5 Ide Bisnis Online Di Masa Pandemi

Bisnis Online Di Masa Pandemi – Wabah COVID-19 sejak beberapa tahun yang lalu membuat tingkat pengangguran meningkat, karena beberapa perusahaan memberhentikan karyawannya, bahkan ada beberapa perusahaan yang tutup. Namun, di sisi lain, wabah juga membawa tren baru di masyarakat, yaitu dunia digital yang semakin marak dan maju. Hal ini tentu membuka banyak peluang juga. Kebiasaan baru ini tentunya melahirkan banyak ide bisnis yang tidak terpikirkan sebelumnya. Apa saja ide bisnis online di masa pandemi yang bisa Anda coba, simak ya.

Bisnis Online di Masa Pandemi Paling Menjanjikan

Kursus Digital

Jika Anda memiliki ilmu tentang jualan online atau ilmu lain di bidang digital? Anda dapat membagikan keahlian tersebut dalam bentuk kursus online. Anda bisa mengajarkan keahlian Anda tersebut  dengan membuka  kursus digital, misal cara edit foto pakai Photoshop agar online shop makin laris, cara beriklan di Facebook Ads, atau cara membuat konten menarik di Instagram, dsb. Anda juga bisa mengajarkan bagaimana cara menjadi reseller online shop tanpa modal, dsb.

Jasa penulisan konten

Peluang kerja sebagai content writer dan copywriter saat ini sangat dibutuhkan. Banyak perusahaan membutuhkan jasa penulis untuk mengisi blog atau website mereka.

Jika Anda memiliki keahlian menulis dan ilmu SEO, Anda bisa mencoba peruntungan Anda di bisnis tersebut. Anda bisa membuka bisnis online jasa penulisan konten.

Anda bisa mendapatkan banyak proyek tulisan dari beberapa perusahaan untuk berbagai keperluan, misal konten di website, membuat press release untuk disebar ke media, maupun proyek buku. Keuntungannya tidak main-main.

Baca Juga:  Cara Sukses Memulai Usaha Sampingan Online Bagi Para Pemula

Ritel online

Peritel offline banyak yang menutup usahanya karena pandemi dan beralih ke online, ini bisa jadi bisnis online di masa pandemi. Anda juga bisa mencoba bisnis ritel online ini. Anda bisa berjualan produk-produk seperti jilbab, obat atau vitamin, perabot rumah tangga, makanan dan minuman.

Anda bisa memulai bisnis ritel online dengan menjadi reseller atau dropshipper terlebih dahulu. Modal modal minim tetapi keuntungannya sangat besar.

Virtual Assistant

Nah, bisnis online di masa pandemi yang satu ini juga sedang tren. Virtual assistant ini merupakan profesi yang dapat membantu melakukan pekerjaan secara online seperti tugas kesekretariatan, administrasi. Yang menggunakan jasa ini biasanya pengusaha atau perusahaan dari skala kecil hingga besar.

Kehadiran asisten jarak jauh ini dapat menghemat keuangan. Sebab, klien atau penggunanya tidak perlu menyediakan kantor dan mempekerjakan karyawan tetap.

Anda juga dapat menjadi asisten virtual dengan keahlian yang Anda miliki untuk menghasilan uang. Anda dapat membuka layanan online tersebut dari rumah, seperti membimbing anak untuk homeschooling, menjadi personal shopper, dan lain sebagainya.

Jualan Aksesoris Sepeda

Hingga hari ini, peminat atau penggemar olahraga sepeda masih banyak. Anda dapat berjualan aksesoris sepeda mulai dari helm, lampu, kunci pengaman, tas, smartphone holder atau tempat menyimpan ponsel, botol minum, sampai rack pannier untuk mengangkut barang bawaan.

Anda dapat memasarkan barang dagangan Anda dengan membuka toko online di sejumlah marketplace terpercaya atau lewat media sosial, seperti Instagram, Facebook, Twitter, maupun Tiktok. Jangan lupa untuk me follow komunitas pecinta sepeda, agar lebih mudah dalam memasarkan produk Anda.

Nah itu tadi beberapa ide bisnis online di masa pandemi. Semoga bermanfaat

Baca Juga:  5 Tips Dan Cara Berbisnis Online Bagi Pemula Untuk Cepat Balik Modal