Investasi di Masa Pandemi, Momen Tepat Memulai Investasi

Investasi di Masa Pandemi – Pandemi Covid-19 perlahan mengubah pola pikir orang-orang mengenai pentingnya berinvestasi. Tak dapat dipungkiri jika adanya pandemi Covid -19 ini mempengaruhi banyak sekali sektor, salah satunya sektor ekonomi.

Banyak pegawai yang kehilangan pekerjaan karena PHK, pengusaha yang mengalami bangkrut dan sebagainya. Sehingga mereka mulai berpikir jika investasi merupakan langkah penting dalam mempersiapkan masa depan mereka. Lantas bagaimana cara investasi di masa pandemi? Berikut ulasannya!

Tentukan Tujuan Investasi

Meskipun pandemi membuat kemerosotan dalam sektor ekonomi, namun bukan berarti anda harus mengalah dengan keadaan. Investasi menjadi salah satu langkah bagi anda untuk mengupayakan masa depan yang lebih baik nantinya. 

Adanya pandemi, membuat banyak orang tersadar jika masa depan memiliki banyak kemungkinan. Kehidupan yang layak hari ini bukan berarti masa depan anda terjamin, karena itulah anda dapat menyiasatinya dengan investasi.

Anda dapat memulainya dengan memikirkan tujuan dari investasi itu sendiri. Tujuan investasi misalnya mempersiapkan dana pendidikan anak, mempersiapkan dana haji, hingga mempersiapkan dan pensiun dan sebagainya.

Jika anda sudah menemukan tujuan investasi anda secara tepat, maka langkah berikutnya adalah menentukan jenis produk dan jangka waktu investasi agar sesuai dengan tujuan yang anda harapkan.

Pilihlah Jenis Investasi yang Sesuai dengan Tujuan Anda

Langkah berikutnya dari cara investasi di masa pandemi adalah jenis investasi yang sesuai dengan tujuan investasi anda. Jika anda memiliki tujuan dalam waktu dekat, maka anda dapat memilih investasi dengan jangka waktu pendek. 

Baca Juga:  7 Peluang Usaha Online Dengan Hasil Ratusan Juta Bahkan Milyaran Rupiah

Namun jika anda memiliki tujuan investasi dalam rentang waktu yang lama, anda dapat memilih jenis investasi jangka panjang.

Produk yang dipilih pun juga penting untuk disesuaikan dengan tujuan investasi anda, hal ini lantaran untuk membangun ekspektasi dalam investasi. Jadi apakah anda sudah menentukan tujuan investasi anda?

Pilihlah Investasi yang Aman

Langkah berikutnya adalah memilih jenis investasi yang aman. Jangan sampai anda mengambil risiko tinggi karena berinvestasi yang belum tentu aman dan memiliki risiko yang sangat tinggi. Bisa-bisa niat ingin malah menjadi buntung. 

Anda dapat memilih jenis investasi yang telah diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Untuk memastikan produk tersebut terdaftar atau tidak di OJK, maka anda dapat membuka laman situs resmi OJK.

Selain itu, anda juga harus mewaspadai investasi yang menjanjikan besar dalam waktu singkat. Pasalnya investasi dapat dipahami jika semakin tinggi keuntungan yang dijanjikan, maka akan semakin besar pula risiko yang akan anda dapatkan.

Dan jika anda mengambil risiko yang kecil, maka keuntungan yang anda dapatkan juga relatif kecil. Jadi bijaklah dalam memilih investasi.

Pelajari Jenis Investasi yang Sudah Anda Pilih

Langkah selanjutnya dari cara investasi di masa pandemi yang harus anda perhatikan berikutnya adalah melakukan riset dan analisa mendalam pada jenis investasi yang anda pilih. Luangkan sedikit waktu anda untuk mempelajari dan meriset investasi yang anda pilih.

Jangan sampai niat untung di masa pandemi melalui investasi menjadi gagal lantaran kurangnya pemahaman mengenai investasi dan kurangnya riset serta analisa yang anda pilih.

Pelajari Tingkat Risiko Investasi yang Telah Anda Pilih

Berikutnya yang tak kalah penting adalah mempelajari tingkat risiko investasi yang sudah anda pilih. Perlu dipahami jika setiap instrumen investasi pastilah memiliki nya sendiri. Pilihlah jenis investasi dengan risiko yang sesuai dengan finansial anda.

Baca Juga:  Investasi Di Masa Pandemi Tetap Menguntungkan 

Jangan pernah tergiur dengan penawaran keuntungan besar dengan minim resiko. Pikirkanlah secara matang agar investasi anda berjalan sesuai dengan tujuan anda.

Lakukan Pemantauan Secara Berkala

selanjutnya adalah melakukan pemantauan secara berkala. Lakukan monitoring dari hari ke hari. Hal ini akan sangat berguna agar anda dapat menyusun strategi jika terdapat resiko besar dalam investasi tersebut.

Memilih Produk Investasi Sesuai Kebutuhan

Berikutnya dari cara investasi di masa pandemi yakni memilih produk investasi sesuai dengan tujuan dan kebutuhan anda. Ada banyak sekali produk investasi yang dapat anda pilih di era pandemi covid -19 seperti ini. Pada artikel ini anda akan mendapatkan informasi terkait rekomendasi produk investasi yang dapat anda pilih. Penasaran apa saja? Berikut diantaranya:

1. Emas

Produk pertama yang dapat anda pilih adalah emas. Emas menjadi salah satu instrumen yang relatif aman lantaran nilainya yang cenderung stabil. Investasi emas juga akan anda sebab nilainya yang naik setiap tahunnya.

Selain itu, emas juga lebih mudah dicairkan kapan saja dan dimana saja. Cara menyimpannya pun juga relatif mudah sebab dapat disimpan dirumah atau di bank. Jika anda ingin berinvestasi dengan minim resiko, maka emas dapat menjadi salah satu  pilihan yang tepat.

2. Saham

Ada hal yang harus anda pertimbangkan jika memilih untuk berinvestasi saham di masa pandemi seperti sekarang ini. Yakni memilih saham yang nilainya tidak terpengaruh dengan adanya pandemi. Misalnya saja saham perusahaan pokok dan telekomunikasi. Dua jenis produk ini kerap dicari oleh masyarakat dikala pandemi covid -19.

Atau anda dapat memilih saham yang terdampak seperti penerbangan dan travel. Pilihlah perusahaan yang sekiranya masih dapat bertahan. Jika nanti kondisi kembali normal, maka keuntungan yang anda dapatkan juga besar. Namun pilihan kedua ini juga berisiko jika perusahaan yang anda pilih mengalami kebangkrutan. Lakukan analisis yang benar sebelum memilih saham agar anda mendapatkan hasil seperti yang diharapkan.

Baca Juga:  6 Peluang Bisnis Ibu Rumah Tangga Di Masa Pandemi

3. Properti

Investasi selanjutnya yang dapat anda lakukan adalah properti. Properti merupakan salah satu produk yang akan tetap dibutuhkan dan harganya akan terus naik. Menyewakan properti dapat berupa apartemen, hunian, dan sebagainya yang tentunya anda dapat menjadikan investasi ini sebagai pendapatan baru dikala pandemi, bagaimana? Menarik bukan?

4. Reksa Dana

Jenis investasi yang satu ini cukup populer dipilih banyak terlebih investor pemula lantaran kemudahannya. Dana yang anda alokasikan akan dikelola oleh manajer investasi akan diubah menjadi aset berharga seperti saham, obligasi, dan aset berharga lainnya.

Investasi ini cenderung aman dan memiliki banyak sekali jenis produk yang dapat anda pilih. Reksa dana juga sudah diawasi oleh OJK jadi lebih aman.

5. Obligasi 

Obligasi adalah surat piutang. Anda dapat memilih obligasi sebagai investasi di saat pandemi. Bahkan pemerintah telah mengeluarkan Obligasi Negara Ritel (ORI) yang merupakan obligasi atau surat utang negara. Jika anda termasuk orang yang berhati-hati dengan investasi yang naik drastis, maka anda dapat memilih obligasi sebagai investasi terbaik anda.

Itulah cara investasi di masa pandemi yang dapat anda lakukan. Momen pandemi meskipun banyak sektor yang terdampak termasuk sektor ekonomi, bukan berarti menjadi penghalang anda untuk berinvestasi.

Investasi penting untuk dilakukan dan sangat cocok bagi anda yang memiliki keinginan untuk mempersiapkan masa depan baik dana pendidikan, dana haji, maupun dana lainnya. Bagaimana? Mudah bukan?

Artikel Terkait