Jenis-jenis Emas Yang Bagus Untuk Investasi

Emas Yang Bagus Untuk Investasi – Berbicara mengenai apa saja jenis-jenis emas yang bagus untuk investasi, pada dasarnya ada banyak sekali yang dapat dijadikan pilihan. Misalnya emas batangan, koin emas, dinar emas, sampai yang paling banyak dicari yaitu emas perhiasan.

Berbagai jenis emas ini sering dijadikan sebagai investasi, karena dinilai menguntungkan. Akan tetapi, masih banyak juga jenis emas yang bisa dijadikan pilihan lain, dan tidak kalah menarik untuk berinvestasi.

Berinvestasi emas memang dinilai menguntungkan. Saat bertanya pada orang tua atau kakek nenek, pasti pilihan terbaik investasi yang disarankan adalah emas. Jika anda ingin mengetahui apa saja jenis emas tersebut, dalam artikel ini akan dibahas lebih mendalam lagi. 

Mengenal Emas Sebagai Pilihan Investasi Terbaik

Sebelum anda memahami lebih mendalam tentang apa saja jenis emas yang bagus untuk investasi, sebaiknya juga mengetahui dulu apa saja informasi dasar mengenai emas. Selain itu, pahami juga apa yang menjadikan aset ini menjadi pilihan investasi terbaik. 

Seperti yang telah diketahui, emas adalah logam mulia yang punya warna kuning gelap serta berkilau.

Biasanya, emas dijadikan bahan pembuatan berbagai perhiasan seperti cincin, kalung, gelang, anting, dan sebagainya. Di dalam perhiasan emas, punya nilai tinggi sehingga pemilik atau pemakainya lebih percaya diri saat mengenakan perhiasan emas ini.

Hal tersebut juga lah yang menjadi salah satu alasan kenapa perhiasan emas sering juga dipakai sebagai alat investasi terbaik. Karena selain punya tampilan bagus, perhiasan juga punya nilai ekonomi tinggi dan harganya stabil.

Terlebih lagi, emas juga sering diidentikkan dengan simbol kekayaan. Ketika anda mempunyai banyak perhiasan emas atau komoditas emas murni, maka berarti sudah berinvestasi emas terbaik untuk kebutuhan di masa depan. 

Baca Juga:  Besaran Gaji UMR Boalemo

Namun, investasi emas sekarang ini memiliki cakupan yang sangat luas. Bentuk emas yang dapat diinvestasikan juga beragam.

Tidak hanya dalam bentuk perhiasan maupun emas murni, akan tetapi bisa dalam bentuk koin, reksadana, sertifikat saham perusahaan pertambangan emas dan sebagainya.

Berbagai jenis emas tersebut bisa dijadikan investasi terbaik jika diatur dan dikelola secara bijaksana. Selanjutnya, bisa menguntungkan bagi masa depan Anda. 

Alasan Emas Bagus Untuk Investasi

Ada beberapa alasan emas yang bagus untuk investasi untuk anda jadikan pilihan, seperti berikut:

  • Risiko kecil. Ada yang ingin mulai berinvestasi namun takut resikonya, maka investasi logam mulia emas paling direkomendasikan. 
  • Tahan inflasi. Alasan selanjutnya kenapa emas bagus untuk investasi yaitu tahan meskipun sedang terjadi inflasi. Anda dapat mengamankan uang dari penurunan harga saat dikonversikan ke dalam bentuk emas.
  • Tidak akan bangkrut. Menjadikan emas sebagai alat investasi, terutama emas batangan akan menghindarkan anda dari kebangkrutan. Uang yang sudah dijadikan emas, tidak akan menghilang atau nilainya menyusut. Di negara manapun, emas akan tetap berharga.
  • Harganya terjangkau dan mudah dicairkan. Meskipun mempunyai nilai tinggi, Anda tidak harus punya uang berlimpah untuk memiliki atau berinvestasi emas. Alasannya, Anda bisa membeli emas online dengan harga terjangkau dalam bentuk tabungan emas. Selain itu, pencairan yang mudah dilakukan ketika butuh dana mendesak.

Apa Jenis-jenis Emas Untuk Investasi

Setelah sebelumnya dibahas tentang emas sebagai investasi terbaik maka selanjutnya akan diinformasikan tentang apa saja jenis-jenis emas yang bagus untuk investasi dan dapat dijadikan pilihan.

Alasannya, jenis-jenis emas untuk investasi pada prinsipnya sangat banyak variasinya. Beberapa diantaranya juga sudah disinggung di awal pembahasan, contohnya emas perhiasan, emas batangan, emas koin, dan emas dinar.

Namun tidak hanya itu saja, karena jenis-jenis emas masih banyak lagi yang akan dijelaskan sebagai berikut: 

  • Emas Batangan

Salah satu dari banyak jenis emas untuk investasi yang banyak dicari, adalah emas batangan. Alasannya, jenis emas ini sifatnya cenderung tetap serta tidak berubah. Apalagi, emas batangan cukup mudah dijual saat anda mungkin butuh dana mendesak.

Baca Juga:  Persiapan Mengikuti Seleksi CPNS Demi Kesempatan Mendapatkan Gaji CPNS

Sejatinya, emas batangan ini menjadi bentuk investasi yang sangat aman dan menguntungkan baik itu untuk kebutuhan jangka pendek atau panjang.

  • Emas Perhiasan

Selanjutnya, ada pula emas perhiasan yang masuk ke dalam jenis daftar emas untuk investasi terbaik. Dapat dibilang, emas perhiasan menjadi salah satu yang paling banyak dicari oleh ibu-ibu, selain dari emas batangan. Alasannya, perhiasan bisa diperoleh dengan mudah di toko.

Sayangnya, membeli emas perhiasan untuk investasi sebenarnya kurang dianjurkan apabila untuk jangka pendek. Akan merekomendasikan, emas perhiasan untuk investasi jangka panjang saja. Karena, Keuntungan yang diperoleh dari emas perhiasan sangat kecil. 

Alasannya, ketika membeli emas perhiasan anda tidak hanya membayar harga emas saja. Ongkos pembuatannya juga harus dikeluarkan. Jika suatu saat anda kembali ke toko untuk menjualnya, maka ongkos pembuatan tersebut tidak akan diganti dan hanya membayar emasnya saja.

Oleh sebab itu, kalau ingin menjadikan emas perhiasan untuk investasi, maka jadikanlah sebagai jangka panjang. Bukan untuk jangka pendek yang malahan bisa merugikan karena adanya biaya pemotongan maupun ongkos pembuatan. 

  • Emas Dinar

Emas Dinar ini adalah koin atau kepingan emas yang di masa lalu dipakai untuk alat transaksi. Namun seiring waktu, penggunaan emas dinar turut mengalami pergeseran. Benda berharga ini, lebih banyak dipakai sebagai alat investasi.

Jenis emas ini memang cukup bagus karena punya kelebihan tersendiri. Selain lebih aman dari adanya gejolak inflasi, keberadaannya juga bisa mengikuti nilai mata uang asing. 

  • Koin Emas

Selain emas Dinar, terdapat juga koin emas yang menjadi salah emas yang bagus untuk investasi.

Koin emas yang dimaksud pengertiannya adalah koin emas ONH (ongkos naik haji). Alasannya, investasi ini memang bertujuan untuk orang-orang yang menabung sebagai persiapan ibadah haji.

Baca Juga:  Besaran Gaji UMR Soppeng

Walaupun memang tujuan investasi ini cukup berbeda dari jenis yang lain, akan tetapi harganya juga sama seperti halnya emas sejenis. Harganya akan mengikuti mata uang asing serta relatif aman dari gejolak inflasi.

  • Emas Kuno

Banyak dari Anda yang mungkin bertanya-tanya apakah emas kuno ini bisa dijadikan investasi terbaik? Jawabannya sangatlah bisa.

Alasannya, emas kuno mempunyai nilai sejarah kuat serta berharga, sehingga memiliki harga nilai jual yang tinggi. Lebih menariknya lagi, selain bisa dijadikan sebagai sarana investasi, emas kuno bisa menjadi koleksi barang berharga. 

  • Emas Lokal

Jenis emas yang bagus untuk investasi lainnya adalah emas lokal. Jenis emas ini adalah yang telah melalui proses pemurnian dan dilakukan industri rumah tangga maupun industri kecil lain di sebuah daerah tertentu.

Oleh sebab itu, jangan heran kalau harga emas lokal ini di setiap daerahnya akan berbeda-beda. Alasannya, harga akan menyesuaikan dengan tingkat kemurnian emas di masing-masing daerah tersebut.

Jenis-jenis emas yang bagus untuk investasi sudah anda pelajari dan tinggal dipilih ingin mulai membeli yang mana.

Ada yang cocok untuk dijadikan investasi jangka panjang, ada juga yang jangka pendek. Anda dapat memilihnya sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan. Semoga bermanfaat!