Investasi Pemula Modal Kecil: Ketahui Alasan dan Jenis Investasi yang Dapat Dipilih

Investasi Pemula Modal Kecil – Beberapa calon investor pemula mungkin mulai mencari tahu  tentang cara investasi pemula ? Modal kecil bukan berarti halangan bagi anda untuk berinvestasi. Bahkan dengan modal mulai dari Rp 100 ribu saja anda dapat investasi.

Meskipun dengan modal kecil, bukan berarti anda tidak dapat mencobanya. Selain sebagai wadah untuk belajar investasi bagi pemula, nyatanya investasi dengan modal seadanya tetap akan memberikan keuntungan.

Banyak sekali produk investasi yang dapat dipilih meskipun menggunakan investasi yang tidak besar.  Lalu apa saja alasan dan jenis investasi yang dapat kita pilih? Berikut pembahasannya!

Alasan Mulai Investasi Meski Modal Kecil

Sebelum membahas mengenai investasi apa saja yang cocok bagi investor pemula dengan modal kecil, maka anda perlu mengetahui mengapa investasi itu penting dilakukan sedini mungkin.

Ternyata ada beberapa hal yang dapat anda jadikan referensi untuk alasan mencoba investasi. Dan kira-kira apa saja alasan mengapa anda harus memulai investasi meskipun dengan modal yang kecil? Berikut diantaranya:

1. Investasi Penting Untuk Mempersiapkan

Sekarang ini, banyak sekali orang yang berlomba-lomba untuk segera memulai investasi meski modal seadanya demi mempersiapkan masa depan yang terjamin. Jika anda menyisihkan sebagian dana gaji anda setiap bulannya untuk berinvestasi, maka sama saja anda mempersiapkan masa depan anda di hari tua nantinya.

Baca Juga:  Manfaat dan 5 Investasi Pemula Modal Kecil 

Perlu anda ingat jika kemapanan di masa produktif anda sekarang ini tidak menjamin jika masa tua anda juga terjamin. Karena itulah anda harus mempersiapkannya mulai sekarang. Meskipun dengan modal yang seadanya, jangan khawatir anda tetap mendapatkan keuntungan jika riset dan analisis investasi anda benar.

2. Meningkatkan Nilai Uang yang Anda Miliki

Sekarang banyak orang yang mulai melirik investasi daripada menabung sebab jika anda menabung, maka uang anda akan berkurang karena terpotong biaya administrasi, sementara investasi malah sebaliknya. Investasi akan membuat anda mendapatkan keuntungan.

3. Memperoleh Pendapatan pasif

Banyak orang yang menginginkan mendapatkan pendapatan pasif meskipun modal kecil. Anda dapat menyiasati hal ini dengan  investasi pemula modal kecil yang cocok untuk dicoba oleh mahasiswa, ibu rumah tangga dan pemula lainnya yang menginginkan tambahan pemasukan.

Jika investor pemula memahami dengan benar mengenai investasi, maka semakin lama ia akan semakin tertarik untuk mengeluarkan modal yang lebih besar untuk mendapatkan keuntungan yang lebih banyak.

4. Mempersiapkan Masa Depan dan Hari Pensiun Anda

Terakhir, yang dapat menjadi salah satu alasan anda adalah mempersiapkan masa depan dan menjamin hari pensiun nantinya. Jika anda memulai investasi di masa produktif maka anda akan mendapatkan kemudahan saat hari tua nantinya. Cukup dengan tekun menyisihkan gaji maka sama saja anda sudah meringankan masa tua anda nantinya.

Jenis Investasi yang Dapat Dipilih dengan Modal Kecil

Jika anda sudah menemukan alasan investasi mulai dari sekarang, maka selanjutnya adalah mengenal jenis investasi pemula modal kecil. Sebenarnya berinvestasi tak harus menunggu anda memiliki modal yang besar untuk memulainya. Kunci dari kesuksesan investasi sendiri yakni tekun serta berani mengambil keputusan dan . Lantas jenis investasi mana saja yang bisa dipilih untuk mulai investasi menggunakan modal kecil?

Baca Juga:  10 Ide Bisnis Online Terbaik Untuk Pelajar Dan Pemula

1. Investasi Reksa Dana

Jenis investasi yang pertama yakni investasi reksa dana. Dengan menggunakan reksa dana, anda dapat memulai investasi dengan modal Rp 10-100 ribu saja. Jenis investasi ini cocok untuk anda yang pemula sebab nantinya uang milik anda akan dikelola oleh manajer investasi untuk dijadikan berupa saham, dan aset berharga lainnya. 

Bagi anda yang telah memiliki penghasilan tiap bulannya, menyisihkan Rp. 10 – 100 Ribu saja mungkin bukanlah suatu hal yang sulit dilakukan. Dengan uang tersebut setiap bulannya, anda telah mempersiapkan masa depan anda.

2. Investasi Emas

Jika anda menginginkan berinvestasi tanpa perlu ribet memikirkan banyak analisa, maka emas dapat menjadi pilihan investasi yang tepat untuk anda. Investasi emas juga cukup mudah untuk mencairkannya. Dan keuntungannya lagi, emas tidak akan terpengaruh dengan inflasi yang ada bahkan harga emas tiap tahunnya lebih cenderung meningkat.

Namun kekurangannya investasi emas adalah harganya yang cukup mahal berkisar Rp.500 ribu per gramnya. Namun anda dapat menyiasatinya dengan menabung emas di pegadaian yang memiliki harga mulai dari Rp 6 ribu saja.

3.

Jika anda menganggap investasi saham membutuhkan modal yang besar jutaan hingga milyaran rupiah, maka anda salah. Faktanya sekarang ini terdapat jenis investasi saham dengan modal kecil lho! Caranya anda dapat memilih investasi yang dikeluarkan oleh BUMN seperti saham Blue chip.

4. Investasi Dengan Menabung Uang Asing

Jika anda perhatikan, nilai uang asing seperti Dolar, Poundsterling, Euro memiliki nilai yang cenderung naik. Sehingga dengan modal uang mulai Rp.100 ribu saja dapat menyimpan beberapa uang asing.

Namun banyak hal yang harus diperhatikan jika menabung uang asing, diantaranya yakni tempat menyimpan uang harus bersih untuk menjaga fisik uang, membeli mata uang asing saat nilainya sedang rendah dan menjual saat nilainya naik, dan memilih mata uang yang kuat pemakaiannya seperti dolar.

Baca Juga:  Investasi Dengan Modal Kecil? Yuk Investasi Mulai Dari Rp 10 Ribu saja!

5. Investasi Deposito

Jenis investasi pemula modal kecil selanjutnya adalah dengan investasi deposito. Investasi jenis ini aman digunakan oleh pemula yang ingin terjun didunia investasi seperti mahasiswa, ibu rumah tangga dan sebagainya.

Investasi deposito akan cukup aman lantaran memiliki risiko yang cukup rendah. Deposito yang sudah diinvestasikan akan disimpan bank sebagai salah satu produk yang ditawarkan.

6. Investasi P2P Lending

Investasi P2P Lending menjadi salah satu dari bagian investasi dengan modal kecil. Jenis ini memiliki kepopuleran yang cukup tinggi karena dengan  modal sedikit saja anda sudah dapat berinvestasi. Sistem kerjanya yakni mengumpulkan uang dalam suatu wadah yang terpercaya lalu uang akan diolah oleh Amartha.

Itulah beberapa jenis investasi pemula modal kecil yang dapat anda pilih. Pada dasarnya semakin besar modal yang kita keluarkan maka akan semakin banyak pula keuntungan yang akan kita dapatkan. Namun untuk pemula yang baru mencoba investasi sama memilih investasi menggunakan modal kecil adalah pilihan tepat.

Karena selain untuk mempelajari keuntungan dan resikonya, investasi dengan modal kecil akan melatih analisa investor pemula dan tentunya tetap akan memberikan keuntungan. Setiap jenis investasi pastilah memiliki kekurangan dan kelebihannya tersendiri.

Sebelum berinvestasi pelajari lebih lanjut dan pahami sistem serta jangan lupa untuk mempelajari risikonya. Suksesnya investasi akan ditentukan dengan keberanian dalam mengambil keputusan dan konsisten. Sisihkan sebagian gaji anda untuk berinvestasi mempersiapkan masa depan dan hari pensiun anda.

Sebab kemapanan di masa produktif tidak menjamin masa tua anda. Bagaimana? Sudahkah anda menentukan jenis investasi yang akan anda pilih nantinya?

 

Artikel Terkait