Punya Tanggung Jawab Penting, Ini Gaji Marshaller Pesawat Yang Perlu Diketahui

Gaji Marshaller Pesawat – Berapakah gaji marshaller pesawat? Informasi inipun memang sangat penting diketahui oleh masyarakat terutama bagi anda yang bercita-cita buat masuk ke dalam profesi di bidang tersebut. Namun apa sebenarnya marshaller tersebut dan tugas-tugas yang dimiliki? Untuk memahaminya lebih jelas, maka anda bisa menyimak penjelasan dibawah ini.

Ketika anda menggunakan transportasi pesawat atau sedang berada di bandara, pastinya akan menemukan seseorang yang sedang mengatur lalu lintas buat pesawat-pesawat di bandar tersebut bukan? ya, profesi itulah yang dikenal dengan sebutan marshaller atau juru parkir pesawat terbang.

Jika dilihat sekilas, pekerjaan ini memang masih sedikit asing bagi masyarakat Indonesia dan bahkan tidak sedikit dari mereka menganggap bahwa pekerjaan juru parkir pesawat tersebut sangat aneh dan tidak masuk kalah. Padahal keberadaannya justru mempunyai fungsi sangat penting lho.

Sekilas Tentang Marshaller

Sebelum anda mengetahui berapakah kisaran gaji marshaller pesawat, marshaller atau tukang parkir pesawat adalah salah satu profesi dengan tanggung jawab cukup tinggi. Sebab nantinya mereka akan melakukan koordinasi dengan sang pilot secara langsung. Karena itulah, pekerjaan ini harus menjunjung keselamatan dari setiap penumpang didalamnya.

Karena alasan itulah tidak semua orang bisa menjadi juru parkir transportasi udara tersebut. biasanya dibutuhkan kecakapan serta kehati-hatian dalam mengarahkan pesawat untuk bisa menuju ke tempat parkir dimana sudah ditentukan. Dengan tanggung jawab besar itulah, membuat penghasilan dari seorang marshaller inipun juga besar lho.

Bukan hanya mempunyai tugas buat memarkirkan pesawat saja, tetapi keberadaan mereka juga harus memberikan aba-aba alias sinyal visual buat memarkir pesawat dimana akan mendarat di landasan pacu. Perlu diingat bahwa seorang pilot biasanya akan berkoordinasi dengan sejumlah petugas di bandara ketika melakukan pendaratan. Hal tersebut karena mereka tidak bisa melihat jalur parkir dengan jelas.

Baca Juga:  Faktor yang Mempengaruhi Investasi yang Wajib Investor Ketahui!

Biasanya seorang marshaller akan langsung mendekat kearah pesawat dimana baru saja tiba di taxiway. Mereka terkadang juga akan memanfaatkan kendaraan khusus atau biasa dikenal dengan sebutan follow me car. Jadi nantinya, pesawat tinggal mengikuti arah kendaraan tersebut hingga menuju tempat yang sudah ditentukan.

Gaji Marshaller Pesawat

Ketika membahas mengenai profesi termasuk pekerjaan menjadi juru parkir pesawat, anda pastinya akan langsung bertanya-tanya berapakah gaji marshaller pesawat tersebut bukan? Perlu diingat bahwa gaji dari tukang parkir inipun ternyata mengikuti standar UMR masing-masing daerah atau maskapai tempat marshaller bekerja.

Bukan hanya mendapatkan gaji pokok saja tetapi mereka biasanya akan memperoleh jenis tunjangan lain seperti kenaikan gaji berkala dan masih banyak lagi. Karena itulah, gaji dari seorang juru parkir inipun memang tidak pasti. Tetapi rata-rata di Indonesia adalah mulai dari Rp5 juta hingga Rp6 juta per bulan.

Namun bagi seorang marshaller dimana sudah professional maka penghasilan yang bisa mereka dapatkan ternyata bisa jauh lebih tinggi bahkan dapat mencapai ratusan juta per tahun. Sebab terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi besaran gaji termasuk termasuk kebijakan dari maskapai penerbangan bersangkutan.

Tidak hanya itu saja, gaji mereka biasanya juga akan mengikuti adanya aturan di Indonesia. Yakni seperti sudah dijelaskan sebelumnya harus menyesuaikan UMR masing-masing daerah. Di samping itu juga pengalaman serta keahlian yang dimiliki oleh masing-masing marshaller.

Syarat Menjadi Seorang Marshaller

Dalam menjalankan tugasnya dengan baik, seorang juru pesawat ini ternyata akan membutuhkan sejumlah alat keselamatan sehingga dapat mengoptimalkan tugas mereka tersebut. Yakni penutup telinga dimana dapat digunakan buat melindungi telinga agar terhindar dari kebisingan pesawat, sepatu keselamatan dan penutup kaki yang terbuat dari bahan logam.

Baca Juga:  Gaji PT Wika Terbaru 2022

Disamping itu, mereka juga akan menggunakan rompi dengan warna mencolok atau neon sehingga bisa dilihat dengan jelas oleh sang pilot. Terakhir mereka akan menggunakan tongkat LED terutama ketika bekerja di malam hari sehingga pihak pilot dapat menyadari keberadaan mereka.

Selain informasi mengenai estimasi gaji marshaller pesawat, anda pastinya penasaran dengan syarat-syarat agar bisa masuk ke dalamnya bukan? Untuk menjadi seorang marshaller inilah ternyata dibutuhkan beberapa persyaratan diantaranya adalah

  1. Mempunyai usia minimal 18 tahun dan maksimal 27 tahun
  2. Merupakan lulusan SMA/Sederajat
  3. Mempunyai  tinggi badan 165-170 cm untuk pria dan 158-160 cm untuk wanita
  4. Mempunyai berat badan ideal sesuai dengan kalkulator body mass index
  5. Kesehatan jasmani dan rohani
  6. Mempunyai penampilan menarik dan kepribadian baik
  7. Mampu berkomunikasi dengan baik
  8. Memiliki kemampuan menangani pelanggan
  9. Bersedia mengikuti pelatihan khusus terkait cara membaca sinyal.

Tugas dan Fungsi Seorang Marshaller

Tidak bisa dipungkiri apabila dalam dunia penerbangan kehadiran dari marshaller inipun mempunyai peran cukup penting. Seperti telah disinggung sebelumnya, tugas utama dari seorang marshaller adalah mangarahkan pesawat ketika mendarat ataupun akan lepas landas.

Namun bukan sekedar itu saja, seorang marshaller inipun ternyata juga mempunyai tugas-tugas lainnya diantaranya adalah sebagai berikut

Memberikan Pedoman Kepada Pilot

Perlu diketahui bahwa ketika hendak mendarat, seorang pilot memang kesulitan buat mengetahui jalur parkir dengan benar. Karena itulah, seorang juru parkir pesawat memiliki tugas buat memberikan pedoman kepada pilot melalui Gerakan tangan ataupun lengan.

Menjadi Pedoman Untuk Sinyal

Tidak hanya disitu saja, mereka biasanya juga mempunyai tugas buat memberikan sinyal kepada pesawat buat masuk ataupun keluar dari apron bandara sehingga prosesnya dapat berjalan dengan baik

Baca Juga:  Besaran Gaji UMR Baubau

Alternatif Komunikasi Radio

Bahkan seorang marshaller inilah berfungsi buat menjadi alternative komunikasi radio oleh seorang pilot terutama ketika hendak parkir ataupun akan keluar dari apron bandara. Mereka juga dapat menjadi pedoman ketika pandangan pilot terhambat.

Bukan hanya tugas diatas saja, seorang marshaller inipun juga mempunyai fungsi yang sangat penting sehingga pekerjaan tersebut tidak boleh diremehkan begitu saja seperti menghindari adanya kecelakaan penerbangan dengan cara memastikan apron sudah steril, mengatur agar pesawat dapat terparkir dengan sempurna hingga menjaga kerapian serta ketertiban landasan pacu.

Pertanyaan Seputar Marshaller Pesawat

Berikut ini sejumlah pertanyaan yang sudah kami kumpulkan mengenai pekerjaan marshaller alias juru parkir pesawat

  1. Berapakah kisaran gaji yang didapatkan mereka? Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, gaji dari seorang marshaller biasanya akan tergantung dengan UMR masing-masing daerah yakni mulai dari 5 juta hingga 8 juta rupiah
  2. Apa tugas mereka selain memarkirkan pesawat? Mereka akan memberikan pedoman kepada pilot ketika pandangan terhalang, alternative komunikasi radio oleh pilot hingga menjadi pedoman sinyal
  3. Apa syarat minimal Pendidikan menjadi seorang juru parkir? Seseorang yang ingin terjun ke dalam profesi ini maka harus mempunyai Pendidikan minimal SMA/Sederajat.

Dalam dunia penerbangan, anda bisa menemukan banyak jenis pekerjaan yang tersedia mulai dari bagian kantor, receptionist hingga di tempat parkir pesawat seperti seorang marshaller ini. Tertarik mempunyai profesi ini? ketahui estimasi gaji marshaller pesawat dulu.