Cara Investasi Saham di Bank BRI, Mudah Untuk Pemula

Cara Investasi Saham di Bank BRI – Apakah Anda ingin memulai investasi saham? Dan bingung harus memilih saham apa? Pilih saja investasi saham di Bank BRI.

Sebab investasi di masa pandemi, Anda harus memahami kiranya saham apa yang tidak terdampak sehingga cenderung stabil. Salah satu rekomendasinya adalah investasi pada perusahaan perbankan, yakni investasi BRI.

Namun sebagai investor pemula tentunya masih merasa bingung tentang bagaimana cara dan tahapan untuk investasi di Bank BRI.

Pada artikel ini akan dibahas mengenai cara investasi saham di Bank BRI, penasaran bagaimana caranya? Berikut ulasannya!

Langkah pertama dari cara investasi saham di Bank BRI adalah membuka rekening efek terlebih dahulu. Rekening efek adalah rekening khusus untuk nasabah yang berkeinginan untuk berinvestasi dana saham, termasuk investasi BRI.

Perlu Anda ketahui jika kegunaan rekening ini adalah untuk pembagian dividen yang diperoleh dari perusahaan yang akan dikirimkan melalui rekening tersebut. Dengan begitu para investor akan lebih mudah untuk berinvestasi.

  • Tentukan Nominal Dana

Cara selanjutnya adalah menentukan nominal dana. Karena itulah Anda harus mempersiapkannya jauh-jauh hari. Pastikan nominal dana yang akan Anda gunakan untuk investasi sesuai dengan kondisi finansial Anda. 

Jumlah dana untuk investasi saham di Bank BRI sendiri sangat beragam, namun yang penting Anda pertimbangkan adalah nominal dana yang akan digunakan untuk investasi sudah Anda perhitungkan mengenai pengeluaran dan pemasukan Anda setiap bulannya.

Mengapa hal ini penting? Hal ini lantaran sebagai upaya mencegah dana investasi digunakan untuk keperluan keseharian Anda.

Sebab salah satu kunci keberhasilan dari investasi itu sendiri adalah konsisten, jika Anda tidak konsisten sebab uang yang harusnya digunakan untuk investasi malah Anda gunakan untuk keperluan sehari-hari.

  • Tentukan Jenis Saham

Langkah berikutnya adalah menentukan jenis saham. Hal ini juga sangat penting lantaran saham yang Anda pilih haruslah sesuai dengan tujuan investasi Anda. Pada dasarnya setiap saham yang Anda pilih memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing.

Maka Anda wajib untuk mengetahui jenis saham mana yang cocok dengan tujuan investasi dan kondisi finansial Anda. 

Dengan begitu, Anda wajib mengetahui keuntungan dan risiko yang akan Anda dapatkan dari setiap saham. Anda juga harus memiliki analisa yang baik dan wajib untuk mempelajari dengan matang setiap saham sebelum Anda memilihnya. Jadi sudahkah Anda menentukan jenis saham yang akan Anda pilih?

  • Menabung Setiap Bulan Secara Konsisten

Cara investasi saham di Bank BRI selanjutnya adalah menabung setiap bulannya secara konsisten. Sisihkan uang dari gaji bulanan Anda agar rutin menyetorkan uang setiap bulannya secara berkala.

Dengan begitu, Anda sama saja telah konsisten dalam berinvestasi sehingga tidak menutup kemungkinan jika keuntungan dari hasil investasi Anda menjadi lebih maksimal. 

Tak hanya itu saja, jika Anda rutin menyisihkan uang untuk investasi setiap bulannya, Anda sama saja dengan menyiapkan dana khusus investasi dan tidak mencampur adukkan dana untuk investasi dengan dana untuk keperluan sehari-hari. Jadi sudahkah Anda menabung untuk mempersiapkan investasi Anda?

  • Mulailah Beli Saham

Berikutnya yakni memulai membeli saham. Anda dapat memilih membeli secara online maupun offline. Anda tinggal memilih saja metode pembelian sesuai dengan keperluan Anda.

Namun yang perlu Anda ketahui yakni pembelian saham BRI tidak dapat langsung dilakukan dengan mendatangi kantor Bursa Efek Indonesia (BEI). Untuk membeli secara offline dapat Anda lakukan dengan mendatangi perusahaan sekuritas. Ada beberapa hal yang harus Anda persiapkan dan diperhatikan, diantaranya yakni:

  • Pastikan jika Anda sudah menyiapkan dana untuk berinvestasi. Karena perusahaan sekuritas biasanya memiliki kebijakan tersendiri tentang saldo minimum yang harus Anda setorkan.
  • Daftarkan diri Anda menjadi investor dengan mempersiapkan data diri Anda.
  • Carilah informasi yang valid tentang perusahaan sekuritas yang kredibel dan terpercaya. Jangan pernah ragu untuk mengecek legalitas perusahaan di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 
  • Setelah itu datangi kantor sesuai dengan jam buka dengan membawa kelengkapan dokumen data diri Anda.
  • Jika sudah maka selanjutnya adalah mengisi formulir untuk membuka Rekening Dana Investor (RDI).
  • Selanjutnya RDI yang sudah jadi dapat digunakan untuk melakukan setoran deposit awal untuk memulai berinvestasi saham.
  • Jika sudah Anda dapat membeli saham BRI dengan minimal 1 lot (100 lembar).

Jika Anda memilih cara kedua yakni membeli saham dengan cara online, maka Anda dapat menjalankan langkah dibawah ini:

  • Cara pertama yakni datangi kantor sekuritas BRI untuk pembuatan akun.
  • Selanjutnya download dan install Software trading online.
  • Jika sudah gunakan akun yang sudah dibuat.
  • Pada kolom simbol, masukkan kode saham BRI yakni BBRI.
  • Klik saham BBRI.
  • Klik Buy.
  • Anda sudah berhasil membeli saham BRI secara online.

Jika Anda sudah mengetahui mengenai cara investasi saham di Bank BRI, maka tidak ada salahnya Anda mempelajari mengapa harus memilih saham BRI untuk berinvestasi. Ternyata ada beberapa hal yang dapat Anda pertimbangkan, diantaranya yakni:

  • Fokus pada UMKM

Yang pertama adalah fokus terhadap UMKM, ini menjadi keuntungan tersendiri lantaran bisnis UMKM kini memiliki perkembangan yang sangat pesat. Sehingga memiliki potensi yang baik untuk saham BRI.

  • Melakukan Digital Transformation

BRI tengah berusaha melakukan digital transformation. Hal ini bertujuan untuk menambah tingkat efisiensi untuk pertumbuhan bisnis baru. Terlebih di zaman serba digital saat ini transfomasi digital sangat dibutuhkan.

  • Menerapkan Prinsip ESG

Prinsip ESG adalah singkatan dari Environment, Social, serta Governance Melalui hal ini, BRI bertujuan untuk memastikan keberlangsungan perusahaan untuk jangka panjang.

Dengan begitu Anda tak perlu terlalu khawatir dengan investasi Anda sebab perusahaan sangat berusaha untuk membuat perusahaan mereka berkelanjutan dalam jangka panjang. 

  • Memiliki Customer Base Terbesar 

Jika Anda perhatikan, BRI memiliki customer base terbesar. Hal ini dapat Anda perhatikan jika Bank BRI memiliki kantor yang tersebar hampir diseluruh Indonesia dengan total jaringan kantor sebanyak 9.582 buah dan 222.000 channel, serta 428.000 agen Brilink yang tersebar di seluruh Indonesia.

Itulah pembahasan mengenai cara investasi saham di Bank BRI yang wajib Anda ketahui. Pada dasarnya setiap jenis investasi memiliki keuntungan dan kekurangannya masing-masing. Namun yang perlu Anda ketahui jika investasi saham memiliki keuntungan yang lebih besar jika dibandingkan dengan investasi jenis lainnya.

Namun yang perlu diperhatikan adalah investasi saham juga memiliki risiko yang cukup besar. Karena itulah Anda wajib untuk mempelajari lebih lanjut dan memiliki analisa yang baik.

Namun Anda tak perlu khawatir sebab investasi di Bank BRI jikapun nilainya turun tidak terlalu signifikan, sebab investasi BRI cenderung stabil dibandingkan dengan perusahaan lain. 

Pelajari lebih lanjut, pahami risiko dan prospek keuntungan, dan cek secara berkala menjadi langkah Anda untuk berinvestasi saham BRI ini. Bagaimana? Sudah siap berinvestasi BRI?

 

 

Artikel Terkait