Sudahkah Gaji Indomaret UMR? Yuk, Intip Daftar Gajinya!

Gaji Indomaret – Gaji Indomaret Sebagai sebuah toko atau market yang memiliki berbagai cabang di berbagai kota di Indonesia, Indomaret merupakan sebuah perusahaan waralaba yang bergerak dibidang jasa dan penjualan. Minimarket ini menjual berbagai kebutuhan pokok seperti minuman, makanan, kebutuhan dapur, dan barang-barang lainnya. Bisa dibilang minimarket ini bisa menjual berbagai jenis barang.

Semakin banyaknya cabang dan outlet yang dibangun, otomatis Indomaret membutuhkan banyak sekali karyawan. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan perkembangan usaha.

Memilih bekerja di Indomaret adalah salah satu pekerjaan yang paling diminati, pasalnya gaji yang ditawarkan sendiri bisa lebih dari UMR. Lalu gaji Indomaret itu berapa? Pembagian gaji setiap staf pastilah beda-beda begitu pun dengan minimarket ini. Supaya lebih paham berikut tanggung jawab setiap divisi dan besaran gaji yang ada di Indomaret.

5 Jenis Perhitungan Gaji Karyawan di Indomaret

Sebelum masuk ke nilai gaji yang diberikan sudahlah Anda tahu mengenai perhitungan gaji di minimarket tersebut. Kalau belum kali ini akan dijelaskan mengenai perhitungan gaji yang ada di Indomaret.

Gaji pokok atau gaji utama karyawan

Setiap karyawan pasti akan diberikan gaji pokok sesuai dengan UMK daerah masing-masing. Tidak hanya itu, UMK tersebut akan disesuaikan dengan jabatan yang dipegang.

Pemberian gaji lembur

Pemberian gaji lembur ini tentu sesuai dengan kapasitas jam kerja yang digunakan. Misalnya saja ada karyawan shift yang bekerja lebih dari jam kerja, maka mereka berhak menerima uang lembur. Pembagian lembur ini pun akan disesuaikan dengan jadwal setiap karyawan. Mengingat jam operasional Indomaret ada yang sampai 24 jam. Untuk itu gaji Indomaret selalu berbeda.

Baca Juga:  Gaji PT Sucofindo Terbaru 2022

Diberikan tunjangan

Perusahaan yang memiliki sistem kerja serta HRD yang baik pasti akan memberikan hak-hak karyawannya dengan baik. Salah satunya memberikan tunjangan sebagai pegawai dan kesehatan yaitu BPJS.

Adanya tunjangan khusus

Tunjangan khusus ini diberikan diberikan pada saat hari raya Idul fitri dan juga tahunan bila ada karyawan bekerja hingga bertahun-tahun.

Tunjangan toko

Tunjangan ini akan diberikan pada karyawan yang masuk bekerja saat hari libur. Bisa dibilang sebagai insentif. Namun, insentif ini bersifat acak, hal ini akan dilakukan sesuai dengan ketentuan perusahaan. Untuk itu sebelum melamar kerja pastikan Anda sudah tahu bagaimana sistem gaji di Indomaret.

Dari penjelasan diatas sudah bisa diperhatikan bahwa gaji Indomaret ada beberapa kriteria. Untuk nominal yang bisa Anda lihat bisa diperhatikan dari jabatan yang diperoleh setiap karyawan. Berikut ini akan dijelaskan beberapa jenis jabatan di Indomaret beserta nominal gaji yang didapatkan. Sehingga, Anda bisa memilih posisi mana yang harus dilamar.

Tugas dan Nominal Gaji Yang di Dapat Karyawan Indomaret Sesuai Dengan Jabatannya

Sebagai staf kasir

Tugas utama seorang kasir dalam Indomaret sendiri adalah mengelola segala sirkulasi keuangan yang ada di dalam toko. Selanjutnya memberikan pelayanan yang maksimal terhadap pembeli. Untuk yang terakhir, melakukan rekap jumlah keuangan dalam setiap shift yang dikerjakan. Sebagai seorang kasir gaji pokok yang akan Anda dapatkan adalah sekitar 2-5 juta tergantung UMR setiap daerah.

Sebagai staff pramuniaga

Untuk gaji Indomaret yang memiliki jabatan sebagai pramuniaga hampir sama dengan staf kasir yaitu sekitar 2-5 juta rupiah. Sedangkan tugas yang harus dilakukan adalah menjaga kebersihan setiap sudut ruangan toko, tidak hanya itu barang, rak, teras, dan kamar mandi toko juga harus diperhatikan kebersihannya. Selanjutnya tugas yang dilakukan seorang pramuniaga adalah membuat promo untuk barang dagangan dan melihat stok barang yang ada di dalam etalase. Pramuniaga harus memastikan stok barang di dalam toko selalu ada jangan sampai kosong. Bila ada barang yang belum datang bisa diisi dengan barang lainnya.

Baca Juga:  Gaji PT Indofood Terbaru 2022

Sebagai manajer produksi

Tugas seorang manajer produksi di dalam toko seperti Indomaret adalah melakukan pengawasan secara teliti terhadap barang-barang yang dikelola di dalam toko agar sesuai dengan standar yang berlaku. Tidak hanya melakukan pengawasan melainkan juga merencanakan berbagai produksi untuk dikelola oleh toko selanjutnya. Segala data produksi harus dilaporkan. Terakhir harus melakukan kontrol terhadap produksi yang dilakukan.

Sebagai seorang manajer gaji yang bisa Anda dapatkan adalah sekitar 4,5-5,5 juta rupiah. Gaji tersebut sudah termasuk insentif dan penyesuaian UMK daerah. Bisa dibilang besar gaji karyawan Indomaret akan semakin tinggi sesuai dengan jabatannya.

Sebagai Kepala toko Indomaret

Seorang kepala toko akan mengepalai 1-5 cabang outlet Indomaret. Tugas yang harus diemban oleh seorang head store adalah,

  • Melakukan koordinasi semua kegiatan yang ada di dalam toko tersebut. Baik itu produksi ataupun kegiatan lainnya.
  • Kemudian merencanakan sebuah kegiatan baik itu jangka pendek maupun panjang dalam mengelola penjualan di toko.
  • Melakukan koordinasi juga dengan manajer setempat mengenai kegiatan toko.
  • Melakukan evaluasi setiap dokumen serta laporan apapun yang terjadi di toko setempat.
  • Melakukan evaluasi terhadap karyawan yang bekerja di toko setempat.

Sebagai kepala toko Anda bisa mendapatkan gaji 3-6 juta rupiah. Namun pastinya akan disesuaikan dengan beberapa sistem gaji yang diberikan, seperti penjelasan di atas.

Sebagai staf supervisor logistik

Gaji Indomaret seorang supervisor logistik itu sekitar 2-4,7 juta rupiah dengan ketentuan tugas toko sebagai berikut ini.

Tugas utamanya adalah membuat perencanaan kegiatan mengenai segala operasional yang ada di staf gudang.

  • Memberikan izin atau ACC atas segala pengembalian serta pengambilan barang ke toko-toko sejenis. Tidak hanya itu SPV logistik juga harus memberikan ACC terhadap pengiriman barang.
  • Mendapat tanggung jawab untuk mengecek segala persediaan stock barang. Tidak hanya satu barang tetap segala barang yang dijual di toko.
  • Melakukan pengecekan terhadap permintaan pengadaan barang yang dilakukan oleh staf lainnya.
Baca Juga:  Gaji PT Tjiwi Kimia Terbaru 2022

Menjadi staf Admin sales

Di Indomaret sendiri ada banyak jabatan yang bisa Anda pilih, 6 perwakilan jabatan ini hanya sebagai gambaran untuk Anda dalam mengetahui gaji yang diperoleh setiap karyawan. Jabatan terakhir yang akan dijelaskan adalah Admin sales. Pada posisi ini Anda harus memiliki tanggung jawab berikut.
Sebagai seorang Admin Anda harus mengurus segala sesuatu mengenai administrasi yang ada di toko tersebut. Mengurusi segala macam berkas administrasi penjualan yang terjadi di outlet tersebut.
Melakukan laporan mengenai keuangan harian yang ada di dalam toko.
Sebagai seorang Admin Anda akan mendapatkan gaji sebesar 2-5 juta rupiah. Bisa dibilang sangat menguntungkan.

Gaji ini nantinya bisa berkembang sesuai dengan kecakapan bekerja Anda.
Itulah beberapa gambaran mengenai gaji Indomaret setiap karyawan serta jabatanya. Anda bisa menjadikan pembahasan ini sebagai acuan untuk melamar jabatan di Indomaret. Bahkan Anda juga mendapatkan gambaran mengenai tugas atau tanggung jawab yang harus dilakukan.

Artikel Terkait