahasa yang digunakan sesuai dengan target tersebut.

Untuk surat lamaran yang langsung ke pemilik usaha, Anda harus lebih sopan dan menunjukan rasa hormat pada surat yang dibuat. Ini akan memberi nilai lebih dan membuat peluang untuk diterima jadi semakin besar.

Membuat surat lamaran sesuai dengan targetnya juga akan mempermudah proses pembuatan. Penulisan surat jadi lebih konsisten karena tahu siapa targetnya dan bahasa atau gaya penulisan dapat disesuaikan.

6. Lakukan Research Soal Perusahaan yang Akan Dilamar 

Tiap perusahaan akan memiliki budaya dan kebiasaan berbeda. Jika cek contoh surat lamaran kerja biasa, informasi ini tidak akan Anda temukan. Lebih baik cari contoh langsung karyawan perusahaan yang ada di situ. Tanyakan bagaimana gaya kerja dan situasi di perusahaan.

Untuk perusahaan kreatif yang terdiri dari banyak milenial, kebanyakan birokrasi tidak akan kaku. Karena itu, gaya bahasa surat lamaran juga harus disesuaikan. Anda harus lebih fokus pada konten kemampuan Anda dan apa yang bisa Anda berikan sebagai calon karyawan.

Di sisi lain, untuk perusahaan kaku dan formal, surat harus menggunakan bahasa formal dengan format kaku dan menunjukan rasa hormat besar. Singkatnya, jika surat dibuat sesuai dengan karakter perusahaan yang akan dilamar maka peluang untuk diterima juga pasti akan semakin besar.

Perusahaan akan jauh lebih senang jika bisa menerima karyawan yang mengenal dengan baik perusahaan tersebut. Jika bisa melakukan riset terlebih dahulu dan memahami seluk beluk perusahaan, maka lebih mudah bagi Anda untuk bisa menarik perhatian.

7. Buat Banyak Versi dan Konsultasikan dengan Pihak Lain 

Untuk memastikan surat lamaran bisa sukses, buatlah banyak versi dari surat tersebut lalu konsultasikan pada pihak lain. Buat minimal 3 versi dengan perbedaan format dan penggunaan bahasa. Cari minimal 3 orang untuk membacanya.

Pastikan mereka membuat feedback dan pilih dari 3 versi tersebut. Hal ini memastikan surat lamaran Anda adalah yang terbaik untuk dikirim. Selain itu hal ini juga bisa jadi bahan pembelajaran bagi Anda saat harus membuat surat lamaran yang baik dan efektif.

Bagi fresh graduate, seringkali hal seperti ini tidak dilakukan. Salah satu penyebabnya adalah malu atau tidak percaya diri dengan surat lamaran yang sudah berhasil ditulis. Cobalah untuk menghilangkan rasa malu tersebut demi kebaikan diri sendiri.

8. Harus Melalui Proses Proofread 

Proofread surat lamaran kerja adalah proses yang harus dilakukan. Proofread di sini artinya meminta orang lain yang lebih profesional untuk cek surat tersebut. Mereka pasti mampu bantu memberikan arahan jika ada bagian surat yang kurang baik. Mereka juga membantu menunjukan kesalahan penulisan ataupun penggunaan bahasa formal pada surat lamaran Anda.

Melalui proses proofreading ini, Anda jadi tahu mana saja kesalahan yang harus diperbaiki pada surat lamaran kerja tersebut. Penulisan surat lamaran pun bisa disempurnakan kembali dan akan memberikan hasil yang lebih optimal.

Kesalahan dalam Penulisan Surat Lamaran Kerja

Kesalahan dalam Penulisan Surat Lamaran Kerja

Ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan saat menulis surat lamaran kerja. Kesalahan-kesalahan ini seringkali tidak disadari tapi ternyata memberi dampak negatif yang begitu besar. Itulah sebabnya Anda perlu memahami kriteria dan contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar. Berikut adalah beberapa kesalahan dalam menulis surat lamaran kerja yang harus dihindari:

1. Tidak Mengikuti Format 

Kesalahan pertama yang cukup sering terjadi adalah penulisan tidak mengikuti format atau struktur baku yang sudah diinformasikan sebelumnya. Padahal format dan struktur ini sangat penting dan akan menjadi salah satu poin yang memberi kesan pertama pada pihak perusahaan.

Cobalah untuk mencari lebih banyak referensi mengenai cara penulisan dan format surat lamaran kerja yang baik dan benar. Ini akan sangat membantu Anda untuk mendapatkan inspirasi format surat lamaran yang jauh lebih efektif.

2. Menunjukkan Keraguan 

Banyak orang tanpa sadar menuliskan keraguan pada surat lamaran kerja yang mereka buat. Misalnya saat menuliskan kemampuan atau keterampilan yang dimiliki. Kalimat seperti “saya merasa memiliki kemampuan dalam bidang desain” sebaiknya tidak disertakan dalam surat lamaran.

Kalimat tersebut tidak menunjukkan keyakinan dalam diri Anda. Sebaliknya, kalimat tersebut justru menonjolkan keraguan. Ada kata ‘merasa’ yang justru membuat Anda sendiri ragu apakah memang ada kemampuan desain atau tidak.

Jika si pelamar saja ragu menunjukkan kemampuannya, maka bagaimana bisa perusahaan percaya? Jadi lebih baik hilangkan kata merasa. Sampaikan dengan jelas apa yang menjadi kemampuan atau keterampilan Anda tanpa ada keraguan.

3. Penulisan Tidak Rapi 

Banyak pelamar yang surat lamarannya ditolak perusahaan karena tidak ditulis dengan rapi. Format penulisan yang rapi sebenarnya sangat penting karena akan memberi kesan positif pada perusahaan. Ikuti saja struktur dan format baku yang banyak digunakan oleh para pelamar kerja.

Inilah pentingnya mencari banyak referensi agar bisa tahu seperti apa format penulisan yang rapi. Paling tidak Anda tahu seperti apa jenis font yang layak digunakan, berapa jarak spasinya, dan lain sebagainya. Ini akan membantu penulisan surat jadi lebih rapi.

4. Memberi Kesan Mengemis 

Kesalahan lain yang juga sering dilakukan oleh para pelamar kerja adalah memberi kesan mengemis saat menulis surat lamaran. Memang benar bahwa surat lamaran dikirimkan ke perusahaan sebagai bentuk permintaan agar bisa mendapat pekerjaan.

Namun perlu dipahami bahwa surat lamaran ini bukan digunakan sebagai alat untuk mengemis kepada perusahaan. Hindari kalimat yang menunjukkan bahwa Anda sangat berharap dan bergantung pada keputusan perusahaan tersebut.

Tidak masalah jika ingin menyampaikan harapan besar agar bisa diterima di perusahaan. Namun, jangan sampai menggunakan kalimat yang terlalu memohon sampai akhirnya terkesan mengemis. Ini akan memberi kesan negatif di mata perusahaan.

5. Mengarahkan ke CV 

Banyak sekali pelamar kerja yang menulis surat lamaran kerja dan mengarahkan HRD untuk melihat CV. Misalnya dengan kalimat, “sesuai dengan informasi yang tertera di CV saya” atau “bisa dilihat di CV yang sudah saya lampirkan”.

Mengapa kalimat tersebut tidak seharusnya masuk ke surat lamaran kerja? Kalimat-kalimat ini justru akan membuat pihak HRD merasa kesal karena harus melihat CV. Perlu dicatat bahwa tidak semua CV pelamar akan dibaca oleh HRD.

Jika surat lamarannya saja sudah tidak menarik dan memberi kesan negatif, maka HRD juga pasti akan merasa malas untuk lanjut membaca CV. Jadi lebih baik tuliskan informasi penting dari CV ke surat lamaran. Sedikit saja sesuai dengan kebutuhan.

Pada dasarnya surat lamaran akan menjadi pengantar bagi HRD untuk melihat lebih jauh pelamar yang mengirimkan surat tersebut. Jika saat membaca surat lamaran saja sudah malas maka CV tidak akan diperiksa lebih jauh.

6. Menyertakan Informasi Tidak Relevan 

Hindari menyertakan informasi yang sifatnya tidak relevan dengan job desk pekerjaan. Saat melamar pekerjaan, Anda tentu sudah tahu posisi apa yang diinginkan. Sebaiknya tuliskan informasi-informasi yang relevan dan sesuai dengan posisi tersebut.

Hal ini penting terutama saat Anda harus menulis keterampilan atau kemampuan yang dimiliki. Tuliskan saja keterampilan yang memang relevan dengan pekerjaan yang dilamar. Ini akan memberi kesan positif pada perusahaan dan memperbesar peluang diterima.

Jika Anda terlalu banyak menyertakan informasi tidak relevan, maka isi surat pasti akan terlalu panjang. Padahal penulisan surat lamaran yang terlalu panjang juga tidak akan bekerja efektif. Jadi lebih baik dibuat padat dan singkat sesuai dengan tujuan.

7. Malu Melakukan Evaluasi 

Banyak juga pelamar yang pada akhirnya tidak mau melakukan proofread dan evaluasi karena malu. Hal seperti ini sebaiknya dihindari jika memang ingin mendapatkan pekerjaan secepatnya. Surat lamaran yang Anda tulis bisa saja salah dan kesalahan tersebut tidak disadari.

Dengan melakukan evaluasi dan proofread oleh orang lain, maka bisa diketahui mana yang salah. Jadi Anda tidak akan mengulang kesalahan yang sama saat menulis surat lamaran. Selain itu, Anda juga berkesempatan langsung lolos dengan sekali membuat surat lamaran.

Hal ini biasanya dialami oleh lulusan baru atau fresh graduate. Terlalu malu untuk menunjukkan surat lamaran sendiri sampai akhirnya sulit mendapat perkerjaan. Jika memang tidak percaya diri maka lakukan evaluasi bersama keluarga atau teman yang dipercaya.

Hindari 7 hal ini saat menulis surat lamaran kerja agar hasilnya bisa lebih efektif dan efisien. Pastikan untuk terus mengikuti petunjuk penulisan dan jaga kerapian tulisan Anda. Ini akan menjadi kunci penting agar bisa lolos seleksi dan diterima kerja.

Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Contoh Bentuk Surat Lamaran Kerja

Pada bagian ini, Akan dibahas beberapa contoh surat lamaran kerja dengan bentuk dan tujuan berbeda. Setiap lamaran kerja umumnya memiliki kesamaan, tapi jika dilihat dari bentuk dan tujuannya, Anda akan melihat perbedaan penggunaan bahasa dan juga bentuknya. Berikut adalah bahasan beberapa contoh tersebut:

1. Contoh Surat Lamaran Kerja Tradisional 

Setiap pekerjaan akan memerlukan bahasa dan gaya berbeda pada surat lamarannya. Karena itu, Anda harus pastikan menggunakan bahasa yang baik dan sesuai dengan kebutuhan kerja. Jika kenal perusahaanya, Anda bisa sesuaikan pembuatan surat dengan apa yang diinginkan perusahaan tersebut. Hal ini bisa Anda lihat pada aplikasinya di contoh surat lamaran kerja untuk bagian admin berikut ini!

Contoh 1

Kepada Yth,

HRD Manager PT. Bahtara Senja

Jln. Kemasan No. 41

Solo

Perihal: Lamaran Kerja

Lampiran: 6 lembar

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama: Firda Susanti

Jenis Kelamin: Perempuan

Tempat, Tgl. Lahir: Solo, 16 Juli 1992

Pendidikan Akhir : S1 Administrasi Perkantoran

Telepon/HP : 0812 3456 7890

Berdasarkan informasi yang saya dapat dari Harian Jawa tertanggal 31 Januari 2018, bahwasannya sedang dibutuhkan karyawan baru untuk perusahaan yang Ibu/Bapak pimpin. Pekerjaan yang diminta adalah Staf Administrasi yang saya yakin dapat memenuhinya. Karena itu, saya mengirimkan surat lamaran ini untuk menempati posisi tersebut.

Sebagai pertimbangan, dan untuk perlengkapan persyaratan administrasi lamaran, berikut saya lampirkan beberapa dokumen yang berupa :

Daftar Riwayat Hidup 1 lembar

Foto copy Ijazah Terakhir 1 lembar

Foto copy Transkrip Nilai 1 lembar

Foto copy SKCK 1 lembar

Foto copy KTP 1 lembar

Pas Foto 4×6 terbaru 2 lembar

Besar harapan saya untuk bergabung di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Saya yakin mampu memberikan kontribusi positif kepada perusahaan!

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat. Atas perhatian dan kebijaksanaan Bapak/Ibu, saya ucapkan banyak terima kasih.

Solo, 31 Januari 2018

Hormat saya,

Firda Susanti

 

Contoh 2

Kepada Yth,

Bapak Santosa Widya

Manager HRD PT. Global Persada

Jln. Pelajar Timur No.2

Jogja

Perihal: Lamaran Kerja

Lampiran: 6 lembar

Dengan hormat,

Melalui surat ini, saya ingin memperkenalkan diri kepada perusahaan Bapak. Berikut adalah identitas diri saya:

Nama: Fauzan Ananto

Jenis Kelamin: Laki-Laki

Tempat, Tgl. Lahir: Klaten, 16 Mei 1992

Pendidikan Akhir : S1 Akuntansi

Telepon/HP : 0813 6555 7888

Sesuai dengan informasi yang saya baca pada dari Harian Jogja tanggal 31 Desember 2020, perusahaan Bapak sedang membutuhkan karyawan baru. Posisi yang dibutuhkan adalah staf akuntan dimana sesuai dengan latar belakang pendidikan yang saya miliki. Oleh karena itu, saya mengirimkan surat lamaran ini agar bisa menempati posisi tersebut.

Sebagai bahan pertimbangan lebih jauh, saya telah melampirkan beberapa dokumen penting berikut sesuai ketentuan:

Curriculum Vitae 1 lembar

Salinan Ijazah Terakhir 1 lembar

Salinan Transkrip Nilai 1 lembar

Salinan SKCK 1 lembar

Salinan KTP 1 lembar

Pas Foto 4×6 terbaru 2 lembar

Besar harapan saya agar bisa bergabung di perusahaan Bapak sebagai salah satu staf akuntan. Saya memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai sesuai posisi tersebut. Saya mampu bekerja secara optimal dan memberi kontribusi besar di perusahaan Bapak.

Demikian surat lamaran ini saya buat dengan harapan bisa menjadi bahan pertimbangan. Atas perhatian dan kesempatan yang telah diberikan, saya ucapkan terima kasih.

Klaten, 5 Januari 2021

Hormat saya,

Fauzan Ananto

2. Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris 

Surat lamaran yang satu ini menggunakan bahasa Inggris. Umumnya penggunaan surat lamaran dengan bahasa asing ini jarang diminta. Tapi untuk mengajukan lamaran ke perusahaan kelas internasional, lamaran seperti ini sering digunakan.

Baca Juga:  Yang Perlu Di Perhatikan Dalam Surat Lamaran Kerja

Contoh surat lamaran kerja jenis ini tidak terlalu berbeda secara struktur dengan lamaran bahasa Indonesia. Jika Anda tidak perlu terlalu bingung membuat jenis surat lamaran yang satu ini. Hal yang perlu diperhatikan hanya pada grammar dan penulisan ejaan bahasa Inggrisnya saja.

Biasanya surat lamaran kerja berbahasa Inggris akan dibuat jauh lebih singkat. Meskipun begitu strukturnya juga tetap sama dan maksud yang disampaikan juga tak berubah. Hindari menggunakan aplikasi translate otomatis dalam membuat surat lamaran seperti ini.

Contoh 1

APPLICATION LETTER

Attention to: Human Resources

Blemcoss Inc.

Cempaka Street 13, North Magelang

Central Java

Dear Sir/Madam,

I’ve read your job vacancy at LowonganKerja.co.id and found your company is looking for employees for Content Creator Staff. I believe that position is fit with my speciality as a successful YouTuber with 200.000 subscribers. I also have a background education from Marketing and Digital Filmmaking.

My name is Syahra Iristra and I’m 25 years old. I graduate form University of Surya Digital Marketing in 2019 and have been working as a freelance video creator for 2 year. The last profesion I do is as a YouTuber. I started my YouTube career from 2020 until now and gained 200.000. This is proof that I can work as a Content Creator and have success in it.

I am really confident I will be able to contribute to the company. Herewith I endorse my: Copy of Bachelor Degree Certificate (S1)

Academic Transcript

Curriculum Vitae (CV)

Legal proof of my profession as YouTuber

Recent Photograph (size 4×6)

I hope I could be part of your company. Thank you for the attention.

Yogyakarta, 21 Februari 2022

Sincerely,

Syahra Iristra

 

Contoh 2

Jakarta, May 6 2020

Mr. Andi

Head of Human Resource Division

  1. Moon Lab

Jl. Sudirman No 664

Jakarta, 12046

Dear Mr. Andi,

Based on the advertising that I read on Media One, posted on April 31 2020, I would like to propose for the job. On that advertising, your hotel need a receptionist and I belive that I will be the right person for that position.

I have completed my undergraduate program in tourism from Gadjah Mada University. This education background will be relate with that job. I have enough education and skill for the job and I will give the best performance for your hotel.

My name is Aurelia Dina and I’m 23 years old. I had worked as a receptionist for 8 months a Joglo Hotel. I can speak 4 foreign languages, English, Korean, Spanish, and Chinese. In addition, I have a great ability to use every kind of technology to give the best service for your guests.

For your consideration, I have attached a curriculum vitae and other documents that area required. I am looking forward to the interview so I will be able to ecplain my skills in person with you. Thank you.

Best regards,

Aurelia Dina

4. Contoh Surat Lamaran Kerja Singkat Via Email

Di era digital ini, surat lamaran tidak hanya dikirim secara fisik, tapi juga dalam bentuk email. Email surat lamaran kerja umumnya lebih singkat dan padat informasi. Selain itu, dokumen lampiran langsung terpasang di email tersebut.

Penggunaan surat lamaran email cukup populer karena perusahaan bisa analisis cepat menggunakan program khusus untuk screening. Karena prosesnya cepat yaitu lewat screening, maka pastikan tulisan emailnya benar-benar efektif.

Pilihlah kata-kata yang mudah dipahami dan susun menjadi kalimat yang nyaman dibaca. Ini akan mempermudah prose screening sekaligus memperbesar peluang lolos seleksi.

Contoh 1

To: [email protected]

Cc: –

Subject: Digital Marketing / Surat Lamaran Kerja

Dengan hormat,

Perkenalkan saya,

Nama: Steve Murdato

Umur: 26 tahun

Jenis Kelamin: Laki-Laki

Pendidikan Terakhir: S1 Ekonomi

No. Telepon: 081335775788

Surat lamaran ini saya kirimkan sebagai permohonan kerja di perusahaan Bapak/Ibu pimpin. Saya berniat mengisi posisi Digital Marketing yang sedang kosong sesuai dengan informasi dari website official Fortune Melody. Saya memiliki pengalaman kerja 5 tahun di 2 perusahaan untuk mengelola campaign iklan di Google Ads, Facebook, Instagram dan Tik Tok. Selain itu, saya memiliki beberapa sertifikasi resmi yang terkait dengan digital marketing

Sebagai bahan pertimbangan saya telah melampirkan beberapa berkas berikut pada email ini:

Daftar Riwayat Hidup

Scan Kartu Tanda Penduduk (KTP)

Scan Ijazah Terakhir

Scan Surat Keterangan Dokter

Pas Photo format .jpeg (1 file)

Sertifikat

Demikian surat lamaran kerja yang saya buat, dengan lamaran ini kami berharap agar dapat diterima di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Terima kasih atas perhatiannya.

Hormat saya,

Steve Murdato

 

Contoh 2

To: [email protected]

Cc: [email protected]

Subject: Social Media Specialist

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi yang ada pada website PT Citra Bangsa, sedang dibutuhkan tenaga kerja untuk posisi Social Media Specialist. Oleh sebab itu saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Rizal Imran

Alamat: Semarang, Jl. Pelajar Baru No.15

Tempat, Tanggal Lahir: Semarang, 5 Juli 1999

Pendidikan: S1 Komunikasi

Bermaksud mengisi lowongan pekerjaan sesuai posisi yang dibutuhkan. Bersama surat ini saya melampirkan CV dan data pendukung lain yang dibutuhkan sebagai bahan pertimbangan.

Besar harapan dalam diri saya agar bisa lanjut ke tahap wawancara dan bergabung dengan perusahaan sesuai posisi yang dibutuhkan. Terima kasih banyak untuk kesempatan yang diberikan.

Hormat saya,

Rizal Imran

4. Contoh Surat Lamaran Kerja Sederhana 

Pada contoh surat lamaran kerja jenis ini, Anda menggunakannya hanya untuk perusahaan ukuran kecil yang tidak terlalu mementingkan keseriusan bahasa surat. Selain itu, perusahaan memiliki tradisi sendiri – sendiri. Banyak tempat kerja yang tidak terlalu kaku tradisinya, jadi saat Anda kirimkan surat lamaran dengan gaya sederhana dan santai, biasanya akan lebih diterima daripada dengan gaya kaku dan formal.

Untuk menggunakan surat lamaran yang lebih santai ini, pastikan dulu gaya perusahaan dan juga ukurannya. Cek juga pengalaman para karyawan yang bekerja di situ. Jika ada indikasi surat lamaran yang singkat sederhana lebih baik, barulah Anda ikuti contoh bentuk yang ini.

Contoh 1

Hal: Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth,

HRD PT. Harga Mapan

Jl. Cempaka Kristal No. 13

Cilacap

Dengan hormat,

Saya yang beridentitas:

Nama: Budi Surya

Tempat, Tgl. Lahir: Magelang, 07 Januari 1996

Pendidikan Terakhir: S1 Teknik Informatika

Alamat: Jln. Banting Tulang No. 67 Jakarta

Hp: 0812 3456 7890

Bermaksud mengajukan lamaran kerja pada perusahaan yang Anda pimpin pada posisi sebagai Pengembang Website. Saya memiliki pengalaman sebagai website developer selama 3 tahun dan yakin dapat berkontribusi positif pada perusahaan Anda.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan berkas tambahan berikut ini: Daftar riwayat hidup

Fotokopi ijazah s1 teknik informatika

Bukti kerja sebagai developer website

Fotokopi transkrip nilai

Fotokopi kartu tanda penduduk (KTP);

Fotokopi surat keterangan catatan kepolisian (SKCK)

Fotokopi surat keterangan dokter

Pas foto terbaru ukuran 4×6 2 lembar

Demikian surat lamaran kerja ini saya sampaikan. Terima kasih atas perhatiannya. Hormat Saya,

Budi Surya

 

Contoh 2

Surakarta, 5 Maret 2022

Kepada Yth.:

Pimpinan Toko Buku Kiki

Dengan hormat,

Sehubungan dengan informasi lowongan kerja yang saya dapatkan dari akun media sosial @lowkersolo, dibutuhkan karyawan Admin Media Sosial untuk Toko Buku Kiki. Berdasarkan informasi tersebut, saya tertarik untuk mendaftarkan diri.

Yang bertandatangan di bawah ini, saya:

Nama: Pratama Adi

Tempat Tanggal Lahir: Kartasura, 17 Januari 1996

Alamat: Jl. Prawiyan Kartasura No.5 RT 2 RW 3

Pendidikan Terakhir: D3 Akuntansi

Telepon: 0856 7722 6447

Berniat untuk mengajukan lamaran pekerjaan sesuai dengan posisi yang dibutuhkan oleh toko buku Bapak/Ibu. Bersama surat ini saya juga melampirkan:

  • Daftar riwayat hidup
  • Fotokopi ijazah terakhir
  • Fotokopi KTP
  • Transkrip nilai
  • Pas foto terbaru ukuran 4×6

Demikian surat lamaran kerja ini saya ajukan. Besar harapan saya agar bisa bergabung sebagai Admin Media Sosial di Toko Buku Kiki. Atas perhatian dan kesempatan yang diberikan, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Pratama Adi

5. Contoh Surat Lamaran Kerja dengan Rekomendasi 

Jika Anda memiliki koneksi dengan pihak dalam perusahaan, terkadang mereka mampu memberi rekomendasi untuk pilihan rekrut pekerja baru. Mereka bisa merekomendasikan Anda untuk lebih mudah masuk ke perusahaan.

Meskipun sudah mendapat rekomendasi, tentu saja Anda tetap harus membuat surat lamaran untuk membuktikan rekomendasi tersebut benar. Bentuk surat lamaran dengan rekomendasi ini cukup berbeda, jadi pastikan membuatnya dengan benar.

Contoh 1

Kepada Yth.

Bapak Nugraha Setya, Pimpinan CV Hotel Baki

Jalan Tentara Pelajar No. 23

Semarang

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi rekomendasi dari rekan saya, Kurniyawan Indra yang merupakan Manajer HRD di perusahaan Bapak, saya mengajukan surat lamaran kerja. Saya mendapatkan referral untuk mengisi posisi Staff Marketing Digital yang merupakan bagian baru yang Bapak bentuk.

Berikut ini adalah data diri saya:

Nama: Rudi Santosa Irwanda

Tempat, tanggal lahir: Yogyakarta, 14 April 1990

Alamat: Jalan Melati No. 30 Semarang

Telepon : 0822 3213 3213

Pendidikan terakhir: Sarjana Marketing

Pengalaman kerja: 10 tahun freelance website developer dan content creator. Sebagai informasi pendukung, saya sertakan berkas tambahan berikut: Fotocopy KTP

Fotocopy ijazah S1

Daftar riwayat hidup

Surat bukti rekomendasi Kurniyawan Indra

Bukti NPWP terakhir

Bukti profesi freelance

dokumen portofolio

Pas Foto warna 3 x 4 dua lembar

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat untuk menjadi bahan pertimbangan Bapak Nugraha Setya. Terima kasih atas perhatiannya

Hormat saya,

Rudi Santosa Irwanda

 

Contoh 2

Jakarta, 11 Maret 2022

Hal: Lamaran Pekerjaan

Yth. Pimpinan PT Bank BNK

Cabang Kab. Jakarta

Jl. Kebon Jeruk No 24, Meruya Utara

Dengan hormat,

Berdasarkan rekomendasi yang diberikan rekan saya Kurniawan Adi Santoso selaku manajer HRD di perusahaan Bapak/Ibu, saya berniat untuk mengajukan lamaran pekerjaan. Sesuai dengan posisi teller yang dibutuhkan, saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Ana Lilian

Tempat Tanggal Lahir: Jogja, 5 Desember 1997

Pendidikan Terakhir: S1 Komunikasi Universitas Gadjah Mada

Alamat: Jl. Mentar No.3, Yogyakarta

Mengajukan lamaran untuk mengisi posisi teller sesuai yang dibutuhkan. Bersamaan dengan surat lamaran ini saya juga mengajukan beberapa dokumen sebagai berikut:

  • Daftar riwayat hidup
  • Fotokopi ijazah
  • Fotokopi transkrip nilai
  • Fotokopi KTP
  • Pas foto 4×6
  • Surat pengalaman kerja
  • Surat rekomendasi

Demikian surat lamaran ini saya buat sebagai bahan pertimbangan. Besar harapan saya agar bisa lolos ke tahap seleksi berikutnya dan bergabung sebagai teller di Bank BNK. Terima kasih atas perhatian dan kesempatan yang telah diberikan.

Hormat saya,

Ana Lilian

6. Contoh Surat Lamaran Kerja Edukasi Terbatas 

Beberapa pekerjaan tidak terlalu mementingkan edukasi Anda. Pekerjaan ini lebih fokus pada pengalaman dan umumnya bukan staff kantoran biasa. Walaupun pekerjaannya hanya

sopir, cleaning service dan staff masak, surat lamaran kerja tetap harus memiliki struktur baik tapi tidak terlalu kaku seperti saat membuat surat lamaran untuk perusahaan di posisi tinggi.

Ingat, bukan berarti jenis pekerjaan seperti ini receh atau remeh. Pekerjaan yang membutuhkan tenaga kerja edukasi terbatas juga tetap wajib dihargai. Jadi, jangan sepelekan proses pembuatan surat lamarannya agar bisa diterima.

Contoh 1

Kepada Yth.

Pimpinan HRD Pabrik Epic Chicken

Jalan Minang Seribu Nomor 42

Sulawesi

Dengan hormat,

Saya mengajukan permohonan diterima kerja sesuai dengan informasi lowongan kerja pada page Facebook Epic Chicken. Saya mengajukan lamaran mengenai posisi staff cleaning service yang sekarang sedang kosong.

Berikut data singkat saya:

Nama: Puspa Eka Sari

Tempat dan Tanggal Lahir: Sulawesi, 12 Mei 1995

Jenis Kelamin: Perempuan

Agama: Nasrani

Pendidikan Terakhir: SMA

Alamat: Jl. Paru Paru Merah, Block C No. 65

No HP : XXXXXXXXXXX

Sebagai pelengkap saya melampirkan berkas – berkas berikut:

Curriculum Vitae ( CV )

FC Ijazah SMA yang telah Dilegalisir asli

FC Transkip Nilai yang telah Dilegalisir asli

FC Kartu Keluarga

FC Sertifikat

Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)

Pas Foto Terbaru ukuran 4X6

Demikian surat lamaran ini dibuat. Saya sangat berharap dapat berkontribusi di Pabrik Epic Chicken. Atas perhatian dan kesempatannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Puspa Eka Sari

 

Contoh 2

Kepada Yth.

Manajer Restoran Padang Jaya

Jalan Bintang Nomor 32

Surabaya

Dengan hormat,

Melalui surat ini saya ingin mengajukan lamaran kerja sebagai pelayan untuk Restoran Padang Jaya. Saya mendapatkan informasi lowongan dari iklan di akun media sosial @lokersurabaya.

Berikut adalah biodata singkat saya:

Nama: Adnan Prayoga

Tempat dan Tanggal Lahir: Surabaya, 6 Agustur 1998

Jenis Kelamin: Laki-Laki

Agama: Islam

Pendidikan Terakhir: SMA

Alamat: Jl. Citra Merah No.56 RT 2 RW 5

No HP : 0857 5524 6635

Saya juga sudah melampirkan dokumen-dokumen berikut:

  • Daftar riwayat hidup
  • Fotokopi ijazah SMA
  • Fotokopi transkrip nilai
  • Fotokopi Kartu Keluarga
  • Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
  • Pas Foto Terbaru ukuran 4X6

Demikian surat lamaran ini saya buat. Besar harapan saya agar bisa bekerja sebagai pelayan di restoran Bapak/Ibu. Terima kasih banyak atas perhatian dan kesempatan yang diberikan.

Hormat saya,

Adnan Prayoga

7. Contoh Surat Lamaran Kerja untuk Startup 

Saat ini ada banyak perusahaan startup bermunculan. Jenis perusahaan seperti ini juga banyak dijadikan idaman oleh banyak orang. Selain prospeknya bagus, konsep perusahaan yang modern juga jadi poin yang menarik bagi para pencari kerja.

Baca Juga:  Contoh Surat Lamaran Kerja Umum Paling Mudah Dibuat

Persaingan diterima kerja di perusahaan startup sangatlah ketat. Jika ingin diterima, maka harus mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin. Salah satunya dengan membuat surat lamaran kerja yang benar-benar menarik seperti contoh-contoh ini.

Contoh 1

Bandung, 5 Mei 2022

Kepada Yth.

Pimpinan HRD

Perusahaan Muda Kreatif

Jl. Patimura Barat No. 34, Jakarta

Dengan hormat,

Melalui surat ini, saya ingin mengajukan lamaran pekerjaan kepada perusahaan Muda Kreatif. Surat lamaran ini saya buat berdasarkan iklan lowongan yang dipublikasikan melalui media sosial resmi @mudakreatif. Berikut adalah identitas singkat saya:

Nama: Saptari Citra

Tempat dan Tanggal Lahir: Bandung, 5 Mei 2000

Jenis Kelamin: Perempuan

Pendidikan Terakhir: S1 Manajemen

Alamat: Jl. Burung Parkit No.35, Bandung

No HP : 0866 5353 9474

Media sosial: Instagram @saptaricitra

Sesuai dengan ketersediaan lowongan sebagai Content Analyst di perusahaan Bapak, Ibu, saya ingin mengajukan diri. Saya memiliki pengalaman menjadi pengelola konten media sosial di Majalah Bibo selama 1 tahun. Sebagai pelengkap, saya juga melampirkan dokumen berikut:

  • Curriculum Vitae
  • Fotokopi ijazah
  • Fotokopi KTP
  • Sertifikat
  • Pas Foto Terbaru ukuran 4X6

Demikian surat lamaran ini saya buat sebagai bahan pertimbangan. Besar harapan saya bisa bergabung menjadi bagian dari tim Content Analyst di Muda Kreatif. Terima kasih atas perhatian dan kesempatan yang sudah diberikan.

Hormat saya,

Saptari Citra

 

Contoh 2

Bandung, 1 Juni 2022

Kepada Yth.

Pimpinan HRD

Perusahaan Baca Buku

Jl. Kolombo Timur No.12, Bandung

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi lowongan kerja yang diunggah lewat media sosial Instagram @bacabuku pada tanggal 25 Mei 2022 lalu, saya ingin mengajukan surat lamaran pekerjaan. Saya memiliki kompetensi yang sesuai dengan posisi Junior Accounting di perusahaan Bapak/Ibu.

Nama: Gifari Adya

Tempat dan Tanggal Lahir: Bandung, 16 September 1998

Jenis Kelamin: Laki-Laki

Pendidikan Terakhir: S1 Akuntansi

Alamat: Jl. Merak Ungu No.23, RT 5 RW 4 Bandung

No HP : 0856 4433 2121

Media sosial: Instagram @gifariadya

Email: [email protected]

Saya memiliki pengalaman bekerja sebagai akuntan di Koperasi Media Tama selama 6 bulan dan akuntan di perusahaan Buku Citra selama 1 tahun. Kompetensi dan pengalaman yang saya miliki sangat relevan dengan posisi yang dibutuhkan. Bersama surat ini, saya juga melampirkan beberapa dokumen sebagai berikut:

  • Curriculum Vitae
  • Fotokopi ijazah
  • Fotokopi KTP
  • Sertifikat
  • Pas Foto Terbaru ukuran 4X6

Demikian surat lamaran ini saya ajukan kepada perusahaan Bapak/Ibu. Besar harapan bagi saya agar bisa lolos ke tahap seleksi berikutnya dan diterima bekerja. Terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan.

Hormat saya,

Gifari Adya

8. Contoh Surat Lamaran untuk Pekerjaan Remote atau Freelance 

Zaman sekarang ada banyak juga jenis pekerjaan remote atau freelance. Meskipun konsepnya freelance, tapi tetap dibutuhkan surat lamaran agar bisa bergabung sesuai jenis pekerjaan yang ditentukan.

Saat ini ada banyak pebisnis yang membuka lowongan pekerjaan freelance dengan sistem remote. Biasanya konsep seperti ini berlaku untuk bidang pekerjaan penulis, desainer, dan masih banyak lagi. Tinggal cari saja jenis pekerjaan yang paling sesuai bakat dan passion.

Biasanya surat lamaran untuk jenis pekerjaan seperti ini jauh lebih simple. Umumnya tak perlu mencantumkan alamat karena alamat kantor tidak diinformasikan. Biasanya pemilik bisnis juga menjalankan pekerjaan secara remote tanpa kantor tetap.

Langsung saja simak seperti apa contoh surat lamaran untuk jenis pekerjaan satu ini.

Contoh 1

Surabaya, 5 Mei 2022

Kepada Yth.

Pimpinan Agensi Penulis Media

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi lowongan kerja yang diunggah di media sosial @mediapenulis1 pada tanggal 1 Mei 2022 lalu, saya tertarik untuk mengajukan lamaran. Saya ingin mendaftarkan diri agar bisa bergabung sebagai penulis lepas sesuai yang dibutuhkan. Berikut adalah identitas diri saya:

Nama: Pika Fatmawati

Tempat dan Tanggal Lahir: Jakarta, 4 April 2001

Jenis Kelamin: Perempuan

Pendidikan Terakhir: SMA

Alamat: Jl. Patimura Jaya No.23, Jakarta Barat

No HP: 0875 2136 0471

Email: [email protected]

Saya memiliki pengalaman bekerja sebagai penulis lepas atau freelance writer selama 2 tahun. Selain itu saya juga mengelola hasil tulisan sendiri melalui blog tulisanpika.blogspot.com. Saya memiliki kemampuan dan keterampilan sesuai yang dibutuhkan oleh Agensi Penulis Media.

Bersamaan surat lamaran ini saya melampirkan:

  • Curriculum vitae
  • Contoh tulisan

Demikian surat lamaran ini saya buat agar bisa dijadikan bahan pertimbangan. Besar harapan saya bisa bergabung sebagai penulis lepas di Agensi Penulis Media. Saya mampu bekerja sama dengan tim dan memiliki kemauan besar untuk terus belajar. Terima kasih atas perhatian dan kesempatan yang diberikan.

Hormat saya,

Pika Fatmawati

 

Contoh 2

Gresik, 5 Maret 2022

Kepada Yth.

Pimpinan Indonesia Creative Design

Jl. Naruto No.3, Semarang

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi lowongan kerja yang saya dapatkan lewat media sosial @lowongankreatif pada tanggal 1 Maret 2022, saya berniat mengajukan lamaran. Sesuai dengan informasi tersebut, perusahaan Bapak/Ibu membutuhkan Freelance Graphic Designer. Berikut adalah data diri singkat saya:

Nama: Ahmad Pratomo

Tempat dan Tanggal Lahir: Gresik, 5 Januari 1994

Jenis Kelamin: Laki-laki

Pendidikan Terakhir: S1 Desain Grafis

Alamat: Jl. Pramuka Selatan No.2 RT 5 RW 8, Gresik, Jawa Timur

No HP: 0854 6565 1821

Email: [email protected]

Media sosial: Instagram @pratomo_ahmad1

Saya telah bekerja sebagai freelance designer mandiri selama 3 tahun. Saya memiliki pengalaman bekerja dalam tim dan mudah untuk beradaptasi. Bersamaan dengan surat lamaran ini saya juga melampirkan dokumen sebagai berikut:

  • Curriculum vitae
  • Portofolio

Demikian surat lamaran ini saya ajukan agar bisa menjadi bahan pertimbangan. Besar harapan saya untuk bisa bergabung menjadi freelance graphic designer di Indonesia Creative Design. Atas perhatian dan kesempatan yang diberikan, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Ahmad Pratomo

9. Contoh Surat Lamaran Kerja untuk Fresh Graduate 

Berikutnya ada contoh surat lamaran kerja untuk fresh graduate. Biasanya lulusan baru memang kesulitan membuat surat lamaran kerja karena belum punya pengalaman sebelumnya.

Meskipun belum punya pengalaman, tapi fresh graduate juga kesempatan yang sama dengan pelamar yang lain. Asalkan kualifikasinya tepat dan cara membuat surat lamaran kerjanya efektif maka kesempatan lolos juga pasti lebih besar.

Sebenarnya cara pembuatan surat lamaran untuk fresh graduate sama saja seperti surat lamaran mereka yang sudah berpengalaman kerja. Poin pembedanya hanya pada jenis pengalaman dan keterampilan yang dimiliki.

Bagi orang-orang yang sudah punya pengalaman kerja, maka pengalaman ini bisa dicantumkan pada surat lamaran. Namun bagi fresh graduate, cukup cantumkan saja keterampilan yang dimiliki. Bisa juga ditonjolkan nilai IPK agar menjadi poin lebih.

Berikut adalah contoh surat lamaran kerja untuk fresh graduate:

Contoh 1

Yogyakarta, 12 April 2022

Hal: Surat lamaran pekerjaan

Lampiran: 6 halaman

Kepada Yth.

HRD PT. UFO Indonesia

Jl. Padma Harja No.2, Sleman, Yogyakarta

Sesuai dengan informasi yang saya terima dari harian Suara Rakyat tanggal 10 April 2022, bahwa PT UFO Indonesia sedang membutuhkan tenaga kerja pada posisi Staf Administrasi. Maka dari itu saya berminat untuk mengisi lowongan pekerjaan tersebut. Berikut adalah data diri saya:

Nama: Safitri Gunawan

Tempat tanggal lahir: Yogyakarta, 6 November 2000

Jenis kelamin: Perempuan

Pendidikan terakhir: S1 Administrasi Perkantoran

Alamat: Jl. Patimura No.1, Bantul, Yogyakarta

Nomor telepon: 0851 2222 1313

Email: [email protected]

Saya merupakan fresh graduate dari Universitas Gadjah Mada jurusan Administrasi Perkantoran. Saya mendapatkan nilai IPK 3,54 dan memiliki banyak pengalaman dalam bekerja sama dengan tim serta menggunakan teknologi. Bersamaan dengan surat ini saya juga melampirkan dokumen berikut:

  • Curriculum vitae
  • Fotokopi ijazah terakhir
  • Fotokopi transkrip nilai
  • Fotokopi SKCK
  • Fotokopi KTP
  • Pas foto terbaru ukuran 3×4

Demikian surat lamaran ini saya sampaikan. Besar harapan saya agar bisa bergabung dengan menggali pengalaman bersama PT UFO Indonesia. Atas perhatian dan kesempatan yang diberikan, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Safitri Gunawan

 

Contoh 2

Solo, 3 Februari 2022

Hal: Surat lamaran pekerjaan

Lampiran: 5 halaman

Kepada Yth.

HRD PT. Jaya Bagya Dua

Jl. Pratomo Haryo No.3, Semarang

Melalui surat ini, saya ingin mengajukan lamaran pekerjaan sesuai informasi lowongan yang diunggah lewat media sosial @lowongansemarang_. Berdasarkan informasi tersebut, PT Jaya Bagya Dua membutuhkan karyawan untuk posisi Tim Purchasing. Saya tertarik untuk mendaftarkan diri menempati posisi tersebut. Berikut adalah data diri singkat saya:

Nama: Agus Wijayanto

Tempat tanggal lahir: Solo, 5 April 2001

Jenis kelamin: Laki-laki

Pendidikan terakhir: S1 Manajemen

Alamat: Jl. Haryono No.5 RT 6 RW 3, Semarang

Nomor telepon: 0856 3115 3817

Email: [email protected]

Saya adalah fresh graduate dari jurusan Manajemen Universitas Sebelas Maret. Saya memiliki pengalaman organisasi yang mencukupi sehingga mampu bekerja sama dalam tim. Saya lulus dengan nilai IPK 3,75 dan memiliki kemampuan komunikasi serta penggunaan teknologi yang baik. Bersama dengan surat lamaran ini, saya juga melampirkan beberapa dokumen sebagai berikut:

  • Curriculum vitae
  • Fotokopi ijazah terakhir
  • Fotokopi transkrip nilai
  • Fotokopi KTP
  • SKCK

Demikian surat lamaran ini saya buat agar bisa menjadi bahan pertimbangan bagi perusahaan Bapak/Ibu. Besar harapan saya agar bisa bergabung ke dalam tim purchasing PT Jaya Bagya Dua. Terima kasih atas perhatian dan kesempatan yang telah diberikan.

Hormat saya,

Agus Wijayanto

Dari semua contoh-contoh surat lamaran kerja ini, Anda bisa mendapatkan inspirasi dan referensi yang memadai. Pastikan untuk membuat surat lamaran sesuai dengan kebutuhan dan tujuan tempat atau perusahaan. Pahami dengan baik apa yang dibutuhkan oleh perusahaan agar peluang lolos lebih besar.

Jika ingin menggunakan contoh-contoh di atas sebagai acuan, maka pastikan untuk tetap membuat penyesuaian. Penyesuaian ini penting agar surat lamaran kerja tetap bersifat orisinal dan personal.

Tips Mengirimkan Surat Lamaran Pekerjaan

Tips Mengirimkan Surat Lamaran Pekerjaan

Setelah surat lamaran selesai dibuat, segera kirimkan ke perusahaan tujuan. Namun pengiriman surat ini juga harus dilakukan dengan cara yang tepat.

Banyak orang yang sudah menulis surat lamaran dengan tepat namun ternyata tidak bisa mendapat hasil optimal karena cara pengiriman yang salah. Berikut adalah beberapa tips mengirimkan surat lamaran yang bisa diterapkan:

1. Ikuti Aturan dari Perusahaan

Perusahaan biasanya memiliki aturan sendiri terkait pengiriman surat lamaran. Cobalah untuk mengikuti aturan tersebut. Misalnya, cara pengiriman apakah via email atau pos.

Selain itu perhatikan dengan detail seperti apa aturan pengiriman mulai dari warna amplop hingga kemana surat ditujukan. Jika surat lamaran harus dikirimkan lewat email maka cari tahu apa subjek email yang disarankan.

Mengikuti aturan pengiriman surat lamaran dengan benar akan memberi nilai lebih tersendiri. Ini menunjukkan bahwa pelamar memang benar-benar memperhatikan syarat lamaran dan serius ingin mendaftar.

2. Tulis Alamat dengan Jelas

Jika ingin mengirimkan surat lamaran via pos, pastikan alamatnya tertulis dengan jelas. Ini penting karena akan berpengaruh pada kelancaran pengiriman. Sama halnya saat berkirim paket, jika alamat tidak ditulis dengan jelas dan lengkap maka bisa salah sasaran.

Bagaimana jika surat lamaran diserahkan langsung ke perusahaan? Tetap cantumkan alamat dengan jelas dan jangan lupa tuliskan departemen atau divisi yang ingin dimasuki.

3. Sertakan Semua Lampiran

Cobalah untuk meneliti semua dokumen lampiran sebelum mulai mengirim surat lamaran. Biasanya memang ada beberapa jenis dokumen yang harus dilampirkan. Jangan sampai ada yang tertinggal.

Teliti kembali semua kelengkapan dokumen sebelum mengirimkannya. Urutkan secara rapi sehingga pihak HRD bisa melakukan evaluasi atau pemeriksaan dengan mudah.

4. Pilih Waktu yang Tepat

Pengiriman surat lamaran juga sebaiknya dilakukan di waktu yang tepat. Ini akan berpengaruh pada peluang untuk diterima. Hindari mengirim surat lamaran mendekati waktu deadline atau batas akhir pengiriman.

Perhatikan baik-baik kapan jangka waktu pengiriman surat lamaran. Jauh lebih bagus jika lamaran dikirimkan pada hari-hari awal sejak dibukanya lowongan. Biasanya surat lamaran akan diurutkan sesuai waktu penerimaan.

Khusus untuk pengiriman surat lamaran via email, penting sekali untuk menentukan waktu yang tepat. Sebaiknya jangan mengirim email di saat weekend karena pasti akan tertumpuk dengan email lainnya.

Pada akhirnya, pasti akan ada perusahaan yang menerima Anda. Jadi tak perlu merasa risau jika suatu saat surat lamaran kerja Anda ditolak. Di perusahaan yang tepat, Anda pasti akan mendapatkan posisi sesuai keinginan.

Kesimpulan dan Penutup 

Kesimpulan dan Penutup tentang Surat Lamaran Kerja

Bagaimana menurut Anda seputar bahasan tentang surat lamaran pekerjaan ini. Semoga bahasan dan contoh surat lamaran kerja menambah wawasan Anda. Pengetahuan seputar surat lamaran ini penting jika Anda ingin sukses mendapatkan pekerjaan sesuai yang diinginkan.

Banyak variasi surat lamaran kerja yang sekarang makin unik dan menarik susunan bentuknya. Ada yang bahkan menggunakan sarana email untuk menambahkan gambar digital dan efek animasi pada surat yang mereka tulis. Tapi pada dasarnya, semua surat lamaran memiliki inti bahasan dan struktur mirip. Jadi Anda harus pahami dasarnya dulu sebelum membuat variasi yang unik dan paling cocok untuk perusahaan tempat Anda melamar.

Sekian bahasannya tentang Surat Lamaran Kerja dan semoga sukses membuat surat lamaran kerja! Terima kasih sudah baca artikel ini!

Contoh Surat Lamaran Kerja – Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan – Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik Dan Benar – Contoh Surat Lamaran Kerja Umum – Contoh Surat Lamaran Kerja Di Pt – Fresh Graduate Contoh Surat Lamaran Kerja – Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Benar – Contoh Membuat Surat Lamaran Kerja – Contoh Surat Lamaran Kerja Word – Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email – Contoh Surat Lamaran Kerja 2022

Artikel Terkait