Ini Kisaran Gaji Pilot, Profesi Prestisius Idaman Banyak Orang

Gaji Pilot – Pilot atau Penerbang merupakan salah satu profesi bergengsi yang disebut-sebut memiliki besaran gaji cukup tinggi jika dibandingkan dengan profesi lainnya. Banyak orang yang mengidamkan pekerjaan ini karena alasan tersebut. Gaji pilot memang sangat menggiurkan, namun menjadi seorang penerbang juga memiliki resiko terbilang berbahaya.

Selain harus bertanggung jawab terhadap keamanan dan keselamatan hingga ratusan penumpang, seorang pilot juga harus menghadapi berbagai macam resiko kesehatan, salah satunya adalah paparan radiasi sinar UV (Ultraviolet) dari matahari yang bisa masuk ke kokpit. Hal inilah yang menyebabkan gaji pilot pesawat sepadan dengan resikonya

Seorang pilot tidak hanya memperoleh gaji pokok saja akan tetapi diberikan juga tambahan pendapatan berupa tunjangan kesehatan, tunjangan keluarga hingga asuransi kecelakaan.

Apa Syarat Menjadi Seorang Pilot?

Sebelum mengetahui besaran gajinya, sebaiknya Anda mengetahui persyaratan menjadi seorang penerbang yang tidak mudah, karena harus terlebih dahulu menjalani pendidikan di sekolah penerbangan. Berikut syarat mendaftarkan diri ke sekolah penerbangan untuk menjadi seorang pilot:

  1. Telah lulus pendidikan formal tingkat menengah atas/sederajat
  2. Memiliki tinggi badan setidaknya 160 cm
  3. Batas usia minimal 18 tahun dan maksimal 26 tahun
  4. Memiliki kondisi fisik yang sehat
  5. Tidak Buta Warna
  6. Memiliki kemampuan berbahasa Inggris atau bahasa asing lainnya

Dengan memenuhi persyaratan menjadi pilot di atas Anda bisa memilih sekolah tinggi atau akademi yang menyediakan program studi pendidikan pilot.

Faktor Apa Saja yang Memengaruhi Besaran Gaji Pilot?

Besaran gaji seorang pilot memang sangat bervariasi, hal tersebut karena dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya:

  1. Total Jam Terbang
Baca Juga:  Besar Gaji Bupati Di Indonesia, Yuk Intip Infonya

Apabila seorang pilot memiliki total durasi jam terbang yang tinggi, otomatis gaji yang akan diterima pun akan semakin besar.

  1. Maskapai Penerbangan

Nominal gaji seorang penerbang juga dipengaruhi oleh maskapai penerbangan tempat Ia bertugas. Setiap maskapai tentu memiliki kebijakan yang berbeda-beda.

  1. Masa Kerja

Gaji seorang pilot senior yang sudah berpengalaman tentu akan berbeda dengan gaji yang didapatkan oleh pilot pemula.

  1. Tingkatan Atau Jabatan Karier Pilot

Terdapat beberapa tingkatan jabatan karier pilot yang sangat memengaruhi besaran gaji seorang penerbang.

Berapa Gaji Pilot Berdasarkan Tingkatan Jenjang Karirnya?

Di dalam dunia penerbangan jabatan seorang pilot memiliki beberapa jenjang karir yang berpengaruh pada nominal gaji yang didapatkan. Berikut urutan jenjang karir pilot yang dimulai dari:

Second Officer

Second Officer adalah karir pertama bagi para lulusan pendidikan pilot yang biasanya disebut sebagai pilot pemula. Pilot pemula tidak diizinkan untuk membawa pesawat komersil besar karena pengalaman yang mereka miliki masih terlalu minim. Hal ini juga menjadi pertimbangan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.Second Officer biasanya hanya diperbolehkan untuk membawa pesawat kecil yang tentunya masih harus didampingi oleh seorang pilot dengan jabatan kapten.

Untuk bisa naik jabatan lulusan baru ini harus memiliki lisensi ATPL dan ME. Untuk mendapatkan lisensi ATPL second officer harus memiliki minimal 1500 jam terbang sedangkan lisensi ME dibutuhkan untuk bisa menerbangkan pesawat bermesin ganda. Range gaji seorang second officer berkisar antara 15 hingga 20 juta rupiah per bulan

First Officer

First Officer dikenal juga dengan istilah Co-pilot bertugas untuk membantu kapten menerbangkan pesawat. Co-pilot juga bertanggung jawab untuk memastikan menangani navigasi komputer dan komunikasi radio. First Officer dapat mengambil alih penerbangan jarak jauh jika kapten sedang berhalangan. Kisaran gaji Co-pilot bisa mencapai 30 sampai 40 juta rupiah setiap bulan.

Baca Juga:  Besaran Gaji UMR Bone Bolango

Captain/ Kapten

Jenjang yang paling tinggi dalam jabatan seorang penerbang adalah captain atau kapten. Kapten memiliki tugas untuk mengemudikan pesawat dan mengawasi kinerja seorang Co-pilot. Setiap bulannya, kapten bisa menghasilkan pendapatan yang cukup fantastis yaitu sebesar 45 hingga 70 juta rupiah.

Berapa Gaji Pilot Maskapai Penerbangan di Indonesia?

Di Indonesia terdapat banyak maskapai penerbangan, baik itu maskapai penumpang maupun maskapai kargo/ barang. Setiap maskapai memiliki peraturan masing-masing dalam hal membuat kebijakan, termasuk dalam menentukan gaji karyawannya. Gaji pilot di maskapai penerbangan milik pemerintah tentu akan berbeda dengan maskapai milik swasta.

Untuk mengetahui kisaran gaji seorang pilot di maskapai penerbangan terbaik yang ada di Indonesia, simak penjelasannya berikut ini:

Garuda Indonesia

Garuda Indonesia merupakan maskapai terbesar yang banyak diminati oleh masyarakat. Selain menawarkan berbagai macam keunggulan fasilitas, maskapai berplat merah ini juga dikenal memiliki pelayanan yang berkualitas. Baik untuk rute penerbangan internasional maupun penerbangan domestik.

Kelebihan-kelebihan tersebut tentu berdampak juga pada gaji para pilotnya.Pilot Garuda rata-rata mendapatkan gaji hingga mencapai 45 juta rupiah setiap bulannya. Gaji ini belum termasuk tunjangan yang juga dengan nominal yang cukup besar.

Batik Air

Maskapai penerbangan Indonesia yang kedua adalah Batik Air, maskapai ini merupakan bagian dari perusahaan Lion Air Group. Batik Air menawarkan harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan maskapai penerbangan lainnya. Meski begitu fasilitas dan pelayanan maskapai yang didirikan tahun 2013 ini tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Gaji pilot Batik Air berkisar antara 10 hingga 20 juta rupiah perbulan.

Sriwijaya Air

Sriwijaya Air merupakan maskapai penerbangan yang sudah berdiri sejak tahun 2003. Keunggulan maskapai ini juga tidak kalah dengan maskapai penerbangan yang sudah disebutkan sebelumnya. Dikenal sebagai maskapai yang selalu tepat waktu, harga yang ditawarkan pun sangat ekonomis. Setiap bulannya, pilot Sriwijaya Air mendapatkan gaji mulai dari 10 hingga 15 juta rupiah.

Baca Juga:  Besaran Gaji UMR Kolaka

Berapa Gaji Pilot di Luar Negeri?

Jika gaji penerbang di Indonesia dinilai memiliki nominal yang sangat tinggi, gaji seorang pilot di luar negeri juga tidak kalah fantastis. Berikut rata-rata pendapatan per tahun profesi pilot dari beberapa negara:

  1. Amerika

Seorang pilot  senior di Amerika mendapatkan penghasilan hingga 1.4 miliar rupiah per tahun.

  1. Perancis

Salah satu maskapai penerbangan tertua asal negara Perancis menggaji pilotnya hingga 1.5 miliar rupiah per tahun.

  1. Inggris

Pilot di maskapai British Airways mendapatkan penghasilan rata-rata sebesar 2.7 miliar setiap tahun.

  1. Belanda

Meski termasuk negara kecil, Belanda memberikan gaji pilotnya dengan nominal yang tidak main-main yaitu sekitar 3.3 miliar rupiah setiap tahunnya.

  1. Cina

Negara yang terkenal dengan julukan tirai bambu ini menjadi negara dengan gaji penerbang yang paling tinggi di dunia. Besarannya bahkan mencapai hingga 4 miliar rupiah per tahun. Hal ini disebabkan oleh mobilitas masyarakat Cina yang cukup tinggi.

Demikianlah kisaran gaji pilot yang perlu Anda ketahui jika berminat untuk menjadi seorang penerbang. Meskipun termasuk pekerjaan yang prestisius dan menjanjikan besaran gaji yang fantastis, berprofesi sebagai pilot pun memiliki beberapa faktor resiko yang harus dipertimbangkan.