Jangan Salah Pilih! Inilah Cara Membeli Saham Luar Negeri Yang Aman

Cara Membeli Saham Luar Negeri – Akhir-akhir ini banyak orang memilih untuk melakukan investasi agar tabungan yang dimilikinya mampu menghasilkan passive income. Salah satu cara yang banyak dipilih yaitu dengan berinvestasi di saham. Walaupun sebelum melakukannya dibutuhkan banyak pengetahuan terkait investasi yang aman.

Pasalnya investasi yang satu ini memiliki risiko yang besar tapi dapat memberikan keuntungan yang besar juga. Untuk itu, dalam melakukannya dibutuhkan strategi yang tepat agar terhindar dari kerugian.

Saat ini pun sudah banyak cara yang dapat Anda gunakan untuk memilih saham yang tepat untukmu. Hal ini pun juga berlaku untuk Anda yang ingin mengetahui cara membeli saham luar negeri. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan yaitu dengan memantau ideks saham hari ini agar tidak salah pilih.

Agar lebih yakin, untuk Anda yang ingin melakukan investasi pada saham  luar negeri sebaiknya ketahui terlebih dahulu beberapa hal berikut ini.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Beli Saham Luar Negeri

Melakukan sebuah investasi memang tidak bisa dilakukan dengan asal. Dibutuhkan pertimbangan dan perhitungan yang tepat, sehingga kamu perlu melakukan analisis terlebih dahulu. Maka dari itu, baiknya Anda memperhatikan terlebih dahulu hal-hal ini.

1. Mengenali Dengan Baik Saham yang Sedang Diperjualbelikan

Produk saham yang ditawarkan oleh dalam negeri dengan beli saham luar negeri sudah bisa dipastikan akan memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Untuk melihat-lihat serta membeli produk saham di luar negeri, Anda bisa memakai indeks saham luar negeri.

Baca Juga:  Hukum Saham Dalam Islam

Dengan indeks saham ini, Anda bisa menemukan sekitar lebih dari 500 perusahaan besar yang sudah terdaftar. Biasanya perusahaan-perusahaan yang ditampilkan minimal mengantongi kapitalisasi pasar setidaknya USD 3,7 miliar untuk saham yang diperjual belikan.

Biasanya perusahaan besar seperti Metta, Google, Microsoft, dan berbagai perusahaan lainnya bisa Anda termukan. Dengan begitu, akan lebih mudah bagimu menentukan pilihan pada investasi yang ingin Anda beli.

2. Mempelajari Cara Membeli Saham Dengan Benar

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, jika cara membeli saham internasional dengan lokal memiliki cara yang berbeda. Anda harus mengenali terlebih dahulu setiap tahapan yang harus dilewati. Mulai dari bagaimana cara memilih broker yang tepat, deposit sejumlah uang yang harus disiapkan untuk membeli saham, hingga pada akhirnya melakukan transaksi jual beli saham.

Walaupun terlihat cukup ribet tapi nyatanya dengan adanya kemudahan teknologi saat ini, Anda bisa melakukan transaksi jual dan beli saham secara online. Cukup dalam satu genggaman saja, Anda bisa mengaksesnya melalui laptop, desktop, atau smartphone. Sangat mudah bukan?

3. Memilih Aplikasi Pembelian Saham yang Aman dan Terpercaya

Antara cara membeli saham luar negeri dengan lokal sebenarnya cukup mirip. Anda bisa melakukannya secara online dengan memanfaatkan aplikasi yang tersedia. Hanya dengan sentuhan di layar, Anda sudah bisa memiliki saham tersebut.

Namun, sebelum membeli saham pilihan Anda sebaiknya tentukan pilihan pada perusahaan yang memang stabil dan memiliki record baik. Setelah itu, Anda bisa mulai melakukan pembelian minimal 1 unit terlebih dahulu dengan nominal rupiah.

Selanjutnya, dana milikmu akan masuk ke PG berjangka dan KBI atau lebih dikenal dengan dana PT Kliring Berjangka Indonesia. Dengan begitu, investasi pada saham milikmu dapat terawasi dengan baik serta pasti terjamin dari sisi keamanannya.

Baca Juga:  Cara Menanam Saham Di BRI: Mudah Dan Efisien

4. Melakukan Investasi Sesuai Kemampuan Diri

Setelah Anda mengetahui beberapa hal yang harus diperhatikan Ketika akan membeli produk investasi saham, ternyata memang tidak sulit bukan? Walaupun begitu, untuk berinvestasi beli saham luar negeri, memang memerlukan dana setoran awal yang cukup besar daripada lokal.

Jika pada perusahaan lokal Anda bisa membeli berlot-lot namun pada perusahaan asing hanya mampu membeli beberapa atau bahkan hanya 1 saja. Untuk itu, jangan mudah tergiur tapi Anda harus cermat dalam memilih perusahaan sekuritas yang memberikan penawaran terjangkau.

Setidaknya yang mampu dipenuhi oleh kantongmu. Jangan sampai hanya karena ingin membeli saham di sana, Anda jadi harus menguras tabungan sehari-harimu. Ingat ya, untuk berinvestasi gunakanlah uang nganggur bukan uang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Cara Membeli Saham Luar Negeri Dengan Cara yang Mudah

1. Membeli Saham Melalui Broker Internasional

Saat ini sudah tersedia banyak pilihan broker internasional yang dapat memudahkanmu beli saham luar negeri, walaupun begitu Anda harus benar-benar memastikan broker tersebut menerima nasabah dari luar negara jangkauan mereka.

Dana yang harus dipersiapkan cukup benar, khususnya untuk membayar pajak di negara yang dituju. Bila di negara Amerika, Anda harus menyiapkan minimal 30%  dari pendapatan yang diterima investasi. Pastikan Anda juga telah melengkapi data-data yang dibutuhkan karena biasanya setiap broker memiliki aturan yang berbeda-beda.

2. Membeli Reksa Dana Portofolio Saham Luar Negeri

Jika Anda belum mampu beli saham luar negeri maka tidak ada salahnya memulainya dari membeli reksa dana portofolio saham luar negeri. Saat ini pun juga sudah tersedia banyak portofolio reksa dana yang terdapat saham perusahaan luar negeri.

Namun, cara ini memang memiliki sedikit kekurangan di mana Anda tidak memiliki sahamnya secara unit tapi harus satu paket dengan reksa dana. Tapi tidak begitu masalah karena untuk harganya sendiri tentunya lebih murah daripada saham per unitnya.

Baca Juga:  Join Usaha Tanpa Modal Terbaik 2022

Jika dilihat dari prosesnya sendiri, cara yang satu ini memang sangat mudah karena Anda tidak perlu membuka akun rekening saham luar negeri. Tentunya lebih aman karena diawasi langsung oleh pihak OJK atau otoritas jasa keuangan.

3. Membeli CFD atau Contract for Difference

CFD ini memang menyerupai kesepakatan antara broker dan investor. Di mana dalam kontraknya terdapat peralihan harga pada asset seperti mata uang, index, hingga saham. Ketika Anda membeli CFD dari broker artinya Anda telah membeli asset keuangannya.

Namun Ketika harga aset tersebut naik atau turun, Anda berhak menjualnya kembali pada pihak broker. Sehingga dapat dikatakan Anda tidak secara langsung membeli saham tersebut, tetapi hanya membeli sebuah surat kontrak di mana pergerakannya disesuaikan dengan nilai saham pada saat perjanjian berlangsung.

cara membeli saham internasional  cenderung tidak diawasi oleh instansi pengawas keuangan seperti OJK sehingga Ketika kesepatakan berlangsung, biasanya mengandalkan kepercayaan antara Anda dengan broker.

Jadi, pastikan Ketika akan melakukan cara ini, Anda memang telah mengenal brokernya dengan baik. Dan lakukan pertimbangan yang matang sebelum memutuskan untuk mengambilnya ya.

Itulah cara membeli saham luar negeri  yang bisa Anda coba lakukan. Apapun pilihanmu, pastikan semua hal itu sudah dipikirkan dengan matang. Tetap ingat, gunakanlah uang nganggur untuk melakukan investasi karena biasanya investasi ini memang memerlukan waktu cukup panjang untuk mendapatkan keuntungan. Jangan sampai Anda terburu-buru memilih karena mengikuti tren tanpa perhitungan matang ya.

Artikel Terkait